Pilih Kategori Artikel

Perlukah Mengundang Mantan Pada Acara Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu momen yang membahagiakan bagi para pasangan. Tentunya momen ini diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup dan bisa membuat rumah tangga yang harmonis. Banyak persiapan yang harus dilakukan agar mampu membuat pernikahan yang diinginkan. Salah satunya adalah membuat daftar tamu undangan. Tamu menjadi salah satu hal penting yang bisa memeriahkan pernikahan kamu dan pasangan. Tapi yang menjadi masalah perlukah mengundang mantan pada pernikahan?

Banyak sekali yang harus kamu pertimbangkan jika ingin mengundang mantan pada hari bahagiamu. Keputusan tersebut harus diambil dengan hati-hati dan jangan sampai merugikan salah satu pihak. Yang paling penting adalah pertimbangkan perasaan mantan dan juga pasangan agar tidak ada yang sakit hati. Jika memang ingin mengundang mantan pada pernikahan perhatikanlah hal-hal berikut ini untuk menjadi bahan pertimbangan kamu, apakah memang harus mengundang mantan atau tidak.

  1. Membuat alasan yang tepat

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan jika mengundang mantan ke pernikahan adalah memikirkan alasan yang kuat mengapa harus mengundang dia. Pastikan sudah tidak ada lagi perasaan yang tertinggal dalam diri kamu jika memang ingin mengundang dia. Jangan juga mengundang karena ingin membuat mantan kamu cemburu.

Pastikan alasan yang kuat seperti ingin menjalin silaturahmi dan kebahagiaan kepada mantan. Jadi jika memang kamu ingin mengundang mantan, sebaiknya luangkan waktu untuk memikirkan baik atau buruknya dan menentukan alasan yang tepat kamu mengundang dia.

  1. Pikirkan perasaaan mantan

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan, sebelum mengundang mantan adalah mempertimbangkan perasaannya. Perhatikan apakah orang tersebut akan merasa nyaman atau malah akan membuatnya sakit hati.

Jika hubungan kamu dan mantan buruk karena dia masih sakit hati sebaiknya jangan mengundangnya. Berita pernikahan kamu bisa saja hanya memperburuk masalah yang akan dihadapi oleh sang mantan. Ingat kamu mungkin sudah bisa move on, tapi apakah dia juga?

  1. Bicarakan dengan pasangan

Kamu harus selalu berkomunikasi dengan pasangan jika memang ingin menundang mantan pada pernikahan. Cobalah terus terang jika memang ingin mengundang mantan pada acara pernikahan kepada pasangan dan lihat bagaimana reaksinya. Kamu bisa mengundang mantan jika memang pasangan benar-benar telah setuju dengan hal tersebut.

Namun ambil langkah mundur jika kamu merasa pasangan tidak nyaman dengan rencana tersebut. Dia mungkin tidak mau mengatakan "tidak" tetapi kamu harus menghargai perasaannya. Ini adalah hari terpenting dalam kehidupan suami atau istri masa depan Anda juga, dan keputusan kamu dapat merusak semuanya. Jadi perhatikan perasaan pasangan juga ya!

  1. Apakah si mantan bersedia datang?

Jangan beranggapan hanya karena kamu dan mantan sudah menjadi teman yang baik, maka mereka ingin ada diundang ke pernikahan. Mungkin mereka berpikir akan ada yang tidak suka jika dia hadir atau mungkin keluarga kamu yang tidak akan menyukai kehadirannya, atau tidak ada orang yang bisa diajak bercakap-cakap di tempat resepsi.

Jadi sebelum mengirim undangan, pastikan sudah mengonfirmasikan kesediaannya secara langsung terlebih dulu. Apapun alasannya, hargai setiap keputusan mantan dan jangan merasa kesal jika undangan verbal kamu ditolak. Dan jika ada keraguan datang dari pihak mantan, jangan tambahkan tekanan dengan mengirimkan undangan secara formal.

  1. Membicarakan dengan pihak keluarga

Jika kamu dan mantan dulu putus karena tidak mendapat restu dari keluarga terutama orang tua, maka kamu harus membicarakan hal tersebut jika memang ingin mengundang sang mantan. Jika memang pihak keluarga kamu mengizinkan maka itu merupakan hal yang baik namun jika ada yang tidak suka dengan hal tersebut kamu harus pertimbangkan kembali jika memang ingin mengundang mantan pada pernikahan.

  1. Siap jika pasangan mengundang mantannya

Jika keputusan akhirnya adalah kamu memang dibolehkan untuk mengundang mantan, maka jangan egois atau merasa cemburu jika pasangan kamu melakukan hal demikian. Jika memang ingin mengundang mantan pada pernikahan maka cobalah untuk membuat kesepakatan bersama antara kamu dan pasangan agar tidak ada salah satu yang merasa sakit hati dan membuat hubungan kalian menjadi tidak akur.

Mantan merupakan masa lalu yang sudah terjadi dan cobalah melupakan dan memikirkan masa depan kamu bersama pasangan. Jika mengundang mantan pada hari pernikahan malah menjadi masalah sebaiknya jangan dilakukan agar hubungan kamu dan pasangan tidak berantakan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...