Fase Perawatan Pengantin yang Wajib Kamu Ketahui

30 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 55
Fase Perawatan Pengantin yang Wajib Kamu Ketahui
Foto: Women's Health

Saat merencanakan pernikahan, setiap wanita pasti selalu memiliki harapan untuk bisa tampil sempurna saat pernikahan berlangsung. Banyak wanita yang rela mencari sistem perawatan pengantin paling canggih untuk mendapatkan kesempurnaan tersebut meski harus merogoh saku yang cukup dalam.

Saat acara pernikahan berlangsung, tentu setiap orang ingin agar penampilan sang pengantin menjadi pusat perhatian. Inilah yang menjadi dasar mengapa calon pengantin biasanya mencari tata rias hingga memilih gaun pengantin dengan teliti.

Namun tentu setiap orang memahami bahwa penampilan yang cantik tidak bisa diwujudkan dengan persiapan yang minim. Pernikahan merupakan sebuah fase baru dalam kehidupan sehingga kamu harus mempersiapkannya dengan matang.

Berbagai persiapan pernikahan pada dasarnya bukan hanya terkait dengan persiapan seperti gedung, catering, dan dekorasi saja. Mempersiapkan tampilan sang pengantin juga merupakan salah satu langkah penting yang harus diperhatikan.

Kamu harus memahami dan menjalankan berbagai persiapan mulai dari persiapan sebelum dan setelah hari H pernikahan. Kamu bisa melakukan perawatan pengantin baik tampilan luar maupun kesehatan dalam tubuh untuk tampil sempurna di hari pernikahanmu. Adapun beberapa fase perawatan yang bisa kamu lakukan diantaranya:

1. Perawatan Sebelum Menikah

Fase Perawatan Pengantin yang Wajib Kamu Ketahui
Foto: Veles-Studio on iStock

Fase perawatan pertama yang bisa kamu lakukan terkait dengan rencana pernikahanmu adalah perawatan sebelum menikah. Tahapan ini terdiri dari perawatan tubuh, wajah, dan kesehatan. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perawatan pra nikah hanya perlu difokuskan pada wajah saja, namun hal ini merupakan anggapan yang salah.

Kamu tetap harus melakukan beberapa perawatan wajib jelang pernikahan untuk tubuh, baik dari segi penampilan maupun dari segi kesehatan agar acara pernikahanmu bisa berjalan dengan sempurna. Proses perawatan ini biasanya dilakukan sejak beberapa bulan sebelum pernikahan dengan bantuan team rias pengantin.

Jika kamu bekerjasama dengan vendor rias pengantin yang berkualitas, maka kamu tentu bisa mendapatkan serangkaian proses perawatan pengantin seperti spa pengantin hingga facial. Mayoritas rias pengantin yang berkualitas biasanya telah memiliki tempat berupa salon ataupun klinik kecantikan yang menyediakan layanan perawatan ini.

Jika kamu tidak memiliki dana untuk bekerjasama dengan team penata rias tingkat atas, maka kamu juga bisa melakukan perawatan ini sendiri dirumah. Kamu bisa melakukan perawatan-perawatan dasar seperti lulur tubuh serta melakukan perawatan wajah.

Perawatan wajah yang bisa kamu lakukan adalah melakukan eksfoliasi menggunakan scrub wajah setidaknya satu minggu sekali, menggunakan masker wajah 3 hari sekali, dan menggunakan produk perawatan wajah lengkap seperti facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen. Dengan proses perawatan kecantikan sebelum menikah yang tepat, maka riasan pengantin yang kamu gunakan kelak akan memancarkan aura yang indah.

Kamu juga harus segera merapikan pola makan dan kebiasaan hidupmu agar kesehatan tubuh yang kamu miliki berada pada tingkat maksimal. Disadari atau tidak, kesehatan tubuh menjadi poin penting selama mempersiapkan pernikahan karena jika kesehatanmu terganggu maka hal ini bisa mengganggu jalannya acara sakral pernikahanmu.

2. Perawatan di Hari H

Foto: ljubaphoto on iStock

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perawatan pengantin hanya perlu dilakukan sebelum hari H pernikahan saja. Namun sebenarnya ada beberapa perawatan yang masih harus dilakukan di hari H pernikahan.

Perawatan ini lebih terfokus pada perawatan tubuh dan kesehatan sang pengantin. Perawatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah memastikan sang pengantin mendapatkan asupan makanan yang tepat.

Pada hari H pernikahan, kamu tentu harus bangun tidur lebih pagi untuk mendapatkan riasan pengantin yang bisa berlangsung selama beberapa jam. Untuk memastikan kondisi kesehatanmu prima selama acara pernikahan berlangsung, maka kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat sebelum proses rias pengantin dilakukan.

Selain itu, pastikan kamu juga mengkonsumsi air putih yang cukup agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi. Acara pernikahanmu tentu akan berlangsung dalam waktu panjang sejak pagi hingga sore bahkan hingga malam. Maka dari itu, kamu harus memastikan tubuhmu memiliki asupan makanan yang cukup agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi yang bisa berakhir dengan kacaunya acara pernikahanmu.

3. Perawatan Setelah Hari H

Foto: Young777 on iStock

Perawatan pengantin setelah pernikahan nyatanya menjadi salah satu hal paling penting dalam fase kehidupan seorang wanita. Saat akan menikah, tentu banyak wanita yang khawatir suaminya kelak tidak menyukai tampilannya setelah menikah. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa kamu wajib melakukan perawatan setelah pernikahan.

Jika membahas perawatan setelah pernikahan, pada dasarnya kamu hanya perlu melakukan rutinitas perawatan dasar yang berkaitan dengan wajah, tubuh, dan kesehatanmu. Berkaitan dengan perawatan kesehatan, kamu bisa memulai dengan cara memperhatikan asupan nutrisi, air putih, dan berolahraga yang cukup bisa menjadi cara perawatan paling ampuh.

Serumit apapun proses perawatan yang kamu lakukan tetap akan memberikan hasil yang sia-sia jika kamu tidak menjaga kesehatan dengan berolahraga dan memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuhmu. Sembari kamu merawat kesehatanmu, kamu juga bisa merawat tubuh bagian luar dalam hal ini adalah kulit tubuhmu.

Menggunakan body lotion tentu merupakan langkah dasar dalam merawat kulit baik dalam proses perawatan pengantin ataupun perawatan biasa. Kamu bisa menambah rutinitas perawatan tubuhmu dengan menggunakan lulur, hingga scrub badan untuk memastikan tubuh bersih sempurna. Dengan terawatnya tubuhmu, maka tentu kamu akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri dan aura pengantin barumu akan terpancar dengan sempurna.

Untuk perawatan wajah, kamu hanya perlu melakukan rutinitas perawatan kulit harian seperti menggunakan facial wash, toner, serum, dan moisturizer. Pastikan kamu juga menambahkan rutinitas menggunakan masker dalam rutinitas perawatan wajah agar wajahmu bisa tetap terawat.

Itulah beberapa fase perawatan pengantin yang harus kamu perhatikan sejak kamu mulai mempersiapkan acara pernikahan. Setiap fase perawatan pada dasarnya bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan dari vendor rias pengantin.

Namun jika kamu merasa ingin menggunakan jasa petugas ahli dalam merawat diri berkaitan dengan persiapan pernikahan, maka kamu bisa menghubungi vendor rias pengantin yang telah kamu pilih. Kamu juga bisa langsung mendatangi klinik kecantikan atau meminta team wedding organizer untuk memberikan saran mengenai klinik yang tepat untuk merawat tubuh dan wajahmu.

Hal yang wajib menjadi perhatian utama adalah perawatan-perawatan tersebut harus dilakukan sejak beberapa bulan sebelum pernikahan. Perawatan pengantin pada dasarnya bukanlah hal yang bisa memberikan hasil secara instan. Kamu harus melakukannya secara perlahan dalam rentang waktu yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Proses perawatan setelah pernikahan juga harus kamu lakukan secara terus menerus jika kamu tetap ingin tampil cantik dan sempurna bersama suamimu. Proses perawatan yang tepat bisa menjadi salah satu cara mempertahankan kecantikanmu sehingga suami akan lebih menyayangimu.

Setiap proses perawatan pengantin yang tepat bisa memberikan hasil yang sempurna jika kamu menjalaninya dengan rangkaian yang tepat. Dengan hasil perawatan yang sempurna, maka penampilanmu selama acara pernikahan berlangsung akan menyedot perhatian seluruh tamu undangan. Perhatian yang tertuju padamu akan memberikan kebahagiaan di hari spesialmu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket