Lakukan Tips Berikut Jika Ada Masalah Dengan Mertua - Wedding Market

Lakukan Tips Berikut Jika Ada Masalah Dengan Mertua

07 Oct 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 1079
Lakukan Tips Berikut Jika Ada Masalah Dengan Mertua

Kamu ada masalah dengan mertua? Dengan orang tua sendiri terkadang kita ada masalah. Bukan hanya masalah besar, hal-hal kecil pun sering mengakibatkan konflik antara anak dan orang tua, apalagi dengan mertua, bukan?

Mertua itu orang tua baru bagi menantunya. Mereka adalah orang lain yang, mau tidak mau, jadi orang tuamu juga. Begitu juga kamu, kamu adalah orang lain yang, mau tidak mau, jadi anak bagi mertuamu. Terlebih lagi kalau kamu tinggal serumah dengan mertua. Jadi, wajar saja jika ada masalah antara kamu dan mertuanya. Nah, pertanyaannya, bagaimana cara menyelesaikan masalah antara menantu dan mertua? Ini dia tipsnya!

  • Ceritakan pada pasangan

Jika kamu ada masalah dengan mertua, sebaiknya kamu ceritakan pada pasanganmu. Namun ingat, ceritakan apa adanya, jangan ditambah-tambah atau malah membuat panas pasanganmu. Nanti yang ada pasanganmu bisa salah paham. Ia bisa marah-marah pada orang tuanya sendiri, atau ia jadi marah padamu. Situasinya jadi malah memburuk dan bukannya membaik, bukan?

Pasanganmu pasti lebih mengerti orang tuanya daripada kamu. Jika memang ternyata kamu yang salah, akui kesalahanmu. Namun, jika orang tuanya yang salah jangan melontarkan kata-kata yang tidak pantas dan jangan memberikan kesan menyalahkan yang berlebihan. Pasanganmu akan bisa memberikan solusi yang netral jika kamu ceritakan masalahnya secara netral juga.

  • Jangan menghindar

Masalah dengan mertua memang akan membuat situasi jadi tidak enak antara kamu dan sang mertua. Kamu juga pasti merasa tidak nyaman dengan kondisi yang seperti itu. Namun, jangan menghindar ya. Cobalah untuk bersikap biasa saja.

  • Minta maaf langsung

Kamu perlu ingat, mertua adalah orang tuamu juga saat ini. Jika ada masalah dengan mertua, minta maaflah secara pribadi. Bicarakan dari hati ke hati. Jika mertuamu orang-orang yang bijak, mereka pasti akan salut, senang, dan memaafkanmu tentunya! Malah, kemungkinan mertuamu akan meminta maaf juga padamu dan masalah pun selesai dengan baik.

  • Bicarakan langsung bersama mertua

Jika menurutmu hal yang menjadi masalah dengan mertua tersebut terbilang rumit, kamu bisa bicarakan langsung dengan mendekati mertua kamu. Jika kamu rasa perlu ada pasanganmu di sana, katakan padanya. Namun, jika keberadaan pasanganmu akan membuat situasi jadi memburuk, jangan minta ia temani. Bicarakan semuanya baik-baik dan se-clear mungkin. Jangan sampai terbawa emosi ya! Bicara dari hati ke hati akan buat kamu jadi lega!

  • Berikan lebih banyak perhatian

Setelah ada masalah dengan mertua, kamu harus memberinya perhatian yang lebih banyak. Dengan memberi perhatian lebih pasca masalah, mertuamu akan tahu kalau kamu sungguh-sungguh meminta maaf dan ingin punya hubungan yang lebih baik dengan mereka! Dan, dengan memberikan perhatian lebih, masalah lama pun akan pelan-pelan terlupakan, bukan? Kamu dan mertua pun akan jadi semakin kompak!

  • Belajar dari masalah

Ingat-ingat hal apa yang membuat terjadinya masalah antara kamu dan mertua. Pelajari kesalahanmu dimana, apa yang harus dan tidak seharusnya kamu lakukan ke depannya untuk mencegah terulangnya masalah yang sama atau malah menimbulkan masalah baru. Tidak usah pikirkan bagian kesalahan mertuamu karena kamu tidak bisa mengubah mereka dengan hanya sekedar memikirkan kesalahan mereka. Kamu bisa mengubah mereka dengan perubahan yang kamu buat pada dirimu sendiri!

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika ada masalah dengan mertua. Jangan pernah membiarkan masalah berlarut-larut ya. Selain akan mengganggu pikiran dan membuat perasaan jadi tidak enak, masalah yang berlarut-larut dengan mertua juga tidak baik untuk kehidupan rumah tangga kamu ke depannya. Jika ada masalah, segera selesaikan.

Pasti selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah! Jangan membesar-besarkan masalah kecil dan jangan mengecilkan masalah besar. Selalu berpikir positif dan pikirkan cara mengubah diri menjadi lebih baik, bukan mengharapkan orang lain yang berubah. Semoga kamu selalu bisa jadi pribadi yang bijak dalam menyelesaikan masalah ya!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us