Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Busana Pengantin Hijab Modern dengan Pakaian Adat Tradisional
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pakaian adat sudah menjadi bagian dari sebuah pernikahan. Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai suku juga memiliki berbagai macam pakaian adat yang dikenakan pengantin saat acara pernikahan. Namun, beberapa baju adat pengantin secara tradisional memiliki desain yang sedikit  terbuka. Sehingga kurang cocok untuk digunakan oleh pengantin hijab modern.

Namun seiring perkembangan zaman, pakaian adat telah banyak dimodifikasi sehingga bisa dipakai oleh pengantin berhijab sekalipun. Bahkan, pakaian adat tersebut bisa mendapatkan berbagai sentuhan modernisasi sehingga menjadi busana pengantin hijab modern. Sebagai contoh, penggunaan kebaya modern dipadukan dengan suntiang Minang, paes ageng, siger Sunda dan lain sebagainya, pengantin hijab modern mahkota ini tampil semakin anggun. Agar lebih jelas, simak beberapa inspirasi busana pernikahan pengantin hijab modern dengan pakaian adat berikut, yuk!


Pengantin Hijab Modern Adat Jawa

wm_article_img

Sumber: instagram.com

Pernikahan adat Jawa adalah pernikahan yang paling sering dijumpai di Indonesia. Meski busana pengantin wanita adat Jawa identik dengan kemben, saat ini sudah ada busana pengantin adat Jawa yang cocok digunakan bagi kamu yang berhijab. Kebaya beludru adalah busana pengantin adat Jawa yang paling sering dikenakan oleh pengantin Jawa yang berhijab.

Kesan modern bisa dilihat dari bentuk hijab yang dimodifikasi dengan beberapa dekorasi renda yang cantik. Pada bagian kebaya juga diberi sentuhan bordiran yang terlihat modern. Selain kebaya juga terdapat gaun modern dengan aksen batik yang memunculkan kesan adat Jawa. Kamu bisa memilih diantara keduanya, yang sesuai dengan seleramu.


Pengantin Hijab Modern Adat Sunda

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com

Sama halnya dengan busana hijab modern adat Jawa, busana pengantin hijab adat Sunda juga dapat dilihat pada dekorasi bordir yang ada pada kebaya. Salah satu aksesoris yang paling penting dalam busana pengantin adat Sunda adalah hiasan kepala yang disebut siger. 

Saat ini banyak pengantin Sunda siger hijab modern yang memakai siger yang sudah dimodifikasi. Siger hasil modifikasi dinilai lebih enteng dipakai dan terlihat lebih modern. Hijab yang kamu kenakan pun juga ikut terlihat modern dengan siger yang dimodifikasi.


Pengantin Hijab Modern Adat Minang

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com

Jika mendengar kata pengantin adat Minang pasti yang terbayang olehmu adalah hiasan kepalanya yang cukup berat dipakai di kepala. Hiasan kepala khas pengantin Minang ini disebut suntiang. Sama dengan siger, saat ini juga sudah banyak suntiang yang sudah dimodifikasi menjadi lebih simple. 

Selain suntiang, terdapat juga beberapa busana pengantin adat Minang lainnya. Jika suntiang biasa dipakai oleh bagian padang pesisir. Maka di daerah koto gadang, tidak memakai suntiang, akan tetapi memakai hiasan kepala bernama tengkuluk talakuang yaitu kain persegi yang menutupi kepala seperti kerudung. 

Pada pakaian yang dikenakan juga terdapat perbedaan antara Minang padang pesisir dengan Minang koto gadang. Jika Minang padang pesisir menggunakan kebaya, maka Minang koto gadang menggunakan baju kurung dengan bahan beludru.

wm_article_img

Sumber : id.pinterest.com


Sisi modern bisa ditambahkan kepada kedua jenis busana tersebut. Pada busana Minang padang pesisir kamu bisa mengenakan kebaya modern dengan dekorasi bordiran dan payet yang lebih detail. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan busana Minang koto gadang bisa memilih baju kurung yang dibuat lebih simpel baik ukuran dan dekorasinya.


Pengantin Hijab Adat Palembang

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com


Masih di area pulau sumatera, busana pengantin hijab adat palembang juga menarik untuk diketahui. Penampilan hijabmu sangat cantik dengan mahkota adat palembang yang memiliki dua jenis yaitu mahkota pasangko dan mahkota karusun. Mahkota pasangko dipasangkan dengan baju dodot berwarna merah dengan aksesoris emas, sedangkan mahkota pasangko dipasangkan dengan baju kurung berwarna merah.

Beberapa modifikasi pada busana pengantin hijab adat palembang bisa dilihat pada bagian aksesoris pada mahkota di bagian dahi. Aksesoris di dahi tersebut dibuat lebih simpel dengan bentuknya yang lebih kecil sehingga tidak terlalu menutupi dahi. Begitu juga dengan pakaian yang dikenakan, saat ini pengantin tidak hanya memakai baju dodot atau baju kurung berwarna merah, tapi juga warna lain seperti putih dan coklat. Aksesoris emas juga dikurangi untuk menciptakan busana modern yang elegan.


Pengantin Hijab Adat Bugis

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com

Berpindah ke pulau Sulawesi di bagian timur Indonesia. Busana pengantin hijab adat Bugis yaitu baju bodo, baju berbentuk segi empat dengan lengan pendek. Bagi kamu pengantin hijab yang menggunakan adat ini, bersiaplah untuk menyediakan manset, karena baju adat ini berlengan pendek. 


Jika kamu tidak mau menggunakan manset untuk baju bodo jangan khawatir, karena saat ini tersedia baju pengantin Bugis hijab modern, dimana baju dibuat berlengan panjang. Namun dekorasi pada baju bodo tetap tidak berubah, kain satin pada baju bodo tetap dipertahankan. Pada hiasan kepala yang disebut saloko. Pada busana pernikahan adat modern, saloko dibuat lebih simpel sehingga lebih ringan dipakai.


Pengantin Hijab Adat Betawi Modern

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com

Busana adat Betawi sudah sangat melekat dengan pengantin hijab. Pasalnya rata-rata pengantin Betawi memakai hijab. Aksesoris berupa cadar yang disebut siangko cadar menjadi ciri khas dari busana pengantin adat ini. Cadar siangko pada pengantin adat Betawi  merupakan simbol dari kesucian seorang pengantin wanita. Pada busana pengantin hijab Betawi modern, siangko cadar dimodifikasi menjadi sedikit lebih pendek sehingga lebih mudah dikenakan. 


Pengantin wanita pada adat Betawi menggunakan baju blus dengan model shanghai dan baju kurung. Akan tetapi pada baju pengantin adat Betawi modern banyak pengantin memakai kebaya dengan banyak dekorasi payet pada permukaannya. 


Pengantin Hijab Adat Banjar

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com

Dari daerah Kalimantan terdapat pengantin hijab dengan adat Banjar modern. Mirip dengan adat Jawa, pada adat Banjar pengantin wanita diberi riasan berupa lukisan yang ada di dahi yang disebut gigi haruan. Namun pada pengantin hijab modern adat Banjar, penggunaan gigi haruan tidak sering diaplikasikan. Mahkota yang biasa banyak disisipi bunga juga dibuat simpel, bahkan tanpa disisipi bunga sama sekali untuk menampakkan kesan modern.


Pengantin Hijab Adat Lampung

wm_article_img

Sumber: instagram.com

Selain adat Sunda, adat Lampung juga memakai mahkota kepala yang bernama siger. Namun siger adat Lampung berbeda dengan adat Sunda, ia memiliki bentuk yang lebih lebar dengan bentuk seperti ombak. Siger Lampung modern lebih simpel dengan aksen batu permata yang lebih sedikit. Jadi bagi kamu pengantin berhijab tidak perlu khawatir kepala terasa berat karena siger modern ini lebih ringan digunakan. 


Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang membedakan busana pengantin hijab modern dengan pengantin hijab biasa? Perbedaannya ada pada atribut-atribut yang dikenakan. Apabila pada busana tradisional atribut-atribut yang digunakan lengkap dan ada aturannya, pada busana modern identik dengan bentuk yang minimalis dan sederhana. Pada pengantin hijab modern, busana yang dikenakan memiliki aksesoris dan dekorasi yang lebih simple dari busana pengantin tradisional otentik.


Apa saja konsep pakaian pengantin hijab modern? Selain konsep pakaian adat, pakaian pengantin hijab modern juga bisa menggunakan konsep busana kerajaan atau konsep busana pernikahan syar'i. Lalu, apa saja dekorasi pada pengantin hijab modern? Jawabannya bisa bermacam-macam. Namun, dekorasi brukat menjadi dekorasi yang paling dominan pada busana pengantin hijab modern. Dekorasi ini dinilai paling simpel digunakan pada kebaya pernikahan.


Demikianlah beberapa informasi terkait baju pengantin hijab modern yang perlu kamu ketahui serta beberapa gaya busana pengantin modifikasi hijab modern dan pakaian adat tradisional seperti contoh di atas. Ternyata, perpaduan antara busana tradisional dan modern bisa menghasilkan perpaduan yang memberikan kesan modern dan anggun, ya. Bagaimana menurutmu?


Kamu juga bisa mewujudkan pernikahan dengan busana hijab modern dengan sentuhan tradisional seperti contoh diatas. Kamu bisa mencari vendor terbaik yang dapat menyewakan baju pengantin adat Jawa hijab modern, dan juga adat lainnya di banyak vendor yang tersedia di Wedding Market, Smart Wedding Platform yang memiliki vendor lengkap untuk kebutuhan pernikahanmu. Yuk, pilih baju pengantin hijab modern adatmu.


Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...