15 Sajian Lezat Nusantara untuk Menu Catering dan Prasmanan Pernikahan - Wedding Market

15 Sajian Lezat Nusantara untuk Menu Catering dan Prasmanan Pernikahan

17 Feb 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 488
15 Sajian Lezat Nusantara untuk Menu Catering dan Prasmanan Pernikahan
Menu Catering Pernikahan ala Sajian Nusantara by Al's Catering

Membawa cita rasa nusantara ke dalam pesta pernikahan, kenapa tidak? Hidangan nusantara memang terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Apalagi kita tahu bahwa dari setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki kuliner khas yang unik dan wajib untuk dicoba. Tak heran, banyak pengantin yang memasukkan aneka sajian nusantara ke dalam menu prasmanan pernikahan. 

Berbicara soal hidangan nusantara, tentu ada banyak sekali opsi yang bisa kamu pilih. Baik itu makanan pembuka, hidangan utama, hingga makanan penutup  untuk menu prasmanan pernikahan. Ada beragam kuliner khas daerah yang praktis untuk disajikan dan juga cocok dengan selera banyak orang. Sebagai contoh, kuliner khas Sumatera Barat, rendang. Siapa yang tak suka rendang? Rasanya, masakan berbahan dasar daging ini akan cocok dengan lidah semua orang.

Selain rendang, ada pula sate Madura, soto Betawi, rawon, dan masih banyak lagi sajian khas nusantara yang digemari oleh semua kalangan. Nah, untuk menambah referensimu, berikut WeddingMarket merangkum beberapa jenis masakan khas Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam daftar menu prasmanan pernikahan kamu nanti. Ada hidangan apa saja? Yuk, disimak!

1. Mie Aceh


Photo by Yasmina Haryono

Mari kita mulai dari wilayah paling Barat Indonesia, ada masakan populer dari bumi Serambi Mekah yakni mie Aceh. Mie yang punya tekstur yang tebal dengan kuah kari kental yang gurih dan lezat ini biasanya dilengkapi dengan irisan daging atau boga bahari. Mie Aceh lebih nikmat lagi jika disajikan dengan emping, taburan bawang goreng dan irisan daun bawang. Dengan citarasanya yang lezat, hidangan yang satu ini sering dijadikan menu andalan oleh para vendor catering pernikahan. Mie Aceh juga bisa menjadi menu prasmanan pernikahan kamu, dijamin deh akan banyak peminatnya. 

2. Rendang 


Menu Catering Pernikahan Rendang by Al's Catering

Siapa yang tak kenal rendang? Masakan khas suku Minangkabau, Sumatera Barat. Masakan yang terbuat dari daging ini dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu kaya rempah, selama berjam-jam hingga kuahnya mengental dan berwarna cokelat kehitaman. Untuk cita rasanya, tak perlu diragukan lagi, deh. Rasa rendang yang gurih dan nikmat, umumnya cocok dengan lidah semua orang. Bahkan dunia pun mengakuinya, dengan ditetapkannya rendang sebagai peringkat nomor satu dari 50 makanan terenak di dunia versi CNN. Nah, tentunya kamu juga mau dong memasukkan rendang ke dalam menu prasmanan untuk resepsi pernikahan kamu nanti? Tenang, sebab rata-rata vendor catering pernikahan menawarkan menu ini. 

3. Sate Madura


Sate Madura - Foto: gofood.co.id

Sate Madura sudah tak asing lagi di telinga, bukan? Menu yang satu ini sering kita jumpai dimana-mana, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya. Sate yang terbuat dari ayam atau daging kambing ini biasanya menjadi pilihan menu wajib untuk pernikahan. Sate Madura memiliki cita rasa yang lezat, dengan bumbu kacang dan kecap yang menggugah selera. Rasanya, jarang ada orang yang bisa menolak panganan khas nusantara yang satu ini. Oleh sebab itu, sate Madura juga cocok sebagai salah satu menu catering prasmanan pernikahan kamu nanti. 

4. Ayam Betutu

Dari Pulau Dewata Bali ada hidangan ayam betutu yang cukup populer dan dikenal dengan kelezatannya. Secara tradisional, ayam yang memiliki cita rasa pedas dan gurih ini dimasak dengan cara dipanggang dengan bara api kecil selama 24 jam. Uniknya, bumbu-bumbu dan rempah yang digunakan tidak hanya dilumuri pada kulit luar ayam, melainkan dimasukkan kedalam perut ayam utuh yang kemudian dibungkus dengan daun pisang, barulah kemudian ayam dipanggang. Proses memasak dengan cara seperti ini menjadikan bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam.  Karena kelezatannya inilah ayam betutu sangat direkomendasikan untuk menu catering prasmanan dalam resepsi pernikahan kamu nanti.

5. Ayam Taliwang


Ayam Bakar Taliwang | foto: resepistimewa.com

Masih dengan hidangan yang berbahan dasar ayam, selanjutnya ada ayam Taliwang yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat. Ayam Taliwang dimasak dengan cara dipanggang, bumbunya antara lain cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah serta garam. Cita rasa pedas menggigit dan gurih ayam bakar Taliwang ini sungguh sangat menggugah selera, tentunya bisa kamu pilih juga sebagai salah satu menu khas nusantara untuk resepsi pernikahanmu kelak.  

6. Coto Makassar


 Coto Makassar | foto: asianfoodnetwork.com

Coto Makassar adalah masakan khas nusantara yang berasal dari Sulawesi Selatan. Hidangan yang disebut juga dengan coto mangkasara ini, terbuat dari rebusan daging dan jeroan dengan kuah yang dibumbui berbagai macam rempah khas Indonesia, keunikan rasanya yang khas juga berasal dari campuran kacang tanah di dalam kuahnya, sehingga menghasilkan kuah gurih, kental dan nikmat. Hidangan istimewa satu ini tentunya juga patut dipertimbangkan sebagai menu catering prasmanan pernikahan kamu nanti. Sebagai pelengkap, biasanya coto Makassar disajikan dengan buras atau ketupat, taburan bawang goreng dan daun bawang. Sungguh nikmat!

7. Soto Betawi

Ada begitu banyak ragam masakan soto khas nusantara, sebut saja Soto Lamongan, Soto Medan, Soto Betawi, dan sebagainya. Setiap jenis soto tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri, salah satu yang cukup reccomended dan cocok dengan selera semua kalangan yakni soto Betawi. Memasukkan Soto Betawi ke dalam menu prasmanan resepsi pernikahan adalah pilihan yang tepat.

Soto Betawi juga berbahan dasar daging sapi dan campuran jeroan, hanya saja untuk kuahnya terbuat dari campuran antara santan dan susu.  Hal inilah yang membuat cita rasa soto Betawi berbeda dari yang lainnya. Apalagi jika disajikan dengan pelengkap seperti emping, irisan daun bawang dan taburan bawang goreng, wah, menu yang satu ini membuat pernikahanmu istimewa!

8. Gudeg Jogja

Kuliner khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terkenal dan sering muncul dalam menu prasmanan pernikahan adalah gudeg. Terbuat dari nangka muda dan santan, rasa manis gurih dari gudeg menjadikannya istimewa. Agar makin 'nendang' tambahkan juga tempe bacem dan telur pindang. Nah, hidangan yang cukup praktis ini cocok juga untuk dijadikan menu catering prasmanan acara pernikahan kamu, bukan?

9. Papeda Ikan Kakap Kuah Kuning Khas Papua


Papeda Ikan Kakap Kuah Kuning | foto: rasasayange.co.id

Mau mencoba hidangan lezat, unik dan tak biasa? Cobalah papeda ikan kuah kuning khas Papua sebagai salah satu menu di resepsi pernikahanmu nanti. Papeda adalah makanan hasil olahan sagu yang sering dijumpai di wilayah timur Indonesia, khususnya daerah Maluku dan Papua. Penyajian papeda dengan ikan kakap kuah kuning khas Papua sebagai menu catering prasamanan pernikahan memang tak lazim dijumpai, tetapi dengan rasanya yang lezat, patut untuk dipertimbangkan. Hidangan ini dijamin, bisa membuat penasaran para tamu undangan.

10. Ikan Bakar Manokwari


Ikan Bakar Manokwari | foto: budaya-indonesia.org

Masih dari wilayah timur Indonesia, hidangan nusantara berikutnya yang patut dipertimbangkan untuk menu resepsi pernikahan adalah ikan bakar khas Manokwari, Papua Barat. Daerah Manokwari terletak di pinggir pantai, makanan khasnya yang satu ini merupakan olahan ikan tongkol bakar disajikan dengan sambal mentah khas yang hanya ada di Papua. Walaupun resep otentik sambal dengan bahan baku cabai khas Papua ini cukup sulit didapatkan di daerah-daerah lain di Indonesia, apabila kamu ingin menambahkan menu yang satu ini ke dalam hidangan pernikahanmu, mungkin bisa sedikit diadaptasi menggunakan bahan yang tersedia. Rasa pedas gurih ikan panggang ini tentunya sulit untuk ditolak. 

11. Gado-gado Betawi

Menu yang satu ini, punya banyak penggemar dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, gado-gado Betawi juga menjadi menu yang wajib masuk dalam list menu catering pernikahan.  Dalam bahasa Betawi gado-gado berarti campur aduk. Sesuai dengan namanya, isi gado-gado terdiri dari campuran beberapa bahan seperti kentang, tahu, tempe, telur rebus dan sayuran lainnya. Bahan-bahan tersebut akan disiram dengan bumbu kacang yang mempunyai cita rasa gurih, manis dan pedas yang bikin nagih!

12. Pempek Palembang


Pempek Palembang | Foto: foodspot.co.id

Makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang cukup familiar di telingan masyarakat Indonesia adalah pempek. Olahan daging ikan dan tepung tapioka ini sangat cocok disajikan dengan kuah cuko yang memiliki cita rasa manis, gurih, kecut dan segar. Tambahkan pempek ke dalam list menu catering prasmanan pernikahan kamu nanti, pasti banyak yang suka deh

13. Tahu Gejrot

Dari daerah Cirebon ada tahu gejrot yang cukup digemari oleh banyak orang. Tahu gejrot adalah hidangan dari tahu yang digoreng dan disiram dengan kuah yang terbuat dari rebusan bumbu halus antara lain bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula jawa, cabai, dll. Meskipun sederhana, hidangan yang satu itu sangat menggugah selera. Tertari memasukkan hidangan ini dalam menu prasmanan pernikahanmu? 

14. Serabi Bandung


Serabi Kuah | Foto: cdn.yummy.co.id

Di sisi lain, mari kita bahas kuliner khas nusantara bercita rasa manis yang bisa dijadikan hidangan penutup dalam menu catering prasmanan pernikahan, salah satunya adalah serabi Bandung. Serabi atau surabi adalah jajanan tradisional khas Kota Kembang, Bandung. Terbuat dari adonan tepung beras dan santan, kue yang bertekstur soft ini dihidangkan dengan saus gula aren (kinca). Selain manis, serabi bisa juga dihidangkan dengan topping gurih, dari oncom pedas. Makanan yang satu ini gak pernah gagal memikat banyak orang, mungkin kamu juga?

15. Es Cendol Dawet

Tak lengkap rasanya membahas hidangan nusantara tanpa minuman khas Jawa yang satu ini. Yup, es cendol dawet merupakan salah satu minuman tradisional khas Jawa yang terbuat dari tepung beras ketan, disajikan bersama dengan es batu, saus kuah gula merah dan santan. Es dawet termasuk dalam daftar menu catering pernikahan favorit, bukan hanya populer di Jawa, tapi juga di berbagai daerah lain di Indonesia. Minuman yang satu ini sangat pas untuk melepas dahaga, pastinya akan diburu oleh para tamu undangan pernikahanmu.

Jika ingin dibahas lebih mendalam, ada banyak sekali  kuliner khas nusantara yang bisa dipilih untuk menu catering prasmanan pernikahan, yang pastinya punya cita rasa lezat dan menggugah selera. Membawa berbagai ragam keunikan makanan khas Indonesia ke dalam pesta pernikahan, akan memberikan warna tersendiri untuk acara yang akan kamu gelar nanti.

Jika kamu ingin memilih menu khas daerah khusus, sebaiknya konsultasikan dulu dengan vendor catering pernikahanmu, sebab tidak semua vendor bisa memenuhinya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, siapa tahu keinginanmu membawa sajian khas nusantara ke dalam pesta resepsimu bisa terwujud. Temukan juga berbagai macam penawaran menarik di WeddingMarket, your smart wedding platform yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk pesta pernikahanmu. Semoga dengan tulisan ini kamu terinspirasi, ya


Temukan Vendor Catering Untuk Pernikahanmu di Wedding Market

Silahkan Klik Disini

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?