Tips Memilih Jas, Model Busana Pria untuk Pernikahan - Wedding Market

Tips Memilih Jas, Model Busana Pria untuk Pernikahan

06 May 2020 | By Faaqih Irfan Djaelani WeddingMarket | Viewers: 1549
model pakaian pria
Foto: Harioms. Tailor

Mengenai pernikahan akan selalu tertuju pada wanita. Mulai dari make up, gaun pengantin, hingga aksesoris. Lalu bagaimana dengan pria terutama dalam berbusana?

Ternyata pria yang terlihat simpel dan tidak ribet itu juga butuh busana pria pada saat pernikahan, Ladies. Busana khusus supaya pria yang menjadi pasanganmu itu bisa tampil rupawan dan bersanding dengan kecantikan yang kamu miliki.

Biasanya, pengantin pria akan memakai jas pada hari pernikahan sebagai busana utama. Setelan jas lengkap akan memberikan kesan yang formal dan elegan sehingga cocok dikenakan saat resepsi.

Karena itu, memilih jas untuk pria pada hari pernikahan pun harus diperhatikan sehingga mereka akan terlihat lebih jantan dan elegan.

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan tersebut? Yuk, mari simak, Ladies!

1. Perhatikan Bahannya, Nyaman atau Tidak?

Kenyamanan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jas sebagai busana bagi pengantin pria. Kenyamanan itu tentunya berasal dari bahan yang digunakan pada jas. Supaya nyaman, ada beberapa jebus bahan pembuat jas yang bisa dipertimbangkan.

Yang pertama adalah jas yang bahannya terbuat dari wol. Jas dari bahan ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya meskipun harganya relatif lebih mahal. Selain wol, ada juga jas yang terbuat dari wool silk, yaitu kain yang teksturnya lembut dan mengilap sehingga membuat pasanganmu akan terlihat elegan.

Yang kedua adalah jas berbahan polyester atau hight twist. Bahan semi wol untuk harga lebih bersahabat daripada wol atau wool silk. Namun, polyester mempunyai keunggulan, yaitu lebih nyaman digunakan.

2. Pilih Motif dan Warna yang Serasi dengan Pengantin Wanita

Setelah memperhatikan, juga mempertimbangkan bahan jas yang akan dipakai, sekarang saatnya memilih motif dan warna yang tepat. Hal ini sebenarnya tergantung pada si pria yang akan memakai jas tersebut.

Apabila ingin ada klasik dalam pernikahan, jas hitam polos merupakan pilihan yang pas. Sedangkan memilih jas berwarna dan bermotif akan memberikan kesan modern, dinamis, dan modis. 

Warna lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif adalah khaki dan abu-abu. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap harus serasi dengan kamu ya, Ladies!

3. Sesuaikan dengan Ukuran

Memakai jas membuat seorang pria akan terlihat gagah. Apalagi jika sesuai dengan ukuran tubuhnya. Ukuran jas yang sesuai dengan standar internasional untuk pria adalah setengah dari proporsi tubuh secara keseluruhan, yaitu jatuh tepat pada garis pantat.

Untuk panjang lengan sendiri, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Ada pria yang suka memperlihatkan manset di balik jas. Namun ada juga yang lebih menyukai semua tertutup sempurna.

Untuk yang suka dengan tampilan memperlihatkan manset, tunjukkan hanya sebatas sekitar 1 cm. Namun, kalau pasanganmu tidak menyukai hal tersebut, cukup pastikan saja panjang lengan jas berada di bawah pergelangan tangan.

4. Sesuaikan dengan Budget

Karena hari pernikahan adalah hari yang spesial, pengantin pria pun tidak boleh tampil ala kadarnya, dan harus berbeda dari biasanya. Karena itu, untuk busana ia harus mempersiapkannya sesempurna mungkin.

Caranya adalah dengan menghitung dan menyesuaikan dengan bujet yang sudah dipersiapkan. Kalaupun bujet untuk busana pria tersebut tidak banyak, pastikan saja jas yang dikenakannya benar-benar nyaman dan sesuai dengan selera.

Selain mempersiapkan jas yang tepat sebagai busana pria untuk pernikahan, hal lain yang harus dilakukan adalah memilih model-modelnya untuk dikenakan.

Model-model jas ini terdiri dari 8 macam yang akan sangat cocok dan elegan ketika dipakai di hari pernikahan. Model-modelnya adalah sebagai berikut:

1. Tuxedo

Model pertama adalah tuxedo atau jenis jas yang biasa dikenakan di acara resmu seperti resepsi pernikahan atau makan malam. Ciri khas dari jas ini adalah terbuat dari bahan yang halus dan mengilap, dengan bentuk kerah yang melengkung.Tuxedo akan terasa pas jika dipadukan dengan kemeja wing collar dan dasi kupu-kupu.

2. Double Breasted

Jas dengan model seperti adalah yang sangat populer di semua kalangan. Famliar dengan nama Italian stye suit. Ciri khasnya adalah kancingnya yang berjumlah 4 hingga 6 buah, dan cocok digunakan untuk pria-pria jangkung dan tinggi besar.

3. British Style

British Style adalah jas tradisional dari Inggris yang sangat populer di kalangan bangsawan Inggris mulai abad ke-19. Ciri khasnya adalah kancingnya yang lebih rendah dari kancing jas pada umumnya. 

Untuk bahan pun lebih berat dengan setelan celana yang lebih lancip. Kesan formal dan elegan akan terlihat pada yang memakainya.

4. Single Breasted

Apakah pasanganmu adalah tipe yang kasual dan tidak menyukai sesuatu yang formal? Model jas single breasted bisa diberikan kepadanya untuk dipakai di hari pernikahan.

Single breasted mempunyai ciri hanya hanya punya satu baris kancing saja, dan dalam satu baris itu ada yang terdiri dari satum dua, atau tiga buah kancing. Jas dengan model seperti ini memang memberikan kesan yang sopan dan formal namun tetap memberikan kesan kasul yang sangat kuat.

5. Dinner Suits

Kalau kamu dan pasanganmu berniat menggelar pesta pernikahan dengan konsep yang santai dan semi-formal seperti pesta kebun, kamu bisa merekomendasikan pasangamu itu jas dinner suits. Supaya pasanganmu terlihat elegan dan jantan, minta padukan saja jas tersebut dengan dasi model kupu-kupu.

6. Mandarin Suit

Kalau dilihat dari namanya, jas ini memang punya tampilan khas, yaitu berupa kerah yang seperti kerah pakaian pria Cina yang tertutup sehingga jas ini cocok untuk dipakai pada pernikahan di malam hari. Selain itu, ada kesan sangat elegan yang didapat. Kelebihan dari jas ini adalah pemakainya akan terlihat ramping.

7. Italian Style

Selain British style, ada juga Italian style yang mempunyai kemiripan karena ada dua ventilasi di bagian belakang, serta bahannya mengilap. Italian style merupakan jas yang sangat populer, dan terkenal karena kesan klasik dan elegan yang dipakai.

Ciri khas dari jas ini adalah kancing yang lebih tinggi dibandingkan dengan jas pada umumnya, dan bagian bawah jas membentuk potong huruf V. Sangat cocok untuk pasanganmu yang berbadan tinggi dan ramping.

8. Summer Suit

Buat yang berada di negara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, jas yang cocok digunakan adalah summer suit.

Sesuai dengan namanya, jas ini mempunyai bahan yang ringan dan menyerap keringat sehingga membuat yang memakainya tidak kepanasan. Hal itu juga didukung oleh warna-warnanya yang juga cerah, melambangkan musim panas yang memang sangat dinanti-nanti. Kesan yang didapat ketika pasanganmu memakai jas ini adalah semi-formal, namun tetap sopan.

Itulah hal-hal penting dalam memilih jas sebagai busana pria di hari pernikahan beserta dengan model-modelnya yang cocok untuk dikenakan pasanganmu, Ladies.

Dengan setelan dan model yang cocok, pasanganmu pun tidak akan tampil ala kadarnya sehingga akan bisa menyeimbangkan tampilannmu yang anggun dan menawan.

Apabila pasanganmu sedang mencari-cari setelan dan model jas yang tepat, jangan sungkan untuk mampir ke vendor busana pria di Wedding Market karena di sana banyak sekali vendor yang menyediakan jas berkualitas. Klik aja di sini!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us