Pilih Kategori Artikel

Apa Saja Sih yang Ada dalam Paketan Wedding Organizer?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat memilih paketan wedding organizer, pastinya kamu dan pasangan mengetahui detailnya secara keseluruhan. Jangan sampai memilih wedding organizer yang tidak sesuai dengan keinginan maupun budget. Sebab, wedding organizer tak hanya memberikan jasa untuk mengatur pernikahan saat hari H saja. Tetapi ada yang memberikan paketan wedding organizer. 

Paketan ini tentunya mencakup kebutuhan pernikahan secara keseluruhan. Sebelum kamu memutuskan paketan wedding organizer yang akan diambil, ketahui beberapa deretan isi dari paket wedding organizer yang lengkap dan perlu kamu ketahui. 

1. Wedding Planner

Salah satu items yang penting untuk kamu perhatikan adalah wedding planner. Paketan wedding organizer secara tidak langsung termasuk dengan jasa wedding planner. Nantinya wedding organizer akan membantu kamu berkoordinasi dengan semua vendor serta membantu soal budget. Paketan ini biasanya sudah termasuk dengan jasa tim yang mendampingi proses perencanaan.

Tak hanya termasuk dengan jasa wedding planner, paketan juga menawarkan tim wedding organizer. Salah satu tugas dan tanggung jawab dari wedding organizer adalah memastikan pernikahan berjalan dengan lancar. Wedding organizer akan mengelola dan berkoordinasi dengan semua vendor agar pernikahan sesuai rencana. 

Kamu dan pasangan juga bisa mengetahui jasa apa saja yang masuk ke dalam paketan wedding organizer. Misalnya dari jumlah crew yang bertugas hingga jam standby. Beberapa wedding organizer membedakan harga untuk pernikahan satu hari dan juga setengah hari. Maka, jangan sampai kamu tidak mengetahui paketnya secara lengkap.

2. Catering

Salah satu unsur penting dalam pernikahan adalah makanan. Kamu dan pasangan harus mengecek paketan dari segi makanan. Biasanya paket yang ditawarkan adalah buffet dan juga stall. Ada beberapa faktor yang bisa membedakan harga. Pertama tentu adalah jumlah porsinya.

Berikutnya adalah varian menu buffet yang ditawarkan. Semakin banyak lauk dan sayurnya pasti semakin mahal. Begitu pula dengan stall. Jika menunya mewah dan tidak biasa tentu akan berpengaruh langsung terhadap harga. Faktor lain yang mempengaruhi paketan adalah makanan tambahan lainnya.

Misalnya saja berbagai snack dan potongan buah. Pada paket yang standar mungkin tidak menyediakan snack, buah atau bahkan pudding. Begitu pula dengan minuman. Paketan yang standar hanya menyediakan minuman berupa air putih misalnya. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah dekorasi.

Jangan heran jika paketan wedding organizer bisa berbeda harganya karena dekorasi catering itu sendiri. Ada beberapa catering yang memberikan dekorasi mewah misalnya bentuk stall hingga pilihan bunga. Jadi jangan heran jika kamu melihat ada perbedaan harga yang cukup signifikan. 

3. Dekorasi

Paketan wedding organizer yang tak kalah penting adalah dekorasi. Perbedaan paketan cukup signifikan dalam hal dekorasi. Pada dekorasi standar misalnya, bagian pelaminan biasanya berupa kain saja. Selain itu, bunga yang dipakai umumnya artificial. Sementara pada paketan dekorasi yang mahal, biasanya akan memakai background dengan tema tertentu serta memakai bunga dan tanaman asli.

Begitu pula dengan properti dekorasi yang akan dipakai. Paketan dekorasi yang standar biasanya hanya ada wedding gate dengan standing flower untuk menghiasi jalan kirab. Tetapi paketan yang lebih lengkap juga bisa kamu dapatkan misalnya pergola dengan hiasan lampu.

Selain itu, ada pula background untuk pemusik dan juga penerima tamu. Paketan yang lengkap juga sudah termasuk background untuk photobooth. Maka dari itu, kamu dan pasangan perlu mengetahui properti yang dipakai. Jangan sampai konsep dekorasinya tidak sesuai dengan apa yang kamu bayangkan.

Tak hanya dari jumlah properti yang dipakai, kamu dan pasangan juga perlu mengetahui design dekorasi. Misalnya dengan tema rustic ataupun tema-tema lainnya yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jangan hanya terima paketan saja tetapi kamu dan pasangan juga harus mengungkapkan design yang diinginkan. 

4. Makeup (Sanggar / Bridal

Makeup akan membuat kamu dan pasangan menjadi orang yang spesial di hari bahagia. Apalagi dengan kehadiran sanggar atau bridal yang bisa menyesuaikan dengan keinginan kamu. Misalnya saja kamu ingin memakai kebaya dengan gaya internasional. Pastikan paketan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan. Selain itu, kamu harus memahami model baju yang ditawarkan.

Ada baju yang disebut dengan custom rental atau hanya rental. Baju custom rental biasanya lebih mahal karena biasanya kamu boleh memesan model baju yang disuka. Sementara jika hanya rental saja harganya lebih murah sebab memakai baju yang sudah disediakan saja. 

Tak hanya dari segi model saja, kamu perlu mengetahui item yang ditawarkan dalam paketan wedding organizer. Ada yang menawarkan secara lengkap termasuk baju untuk orangtua dan keluarga. Namun, ada pula yang menawarkan hanya untuk kamu dan pasangan. Semua itu perlu diperhatikan saat kamu menerima penawaran dari wedding organizer. 

5. Dokumentasi 

Banyak yang menganggap bahwa paketan dokumentasi hanya itu-itu saja. Padahal sebenarnya tidak semudah itu. Ada banyak jenis paketan yang wajib kamu perhatikan. Misalnya saja dari segi output. Beberapa paketan mungkin memberikan print foto atau album foto. Namun, ada pula yang hanya akan memberikan hasilnya dalam bentuk soft copy.

Tak hanya dari segi foto saja. Paketan juga bisa dilihat dari segi output video. Ada paketan yang menawarkan video selama 3 menit atau hanya highlight sepanjang 1 menit saja. Maka, kamu dan pasangan harus melihatnya secara detail agar sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

6. Entertainment

Paketan berikutnya adalah entertainment. Wedding organizer biasanya akan memberikan paket entertainment mulai dari pemusik sampai MC. Tapi, kamu harus mengecek dan mengetahui detail paketannya. Misalnya untuk pemusik, ada beberapa jenis yang ditawarkan seperti organ tunggal, akustik hingga full band. 

Maka, kamu dan pasangan harus memastikan hal ini. Bahkan, ada beberapa pasangan yang mungkin menginginkan alat musik lain seperti biola maupun saxophone. Selain unsur pemusik, sound system juga penting untuk diperhatikan. Bisa jadi paketan yang ditawarkan tidak termasuk sound system untuk menduku para pemusik.

7. Venue 

Hal terakhir adalah venue. Sebenarnya venue sendiri cukup susah susah gampang dalam hal pencarian. Beberapa venue bahkan sudah punya paketan wedding organizer tersendiri. Pastinya kamu tak perlu repot dan tinggal memakai vendor yang disediakan. Namun ada kekurangannya karena tidak bisa memilih vendor yang sesuai keinginan.

Tapi tenang saja. Ada beberapa paketan wedding organizer yang memasukkan venue di dalamnya. Kamu tinggal pintar-pintar memilih dan membandingkan harga sesuai tempat yang memang kamu inginkan. Maka, mempelajari paket yang diberikan adalah hal yang utama.

Itu dia serangkaian unsur di dalam paketan wedding organizer. Kamu dan pasangan perlu mempelajari paketan tersebut supaya memastikan sudah sesuai dengan konsep dan juga budget. Ngomong-ngomong soal budget, apakah kamu sudah menentukan berapa budget yang kamu miliki untuk memakai jasa wedding organizer? Jika sudah, saatnya kamu memilih vendor wedding organizer sesuai dengan budget-mu di WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...