Pilih Kategori Artikel

Tips Menentukan Tempat Tinggal Pasca Menikah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menentukan tempat tinggal pasca menikah adalah langkah selanjutnya bagi pasangan untuk menjalani hidup yang baru. Kehidupan tersebut bukan lagi dirimu yang berstatus lajang tapi kamu telah menjadi seorang istri ataupun suami. Banyak hal yang harus kamu dan pasangan pikirkan. Entah itu masalah pekerjaan, keuangan dan tempat tinggal pasca menikah.

Masalah pekerjaan harus benar-benar diperbincangkan. Apakah seorang istri akan bekerja atau menjadi seorang ibu rumah tangga seutuhnya? Biasanya di dalam hal inilah seorang pasangan akan merasa berbeda pendapat.

Di satu sisi sang istri ingin bekerja dan tetap menjalani rutinitas seperti biasa. Akan tetapi disisi lain sang suami ingin bahwa sang istri mengurus keperluan rumah dengan menjadi ibu rumah tangga. Pastikan bahwa kalian memilih jalan yang tepat. Duduklah berdua dengan pikiran terbuka agar kalian dapat menemukan pilihan tersebut. Jangan lupa pula memikirkan tempat tinggal pasca menikah!

Disamping itu, untuk masalah keuangan sudah bukan waktunya lagi kalian boros dan menghamburkan uang. Kalian harus rajin-rajin menabung agar dapat membiayai kehidupan bersama. Tabungan juga berguna untuk kehidupan di masa depan. Ketika telah mempunyai anak, kalian tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya pendidikan atau uang masuk sekolah.

Dengan tabungan tersebut, kalian sebagai pasangan pun juga dapat menggunakannya ketika ada masalah yang terdesak. Misalnya saat salah satu diantara kamu dan pasangan mengalami sakit. Jadi kalian tidak perlu bingung lagi memikirkan biaya pengobatan. Apalagi sampai harus mencari pinjaman.

3 Pilihan Menentukan Tempat Tinggal Pasca Menikah

wm_article_img

Hal lainnya yang paling harus kalian pikirkan adalah tempat tinggal pasca menikah. Banyak pasangan yang telah membicarakannya bahkan mempersiapkannya jauh hari sebelum pernikahan berlangsung. Akan tetapi tak jarang ada pula pasangan yang baru membicarakannya dan mempersiapkannya setelah pernikahan terjadi. Namun kembali lagi, pastinya kamu dan pasangan akan lebih nyaman dan lega apabila telah mempersiapkannya sebelum hari pernikahan.

Dalam memilih tempat bernaung, kamu dan pasangan harus memikirkan untuk tinggal di rumah orang tua, mengontrak atau tinggal di rumah sendiri. Ketiganya memiliki perbandingan masing-masing. Bagi kalian yang ingin tahu, apa saja sih perbedaannya? Kulik semuanya di bawah ini!

1. Tinggal bersama orang tua

Tempat tinggal pasca menikah yang pertama ini merupakan pilihan bagi banyak pasangan baru. Mereka yang memilih tinggal bersama orang tua biasanya karena tabungannya belum cukup untuk membeli rumah. Maka dari itu, sembari tabungan terkumpul kamu dan pasangan dapat menghemat dengan tinggal di rumah orang tua ataupun mertua. Dari sisi orang tua, mereka akan merasa lebih senang jika anak dan pasangan memilih untuk tinggal bersamanya. Sebab, walaupun telah menikah tapi sebagian orang tua tetap tidak rela untuk tinggal jauh dari anaknya.

Akan tetapi, ada pula pasangan yang merasa sungkan untuk tinggal di rumah orang tua atau mertua. Mereka jadi tidak bisa bebas dalam melakukan kehidupannya. Alasan lainnya adalah karena mereka ingin hidup lebih mandiri sebagai pasangan suami dan istri.

2. Mengontrak

Pilihan tempat tinggal pasca menikah satu ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang merasa tidak enak untuk tinggal bersama orang tua. Meskipun harus mengontrak, mereka lebih senang karena dapat tinggal hanya berdua saja. Jenis tempat tinggal pasca menikah berikut bisa kamu ikuti untuk dapat meniti hidup mulai dari awal secara bersama-sama.

Terdapat banyak kontrakan tersebar mulai dari harga rendah hingga harga yang tinggi sekalipun. Semua itu tergantung dari lokasi, luas dan fasilitas yang ada di dalamnya. Namun, kekurangan dari mengontrak rumah adalah kamu dan pasangan tidak bisa mengubah tampilannya. Pemilik rumah yang asli tentunya tidak memperbolehkan hal tersebut terjadi.

3. Tinggal di rumah sendiri

Untuk kamu dan pasangan yang telah memiliki tabungan dan sedang mencari tempat tinggal pasca menikah, pilihan tempat tinggal di rumah sendiri merupakan jalan yang tepat. Baik membangun atau membeli rumah sendiri semua itu tergantung dari besarnya tabungan. Membangun rumah baru pastinya lebih mahal daripada membeli rumah yang telah jadi. Namun, kamu dan pasangan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membangunnya.

Disamping itu, banyak keuntungan yang akan kamu dapat dibandingkan tinggal bersama orang tua dan mengontrak rumah. Pertama, walaupun terasa berat di awal karena harus menyiapkan dana untuk rumah sendiri tapi setelah mendapatkannya kamu tidak perlu lagi memikirkannya. Rumah tersebut pun akhirnya menjadi milikmu dengan atas nama dirimu sendiri atau pasangan. Berbeda dengan rumah kontrakan yang harus dipikirkan untuk pembayarannya dalam jangka waktu tahunan.

Selanjutnya kamu akan lebih bebas tanpa adanya orang lain di rumah tersebut. Kamu bisa mendekor segala sudut rumah mulai dari ruang tamu, kamar, taman dan bagian lain dengan sesuka hati. Sebab, kembali lagi ini adalah rumah milikmu sendiri.

Ketiga jenis tempat tinggal pasca menikah tersebutlah yang dapat kalian pilih sebagai pasangan. Hal terpenting lainnya adalah pastikan bahwa kamu dan pasangan nyaman ketika berada di dalamnya. Sebab, kenyamanan dari dirimu akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...