Pilih Kategori Artikel

Panduan Memilih Jas Pengantin Pria Berdasarkan Bahan yang Paling Nyaman Dikenakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Apabila sebelumnya kamu tidak pernah sama sekali berpengalaman memilih jas, baik itu untuk acara formal ataupun pernikahan, mungkin kamu akan merasa kesulitan dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk jas pengantin yang akan kamu kenakan nanti. Sebab, baik di toko-toko yang menjual jas pengantin sudah jadi, maupun saat mendatangi penjahit, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan bahan atau material untuk pembuatan jas pengantin pria ini. 

Jas pengantin pria hitam yang dipajang di toko-toko sekilas mungkin terlihat sama, tetapi harganya bisa jadi sangat jauh berbeda. Mengapa demikian? Jika kamu cermati lebih detail, mungkin jenis materialnya berbeda. Sebagai contoh, jas pengantin pria berbahan wol tentu akan dihargai jauh lebih mahal daripada setelan jas pria dari bahan polyester, meskipun keduanya sekilas mirip. Untuk itu, kamu perlu mengetahui jenis-jenis bahan atau material yang digunakan untuk pembuatan jas pengantin. Agar kamu bisa mempertimbangkan dengan baik plus dan minusnya, supaya memperoleh jas pengantin terbaik yang juga nyaman untuk dikenakan. 

Berikut beberapa bahan yang paling populer digunakan untuk pembuatan jas pria

wm_article_imgwm_article_img

Jas Pengantin Pria by Terra Tailor

Wol (Wool)

Salah satu bahan klasik dalam pembuatan jas pria adalah wol, serat alami yang ringan dan tidak mudah kusut. Bahan jas pengantin dari wol, cukup nyaman untuk digunakan. Selain itu, setelan jas pria dari bahan yang satu ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, baik untuk acara-acara resmi maupun untuk digunakan bekerja sehari-hari. Jas pria dari bahan wol ini cukup resisten dan tahan lama, sehingga tidak masalah jika dipakai berulang-ulang. Namun, sayangnya jas pengantin berbahan wol biasanya tidak bisa dijadikan siluet slim suit, sebab berpotongan lebih tebal.

Bahan wol juga bisa dikombinasikan dengan material lainnya sehingga menghasilkan beberapa bahan turunan seperti, tweed, gabardine, flannel, dan beragam bahan lain yang memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa bahan pembuatan jas pengantin yang mempunyai kandungan wol antara lain, bahan silk wool dan semi wool. Mari kita bahas satu per satu. 

Bahan silk wool berasal dari campuran wol dan sedikit polyester, sehingga menghasilkan tampilan mengkilap pada jas pria. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk jas pengantin pria atau acara-acara formal lainnya yang terkesan glamor. Biasanya bahan jas dari silk wool memiliki banyak variasi warna yang mencolok dan sedikit eksentrik, cocok sekali digunakan untuk kamu yang senang menjadi pusat perhatian.   

Selanjutnya, bahan semi wol yang memiliki kandungan polyester dan wool yang seimbang. Hasilnya adalah bahan yang lebih tahan lama serta awet. Bahan yang umum digunakan untuk pembuatan jas pria ini cukup mudah ditemui di pasaran, bahan ini juga merupakan favorit para penjahit sebab cukup mudah untuk diproses. Bahan semi wol memiliki sifat yang mirip dengan bahan wol, bisa dipakai berulang-ulang, lebih awet dan mudah dalam perawatannya, meskipun tak 100% mirip dengan bahan wol asli.

Salah satu bahan wol terbaik yakni wol merino yang memiliki tekstur sangat lembut. Selain itu, beberapa keunggulannya yang lain, bisa menyerap keringat dengan baik, tidak gatal di kulit, lebih elastis sehingga bisa dipakai berulang-ulang tanpa harus takut berubah bentuk, tahan dari debu, tidak mudah kotor dan sangat mudah dibersihkan. Bahan wol merino juga cukup tangguh dari sengatan panas sinar matahari sehingga bisa melindungi kulit dengan lebih baik. Bahan wol merino juga diklaim tahan api, karena memiliki indeks keterbatasan oksigen di atas 20, tidak seperti rayon dan katun yang lebih rendah. Selain itu, bahan ini juga bisa mengunci warna dengan baik. Tidak heran ya, bila bahan wol merino sangat direkomendasikan untuk dijadikan jas pengantin pria.

Baca juga: Panduan Gaya Busana untuk Pengantin Pria: Tips Memilih Kemeja, Jas, Vest dan Aksesoris Lainnya

Polyester / High Twist

Jika kamu mencari bahan jas pengantin pria dengan harga yang relatif terjangkau, maka pilihan terbaiknya adalah polyester atau disebut juga dengan bahan high twist. Terbuat dari serat sintetis, oleh sebab itu harganya cenderung lebih murah. Meskipun demikian, kain high twist juga memiliki permukaan yang halus serta mengkilap, sehingga tidak mudah kusut dan juga mudah dibersihkan. Hanya saja kekurangannya, bahan jas pria ini kurang bisa menyerap keringat, tidak breathable sehingga agak panas jika digunakan pada cuaca terik.

Corduroy

Rekomendasi bahan untuk membuat jas pengantin pria selanjutnya adalah bahan Corduroy. Bahan ini terbuat dari serat kapas, sehingga memiliki tekstur yang lembut dan halus. Bahan corduroy juga terkenal sangat nyaman digunakan dan tidak menimbulkan rasa gatal di kulit. Tekstur serat kain corduroy ini sangat halus berbentuk seperti beludru, dari ketahanan kain ini juga awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Jas pria berbahan corduroy ini cocok digunakan di cuaca dingin, karena relatif lebih tebal. Agar tampilannya lebih trendy, kamu bisa menggunakan model jas pengantin pria slim fit, sehingga lebih terkesan youthful dan tidak menumpuk. Nah, jenis bahan jas ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin membuat jas pengantin pria modern. 

Sutra(Silk)

Jika kamu menginginkan jas yang terkesan mewah dan glamor, opsi yang paling direkomendasikan adalah bahan sutra atau silk. Harga bahan sutra relatif mahal dibandingkan dengan bahan pembuatan jas pengantin lainnya. Tampilan bahan sutra yang mengkilap, memberikan kesan mewah pada jas pengantin pria yang kamu kenakan. Selain itu, bahan sutra juga terkenal nyaman dipakai karena breathable, teksturnya yang lembut, dan dapat menyesuaikan dengan cuaca. Walau harganya cukup menguras kantong, tetapi setelan jas pengantin pria bernilai tinggi ini bisa dijadikan investasi untuk jangka panjang.

Katun (Cotton)

Bahan yang nyaman digunakan untuk jas pengantin selanjutnya adalah katun. Katun adalah serat alami yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, harganya tidak terlalu mahal dan sangat mudah ditemukan di pasaran. Setelan jas pria berbahan dasar kain katun memiliki kesan kasual, sehingga bisa kamu padu-padankan dengan kaos maupun kemeja. Bahan katun juga memiliki tekstur ringan, breathable, sehingga nyaman untuk digunakan, terutama pada saat cuaca panas. 

Linen

Masih tentang bahan pembuatan jas pengantin pria yang nyaman digunakan, kali ini ada bahan linen yang terkenal ringan dan sangat breathable. Bahan ini sangat cocok untuk setelan jas musim panas, dengan penampilan yang lebih kasual. Sayangnya, bahan linen memiliki kekurangan yakni lebih mudah kusut. Oleh sebab itu, setelan jas pengantin pria dari bahan linen kurang direkomendasikan untuk pernikahan yang bersifat formal, tetapi bisa menjadi pilihan untuk acara yang bernuansa kasual. 

wm_article_img
Setelan jas pria by Wong Hang Tailor

Itulah beberapa contoh bahan yang umum digunakan dalam pembuatan jas pengantin pria. Pada awalnya bahan wol memang paling sering digunakan karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai jenis  serat kain lainnya yang juga menambah opsi dalam memilih jas pria yang paling pas dan nyaman untuk dikenakan. Contohnya, bahan polyester, katun, linen, corduroy dan sutra, yang mana memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih salah satu bahan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu serta budget yang dimiliki. 

Jika masih bingung dalam menentukan pilihan, kamu juga bisa berkonsultasi langsung pada ahlinya. Di WeddingMarket, ada berbagai vendor busana pengantin pria yang merupakan desainer kenamaan di negeri ini. Nah, konsultasikan saja kepada salah satunya. Semoga dengan informasi ini, dapat membantu kamu dalam menetapkan setelan jas pengantin impianmu, ya. Semoga bermanfaat! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...