Mas Kawin Unik dan Pertimbangan-Pertimbangan Sebelum Memberikannya

12 Jul 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 2511

Saat membayangkan sebuah mas kawin unik, apa yang terlintas di benakmu? Mas kawin sendiri  merupakan barang berharga yang diberikan oleh mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan pada saat pernikahan. Mas kawin yang biasa diberikan biasanya bisa berupa peralatan ibadah, cincin, maupun uang. Akan tetapi, seiring perkembangan waktu mas kawin yang unik kerap kali menjadi pilihan pasangan pengantin baru. Mas kawin unik dapat menjadi salah satu cara untuk memberikan nuansa yang berbeda dalam pernikahan. Beberapa contoh mas kawin yang unik bagi kebanyakan orang, antara lain mata uang negara lain, mobil, dan kunci rumah. Bahkan, baru-baru ini ada pasangan yang memberikan mas kawin berupa action figure. 

Pemberian mas kawin didasari tidak hanya dari segi materialnya. Namun, ada beberapa faktor yang menjadikan pengantin baru untuk memilih suatu mas kawin.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan mas kawin unik:

1.    Kenangan yang dibawa oleh mas kawin unik itu

Mas kawin unik umumnya mempunyai suatu kenangan tersendiri yang ingin diingat selamanya oleh kamu dan pasanganmu, seperti saat pertama kamu bertemu dengan pasangan! Atau hal-hal lain yang dilambangkan oleh si mas kawin dan membuat ingatan-ingatan masa lalumu, seperti baju pertama yang kamu kenakan saat jadian pertama kali, lipstik yang  dipakai pengantin perempuan saat ciuman pertama, atau motor yang kamu pakai saat kencan pertama keluar kota pun muncul saat melihat mas kawin tersebut. Kenangan lainnya bisa juga berupa barang dari hobi yang kamu sukai. Mungkin saja kamu dan pasanganmu mempunyai hobi yang sama dan kalian bertemu karena ketertarikan yang sama. Mas kawin yang mempunyai kenangan indah akan hubungan cinta kamu, pasti akan lebih terasa unik dan berkesan!

2. Mas kawin unik yang punya makna tersembunyi

Hal lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah mas kawin unik yang mempunyai makna tersembunyi bagi hubunganmu dan pasangan. Yang membuatnya semakin unik, hanya kalian berdua yang tahu apa makna di baliknya! Mungkin saja kamu bisa memberikan sesuatu berupa karya tanganmu sendiri. Makna yang bisa kita tarik dari contoh mas kawin seperti itu adalah bahwa kamu rela berkorban dan kerja keras untuk demi pasanganmu. Tidak hanya contoh karya tangan sendiri, tetapi mas kawin yang unik seperti rumah, mobil, atau cincin perhiasan pun dapat mempunyai makna tersendiri yang terkandung di dalamnya. Ambillah contoh rumah, dimana kamu bisa mengartikannya sebagai kesediaanmu untuk menabung dan bekerja keras selama ini demi memberikan pasanganmu perlindungan dan kenyamanan selamanya dalam ikatan suci pernikahan. Tentunya mas kawin unik tidak harus berupa rumah, ya! Makna lain bisa berupa simbolis seperti uang koin dengan jumlah angka unik yang mungkin mempunyai arti, seperti tanggal ulang tahun atau tanggal pernikahan. 

3. Mas kawin unik yang berguna bagi kehidupan sehari-hari


Nilai praktik dalam kehidupan sehari-hari di sini dalam artian bahwa mas kawin unik yang kamu berikan akan berguna setiap hari dan tiap saat pasanganmu mengenakannya, dia akan selalu teringat padamu. Beberapa contoh unik mungkin bisa berupa peralatan memasak, peralatan beribadah, ataupun set baju formal. Mas kawin berupa kendaraan juga bisa kamu pertimbangkan di sini mengingat fungsinya sehari-hari. Akan tetapi, jangan lupa untuk memikirkan juga soal perawatan mas kawinmu (entah benda apapun yang kamu pilih) jika kamu menginginkan sesuatu untuk pemakaian sehari-hari.

4. Mas kawin sekaligus investasi jangka panjang

Sudah menjadi kebutuhan bagi manusia untuk memikirkan masa depan, terutama mengingat banyaknya perencana keuangan yang memberikan kuliah online tentang pentingnya investasi di masa depan. Jika kamu tipe orang yang visioner, kamu bisa memutuskan untuk memilih mas kawin dengan potensi nilai yang tidak turun di kemudian hari. Mungkin mas kawin yang bisa dijadikan alat investasi bukanlah mas kawin yang cukup unik dan terkesan konvensional, tapi kamu bisa mengubah mas kawin yang kamu berikan agar terlihat berbeda. Mas kawin konvensional yang diberikan dalam jenis ini berupa emas batangan, perhiasan, ataupun uang. Akan tetapi, kamu bisa membuat mas kawin seperti obligasi atau saham juga! Tren teknologi yang terus berkembang juga tidak menghalangimu untuk memilih jenis mas kawin dalam bentuk mata uang digital. Selain itu, mungkin saja kamu bisa memberikan mas kawin seperti toko, kafe, atau sertifikat kepemilikan tanah. Jika kamu memutuskan untuk memilih mas kawin unik yang bisa digunakan untuk investasi, pastikan kamu konsultasi terlebih dahulu dengan konsultan ekonomi dulu!

Beberapa hal di atas bisa kamu pertimbangkan dalam memilih mas kawin unik. Tentunya, mas kawin yang tidak biasa akan mengejutkan tamu yang hadir dan memberikan kesan yang spektakuler. Satu hal yang terpenting adalah pastikan kamu berkomunikasi dan berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan dalam menentukan mas kawin unik yang akan kalian pilih, ya!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket