Pilih Kategori Artikel

Ini Tugas MC Acara Pernikahan yang Jarang Diketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

MC acara pernikahan adalah salah satu bagian penting yang akan selalu dinantikan kehadirannya. Tugas utamanya mengantarkan momen sakral tersebut menjadi lebih berkesan. Hingga tidak saja meninggalkan kesan baik, namun juga memberikan kebahagiaan pada siapa pun yang turut hadir. 

Sebelum acara pernikahan berlangsung, biasanya MC akan bertemu dengan penanggung jawab acara sekaligus kedua calon pengantinnya. MC kemudian akan mendapatkan instruksi, mengenai rangkaian acara yang diinginkan.

Tidak jarang para pengantin pun menyampaikan keinginannya. Di sini, MC harus pandai mengolah apa pun yang disampaikan, oleh semua pihak. Termasuk salah satunya yang akan turut berbicara adalah kedua pihak keluarga pengantin. 

Apa Saja Tugas MC Acara Pernikahan?

wm_article_img

Foto: by William Gordon
  • Koordinasi dengan Panitia Penyelenggara

MC akan terus melakukan koordinasi dengan panita penyelenggara pernikahan, baik WO atau keluarga mempelai. Setiap informasi baru akan disampaikan agar MC bisa menyampaikan, termasuk hal-hal urgent yang bisa saja terjadi saat pesta berlangsung. 

Peran MC pernikahan sebaiknya memang hanya mendengarkanm instruksi dari panitia saja, untuk menghindari kesimpang siuran berita, yang mungkin saja tersampaikan oleh pihak keluarga. 

  • Memperhatikan Waktu dan Rangkaian Acara

Berikutnya yang wajib diperhatikan oleh MC acara pernikahan adalah, memastikan bahwa rangkaian acara sudah fixed. Termasuk di dalamnya nama-nama orang yang akan bertanggung jawab. MC juga biasanya akan memperhatikan hal detail, seperti nama dan gelar dari tamu-tamu undangan dan keluarga yang hadir. 

MC nikahan profesional biasanya akan membuat que card versinya sendiri untuk mempermudah pekerjaannya. MC juga akan memperhatikan dengan seksama, setiap rangkaian acara yang akan dan sedang berlangsung. Tidak ada satu momen pun yang akan luput dari perhatian MC. Bahkan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pun, MC biasanya akan dengan mudah melakukan improvisasi. 

  • Membuat Acara Pernikahan Meriah

Pernikahan memang acara yang serius, namun bukan berarti acara pernikahan akan berjalan serius terus hingga akhir acara. MC yang baik akan membuat pesta pernikahan terasa dinamis. Mulai dari akad dan sungkeman yang penuh haru, penyampaian doa yang khidmat, hingga mampu membuat siapa pun yang hadir, bisa tergelak. 

Menempatkan sesuai porsinya adalah tugas MC yang paling tepat. Tidak membuat lelucon di saat yang salah dan membuat acara berjalan sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat tanpa terlewati satu pun. 

Itulah beberapa panduan MC pernikahan yang mungkin jarang kamu ketahui sebagai calon pengantin. Setelah mengetahui perannya, ada baiknya kamu juga mengetahui rekomendasi MC yang sudah populer di Indonesia.

Rekomendasi Pembawa Acara Kondang yang Cocok untuk Memandu Pernikahanmu


wm_article_img

Foto: Budiyanto,SH,MM

Di Indonesia sendiri, jumlah MC acara pernikahan jumlahnya cukup banyak. Bahkan di setiap kota pun, kamu bisa menemukan orang-orang hebat dengan profesi tersebut. Untuk memudahkan proses pencarian MC acara pernikahanmu, berikut ini adalah beberapa MC yang cukup direkomendasikan. 

1. Fauzi Noerwenda

Salah satu MC yang biasa menangani acara pernikahan dan berasal dari kota Bandung, adalah Fauzi Nerwenda. Pria yang akrab dipanggil Fauzi ini, juga seorang trainer public speaking dan penulis buku “Street Smart MC” yang bisa digunakan sebagai panduan untuk MC pemula. 

Sejak tahun 2021 Fauzi sudah menjadi MC profesional, sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi kemampuanya membawakan sebuah acara. Untuk mengenalnya lebih dekat, kamu juga bisa melihat profilnya di berbagai platform media sosial miliknya. 

Sementara untuk kisaran jasanya sendiri Fauzi tidak mematok harga yang sangat mahal. Terkecuali bila acara pernikahan diselenggarakan di luar kota Bandung, tempatnya berdomisili. Kamu pasti harus memikirkan masalah transportasi ataupun akomodasinya. 

2. Farghenian Nur Ibrahim

MC acara pernikahan yang kedua adalah Farghenian Nur Ibrahim, yang juga berasal dari kota Kembang, Bandung. Nama pria ini juga sudah tidak asing dan kerap digunakan oleh berbagai Wedding Organizer, maupun acara-acara lainnya. 

Selain berpengalaman sebagai pembawa acara, ia juga memiliki keahlian sebagai host dan VO talent. Farghenian juga dikenal sebagai mahasiswa berprestasi di kampusnya, dari pengalaman yang dimilikinya, dijamin acara pernikahanmu pun akan berjalan dengan baik dan meriah, sesuai dengan harapanmu dan keluarga. 

3. Patricia Gouw

Tidak saja para pria, banyak juga MC wanita yang dipercaya mampu menjadi MC pernikahan yang tidak kalah bagusnya. Salah satunya adalah Patricia Gouw yang juga berprofesi sebagai host dan model. 

Patricia Gunawan, demikian nama lengkap wanita kelahiran tahun 90 ini, memang mematok harga yang cukup tinggi untuk sekali tamipil. Namun jika kamu ingin pernikahanmu terasa lebih segar dan bujetmu juga sesuai, rasanya tidak pernah salah bila memilih menggunakan jasanya. 

4. Miming Suwandi

Nama Miming Suwandi sudah sangat dikenal sebagai MC acara pernikahan dengan adat Sunda. Wanita yang akrab disebut Ceu Miming ini, banyak digunakan sebagai MC di pernikahan para selebritis. Pembawaannya yang tenang, ternyata tidak mengurangi keseruan acara yang ia bawakan. 

Tidak saja khusus membawakan acara pernikahan adat Sunda. Miming Suwandi juga menerima permintaan MC pernikahan modern dan internasional yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu. 

5. Rony Sarono

Nama lain yang juga direkomendasikan untuk menjadi pembawa acara di pesta pernikahan adalah Rony Sarono. Pria yang berdomisili di Jakarta ini mampu membawakan acara dengan dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Sementarab kisaran harga jasanya sendiri, mulai dari Rp 2.5 jutaan. 

Selain bertugas sebagai MC, Rony juga memiliki kemampuan lain, seperti menampilkan keahliannya bernyanyi, hingga jasanya sebagai Event Planner. Di mana pada masa pandemi ini, ia juga menerima layanan live streaming, hingga paket foto pernikahan. Untuk kamu yang ingin menyelenggarakan casual wedding atau intimated wedding yang berkesan, segera hubungin pria yang satu ini untuk memeriahkan acara spesialmu. 

6. Demas Ryan

MC lainnya yang juga berdomisili di ibukota Jakarta adalah Demas Ryan. Pria yang juga berprofesi sebagai penyiar radio ini, juga seorang penulis dan traveller. Pengalamannya selama lebih dari lima tahun sebagai MC tentunya tidak bisa kamu abaikan. 

Selain itu, sosoknya yang penuh daya tarik juga bisa memberikan nilai tambah untuk pestamu. Sementara kisaran harga yang ditawarkannya adalah Rp 9 jutaan dan Demas juga sepertinya cocok untuk pesta pernikahan dengan tema modern dan casual wedding. 

Masih banyak sekali sederet nama-nama MC acara pernikahan yang bisa kamu gunakan. Yang terpenting sebelum memutuskan siapa yang akan menjadi MC, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu tema pernikahanmu. 

Dari tema pernikahan, biasanya akan diketahui kebutuhan MC seperti apa yang sebaiknya digunakan. Karena ada beberapa MC yang kurang menguasai prosesi akad nikah dan tradisi. Sehingga tidak jarang, pernikahan pun menggunakan dua MC sekaligus, yang akan digunakan saat adat dan resepsi. 

Beruntung jika kamu bisa mendapatkan satu MC yang bisa menangani dua sesi sekaligus, yaitu saat akad nikah yang sakral dan acara resepsi yang cenderung lebih santai dan harus meriah. 

Tugas MC memang cukup berat, karenanya jangan segan untuk mencari MC yang berkualitas dengan jam terbang yang tinggi. Karena setidaknya mereka akan mempertaruhkan nama besarnya sebagai MC acara pernikahan, sehingga kamu pun tidak perlu lagi meragukan bagaimana acara pestamu berjalan nanti. 

Yuk temukan MC yang profesional untuk membantu wujudkan acara pernikahanmu lebih terstruktur dan khidmat di halaman berikut: MC Pernikahan Jakarta

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...