Bagaimana Membuat Perkiraan Biaya Pernikahan? - Wedding Market

Bagaimana Membuat Perkiraan Biaya Pernikahan?

07 Oct 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 948
Bagaimana Membuat Perkiraan Biaya Pernikahan?

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat persiapan pernikahan adalah make sure berapa perkiraan biaya pernikahanmu nanti, berapa bujet yang kamu butuhkan untuk mewujudkan pernikahan impianmu yang sudah disepakati bersama keluarga dan pasangan.

Nah, jika budget sudah ditentukan, selanjutnya kamu perlu tahu perkiraan pembagian bujet ini. Untuk gambaranmu, coba cek persentase wedding budget berikut ini:

  • 40% biaya katering dan gedung
  • 12% biaya fotografi dan videografi
  • 11% biaya pakaian pengantin dan MUA
  • 7% biaya dekorasi
  • 6% biaya MC dan hiburan
  • 6% biaya cincin kawin
  • 5% biaya suvenir
  • 5% biaya undangan
  • 3% biaya transportasi
  • 5% biaya tak terduga

Nah, itu dia, kurang lebihnya, persentase perkiraan biaya pernikahan yang akan kamu keluarkan untuk acaramu. Sekarang, bagaimana tips and tricks untuk memperkirakan budget pernikahan dengan akurat?

  • Realistis

Cari tahu harga beberapa gedung atau venue pernikahan dan pilihlah yang kamu sanggupi. Jangan menyewa gedung yang terlalu mewah jika bujet kamu tidak memungkinkan! Kemudian, cari juga vendor wedding organizer yang kira-kira sesuai dengan dana yang ada. Jika dana kamu tidak cukup untuk menyewa W.O., cukup gunakan jasa wedding planner saja. Jangan mengharapkan pesta pernikahan yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang kamu miliki, realistis lah! Tidak realistis akan membuat kamu kesusahan dalam membuat perkiraan biaya pernikahan, bahkan akan kesusahan dalam melakukan persiapan pernikahan nantinya.

  • Cari tahu kisaran harga dengan benar

Saat menemukan wedding planner yang sesuai dengan dana yang kamu miliki, cari tahu kisaran harganya yang benar. Wedding planner biasanya menyediakan daftar harga untuk pernikahan dengan tamu sedikit, 300pax, sampai dengan tamu yang banyak, 2000pax, dan bahkan lebih. Tanyakan kisaran harga masing-masing pax-nya dan pastikan apa saja yang kamu dapatkan dengan harga segitu. Jangan sampai kamu kira kamu sudah dapatkan A sampai Z dengan harga segitu, tetapi malah yang kamu dapatkan hanya A sampai M saja. Itu artinya kamu butuh menambah biaya untuk sisanya, bukan? Bertanyalah dengan sedetil mungkin ya!

  • Diskusikan dengan pasangan

Jika kamu sudah dapatkan perkiraan biaya pernikahan dari vendor pernikahan yang kamu pilih, mulailah berdiskusi dengan pasanganmu. Diskusikan masalah biaya, tentunya. Berapa yang pasanganmu sanggup keluarkan, berapa yang akan kamu keluarkan, berapa sumbangan orang tua, dan bila perlu dan punya cukup waktu, diskusikan tentang membuat tabungan pernikahan bersama! Bicarakan tentang berapa biaya yang bisa cair dalam waktu dekat dan kapan sisanya bisa dicairkan. Jangan ragu untuk membahas masalah keuangan bersama pasangan ya, bicarakan semuanya blak-blakan!

  • Tentukan prioritas

Tentukan hal-hal apa saja yang harus kamu dahulukan dalam persiapan pernikahan ini dengan perkiraan biaya pernikahan yang ada. Misalkan, alokasikan dana pertama-tama ke sewa gedung agar tidak diambil orang lain. Kemudian, ke katering, misalnya, karena kekurangan makanan saat pernikahan bisa jadi malu seumur hidup! Pokoknya, diskusikan dengan pasanganmu agar kalian dapat menentukan prioritas-prioritas sesuai kebutuhan kalian.

  • Catat setiap pengeluaran

Setiap kali kamu mengeluarkan uang untuk urusan pernikahan, jangan pernah lupa untuk dicatat! Dan, jangan hanya mencatat juga, pastikan setiap kali uang keluar ada bukti atau tanda terima pembayarannya, dan itu juga harus kamu simpan. Selain agar kamu tidak lupa sudah mengeluarkan berapa banyak uang untuk persiapan pernikahan, keuanganmu juga akan jadi teratur. Kamu juga jadi dapat memperkirakan apa yang bisa kamu dapatkan dan apa yang tidak.

  • Jangan terlalu banyak berharap

Kamu bisa punya impian seindah mungkin untuk pesta pernikahanmu dengan perkiraan biaya pernikahan yang ada, tetapi jangan berharap terlalu tinggi! Manage your expectations. Takutnya, jika kamu terlalu banyak berharap dan ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasimu, kamu akan down, kecewa, dan jadi tidak semangat di hari pernikahanmu yang seharusnya jadi hari paling bahagia dalam hidupmu!

Nah, itu dia persentase dan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat perkiraan biaya pernikahan. Urusan uang itu bukan hal yang mudah, harus benar-benar diatur dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantumu ya!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?