8 Tips Perawatan Diri untuk Pria di Hari Pernikahan

30 May 2020 | By Faaqih Irfan Djaelani WeddingMarket | Viewers: 625
perawatan kesehatan pria
Foto: Tribunnews

Ternyata perawatan diri terlebih untuk kesehatan sebelum pernikahan itu bukan hanya perlu dilakukan oleh wanita saja, tetapi juga oleh para pria. Hal seperti ini memang sangat jarang sekali terdengar sebab seolah-olah perawatan sebelum pernikahan hanya untuk wanita saja.

Para pria juga membutuhkan perawatan hal ini supaya mereka tetap dapat tampil bersinar dan bisa bersanding dengan mempelai wanita. Akan menjadi hal yang tidak mengenakkan apabila si mempelai wanita tampil begitu cantik seperti bidadari sedangkan si mempelai pria malah kebalikannya.

Hal ini tentu saja akan mengundang pembicaraan negatif pada hari pernikahan tersebut, dan apabila didokumentasikan, baik melalui foto dan video, hal tersebut sangat tidak enak dan indah dipandang terutama bagi kamu yang menginginkan bisa tampil sempurna dan rupawan di hari pernikahan.

Karena itu, beberapa hari menjelang pernikahan, kamu juga harus mengajak pasangamu untuk melalukan perawatan wajah atau tubuh supaya mendapatkan hasil yang bagus di hari pernikahan kalian dan menjadi momen yang begitu berkesan. 

Di bawah ini adalah beberapa tips perawatan diri yang perlu dilakukan oleh pria menjelang hari pernikahan dengan sederhana. Apa saja tips-tipsnya? Yuk, mari disimak ya, Dears!

1. Tampil dengan Rambut Rapi

Foto: Pinterest

Seperti halnya pada wanita, rambut pria juga merupakan bagian yang paling diperhatikan saat hari pernikahan. Tatanan rambut yang tepat akan membuat penampilan pasanganmu pada saat resepsi menjadi maksimal.

Merawat rambut untuk calon mempelai pria sebelum hari pernikahan tentu saja tidak sama dengan wanita yang berkesan ribet. Para pria cukup melakukannya dengan cara yang simpel, yaitu cukup memotong dan rapikan saja rambut mereka terutama pada rambut yang gondrong yang harus dipotong pendek.

Tetapi apabila pasanganmu enggan memotong rambutnya karena suatu alasan, sarankan pada dirinya untuk melakukan perawatan dengan rajin membilasnya supaya tidak tercium bau dan aroma tidak sedap saat resepsi.

Sarankan pada pasanganmu untuk melakukan perawatan rambut jauh-jauh hari sebelum pernikahan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merusak penampilan pasangamu tersebut.

2. Memotong Kumis dan Jenggot

Foto: Times of India

Karena hari pernikahan adalah momen yang sangat spesial seumur hidup, mintalah pada pasanganmu untuk memotong kumis dan jenggot supaya terlihat rapi agar penampilannya benar-benar juga terlihat bersih.

Tampil bersih tentu saja merupakan hal yang kamu idam-idamkan terhadap pasangamu sehingga dia akan terlihat gagah, jantan, dan rupawan di hadapanmu. Akan tetapi, apabila pasanganmu tidak mau melakukannya, kamu bisa memintanya untuk merapikannya atau mengatur tatanannya supaya jadi lebih unik dan menarik.

3. Potong Rambut Hidung

Selain rambut di kepala dan rambut di wajah, perawatan kesehatan dan kecantikan untuk pria tampil maksimal di hari pernikahan adalah memotong rambut hidung. Rambut yang ada di hidung ini memang sering ada pada pria, dan merupakan masalah utama yang kerap luput dari perhatian.

Apabila dibiarkan, hal tersebut akan membuat tamu undangan yang hadir pada resepsi pernikahan menjadi merasa tidak enak untuk melihat pasangamu, dan tentu saja itu akan membuat momen pernikahanmu menjadi sedikit terganggu.

Karena itu, mintalah kepada pasanganmu untuk meluangkan waktu  melakukan perawatan terhadap rambut hidung ini. Mintalah dia untuk rajin-rajin berkaca dan mengecek apakah rambut hidung yang ada pada dirinya panjang atau tidak.

Apabila sudah panjang dan keluar dari hidung, usahakan untuk memotongnya menggunakan gunting kecil khusus. Yang perlu diperhatikan jangan memotong terlalu pendek karena itu bisa melukai hidung pasanganmu.

4. Bersihkan Bagian Ketiak

Perawatan kesehatan dan kecantikan untuk pria selanjutnya adalah mintalah dia untuk membersihkan bagian ketiak yang merupakan bagian tubuh pria yang paling berisiko bau dan kotor. Caranya adalah mencukur rambut-rambut ketika yang sudah terlalu panjang dan lebat.

Rambut ketiak yang seperti itu bisa menyebabkan bakteri bersarang sehingga akhirnya menjadi bau badan. Mintalah dia untuk menggunakan deodorant atau parfum supaya bau badannya wangi sepanjang hari pernikahan.

5. Rajin Melakukan Perawatan Wajah

Foto: Ootlah.com

Perawatan wajah kenyataannya tak hanya harus dilakukan oleh wanita saja, para pria pun harus melakukannya supaya mendapatkan wajah yang bersih maksimal. Perawatan ini bisa dilakukan oleh pasanganmu dengan mengunjungi dokter kulit atau salon kecantikan.

Namun apabila tidak sempat, kamu bisa meminta pasanganmu untuk melakukannya secara mandiri di rumah lalu menggunakan bahan-bahan yang alami seperti madu. Selain madu, sarankan kepada pasanganmu untuk menggunakan pelembap setiap malam supaya wajah tidak berminyak dan tampak bersih saat hari pernikahan.

6. Merawat Gigi

Merawat gigi juga merupakan hal yang harus dilakukan pria karena sepanjang pernikahan tentu saja kamu dan pasanganmu akan dituntut tersenyum kepada tamu sepanjang hari. Tentu saja tidak enak rasanya jika tersenyum namun dengan gigi yang kurang enak dipandang.

Untuk merawat gigi sebelum hari pernikahan ini cukup mudah. Kamu bisa meminta pasanganmu melakukannya di rumah dengan menggunakan baking soda atau perasan jeruk lemon.

Namun apabila kamu menginginkan pasanganmu mendapatkan gigi yang terlihat maksimal di hari pernikahan,ajaklah dia untuk ke dokter gigi langgananmu, dan buatlah janji terlebih dahulu seperti biasa.

7. Melakukan Perawatan Kesehatan

Hal yang bisa kamu lakukan supaya pasangamu benar-benar tampil maksimal dengan tips kesehatan dan kecantikan untuk pria adalah mintalah ia juga untuk melakukan perawatan kesehatan.

Perawatan kesehatan ini merupakan hal yang sangat penting karena akan menentukan masa depanmu bersama pasanganmu. Perawatan kesehatan ini bisa kamu lakukan di pusat kesehatan terdekat atau dokter yang memang menyediakan paket perawatan kesehatann atau pemeriksaan sebelum pernikahan (premarital).

Ada beberapa perawatan dan pemeriksaan premarital untuk pria yang waji dilakukan antara lain hematologi dan analisis hemoglobin yang ditujukan untuk mengetahui jumlah sel darah dan kelainan pada darah. Selain itu, ada pemeriksaan urine golongan darah, gula darah, HBsAg untuk memeriksa adanya infeksi virus hepatitis B dan VDRL/RPR untuk mendeteksi penyakit sifilis.

Karena itu, supaya kamu dan pasanganmu benar-benar sehat sebelum menikah pastikan untuk melakukan perawatan kesehatan ini supaya nanti kamu dan pasangamu pada kehidupan setelah menikah tidak begitu terkejut terhadap kondisi kesehatan masing-masing.

8. Makan dan Olahraga yang Teratur

Langkah terakhir yang supaya pasanganmu benar-benar tampil maksimal saat hari pernikahan adalah makan dan olahraga secara teratur demi menunjang penampilan yang prima saat hari pernikahan.

Usahakan untuk memintanya makan makanan yang sehat, tinggalkan kebiasaan merokok dan mengopi untuk sementara waktu, dan berolahragalah secara teratur tiga kali dalam seminggu beberapa minggu sebelum pernikahan untuk hasil yang maksimal.

Itulah beberapa tips perawatan kesehatan dan kecantikan untuk pria menjelang hari pernikahan supaya mereka juga bisa tampil begitu maksimal walaupun dengan perawatan yang simpel dan tidak serumit wanita.

Meskipun simpel, hal ini menjadi hal yang penting, dan tidak boleh begitu saja diabaikan. Apabila kamu menginginkan pasanganmu tampil maksimal, kamu bisa memintanya untuk mengakses vendor kesehatan dan kecantikan di Wedding Market. Klik aja di sini!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket