Menikah dengan WNA? Kamu Perlu Siapkan 5 Hal Ini! - Wedding Market

Menikah dengan WNA? Kamu Perlu Siapkan 5 Hal Ini!

22 May 2022 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 573
Menikah dengan WNA? Kamu Perlu Siapkan 5 Hal Ini!
Pernikahan Randy Pangalila dan Chelsey Frank | instagram/randpunk

Mempersiapkan sebuah pernikahan tentunya akan cukup menguras emosi, pikiran, tenaga dan juga dana, bukan? Lalu bagaimana apabila seorang warga Indonesia memiliki calon pasangan orang asing atau berbeda kebangsaan? Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum melangsungkan pernikahan? 

1. Mempelajari Kebiasaan

Kebiasaan atau sebuah hal yang lazim di sebuah negara dan dianut oleh suatu bangsa pasti akan sangat beragam dan juga seringkali berbeda satu sama lainnya bukan? Nah, untuk para calon mempelai yang akan menikah dengan pasangan yang berbeda negara, tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki oleh sang pasangan ya. 

Dimulai dari kebiasaan bekerja, waktu beristirahat, hingga kebiasaan dalam mengatur keuangan dan juga sebuah rumah atau tempat tinggal menjadi beberapa hal yang lazim harus kalian pelajari terlebih dahulu ya. Penyelarasan pemahaman akan kebiasaan-kebiasaan ini akan sangat memudahkan kalian untuk berkomunikasi lebih intens bersama dengan pasangan kalian juga lho.

2. Mencari Tahu Latar Belakang Edukasi

Selain mencari tahu latar belakang keluarga, penting sekali untuk kalian mengetahui latar belakang Pendidikan dari calon pasangan kalian lho. Dengan tingkat Pendidikan yang setara antara satu sama lain, kalian akan lebih mudah untuk berkomunikasi dan juga mengambil keputusan yang sejalan karena pola pikir yang juga selaras lho. 

Dan dengan mengetahui latar belakang edukasi dari calon pasangan kalian juga, kalian akan mampu untuk mulai memikirkan secara baik dan matang mengenai progress untuk memiliki anak atau keturunan di kemudian hari ya calon mempelai sekalian. 

3. Mempelajari Latar Belakang Budaya

Mengetahui budaya yang melekat dan dijalankan oleh calon pasangan berbeda kewarganegaraan sepertinya menjadi satu hal penting yang tak mungkin diabaikan ya. Selain dapat meningkatkan intensitas hubungan, kalian tentunya akan menemukan banyak sekali hal menarik yang tersembunyi dari pasangan kalian. 

Kultur budaya yang berbeda tentunya akan melahirkan jenis makanan, bentuk komunikasi, hingga gaya berbusana yang mungkin saja saling bertolak belakang lho. Namun, bukankah keindahan selalu tercipta dalam sebuah perbedaan? 

4. Mencari Tahu Kondisi di Negara Asal Pasangan

Nah, untuk kalian yang setelah menikah akan diboyong oleh pasangan kalian ke negara asal mereka untuk tinggal dan menetap disana, ada baiknya untuk kalian mulai mencari tahu dan mempelajari kondisi disana ya. Mulai dari lokasi KBRI terdekat, Kantor Polisi, hingga Supermarket terdekat yang bisa kalian kunjungi bila kalian sedang membutuhkan sesuatu. 

Semua hal ini tentunya akan menjadi salah satu bentuk langkah pencegahan yang baik apabila di kemudian hari kalian membutuhkan bantuan dari kantor-kantor layanan public maupun fasilitas umum dan bersama yang ada di negara asal pasangan kalian bukan?  

5. Mempelajari dan Melengkapi Jenis Dokumen yang Dibutuhkan

Mengurus dokumen kelengkapan pernikahan beda negara kerap kali menjadi satu kendala tersendiri bagi para calon mempelai. Meski begitu, menikah secara legal dan tercatat dalam kantor pemerintahan yang berwenang di satu negara tentunya akan jauh lebih baik dan juga aman bukan?

Nah, untuk mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung kelengkapan pernikahan ini, kalian bisa memberikan waktu persiapan yang lebih banyak ya, karena seringkali kalian akan terbentur dengan dokumen tambahan yang akan cukup memakan waktu. 

Lalu, bagaimana dengan kalian? Apakah kalian kesulitan mempersiapkan pernikahan kalian? Baca juga artikel pernikahan lain hanya di WeddingMarket ya!

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?