Pilih Kategori Artikel

Mengenal Makeup Tradisional Bugis dengan Hiasan Kepala yang Menawan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tampil cantik dengan makeup tradisional Bugis di hari pernikahan merupakan dambaan setiap mempelai wanita dari Makassar. Riasan wajah, gaun pengantin, hingga hiasan di kepala akan menegaskan tampilan diri sebagai ratu sehari yang anggun. Sekilas melihat pengantin Bugis, seperti pengantin kerajaan. 

Riasan wajah pada pengantin asal Bugis di hari pernikahan akan terkesan semakin anggun ketika dipadukan bersama baju khas Bugis bernama baju bodo. Jika diumpamakan dalam budaya Jawa, mempelai perempuan yang akan menikah mengenakan kebaya supaya terkesan anggun dan menawan.

Kekayaan bangsa Indonesia akan adat istiadat dan suku bangsa membuat kita harus bangga bahwa keberadaan baju adat saja mesti dilestarikan. Perempuan Makassar yang menikah dengan polesan makeup tradisional Bugis wajib berbangga diri karena baju bodo termasuk baju adat tertua di tanah air.

Setiap polesan adat istiadat memiliki makna mendalam tentang kehidupan dan banyak hal berfaedah lainnya. Demikian juga dengan makeup ala perempuan Bugis yang sarat makna dari atas kepala hingga ujung kaki. Bukan hanya tampil menawan bak ratu, namun juga penuh makna sebagai pengantin.

Cantik ala Perempuan Bugis

wm_article_img

Tampil menawan dengan pulasan makeup tradisional Bugis di hari pernikahan adalah impian setiap wanita Makassar. Kamu yang sedang merencanakan hari bahagia dan akan menggunakan adat Bugis bisa menjadikan tutorial makeup terbaik sebagai referensi. Pastikan Kamu memiliki semua alat makeupnya.

Pada area rambut, Kamu bisa mempersiapkan foam dan hairspray untuk mendukung bentuk rambut yang tidak berantakan saat pernikahan. JIka sudah selesai dengan area rambut, Kamu bisa melanjutkan pemolesan bedak atau krim wajah yang memfokuskan pada area dagu, hidung, pipi, dan dahi.

Memulaskan makeup tradisional Bugis pada wajah akan semakin menawan dengan pemilihan eyeshadow yang manis dan senada dengan gaun pengantin. Untuk memberikan kesan tahan lama, Kamu bisa memulaskan eyeprimer terlebih dahulu sebelum penerapan eyeshadow, bulu mata, dan maskara.

Jangan ketinggalan untuk memberikan sentuhan blush on terhadap pipi agar memberikan kesan segar dan merona. Yang terakhir, Kamu bisa memilih warna lipstik yang lembut atau senada dengan blush on di pipi dan gaun pengantin yang dikenakan. Pilihan variasi lipstik matte atau glossy bisa menjadi pilihanmu.

Baju Pengantin Bugis

Jika baju pengantin pada umumnya berwarna putih atau hanya identik dengan satu warna, tidak demikian dengan baju pengantin Bugis. Di zaman yang sudah modern ini Kamu bisa memilih warna lain untuk dipadankan dengan tata rias khas ala suku Bugis dan tidak lupa makeup tradisional Bugis.

Memakai baju adat bodo bernuansa hijau tosca dengan paduan warna emas membuat tampilanmu bersama pasangan akan nampak sangat menawan. Efek glossy atau doff yang menjadi citra khas gaun akan mempercantik tampilan. Baju adat bodo bisa Kamu gunakan yang utuh tradisional atau sudah dimodifikasi.

Jika ingin memberikan kesan mewah dan glamor, Kamu bisa menggunakan warna emas full yang dipadukan dengan hiasan bernuansa emas juga. Baju adat bodo bukan baju terusan yang hanya menggunakan satu tipe pakaian. Kamu akan terlihat sangat cantik dengan bawahan berwarna hitam.

Ingin menampilkan kesan elegan dan misterius? Kamu bisa menggunakan baju bodo dengan atasan berwarna hitam. Jika terdapat padu padan dengan budaya Jawa, tidak ada salahnya juga Kamu menggunakan kebaya ala Jawa, namun hiasan kepala yang tetap menampilkan nuansa suku Bugis.

Tradisi Adat Bugis

Hal menarik dari diselenggarakannya adat Bugis di hari pernikahan adalah segala tradisi yang dijalankan menunjukan strata sosial kedua mempelai pengantin. Taburan riasan bernuansa emas dari kepala hingga kaki memberikan makna mendalam yang tidak satu pun lepas dari filosofi kehidupan.

Bukan hanya tampilan makeup tradisional Bugis yang akan menjadi pusat perhatian, namun tampilan mewah pada riasan kepala dan juga baju bodo akan turut menjadi perhatian tamu undangan. Untuk tata cara memberikan selamat kepada kedua mempelai, tidak berbeda dengan adat budaya lainnya.

Di mana para tamu undangan akan berbaris bergantian satu per satu menyalami kedua mempelai dan memberikan ucapan selamat sekaligus mendoakan. Setiap pengantin wanita dari suku mana saja memiliki riasan di kepala, termasuk Bugis yang di dahinya dilukis dadasa dengan makna siluet bunga teratai.

Siluet teratai sebagai salah satu elemen makeup tradisional Bugis di kening ini memberikan simbol bunga suci yang kaya akan manfaat. Harapannya kedua mempelai akan selalu setia menjaga janji suci dan saling memberikan manfaat satu sama lain saat membina rumah tangga yang diharapkan langgeng.

Pernikahan Selebriti dengan Adat Bugis

Baru-baru ini ada penyanyi jebolan ajang pencari bakat di salah satu TV swasta yang menikah dengan pulasan makeup tradisional Bugis, yakni Evi Masamba. Tampil cantik dengan riasan ala wanita Bugis, tidak sedikit orang yang dibuat pangling karena pulasan makeup rapi dipadukan dengan baju adat bodo.

Beberapa waktu ke belakang, pernikahan pasangan artis Ditmar Hadi juga menggunakan adat Bugis ala mempelai pria. Mulai dari riasan di kepala hingga penggunaan sepatu mempelai pria turut diperhatikan dengan sebaik mungkin, di samping hanya mempelai wanita yang lekat dengan adat.

Tahun 2016 lalu, artis Alessia Cestaro juga menikah dengan adat Bugis dengan riasan menawan dari atas hingga bawah. Alessia memilih gaun  pengantin berwarna merah yang dipadukan dengan riasan bernuansa emas. Kekayaan adat dan budaya di Indonesia sudah semestinya menjadi kebanggaan kita semua. Salah satu yang menjadi kekayaan bangsa adalah makeup tradisional Bugis pada kedua mempelai dari daerah Makassar.

Menarik ya, pernikahan adat ini mulai dari pakaian hingga makeup-nya? Kamu tertarik menggunakannya? Yuk temukan vendor makeup tradisional terbaik dan profesional di WeddingMarket.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...