Kamu Bisa BIkin Sendiri Dekorasi Lamaranmu, Ini Contohnya!

19 Feb 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 257
Kamu Bisa BIkin Sendiri Dekorasi Lamaranmu, Ini Contohnya!

Membuat dekorasi lamaran sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Siapa takut! Bahkan kamu bisa mendapatkan dekorasi yang paling kamu impikan. Lamaran, menikah, berkeluarga adalah impian setiap manusia. Bagaimanapun juga, tahapan tersebut pastinya telah melalui proses yang akhirnya akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. 

Untuk acara lamaran sendiri, sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dibunat sesederhana mungkin, hanya dihadiri keluarga tersekat atau justru dilakukan sama hebohnya, dengan resepsi pernikahan. Semua sebetulnya akan bergantung pada rencana serta bujet yang kamu  miliki. 

Namun untuk kamu yang ingin berhemat dan lebih suka dana dialihkan pada resepsi nanti, kamu bisa membuat acara lamaran yang sederhana saja di rumah. Untuk dekorasinya, kamu bisa menyewa jasa dekorasi atau membuatnya sendiri. 

Ya, membuat sendiri dekorasi untuk acara lamaran masih bisa kamu lakukan jika waktu yang kamu miliki cukup panjang. Berikut ini, beberapa inspirasi dekorasi untuk mempercantik rumah saat lamaran. 

1. Tirai Bunga

Dekorasi yang pertama bisa kamu tiru dan buat sendiri dengan mudah. Di sini, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja, seperti:

  • Bunga hidup aneka warna dan jenis. 
  • Benang atau tali
  • Jarum
  • Gunting
  • Jar mini

Cara membuat: Kamu bisa menusuk bagian batang dan kelopak bunga, lakukan sepanjang tali yang akan digunakan sebagai tirai. Jika ingin bunga dalam keadaan segar untuk waktu yang cukup lama, kamu bisa memanfatkan jar mini yang diisi dengan air, kemudian diletakkan di bagian batang bunga dan digantung bersamaan dengan bunga. 

Jika kamu tidak suka dengan pilihan bunga yang terlalu warna-warni, kamu bisa memilih menggunakan 1 jenis bunga dengan 1 pilihan warna. Bahkan pilihan warnanya bisa disesuaikan juga dengan baju lamaran yang akan kamu gunakan. 

2. Paper Palm

Dekorasi lamaran sendiri yang bisa kamu buat adalah paper palm, atau membuat daun pohon palem yang dibuat dari kertas. Bahan yang harus kamu siapkan di antaranya:

  • Fun paper
  • Kain tulle
  • Gunting
  • Bunga asli seperti bougenville, krisan atau mawar) tanpa daun
  • Lem kertas

Cara membuat: Gunting kertas bebentuk setengah lingaran, kemudian ukur sesuai selera dan bagi rata dengan menggunakan pengaris dan pensil. Gunting bagian yang  tidak diinginkan, lanjutka dengan melipat kertas membentuk kipas, jangan lupa untuk merekatkan pada bagian ujungnya. 

Kamu bisa memanfaatkan kerta yang tidak terpakai untuk digunakan sebagai backgrund, dilengkapi dengan tambahan bunga dan kain tulle. Selanjutnya, taruh kipas di tempat yang kamu inginkan, beri tambahan kayu-kayuan kering untuk menambah kesan rustic. 

3. Tirai Kain Tulle

Ide dekorasi lamaran sendiri yang ketiga dan bisa banget kamu tiru adalah tirai dengan berbahan kain tulle ini. Bahkan kamu bisa melakukannya seorang diri, tanpa bantuan siapapun. Di sini, kamu hanya perlu menyiapkan kain tulle, tiang, dan daun kering. 

Sebelum membeli kain tulle, pastikan kamu sudah mengukur terlebih dahulu berapa ukuran tiang dan luas ruangan yang akan digunakan. Jangan lupa tanyakan juga pada penjual perihal ukuran stansra kain tulle. 

Usahakan kamu membuat tirai dengan kain tulle yang menjuntai daan sedikit lebih pada, setidaknya, kamu harus membeli 2-3 kali lipat lebar tiang yang akan digunakan. 

Dijamin dekorasi ini akan murah meriah karena, kamu hanya memerlukan kain tulle saja. Semantara jika ingin menggunakan daun atau bunga kering, kamu masih bisa mendapatkannya di taman. Kecuali jika kamu ingin tirai di dekorasi dengan bunga kering, kamu juga bisa mendapatkannya di toko bunga. 

 

Lihat! Ini dekorasi lamaran sendiri yang juga bisa kamu buat sendiri, ini juga menjadi salah satu alternatif untuk dekorasi lamaran di rumah kecil. Kamu hanya perlu menyiapkan balon-balon yang diletakkan di sudut ruangan. Untuk melengkapinya, kamu juga bisa menambahkan aneka camilan manis di meja sekitar dekorasi atau minuman dan aneka buah.

Untuk penggunaan balon, kamu bisa mengombinasikan balon yang bisa mengapun dan balon yang diletakkan begitu saja di lantai. Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, balon yang sudah diisi gas dan bisa terbang, diletakkan di tempat yang cukup aman, agar tidak mudah dijangkau. 

4. Frame Foto

 

Rekomendasi dekorasi lamaran sendiri berikutnya adalah frame untulk berswa foto. Modal yang kamu keluarkan untuk membuat frame ini juga dijamin murah. Kmau hanya perlu menyiapkan tiang, stryrofoam, dan balomn huruf sebagai hiasan. 

Untuk menambah kesan cantik, kamu bisa memberikan rangkaian bunga yang diletakkan di sudut tiang. Setelah frame siap, kamu bisa meletakkan di tempat yang agak lapan, sehingga tidak perlu khawatir dekorasi mudah tersenggol. 

5. Tirai dan Frame

 

Ini juga inspirasi dekorasi lamaran yang bisa kamu bikin sendiri, untuk acara lamaranmu, lo. LIhat, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan saja dan bisa membuatnya sendiri dengan sangat mudah. 

Pilih kain tipis dengan warna yang disesuaikan dengan baju tunanganmu, lanjutkan menutup dinding rumah, bisa sebagian atau seluruhnya. Berikutnya, tinggak gantung frame bekas yang telah diwarna ulang, kemudian hias dengan bunga dan daun-daun kering atau yang segar. 

Untuk jumlah frame yang akan digunakan juga tidak perlu terlalu banyak, kamu bisa menggunakannya beberapa saja, pastikan sesuai dengan dekorasi dan tidak berlebihan, ya. 

6. Kotak Kayu Bekas dan Bunga

Sudah bukan hal aneh, jika kamu memiloih menggunakan bahan bekas untuk dijadikan sebagai bagian dekorasi. Salah satunya adalah kotak kayu bekas packing barang ini, misalnya. 

Untuk memberikan kesan bersih, kamu hanya perlu sedikit memolesnya dengan minyak kayu. Kemudian susun kotak sesuai selera, berikutnya kamu hanya perlu menambahkan dekorasi lainnya seperti bunga, atau makanan. 

Pilih bunga atau tanaman yang warna sedikit kontras. Tujuannya agar kdeua dekorasi masih bisa sama-sama terlihat dan menonjol. 

Sementara untuk dekorasinya sendiri, sepertinya kamu tidak perlu membuatnya terlalu banyak. Karena jika berlebihan, sepertinya hanya akan terlihat aneh dan membuat rumahmu seperti gudang. 

Pilihan kayu bekas juga bisa dijadikan sebagai alternatif tempat duduk, yang kamu dekorasi sendiri di halaman depan atau taman di belakang rumahmu. Jangan lupa sertakan meja dari bahan sejenis, yang kamu beri penutup atau taplak. 

7. Origami

Ini dia inspirasi dekorasi lamaran sendiri yang terakhir, di sini kamu hanya perlu mengerahkan keahlian membuat origami. Di sini kamu bisa membentuk kertas anek warna dan gradasi, menjadi bunga, burung, daun, atau kupu-kupu. 

Berikutnya setelah kertas lipat sudah dibuat seusia dengan selera, tusuk kertas dengan menggunakan jarum, kemudian susun di tali yang akan digunakan, sehingga membentuk seperti tirai. 

Tirai ini bisa digunakan untuk menghiasi dinding rumah atau dijadikan pengganti tirai di jendela. Pastikan kamu memilih warna yang tepat, agar tirai bisa lebih terlihat. Jika suka, kamu juga bisa menambahkan lampu yang juga dibuat memanjang. 

Itu dia inspirasi dekorasi lamaran sendiri yang mudah untuk kamu buat tanpa bantuan orang lain, sepertinya mudah, ya?


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket