Pilih Kategori Artikel

Begini Tips Memilih Wedding Organizer yang Tepat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh calon pengantin adalah proses pemilihan vendor. Mengapa penting? Pastinya vendor yang tepat akan memainkan peran penting dalam pernikahan seseorang. Salah satunya adalah memilih wedding organizer. Jasa wedding organizer hadir sebagai solusi bagi calon pengantin yang bingung untuk mempersiapkan pernikahan hingga teknis pelaksanaan dari pernikahan itu sendiri. Maka, menyewa jasa wedding organizer adalah solusi yang tepat.

Tapi, kamu dan pasangan juga harus pintar-pintar memilih wedding organizer. Tak hanya dari segi harga saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu dan pasangan.

Ketahui Perbedaan Wedding Planner dan Wedding Organizer

Sebelum memilih wedding organizer, kamu harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Jangan sampai tertukar dengan tugas dari wedding planner. Jika kamu dan pasangan ingin menggunakan jasa wedding organizer, maka kamu dan pasangan akan mendapatkan servis di saat hari H saja. 

Tim wedding organizer tetap akan membantu proses persiapan. Hanya saja tim ini cukup melakukan koordinasi antar vendor dan juga keluarga. Tim wedding organizer juga akan menyusun susunan acara berdasarkan hasil dealing kamu dengan para vendor. 

Berbeda dengan tim wedding planner yang akan ikut merencanakan sedari awal. Jika memakai wedding planner, kamu akan dibantu merancang pernikahan dan memilih vendor yang disesuaikan dengan harga dan konsep yang diinginkan. Perbedaan dua tugas ini wajib kamu ketahui. 

Pastinya setiap orang punya kebutuhannya masing-masing. Misalnya kamu dan pasangan yang sibuk, ada baiknya mengambil jasa wedding planner. Tak hanya melakukan koordinasi di hari H, tim wedding planner akan membantu kamu merencanakan vendor yang dipakai. Pastinya ada harga yang harus kamu bayar untuk jasa satu ini.

Tapi jika dirasa mampu merencanakan sendiri dan hanya butuh bantuan saat hari H saja, kamu cukup menyewa jasa wedding organizer.  Jangan sampai kamu salah dan tidak memahami hal ini sebab perbedaan harga antara wedding planner dan organizer cukup jauh loh!

Cek Detail Paket yang Ditawarkan

wm_article_img

Beberapa wedding organizer juga menawarkan paket yang lengkap, mulai dari venue, catering, dekorasi, entertainment sampai ke make up. Maka dari itu, kamu perlu mengecek paketnya secara keseluruhan sebelum memilih wedding organizer. Hal ini penting supaya kamu bisa menyesuaikan budget dengan paket yang dipilih. Berikut beberapa unsur yang perlu diperhatikan.

1. Catering 

Jika wedding organizer menawarkan paket catering, ada baiknya kamu mengecek kelengkapan dari catering tersebut. Beberapa catering tidak menyediakan meja dan dekorasi alias hanya makanannya saja. Paket yang lengkap sebaiknya sudah termasuk di dalamnya.

Begitu pula dengan items yang ditawarkan. Kamu bisa mengecek jumlah lauk yang ditawarkan serta stallnya. Cek juga jenis makannya seperti dessert hingga minuman. Hal ini penting untuk memastikan bahwa paket yang ditawarkan sudah sesuai dengan keinginan.

2. Dekorasi

Dekorasi termasuk salah satu vendor yang cukup penting sebab biasanya menyesuaikan dengan selera kamu dan pasangan. Tak hanya mengecek harga, ada baiknya kamu melihat model dekorasi yang ditawarkan. Setiap vendor dekorasi biasanya punya spesialisasinya sendiri. 

Misalnya saja jika kamu ingin pernikahan outdoor, sebaiknya pilih vendor dekorasi yang memang terbiasa membuat dekorasi luar ruangan. Pastinya berbeda sebab properti dekorasinya juga berbeda. Maka, buat konsep dasarnya dulu bersama pasangan sebelum memilih wedding organizer beserta paketnya. 

3. Makeup dan Baju

Salah satu kunci dalam pemilihan vendor atau paket yang ditawarkan adalah konsep dasarnya. Kamu harus menentukan terlebih dahulu apakah ingin memakai baju kebaya atau mungkin mau bergaya internasional. Semua itu akan menentukan pula vendor yang ditawarkan oleh wedding organizer.

Pastikan paket yang ditawarkan sudah sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. Bandingkan pula items yang kamu dapatkan misalnya make up dan pakaian saudara inti. Kamu harus memperhatikan bila perlu mengeluarkan uang tambahan untuk berbagai items lainnya.

4. Venue

Salah satu hal yang cukup penting adalah soal venue dan tempat. Kamu harus memastikan bahwa wedding organizer yang kamu pilih memiliki varian tempat yang sudah sesuai dengan keinginan dan konsep awal. Misalnya kamu ingin membuat pernikahan di gedung yang mewah.

Pastikan bahwa wedding organizer bisa memberikan pilihan hotel mewah. Sebab, beberapa venue mungkin sudah memiliki vendor rekanan tersendiri. Jangan sampai konsep pernikahan tidak terwujud hanya karena pemilihan tempat yang kurang sesuai. 

5. Entertainment

Pemusik atau entertainment menjadi salah satu elemen pelengkap yang wajib diperhatikan. Kamu dan pasangan bisa mengecek apakah entertainment yang dimaksud sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Ada berbagai jenis format entertainment yang biasanya disediakan, mulai dari organ tunggal, band akustik hingga full band.

Tak hanya dari pemusiknya saja, kamu juga harus memastikan dari hal sound system. Jika paket tidak termasuk sound system, maka kamu harus menyiapkan dana tersendiri untuk menyewa sound system. 

6. Dokumentasi

Paket dokumentasi yang lengkap adalah sudah termasuk foto dan video. Pastinya momen akan semakin terabadikan dengan adanya video dokumentasi. Kamu dan pasangan juga bisa mengecek output dari paket yang ditawarkan oleh wedding organizer. 

Misalnya apakah sudah termasuk foto print berukuran besar. Atau video yang akan kamu terima berapa jenis? Semua itu penting untuk menjadi pembanding saat memilih wedding organizer,

7. Crew Wedding Organizer

Terakhir adalah memastikan bahwa crew wedding organizer yang turun sudah sesuai dengan kebutuhan. Harga dari wedding organizer sendiri juga ditentukan dari jumlah crew yang bertugas. Pastinya semakin banyak berarti semakin mahal uang yang harus kamu keluarkan. 

Cek pula benefit yang kamu dapatkan. Misalnya ada beberapa wedding organizer akan memberikan compliment mulai dari wedding cake, hand bouquet atau bahkan wedding car. Dengan begitu, kamu bisa melakukan banyak penghematan bukan?

Melihat Portfolio 

Cara berikutnya yang wajib kamu lakukan saat memilih wedding organizer adalah melihat portfolio. Kamu bisa berkunjung ke kantor wedding organizer tersebut dan mengecek klien-klien sebelumnya. Kamu juga bisa melihat testimoni yang diberikan oleh para klien tersebut. 

Dengan begitu, kamu dan pasangan juga merasa lebih aman dalam memakai wedding organizer. Tak hanya memastikan bahwa wedding organizer tersebut terpercaya, melihat portfolio juga penting untuk menyesuaikan dengan konsep pernikahan. 

Misalnya ada wedding organizer yang banyak menangani pernikahan adat. Tentu kamu akan merasa lebih tenang karena wedding organizer tersebut sudah terbiasa untuk menyelenggarakan pernikahan adat. Jadi, pastikan bahwa memilih wedding organizer yang sesuai dengan konsep.

Proses memilih wedding organizer bisa dibilang susah susah gampang. Kamu dan pasangan sebaiknya memastikan terlebih dahulu konsep yang ingin diambil. Setelah itu, baru kamu memikirkan wedding organizer yang memang cocok untuk menjalankan konsep yang diinginkan. Tak lupa sesuaikan pula dengan portfolio yang sudah dilakukan oleh wedding organizer tersebut.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...