Deretan Pakaian Pengantin Pria untuk Pernikahan Istimewa

16 Feb 2021 | By Wedding Market WeddingMarket | Viewers: 165
Deretan Pakaian Pengantin Pria untuk Pernikahan Istimewa
Foto: PXhere

Salah satu bagian yang cukup penting ketika menggelar acara pesta pernikahan adalah penggunaan baju pengantin. Kalau kamu ingin menggelar pesta pernikahan bergaya modern, tentu perlu mempertimbangkan pemilihan pakaian pengantin pria yang tepat agar pesta pernikahan tersebut dapat berjalan secara semakin maksimal dan optimal.

Pemilihan busana pada pesta pernikahan bergaya modern cenderung lebih fleksibel dalam hal pemilihan baju pengantin baik untuk mempelai pria maupun juga mempelai pria. Pasalnya, untuk pernikahan bergaya modern tidak terlalu terikat dengan penggunaan pernak-pernik berbalut budaya dan adat tradisional. Kalau kamu masih merasa bingung dalam memilih pakaian pengantin pria untuk menggelar pesta pernikahan, beberapa rekomendasi pakaian berikut bisa menjadi alternatif yang bisa kamu pertimbangkan.

8 Ide Pakaian Pengantin Pria untuk Pernikahan Istimewa

1. Baju Pakaian Pengantin Pria Tuksedo


Foto: Pixabay

Rekomendasi pilihan pakaian pengantin pria untuk pesta pernikahan bergaya modern yang bisa kamu pilih adalah Tuksedo. Jenis pakaian ini sangat cocok untuk digunakan pada acara pesta pernikahan bergaya modern sehingga menampilkan kesan maskulin yang menawan. Jenis pakaian ini sangat cocok digunakan baik untuk gelaran pesta yang bernuansa formal maupun juga semi-formal.

Penggunaan jas pengantin model tuksedo untuk baju pengantin pria semakin banyak digunakan sebagai alternatif pilihan untuk menggelar pesta pernikahan dengan gaya modern yang menawan. Berbekal dengan penggunaan tuksedo ini, kamu pun bisa tampil secara lebih maksimal dan optimal pada acara pernikahan mu yang istimewa.

2. Beskap

Foto: Devianart.com

Mungkin sudah banyak diantara kamu yang mengenal apa itu beskap. Pakaian pernikahan tradisional pria ini sejatinya termasuk jenis pakaian tradisional dari Jawa untuk menggelar acara pernikahan. Namun tampilannya yang terlihat elegan dan menawan, membuat pakaian pengantin pria yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk digunakan pada acara pesta pernikahan.

Salah satu model pakaian Jawa ini cukup banyak digemari para pasangan mempelai karena mampu menghadirkan kesan sederhana namun tetap menarik jika dipadukan dengan pilihan motif dan warna yang tepat. Berbekal dengan pemilihan warna-warna yang kasual, kamu pun bisa tampil gagah nan memesona di pesta pernikahan yang begitu bersejarah.

3. Jas Prangwedana Dari Sunda

Foto: motekarsalon

Kalau kamu dan pasangan ingin menggelar pesta pernikahan bergaya adat Sunda, salah satu pakaian pengantin pria yang bisa dikenakan adalah Jas Prangwedana. Busana pengantin pria dengan atasan berupa jas dan rangkaian binga melati ini menjadi salah satu simbol kebesaran mempelai laki-laki ketika menggelar acara pesta pernikahan bergaya Sunda. Tambahan pernak-pernik lainnya adalah keris perlambang kegagahan bagi pria.

Selain keris perlambang kegagahan, busana pakaian adat dari Sunda ini juga dilengkapi dengan bendo hiasan permatan, Boro Sarangka, dan juga ornamen pelengkap lainnya bernama Kewer.

4. Kemeja Putih Polos Dengan Suspender Celana Hitam

Kalau kamu merasa tidak ingin terlalu repot mengenakan pakaian untuk gelaran resepsi pesta pernikahan, maka memilih kemeja putih polos dengan suspender yang dipadukan celana hitam bisa menjadi alternatif pilihan style yang bisa kamu coba. Untuk tampilan pakaian pengantin pria yang satu ini lebih cocok bila digunakan untuk menggelar resepsi pesta pernikahan bergaya modern.

Sebagai pelengkap, kamu bisa juga menambahkan dasi kupu-kupu berwarna hitam agar penampilan mu di hari pernikahan menjadi semakin istimewa dan menawan.

5. Jas Model Dinner Suits

Kalau kamu tertarik ingin melangsungkan pesta pernikahan dengan konsep kasual, maka memilih pakaian pengantin pria jenis jas model Dinner Suits bisa menjadi alternatif pilihan yang patut dipertimbangkan. Model jas Dinner Suits ini bisa memberikan kesan yang tidak terlalu formal bagi pesta pernikahan yang akan kamu gelar.

Meski terlihat lebih kasual, namun tetap tidak akan menghilangkan kesan profesional dan rapi pada pernikahan yang kamu gelar. Jenis pakaian untuk pengantin pria ini bisa digunakan untuk pernikahan di dalam maupun luar ruangan. Dengan demikian, kamu tidak perlu bingung lagi dalam memilih jas pernikahan modern yang kasual untuk pesta pernikahan.

6. Pakaian Pengantin Pria Model Basahan Khas Surakarta

Foto: Eastbound.com

Kalau kamu berasal dari Jawa Tengah, khususnya Surakarta rasanya tidak akan asing lagi dengan busana pengantin yang satu ini. Pakaian pengantin bernama Basahan merupakan pakaian pengantin dari adat Surakarta yang begitu menawan dan akan membuat penggunanya terlihat gagah.

Perlu kamu ketahui bahwa pakaian pengantin pria bernama Basahan ini bukanlah berupa baju yang menutupi seluruh tubuh mempelai pria. Baju ini merupakan lembaran kain lebar dengan corak yang cukup menarik dan dikenakan pada tubuh mempelai pria dengan menggunakan teknik-teknik lipatan tertentu yang tidak sembarangan. Pakaian pengantin yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan lainnya selain Beskap.

7. Paes Ageng Jogja

Foto: Iroprojo.blogspot.com

Pilihan pakaian pengantin pria yang tidak kalah menawan untuk digunakan adalah Paes Ageng Jogja. Hampir mirip dengan busana Paes Solo, busana Paes Ageng Jogja ini juga menjadi alternatif pilihan yang banyak digemari oleh sejumlah kalangan. Terutama bagi orang-orang yang menggunakan pesta pernikahan dengan mengusung adat Jawa.

Paes Jogja memiliki tampilan yang sangat elegan dan juga simpel. Jika pada pesta pernikahan bergaya Jawa umumnya menggunakan rangkaian bunga melati dibagian dada, Paes Ageng ini lebih sering menggunakan sejenis kalung yang dibuat dari tembaga dengan warna keemasan. Sebagai pelengkap, disematkan atribut berupa keris dan juga jarik sebagai bagian dari upaya untuk menjunjung tinggi adat dan kebudayaan Jawa.

8. Dandanan Care Haji Sebagai Baju Pengantin Pria Betawi

Foto: Yuksinau.id

Selain pernikahan dengan adat Jawa, pernikahan bergaya Betawi juga menjadi salah satu yang cukup populer untuk digunakan oleh sejumlah kalangan. Pasalnya, selain unik dan menarik, pakaian pernikahan khas dari Betawi ini juga merupakan perpaduan dari sejumlah adat budaya sehingga membuat corak dan tampilannya menjadi semakin menawan.

Pakaian pernikahan khas Betawi merupakan akulturasi dari sejumlah kebudayaan besar. Pakaian adat tersebut merupakan hasil perpaduan dari budaya Melayu, Arab, dan juga Cina yang membaur ke dalam bentuk pakaian tradisional khas dari Betawi. Pakaian pengantin pria Betawi biasa disebut dengan ‘dandanan care haji’. Pada upacara pernikahan adat Betawi, mempelai pria akan mengenakan pakaian lengan panjang dengan jubah panjang dan juga penutup kepala berwarna merah.

Perlu diketahui bahwa jubah pada pengantin mempelai pria Betawi ini terdiri dari dua bagian yang berbeda yakni bagian luar dan juga bagian dalam. Bagian luar pada umumnya dibuat dari bahan kain beludru. Sedangkan untuk bagian dalamnya dibuat dari kain halus yang berwarna putih. Sedangkan untuk bagian penutup kepala disebut dengan Alpie yakni sejenis peci dari budaya Arab.

Itulah beberapa deretan pakaian pengantin pria yang bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan yang istimewa. Sebenarnya, masih ada cukup banyak berbagai jenis pakaian pengantin pria lainnya. Terlebih di Indonesia sendiri ada cukup banyak adat budaya yang membuatnya memiliki kekayaan pakaian pernikahan. Dengan adanya beberapa jenis pakaian pengantin di atas, kamu bisa memilih yang sesuai dengan konsep pernikahan yang diusung.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket