Pilih Kategori Artikel

Memilih Musik Pernikahan yang Tepat di Hari Bahagiamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Acara pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Momen ini sangat sakral karena mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk itu banyak pasangan yang membuat resepsi pernikahan mereka dengan pesta yang sangat meriah agar memberikan hal yang beda. Jika memang ingin membuat itu semua, pasti harus dipersiapkan dengan maksimal agar tidak ada elemen-elemen yang sampai terlupa. Salah satu elemen pentingnya adalah musik pernikahan.

Walau terkesan sepele, namun musik  memiliki peranan yang sangat krusial dalam suatu pesta pernikahan. Bisa dibayangkan bagaimana bosannya sebuah pesta pernikahan tanpa ada musik yang mengiringinya.

Ladies, kamu harus tau bahwa musik adalah cara yang bagus jika ingin mengatur suasana hati apalagi untuk berbagi kebahagiaan pada acara pernikahan. Selain itu, alunan musik menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengekspresikan diri dan membuat keceriaan pada pesta pernikahan serta menghibur para tamu undangan yang hadi pada acara bersejarahmu itu.

Tak cuma itu saja, penggunaan lagu juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan perhatian tamu. Karena itu kehadiran musisi atau pemain musik di pesta pernikahan sangat amat memegang peranan penting. Pemain musik harus tahu kapan mereka membawakan lagu syahdu saat acara haru dan kapan harus membawakan lagu yang ceria dan penuh cinta saat sedang berseneng-senang.

Cara Memilih Musik yang Tepat

wm_article_img
Foto: Need Pix

Kemeriahan sebuah pesta pernikahan rayanya kurang lengkap jika tidak diiringi oleh melodi dari musik pernikahan. Musik sendiri sudah terbukti bisa membawa suasana menjadi lebih hangat dan spesial. Selain itu, musik adalah bahasa universal yang dapat dimengerti semua orang.

Musik merupakan ungkapan emosional yang tertuang dalam wujud kata dan nada. Jadi jangan sampai kamu dan pasangan memilih iringan musik yang salah. Walau terdengar sepele, banyak sekali pengantin yang mengaku kerepotan ketika memilih musik untuk pesta pernikahannya.

Jangan khawatir ya Ladies, berikut ini kamu akan membagikan tips untuk memilih musik pernikahan yang tepat agar acara menjadi lebih meriah.

1. Sesuaikan dengan tema pernikahan

Ketika memilih musik untuk pesta pernikahan hal yang harus kamu dan pasangan perhatikan adarah memilih sesuai dengan tema pernikahan. Lihatlah apakah pernikahan kamu dan pasangan menggunakan tema tradisional atau internasional lalu baru menentukan musik yang sesuai.

Contohnya adalah jika kamu menggelar pernikahan secara tradisional cobalah membuat musik asli dari daerah tersebut dan jangan memilih musik yang tidak sesuai. Begitu juga sebaliknya jika pesta pernikahan lebih modern, kamu dan pasangan bisa memilih lagu kontemporer yang romantis.

2. Sesuaikan dengan lokasi acara

Hal selanjutnya yang kamu dan pasangan harus lakukan adalah menyesuaikan dengan lokasi acara. Sebagai contoh jika kamu menggelar pernikahan di luar ruangan, maka iringan musik dan vocal pastinya akan sulit ditangkap karena suara-suara yang masuk dari lingkungan sekitar.

Untuk itu kamu dan pasangan harus bisa mengakali itu semua, agar kesan dan makna yang timbul dari musik tersebut dapat diterima dengan baik oleh para tamu undangan.

3. Susunlah alur musik pernikahan sesuai dengan acara

Dalam sebuah pesta pernikahan tentunya ada alur acara yang dibangun, mulai saat tamu datang hingga mereka pulang. Untuk itu kamu dan pasangan harus bisa menyesuaikan musik dengan alur acara.

Contohnya adalah jika ada pada momen-momen menyentuh dan spesial maka musik yang diputar harus mengikuti alur tersebut. Jangan sampai kamu salah dalam memilih susunan alur musik karena bisa berakibat fatal pada suasana dan kesan yang terasa di acara pernikahan kamu.

4. Sesuaikan dengan rentang usia tamu

Menentukan musik pernikahan bisa juga dengan menyesuaikan dengan umur tamu undangan yang datang. Hal ini pernting dilakukan karena akan sangat aneh rasanya ketika misalnya undanganmu yang berasal dari rekan-rekan orangtua yang sudah usia di atas 40 tahun, tetapi kamu putarkan lagu-lagu anak muda. Ingat, ini bukan cuma pestanya kamu saja. Tetapi pesta semua tamu undangan juga, lho.

5. Memutar lagu kenangan

Resepsi pernikahan adalah salah satu wujud perayaan cinta kalian berdua yang akhirnya berhasil ketemu di pelaminan. Tak ada salahnya melibatkan lagu-lagu yang menjadi perekat hubungan kalian di awal masa pacaran atau PDKT.

Sambil mengenang saat awal jatuh cinta sambil bergandengan tangan di pelaminan, mana yang lebih romantis dari ini?

6. Solois? Kenapa tidak!

Jika kamu dan pasangan mempunyai teman atau kerabat yang berbakat dibidang musik, mengapa tidak meminta mereka untuk menampilkan kemampuannya? Hal ini tentu bisa membuat kamu sedikit menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi menyewa penyanyi atau band untuk tampil.

Hal tersebut juga bisa sangat berkesan pada para tamu undangan yang hadir. Dengan nuansa pernikahan yang diiringi oleh musik tentunya akan memeriahkan lebih lanjut pesta pernikahan kamu dan pasangan.

7. Menyesuaikan lirik lagu

Sering kali atau banyak pasangan yang salah memilih lagu dan liriknya. Contohnya adalah lagu yang terdengar menyentuh namun ternyata lirik lagunya malah menyedihkan. Tentunya kamu dan pasangan tidak ingin momen bahagia menjadi sendu bukan?

Untuk itu luangkan waktu agar bisa melihat lirik lagu yang sudah menjadi daftar pilihan kamu dan pasangan. Pastikan bahwa lagu yang akan dibawakan memiliki makna yang indah untuk pernikahan kamu ya, Ladies.

Jenis-Jenis Musik untuk Pernikahan

wm_article_img

Keindahan dekorasi di dalam sebuah pesta pernikahan, merupakan hal yang penting dan selalu menjadi pusat perhatian tamu undangan. Keindahan yang dibalut dengan alunan musik pernikahan yang tepat, dapat memberikan atmosfer yang berbeda. bukan hanya bagi para tamu, dan yang terpenting bagi pasangan pengantin.

Dengan pemilihan lagu yang tepat, kamu dan pasangan dapat membuat para tamu ikut merasakan kebahagiaan yang Anda berdua rasakan saat itu. Namun tentu saja diperlukan sedikit ketelitian dalam memilih lagu. Terkadang pasangan pengantin maupun pihak vendor entertainment salah mengartikan lagu.

Lantunan musik romantis yang diidentikkan dengan tempo lambat, kerap membuat mereka memilih lagu berlirik sendu, yang pada akhirnya malah membuat suasana pesta menjadi sedih. Padahal, pesta pernikahan seharusnya seharusnya berlangsung dengan penuh kegembiraan.

Ada berbagai cara untuk membuat pernikahan menjadi lebih bagus dan salah satunya dengan musik. Musik bisa membuat pernikahan kamu menjadi lebih hidup. Untuk itu tentunya kamu dan pasangan harus bisa memilih musik yang tepat dan sesuai. Banyak sekali genre musik yang ada di dunia, berikut ini kami akan rekomendasikan jenis-jenis musik yang cocok untuk acara pernikahan untuk kamu dan pasangan.

1. Musik Tradisional

Indonesia terkenal dengan bermacam suku dan budaya didalamnya dengan banyak sekali budaya yang berbeda-beda. Salah satunya adalah musik Tradisional yang biasa digunakan untuk acara pernikahan. Contohnya adalah pernikahan adat Jawa, biasanya para tamu akan disuguhkan alunan musik Jawa yang terdengar klasik dengan gamelan sebagai simbol utamanya.

Tetapi seiring berjalannya waktu tembang lagu Jawa pun mendapat pengaruh musik modern seperti pop. Maka jadilah perpaduan antara musik Jawa dan pop menjadi campur sari. Sekarang pun dalam pernikahan Jawa musik campur sari menjadi salah satu musik penghibur tamu yang datang.

Beda dengan musik adat Jawa, perayaan pernikahan Minang identik dengan lantunan musik tradisional talempong. Ketukan-ketukan talempong yang seirama biasanya hanya dimainkan dalam acara khusus seperti penerimaan tamu istimewa atau dalam pernikahan. Lagu pop bernuansakan Melayu pun dapat dijadikan pilihan.

2. Pop

Pop menjadi salah satu genre musik yang digemari oleh banyak kalangan, dan di tanah air sendiri aliran musik pop masih sangat populer dibawakan para penyanyi maupun band. Nah untuk itu musik pop menjadi salah satu musik pernikahan yang bisa disuguhkan karena mungkin setiap orang mengetahui genre musik ini.

Menggunakan genre ini yang sudah universal mungkin jauh lebih aman. Cobalah membuat sesuatu agar pernikahan lebih meriah seperti mengundang seorang penyanyi terkenal, atau band yang sedang diidolakan banyak orang. Pernikahan tersebut pasti akan menjadi pembicaraan dan akan selalu dikenang setiap tamu yang datang.

3. Jazz

Musik yang lahir di New Orleans, AS, ini merupakan genre musik yang dinilai cukup berkelas. Bersama alunan nada yang tidak terlalu keras, musik jazz amat cocok menghibur para tamu yang datang. Sehingga tamu masih dapat saling berbicara satu sama lain tanpa harus berlomba mengalahkan suara musik yang keras.

Perkembangan jazz pun saat ini mengalami percampuran dengan musik pop, sehingga terlahir genre pop jazz yang terdengar lebih ringan dibanding pure jazz yang cenderung agak berat.

4. Dangdut

Sebagai salah satu musik asli dari Indonesia, dangdut bisa menjadi salah satu genre musik yang bisa digunakan untuk acara pernikahan. Harus diakui musik dangdut yang riang bersama hentakan yang berirama membuat siapapun ingin bergoyang, dan bukan tidak mungkin alunan dangdut akan membangkitkan suasana pesta agar terlihat lebih hidup lagi.

Untuk itu biasanya musik dangdut menjadi favorit dikalangan masyarakat jika mengadakan pernikahan. Kamu tidak usah malu jika mengusung tema musik ini. Sebagai solusinya, kamu dan pasangan bisa menyelipkan beberapa lagu pop dangdut, artinya musik dangdut yang dipadukan dengan musik pop, di antara dominasi musik pop atau jazz yang menjadi tema besarnya.

5. Oldies

Lagu oldies memang didengar dari masa ke masa. Dengan istrumen dan aransemen lagu yang sederhana dapat membawa kenangan yang tidak terlupakan. Lagu ini menjadi favorit untuk musik pernikahan karena keunikan tersendiri dari lagu-lagu tersebut yang bisa memberikan kesan yang berbeda dalam pernikahan.

Biasanya lagu oldies yang sering dijadikan musik pengiring pernikahan adalah lagu yang populer di era 80’an dan 90’an. Namun sekarang hal ini banyak digunakan lagi.

6. Swing

Lagu swing populer di era 60’an dan 70’an, karakteristiknya memiliki instrumen dan aransemen yang lambat. Sehingga, jika kamu memilih lagu swing untuk acara pernikahanmu, sebaiknya kamu kombinasikan dengan lagu yang bertempo cepat ya.

Meskipun sebenarnya lagu-lagu swing ini cocok sebagai musik untuk pernikahan, namun jika terus-terusan memilih lagu yang bertempo lambat dalam acara pernikahanmu tentu akan membosankan bukan.

7. Rock

Siapa bilang genre musik ini tidak cocok untuk pernikahan? Kamu dapat memasukan lagu-lagu rock jika memang punya selera musik seperti ini. Namun ketika kamu memilih musik ini cobalah memilih beberapa lagu yang sesuai dengan tema pernikahan.

Selain itu penempatan lagunya harus tepat pada susunan acara agar tidak mengganggu kesakralannya acara pernikahan tersebut. Jadi jika memang ingin memasukan musik dengan genre ini penempatannya harus hati-hati ya Ladies!

Cara Memilih Pemain Musik di Resepsi Agar Tidak Keliru

wm_article_img
Foto: PXFuel

Setelah kamu dan pasangan memilih dan menentukan genre musik yang cocok untuk acara pernikahan, ternyata masih ada elemen lain yang tidak boleh untuk dilupakan. Yap! yaitu berupa band atau penyanyi yang akan memeriahkan suasana pesta pernikahan kamu dan pasangan nantinya.

Hal ini merupakan salah satu yang cukup krusial dan untuk itu kamu perlu menyiapkannya dengan matang agar suasana didalam pesta menjadi meriah dan perkesan untuk para tamu undangan. Untuk membantu kamu memilih band yang akan memeriahkan pestamu, kami akan memberikan cara memilih pemain musik yang tepat agar pesta bisa berjalan dengan meriah, Yuk simak artikel ini.

1. Memilih Pengiring musik sesuai dengan tema pernikahan

Pernikahanmu pasti memiliki tema, ‘kan? Nah, untuk membuat suasana yang ada sejalan dengan tema yang kamu harapkan, maka kamu perlu memilih genre dari band yang akan kamu pilih.

Alasannya jelas, supaya pesta pernikahan kamu menjadi sempurna dan berkesan bagi tamu undangan yang datang ke sana. Walaupun terdengar sepele namun hal ini sangat penting untuk kamu dan pasangan lakukan dan jangan sampai terlewat ya!

2. Memeriksa fortofolio dari vendor musik

Ketika kamu dan pasangan ingin menggunakan vendor acara musik, hal wajib yang harus dilakukan adalah mengecek portofolio mereka terlebih dahulu. Kamu bisa mengeceknya lewat video-video yang telah diunggahnya atau bahkan meminta mereka untuk tampil langsung di hadapanmu.

Hal ini menjadi hal yang akan membantu kamu menentukan apakah vendor tersebut cocok atau tidak. Jangan sampai karena tidak melakukan hal ini kamu dan pasangan akan kecewa pada hari H karena penampilan mereka yang dibawah standar.

3. Melihat testimoni dari orang lain

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah vendor musik ini berkualitas atau tidak dari testimoni orang yang telah menyewa mereka terlebih dahulu. Melihat testimoni atau tanggapan dari orang lain mengenai kualitas dan kuantitas band atau pemusik tersebut pun juga jadi hal yang bisa kamu lakukan. 

Cara melihatnya bisa dengan kamu membaca berbagai komentar yang masuk untuk mereka di laman sosial medianya. Dengan melakukan hal tersebut kamu akan punya bahan pertimbangan sendiri. Kalau sudah yakin, kamu jadi tidak akan salah pilih nanti.

4. Mendiskusikan alat musik dan sound system

Hal selanjutnya dalam memilih vendor musik pernikahan adalah memperhatikan kesepakatan soal alat musik dan sound system. Hal ini harus didiskusikan oleh pihak kamu dan mereka dengan jelas dan terbuka. Melakukan hal ini penting agar tidak ada selisih paham di antara kamu dan vendor.

Jangan nanti pada saat hari H datang, kamu mengira pihak mereka datang dengan alat musik lengkap, namun nyatanya mereka datang dengan tangan kosong, begitu juga sebaliknya. Tentunya kamu dan pasangan tidak mau hal seperti ini terjadi bukan?

5. Memastikan dengan baik jumlah dan jenis lagu yang akan dimainkan

Perihal jumlah lagu yang akan dinyanyikan juga jadi hal yang perlu dibicarakan. Dengan begitu kamu bisa menghitung durasi pesta dan jumlah lagunya akan pas atau tidak. Selain itu kamu juga perlu memastikan berapa banyak jenis lagu yang bisa mereka mainkan.

Kalau sudah ada pembicaraan dan perjanjian atas hal tersebut, maka di hari bahagiamu nanti tidak perlu lagi ada hal yang kamu khawatirkan.

6. Membicarakan soal dress code pernikahan kepada pihan vendor musik

Soal kostum atau penampilan mereka juga wajib jadi bahan obrolan. Kamu harus bertanya dengan baik busana apa yang akan mereka kenakan.

Syukur-syukur kalau mereka bisa tampil serupa dengan tema yang kamu punya. Karena kamu nggak mau kan kalau tiba-tiba mereka hadir dengan kaus dan jeans seadanya. Ya, kalau memang itu konsep yang kalian usung sih nggak masalah.

7. Besaran biaya

Hal terakhir yang harus kamu dan pasangan perhatikan adalah masalah biaya. Biaya bisa menjadi masalah yang sangat sensitif. Untuk itu kamu dan pasangan perlu memastikan biaya yang akan dikeluarkan agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Jika memang kamu menginginkan harga yang lebih murah bisa meminta bantuan teman-teman yang biasa suka tampil nge-band dan tentunya mereka akan memberikan harga yang lebih murah.

Beberapa hal tersebut rasanya wajib untuk kamu dan pasangan perhatikan ketika memilih musik pernikahan agar lebih memeriahkan acara pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dan pasangan ya, Ladies!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...