Pilih Kategori Artikel

5 Tes Medical Check Up Sebelum Menikah yang Penting Dilakukan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menikah merupakan momen sakral, mengikat janji sehidup semati, hari yang sangat dinantikan bagi calon pasangan. Pasangan yang ingin menikah pasti akan mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari. Satu yang harus dan tidak bisa kamu lewatkan adalah melakukan medical check up sebelum menikah.

Di Indonesia masih banyak atau belum terlalu umum untuk dilakukan, namun medical check up sebelum menikah sangatlah dianjurkan untuk dilakukan. Tidak semua calon pasangan yang ingin menikah mengetahui betul status kesehatannya.

Maka medical check up pranikah bertujuan untuk mengenali kondisi kesehatan, resiko dan riwayat masalah kesehatan yang dimiliki masing-masing pasangan. Ada juga penyakit yang tidak menimbulkan keluhan, tapi bila menyatu dan diturunkan ke anak bisa menimbulkan keluhan yang berbahaya.

Cek kesehatan sebelum menikah atau pre marital check up merupakan pemeriksaan badan yang dilakukan sebelum kamu dan pasanganmu menikah. Cek sebelum menikah adalah salah satu hal yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai persiapan pernikahan. Pernikahan bukan hanya sekedar pesta, kue, baju pengantin dan semacamnya tapi kesehatan juga sangatlah penting.

Tujuan utama dari medical check up, agar kamu dan pasanganmu mengetahui ada tidaknya penyakit genetik dan penyakit akibat infeksi yang sifatnya menular.

Adanya pemeriksaan ini, maka diharapkan bahwa bila adanya suatu penyakit genetik atau menular, bisa dilakukan pengobatan terlebih dahulu sehingga setelah menikah nanti kamu dan pasangan bisa memulai hidup sehat dan tidak mewariskan sakit penyakit apapun ke buah hatimu.

Penyakit yang menular pada umumnya yang sering diperiksa salam medical check up adalah penyakit hepatitis B, penyakit HIV atau AIDS. Sementara untuk penyakit genetic, paket cek sebelum menikah, biasanya yang di cek ada tidaknya penyakit anemia sel sabit, thalassemia, hemophilia dalam tubuh kamu dan pasanganmu. Medical check up yang harus kamu lakukan sebelum menikah adalah:

wm_article_img

Tes Golongan  Darah

Kebanyakan orang sudah mengetahui golongan darah. Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu dan pasanganmu tetap melakukan tes darah inikarena bersifat wajib untuk dilakukan. Tes golongan darah selain menentukan golongan darah A, B, O atau AB,  dapat menemukan rhesus yang kamu miliki dan pasanganmu apakah rhesus positif atau rhesus negatif.

Hal ini dinilai sangat penting jika kamu dan pasangan mempunyai kengininan memiliki buah hati. Sementara darahmu dan pasangan tidak cocok, bila terjadi kehamilan kelak ditakutkan mengganggu kesehatan dan perkembangan janin.

Tes Kelainan Darah

Mengetahui tes kelainan darah ini sangatlah penting, sebab kondisi kelainan darah bisa mengganggu kesehatan janin kelak. Selain itu bayi yang kamu kandung,  bila sudah lahir memiliki peluang yang lebih besar untuk mengidap penyakit kelainan darah seperti yang kamu idap.

Tes kelainan darah juga menunjukkan ada penyakit thalassemia dan hemofilia pada tubuhmu dan pasanganmu.

Tes Penyakit Menular

Medical check up penyakit menular dilakukan untuk mengetahui penyakit menular seksual, penyakit HIV dan penyakit hepatitis B.

Medical check up  ini penting dilakukan karena dengan medical check up kamu dan pasangan mengetahui kesehatan organ reproduksi masing-masing sehingga sebelum memulai hidup baru sebagai suami dan istri dapat sama-sama yakin bahwa kamu dan pasganmu sehat dan tidak menularkan penyakit kelamin kepada pasangan.

Tes Penyakit Genetik

Melalui medical check up  ini banyak yang akan kamu ketahui,  apakah kamu dan pasanganmu memiliki penyakit genetik yang harus diobati sebelum menikah. Alasannya, penyakit genetik tersebut dapat menurun kepada calon buah hati, sehingga kamu dan pasangan patut mencegahnya sebelum berlanjut.

Pemeriksaan Pencitraan / Radiologi

Pemeriksaan pencitraan biasanya akan dilakukan dengan cara USG dan foto rontgen, untuk melihat kondisi organ seperti paru-paru, hati, pankreas, ginjal, limpa, dan kandung kemih, serta prostat pada pria dan rahim pada wanita.

Mengetahui kondisi prostat dan Rahim yang sehat penting untuk memastikan tidak ada masalah. Sehingga kamu dan pasangan bisa segera mendapatkan buah hati dengan kondisi yang baik dan normal.

Jadi, jika kamu memutuskan untuk menikah alangkah lebih baiknya jika kamu  melakukan medical check up. Selain kamu mengetahui kesehatan kamu juga bisa menjaga pola hidup sehat kedepannya. Tidak ada salahnya jika cek sebelum menikah sebagai salah satu aktivitas yang harus kamu lakukan.

Yuk tonton podcast kesehatan fisik dan mental sebelum menikah di Channel Youtube Wedding Market! Klik disini

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...