Pilih Kategori Artikel

Tips Mempersiapkan Bulan Madu: Do’s & Don’t untuk Bulan Madu Penuh Keseruan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bulan madu atau honeymoon adalah liburan yang biasanya dilakukan oleh pasangan yang baru saja menikah. Setelah persiapan pernikahan yang sangat panjang dan melelahkan secara mental dan fisik, setiap pasangan berhak untuk menikmati liburan romantis sebagai imbalannya. Namun, apa saja yang harus kamu lakukan saat bulan madu? Lokasi bulan madu mana yang paling populer? Serta tips-tips penting apa yang bermanfaat untuk mempersiapkan bulan madu yang paling berkesan? Mari kita bahas satu per satu.

Budaya bulan madu berasal dari Inggris pada awal abad ke 19, di mana pasangan dari kalangan menengah ke atas yang baru saja menikah mengunjungi saudara serta kenalan yang tidak dapat menghadiri pernikahan mereka. Setelahnya, budaya berbulan madu ini mulai menyebar di negara-negara Eropa lainnya hingga sekarang.

Istilah bulan madu awalnya berasal kata dari Bahasa Inggris, yaitu 'honeymoon' yang jika diterjemahkan secara harafiah, memiliki arti bulan madu. Dalam bahasa Prancis pun kegiatan ini diterjemahkan sebagai lune de miel yang berarti juga bulan madu. Istilah ini merujuk pada sebuah periode saat menikah yang 'dikarakterisasikan penuh cinta dan kebahagiaan', kemungkinan karena bulan pertama pernikahan selalu menjadi bulan paling manis dan indah bersama pasangan.

Istilah honey moon atau bulan madu konon berasal dari Babylonia. Di mana ayah dari istri akan memberikan mead (sejenis bir madu) sebanyak yang diinginkan oleh suami. Sejak itu, orang Babylonia menyebut bulan itu sebagai ‘honey month’ hingga sekarang berubah menjadi ‘honey moon’ atau bulan madu.

Tahukah kamu, dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015, ternyata bulan madu mempunyai manfaat psikologis! Bulan madu mengurangi kemungkinan untuk cerai, tidak peduli durasi yang dihabiskan dalam bulan madu itu sendiri. Bulan madu bukan hanya sekadar alasan bagi pasangan untuk berlibur berdua saja, tetapi juga untuk saling mengenal satu sama lain serta mempelajari hal-hal baru mengenai pasangan.

Ke mana lokasi bulan madu yang paling populer?

Tujuan bulan madumu bisa ke mana saja, tidak ada batasan liburan. Namun, jika kamu menginginkan bulan madu dengan fasilitas lengkap yang romantis, kunjungi tempat-tempat bulan madu yang sering dikunjungi pasangan lain. Destinasi bulan madu paling populer adalah tempat-tempat seperti Maldives atau Bora-Bora, tetapi memang perlu menyiapkan dana lebih. Jika dana yang kamu miliki tidak sebanyak itu, masih ada opsi pilihan romantis seperti Thailand atau di dalam negeri seperti bulan madu ke Lombok atau Bali.

Bali dan Lombok memiliki banyak resor romantis yang cocok untuk berbulan madu. Kamu bisa bersantai  dan beraktivitas dengan  pasangan sambil menikmati pemandangan matahari terbenam dengan latar belakang laut. Selain itu, masih ada puluhan kegiatan liburan dan bulan madu lainnya yang bisa kamu lakukan di dua tempat ini.

Memiliki dana lebih untuk bulan madumu tapi bosan dengan destinasi bulan madu yang itu-itu saja? Coba bulan madu di atas kapal pesiar atau cruise, tujuan bulan madu yang sempurna karena menggabungkan perjalanan serta kegiatan memanjakan diri. Tidak perlu lagi stress menunggu di bandara dan melewati perjalanan di pesawat berjam-jam. Di atas kapal pesiar, kamu dapat menikmati spa, restoran dengan chef ternama, bar, dan masih ditambah dengan pemandangan laut sebagai latar belakang.

Paket cruise terdekat bisa kamu dapatkan kalau kamu berencana bulan madu di Singapura, Malaysia, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Jika ingin destinasi yang lebih jauh, kamu bisa mencari paket cruise ke Jepang atau bahkan Eropa. Pilih sesuai dengan yang kamu inginkan karena setiap harga paket tentu akan berbeda.

Apakah kamu tipe petualang? Kamu bisa memilih bulan madu yang bersentuhan langsung dengan alam, seperti bulan madu ke pegunungan. Pilihlah hotel yang cukup baik untuk mendukung liburan bersama pasangan. Bulan madu bukan sesuatu yang dapat dilakukan berkali-kali, jadi kamu berhak untuk memanjakan dirimu di hotel yang paling nyaman.

Tujuan bulan madu juga bisa kota-kota besar jika kalian adalah tipe orang yang suka berbelanja! Kota-kota seperti yang ada di Singapura, Malaysia, Bangkok, Jepang, dan Korea Selatan juga merupakan tujuan bulan madu yang populer. Kamu bisa tinggal di hotel-hotel unik dan menikmati suasana kota, berbelanja, serta mengunjungi objek wisata. Jangan lupa, siapkan juga budget dan bagasi lebih untuk berbelanja!

5 Tips Mempersiapkan Bulan Madu

Sebelum berangkat, tentu kamu harus mempersiapkan bulan madu kamu dengan banyak hal. Ini adalah beberapa tips yang akan berguna untuk mempersiapkan bulan madumu.

  1. Booking jauh-jauh hari.

Dengan melakukan pemesanan sejak jauh hari, kamu bisa mendapat harga yang lebih murah. Sehingga, sisa dari budget dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti makanan atau hiburan lainnya. Kamu juga bisa mengunjungi travel fair yang rutin dilaksanakan untuk harga yang lebih miring lagi.

  1. Riset tujuan lebih spesifik

Bukan hanya sekadar membaca artikel-artikel, tetapi juga mencari testimoni dari teman-teman dan keluarga yang baru saja menjalani bulan madu. Pastikan mendapatkan informasi sebanyak mungkin untuk bulan madumu. Cari tahu pilihan akomodasi dengan pemandangan terbaik dari kamar (dapat dilihat via tripadvisor atau website sejenisnya di mana tamu mengunggah foto mereka). Bisa juga mencari tips-tips hingga situasi nyata di tempat bulan madu, atau mungkin adat sekitar yang tidak boleh dilanggar supaya kamu bisa bersiap-siap untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga saat bulan madu!

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk riset, gunakan layanan jasa tur dan travel. Kamu hanya perlu mengatakan bulan madu seperti apa yang kamu inginkan dan mereka akan menyediakan semua kebutuhan, sehingga kamu tinggal menikmati liburanmu saja!

  1. Persempit pilihanmu

Setelah melihat pilihan sebanyak mungkin, coba ajak pasanganmu untuk berbicara mengenai pilihan-pilihan bulan madu, mulai dari tujuan, transportasi, akomodasi, dan detail lainnya. Persempit pilihan agar tidak lagi bingung. Kamu juga bisa melakukan booking kejutan untuk pasanganmu dengan sesuatu yang ia suka, misalnya saja couple massage, tetapi pastikan pasanganmu memang menikmati kegiatan semacam itu.

  1. Pastikan hotel tahu jika kamu memiliki rikues spesial

Banyak resor yang menawarkan makan malam pribadi di dekat laut setiap malamnya, tetapi sebelumnya diperlukan reservasi ke pihak hotel dahulu. Pastikan kamu sudah melakukan reservasi dari jauh-jauh hari. Jika kamu menginginkan ruangan khusus dengan pemandangan tertentu, beberapa hotel juga menerima rikues khusus seperti itu jika dibicarakan sejak jauh hari.

  1. Periksa harga-harga tersembunyi

Ketika kamu memutuskan untuk memilih paket yang disediakan oleh tur atau memesan tiket pesawat di internet, pastikan kamu sudah memeriksa semua harga-harga hingga final. Beberapa biaya tambahan seperti visa, biaya transfer bandara, dan biaya-biaya lainnya dapat menambah biaya hingga 1.000 dolar, lho!

  1. Cicipi dulu budayanya!

Sebelum berangkat ke tempat bulan madu kalian, coba dulu untuk mencicipi budaya mereka. Bisa dengan mencoba menonton video dokumenter mengenai kebudayaan atau makanan khas tempat tersebut, atau dengan cara-cara lainya. Ini dapat membantu membangun rasa antisipasi untuk bulan madu.

DO’S: Hal-hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mempersiapkan Bulan Madu!

  • Coba sesuatu yang belum pernah kalian coba sebelumnya!

Karena kesempatan bulan madu adalah sesuatu yang spesial, cobalah pengalaman yang benar-benar baru. Apa kamu dan pasanganmu sudah pernah melakukan olahraga ekstrem bersama? Atau mencoba makanan yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut? Gunakan waktu luang kalian untuk membuat memori yang tidak terlupakan di liburan pertama kalian sebagai suami dan istri.

  • Disconnect

Bulan madu adalah saat untuk menghubungkanmu dengan pasangan. Coba untuk benar-benar menghabiskan waktu berdua saja. Kurangi penggunaan sosial media atau sibuk memeriksa e-mail. Matikan ponsel dan nikmati momen serta suasana yang ada di antara kalian berdua, jangan justru sibuk dengan ponsel masing-masing. Miliki bulan madu yang berkesan!

  • Tingkatkan suasana romantis dalam bulan madu

Bulan madu yang romantis adalah impian setiap orang. Untuk mencapainya, tentu suasana perlu dibangun terlebih dahulu. Putar playlist musik dengan lagu-lagu cinta yang romantis dan berkesan untuk kalian atau dengan menyalakan lilin atau pengharum ruangan beraroma tertentu untuk meningkatkan mood romantis.

  • Lakukan spa dan pijat untuk pasangan

Bulan madu adalah saat yang tepat untuk bersantai, dan pijat adalah pilihan yang tepat. Buang semua ketegangan yang dirasakan dari pekerjaan dan tanggung jawab, kemudian rilekskan tubuh dalam pijat dan spa yang dapat dinikmati berdua. Akan lebih baik jika kalian melakukannya di awal perjalanan supaya dapat menikmati manfaatnya hingga akhir bulan madu kalian.

  • Bicarakan masa depan dan fantasi kalian

Mungkin kamu tertarik dengan wajah seseorang di awal, tetapi kamu jatuh cinta dengan kepribadian orang tersebut hingga memutuskan menjadi suami-istri. Gunakan bulan madu sebagai kesempatan membicarakan hal-hal besar yang belum pernah kalian bicarakan sebelumnya. Dalam sebuah sesi romantis berdua saja, bicarakan keinginan dan fantasi kalian, masa depan, dan apa pun yang ingin kalian nikmati bersama.

DON’TS: Hal-hal yang TIDAK Seharusnya Kamu Lakukan saat Mempersiapkan Bulan Madu!

  • Membuat jadwal yang ketat

Esensi dari bulan madu adalah liburan dan bersantai bersama pasangan. Jadi tidak perlu membuat jadwal yang terlalu ketat. Gunakan waktu untuk menikmati suasana dan menghabiskan quality time bersama pasangan, bukan mengikuti jadwal bepergian yang ketat.

  • Meniru itinerari orang lain.

Bulan madu itu mungkin berkesan bagi orang lain, tapi jangan meniru itinerari orang lain mentah-mentah. Bulan madu ini momen spesial untuk kalian berdua, coba susun itinerari sesuai dengan yang benar-benar berkesan bagi kamu dan pasangan. Terinspirasi tentu saja boleh, tetapi jangan meniru semuanya.

  • Jangan tertipu dengan foto dari internet

Mencari di internet adalah awal yang baik untuk merencanakan bulan madu. Namun, coba untuk mencari tahu lebih jauh melalui orang-orang yang sudah pernah mengunjungi lokasi tersebut untuk mendapatkan review yang otentik dan tepercaya. Terkadang beberapa review di internet ditulis oleh pihak dalam untuk mempromosikan mereka sendiri, lho!

  • Langsung berangkat setelah pernikahan selesai

Jangan langsung berangkat saat malam hari setelah selesai pernikahan kamu. Beristirahatlah beberapa waktu dulu, sekitar satu hingga dua hari untuk melepaskan penat setelah lelah menjalani hari besar.

  • Merencanakan sendirian.

Mempersiapkan bulan madu adalah saat bagi pasangan suami istri. Jadi, jangan rencanakan sendirian! Diskusikan terus setiap hal yang akan dilakukan dalam bulan madu berdua. Terus bertukar pikiran mengenai apa yang diinginkan pasangan karena ini adalah momen kalian berdua. Jangan biarkan salah satu pihak jadi merasa tidak nyaman karena rencana yang belum didiskusikan sebelumnya.

Itulah beberapa tujuan bulan madu populer dan apa saja yang harus kamu lakukan saat bulan madu mulai dari persiapannya hingga saat bulan madu itu sendiri. Yang paling penting dari semuanya adalah komunikasi yang baik dengan pasangan. Bulan pertama menikah adalah bulan yang paling indah, apalagi didukung dengan suasana yang tepat saat bulan madu dan menghabiskan waktu berdua tanpa memikirkan tanggung jawab. Jadi, gunakan waktu semaksimal mungkin selama bulan madu ini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...