Inilah Naskah MC Pernikahan untuk Akad Simpel Namun Mengesankan - Wedding Market

Inilah Naskah MC Pernikahan untuk Akad Simpel Namun Mengesankan

30 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 231
Inilah Naskah MC Pernikahan untuk Akad Simpel Namun Mengesankan
William Jhony

Dalam sebuah acara pernikahan, pasti ada yang akan memandu jalannya pernikahan tersebut atau yang disebut juga dengan MC. Tujuan dari adanya MC ini adalah agar memandu jalannya acara pernikahan agar sesuai dengan keinginan yang sudah direncanakan. Maka dari itu, seseorang yang menjadi MC membutuhkan naskah MC pernikahan agar tidak salah dalam menyebutkan rangkaian acaranya.

Jika kamu ingin meminta bantuan temanmu untuk menjadi MC di acara pernikahanmu, tentu kamu harus memberikan naskah untuk MC pernikahan yang tepat agar mereka bisa berusaha sebaik mungkin.

Namun, jika kamu belum tahu bagaimana teks serta susunan acara akad nikah yang baik dan benar, maka di bawah ini akan dijelaskan mengenai susunan naskah MC pernikahan, khususnya untuk acara akad yang simple namun akan sangat mengesankan.

MC Pernikahan Terbaik Akan Bawa Pernikahanmu Lebih Khidmat, Ada di WeddingMarket



Referensi Naskah MC Pernikahan

Referensi Naskah MC Pernikahan

1. Pembukaan / Mukadimah MC Akad Nikah

Di bagian ini kamu bisa menggunakan pembukaan seperti: 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Kemudian bisa langsung dilanjutkan dengan mengucapkan rasa syukur karena bisa berkumpul dan melangsungkan acara akad nikah tersebut. Jangan lupa juga untuk mengajak tamu undangan untuk mengucapkan Shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Contoh teks nya seperti:

Tidak ada kata yang bisa diucapkan selain mengucapkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, karena atas berkat rahmatnya kita bisa berkumpul di acara yang Insyaallah penuh barokah ini dalam keadaan sehat walafiat baik secara jasmani maupun rohani untuk melaksanakan acara akad nikah yang penuh berkah ini. 

Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad sallallahu alaihi wasallam karena berkatnya kita bisa berada di alam yang penuh dengan ilmu ini.

Kemudian naskah MC pernikahan ini dilanjutkan dengan memperkenalkan diri, tujuan mengundang tamu undangan serta mengarahkan acara pada acara inti. Contoh teksnya yaitu:

Hadirin yang berbahagia, saat ini kita diundang oleh Bapak (nama wali) untuk menyaksikan acara akad nikah putra putri beliau serta memberikan doa restu kepada kedua mempelai. Pada acara kali ini, saya selaku MC akan membacakan rangkaian acara akad ini.

- Pembukaan MC

- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

- Khotbah Pernikahan

- Akad Nikah

- Doa dan Penutup

Untuk lebih singkatnya waktu, marilah kita buka acara akad nikah ini bacaan Basmalah agar acara ini bisa berlangsung tanpa adanya hambatan sedikitpun.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Selanjutnya mempersilahkan untuk yang bertugas untuk membaca ayat suci Alquran.

Acara selanjutnya yaitu membaca ayat suci Alquran oleh (nama), waktu dan tempat dipersilahkan. 

Jika sudah selesai, maka dilanjut dengan:

Kepada saudara (nama), kami ucapkan banyak terima kasih, semoga yang membaca maupun mendengarkan mendapatkan pahala.

3. Khotbah Pernikahan

Melangkah pada rangkaian acara yang selanjutnya yaitu mendengarkan untaian nasihat yang akan diberikan oleh Ustadz (nama), kepadanya dipersilahkan.

Jika sudah selesai, maka dilanjut dengan naskah MC pernikahan seperti:

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas waktunya dan nasehat-nasehat yang disampaikan.

4. Akad Nikah

Selanjutnya, MC akan mengarahkan perhatian dari tamu undangan menuju acara inti yaitu akad nikah. Adapun teks yang tepat yaitu:

Hadirin yang dihormati kita sudah tiba pada acara inti yaitu akad nikah antara (nama mempelai), putri/putra (nama orang tua wali kedua belah pihak). Akad nikah ini akan dipandu oleh (nama), waktu dan tempat dipersilahkan.

Jika sudah selesai, maka dilanjut dengan naskah MC pernikahan seperti:

Demikianlah acara inti di siang atau pagi hari ini, kedua pengantin sudah selesai melaksanakan acara pernikahan dengan lancar. Semoga keduanya bisa langgeng dan selalu dalam keridhaan Allah SWT.

5. Doa dan Penutup

Selanjutnya yaitu MC bisa mengarahkan acara kepada acara yang terakhir yaitu acara doa atau penutup. Naskah yang bisa digunakan seperti:

Sebelum acara kali ini kita tutup marilah kita berdoa bersama agar kedua mempelai bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Doa kali ini akan dipimpin langsung oleh Ustadz (nama) kepadanya dipersilahkan.

Jika sudah selesai, maka dilanjut dengan naskah MC pernikahan seperti:

Terima kasih saya sampaikan. Hadirin sekalian, semua rangkaian acara akad nikah ini sudah kita lewati dengan baik dan marilah kita mengucapkan Hamdalah bersama-sama sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, Alhamdulillah.

Saya selaku pembawa acara atau MC di acara akad nikah ini mohon maaf apabila ada kesalahan baik perkataan maupun perbuatan. Saya akhiri, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah itulah tadi contoh dari naskah MC untuk acara pernikahan yang bisa kamu berikan untuk temanmu yang akan menjadi MC di acara pernikahanmu nanti. Sebenarnya menggunakan jasa teman atau anggota keluarga untuk menjadi MC di acara pernikahan tidaklah buruk. 

Tetapi sangat disarankan agar menggunakan jasa dari vendor mc pernikahan yang profesional. Selain kamu tidak perlu membuang waktu untuk membuat naskah MC pernikahan sendiri sebab vendor akan membuatkannya untukmu. Kamu juga akan mendapatkan acara pernikahanmu tampak meriah dengan MC profesional itu. Sedikit merogoh kantong lebih dalam dalam lebih baik, bukan? Daripada harus merasakan kecewa karena MC yang tidak sesuai dengan keinginan.

MC Pernikahan Terbaik Akan Bawa Pernikahanmu Lebih Khidmat, Ada di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us