Pilih Kategori Artikel

Ada Menu Apa Saja di Catering Pernikahan Adat Batak? Yuk Cari Tahu!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Apakah kamu ingin tahu menu apa saja yang biasanya ada dalam catering pernikahan adat Batak? Hal ini tentunya sangat penting bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pesta pernikahan dengat adat khas dari Sumatera Utara ini.

Banyak yang harus dipersiapkan ketika akan melangsungkan pernikahan. Mulai dari pemilihan busana, tempat resepsi, catering, undangan dan masih banyak yang lainnya. Untuk kamu yang ingin praktis bisa menggunakan jasa wedding organizer sehingga semua sudah diatur oleh mereka.

Pernikahan dalam adat batak sendiri dipenuhi dengan berbagai rangkaian adat istiadat. Banyak runtutan tradisi yang harus dilaksanakan Sehingga untuk resepsi sendiri memerlukan waktu bisa mencapai seharian penuh. Lamanya acara resepsi pernikahan adat batak ini menuntut pemilik acara untuk menyediakan caering yang cukup banyak untuk dihidangkan bagi para tamu. Beragam jenis kuliner yang disajikan dalam resepsi tersebut.

Pada umumnya makanan yang disajikan bagi para tamu dibagi menjadi dua yaitu makanan khas batak dan makanan nasional. Makanan khas batak biasanya disajikan di meja seperti ditemui di restoran yang ditujukan untuk keluarga dan kerabat dekat. Sedangkan makanan nasional disajian secara prasmanan disajikan untuk para tamu selain keluarga. Berikut beberapa makanan catering pernikahan adat batak yang disajikan pada saat resepsi pernikahan, diantaranya:

1. Saksang

Menu catering yang pertama adalah saksang atau masyarakat batak menyebutnya dengan sangsang. Makanan ini selalu ditemui dalam acara pesta pernikahan adat batak karena merupakan menu wajib yang harus disajikan dalam pernikahan adat batak.

Makanan ini terbuat dari daging hewan yang berkaki empat dengan memiliki cita rasa yang unik. Rasa unik tersebut didapatkan selain menggunakan rempah khas dari andaliman juga karena daging tersebut dimasak dengan menggunakan darah. Daging yang dimasak untuk saksang biasanya menggunakan daging babi, anjing atau kerbau.

2. Na Tinombur

Na Tinombur ini juga merupakan masakan khas batak yang berasal dari daerah tapanuli. Na Tinombur ini menggunkanan ikan lele yang diolah dengan cara dibakar dan disajikan degan tambahan sambal. Masakan ini hampir mirip dengan masakan pecel lele atau lele penyet.

Jika pada musim-musim tertentu ikan lele sulit ditemukan bisa menggunakan ikan lain seperti ikan mujair, ikan mas atau ikan lainnya pun bisa digunakan. Hal yang paling terpenting dalam membuta masakan Na Tinombur ini adalah  Tomburnya adalah bumbu dan saus yang diolesi ke ikan. Na Tinombur ini sangat lezat. Dan cocok disajikan di acara pesta pernikahan adat Batak.

3. Arsik

Makanan catering pernikahan adat batak selanjutnya adalah arsik. Menu arsik ini merupakan menu yang sangat dikenal oleh orang-orang batak. Makanan khas batak yang berasal dari tapanuli ini merupakan menu wajib yang harus ada pada pesta pernikahan adat batak.

Arsik ini dikenal juga dengan ikan bumbu kuning. Makanan ini dibuat dari ikan air tawar seperti ikan mas, gurame, nila atau mujair. Makanan ini memiliki bumbu yang berwarna kuning dengan rasa yang khas karena memakai rempah-rempah asli dari Sumatera Utara

Rempah tersebut yaitu di antaranya adalah andaliman dan asam cikala yang bisa menimbulkan rasa pedas dan hangat ketika dimakan. Ditambah juga dengan bumbu-bumbu yang umum digunakan di daerah Indonesia.

4. Ayam Gota

Ayam gota ini merupakan masakan khas yang berasl dari suku Batak Toba. Gota sendiri merupakan bahasa Batak toba yang mempunyai arti darah. Gota biasanya dipakai pada beberapa masakan khas yang berasal dari Batak Toba. 

Masakan ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ayam gota ini memiliki bahan dasar berupa ayam dan dibumbui dengan andaliman. Bumbu andaliman yang membuat ayam Gota rasanya menjadi semakin lezat.

5. Tanggo Goreng

Menu catering pernikahan yang sering ditemui selanjutnya adalah tanggo goring. Bagi masyarakat Batak, nama Tanggo goreng bukan asing lagi. Tanggo goreng merupakan makanan yang terbuat dari punggung babi muda. Punggung babi muda ini dipotong-potong sesuai dengan selera. 

6. Dengke Da Niura

Dahulu masakan ini khusus disajikan untuk para raja karena rasanya yang enak. Dalam bahasa batak dengke da niura berarti tidak dimasak. Seperti sushi dari Jepang yang penyajiannya tidak dimasak. Dengke da Niura pun ikan ini disajikan tidak dimasak. Ikan ini disajikan dengan bumbu lengkap. Bumbu inilah yang membuat matang dan rasanya tetap enak.

7. Daun Ubi Tumbuk

Makanan ini merupakan sayur yang dibuat dari daun ubi yang ditumbuk bersama dengan berbagai rempah seperti cabang, bawang merah, bawang putih dan buah khas Sumatera yaitu rimbang. Setelah ditumbuk halus, daun tersebut pun dimasak hingga matang dengan campuran santan.

8. Dali Ni Horbo

Makanan catering pernikahan adat batak Makanan ini mungkin belum cukup dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan khas suku Batak tapi kehadirannya tak pernah absen di meja makan acara pernikahan masyarakat asal Sumatera Utara tersebut. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan agak sedikit berair. 

Sekilas bentuknya terlihat seperti tahu namun makanan tersebut sebenarnya terbuat dari susu kerbau yang dimasak dengan bumbu yang terbuat dari garam dan campuran perasaan daun pepaya. Makanan ini memiliki rasa yang asin dan gurih

9. Lapet dan Ombus-ombus

Kedua makanan ini adalah kudapan manis yang terbuat dari tepung beras, kelapa dan gula merah yang dibalut dengan daun pisang. Untuk membuatnya semua bahan hanya dicampur dan ditambahkan air dan diaduk hingga merata. Selanjutnya adonan tersebut pun dikukus hingga siap untuk disajikan.

10. Manuk Napinandar

Makanan catering pernikahan adat batak selanjutnya adalah manuk napinandar atau ayam napinandar yang merupakan masakan khas Batak yang dihidangkan pada pesta tertentu. Masakan ini menggunakan ayam yang harus dipanggang terlebih dahulu dan disiram dengan menggunakan darah ayam yang dicampur dengan bumbu andaliman serta bumbu-bimbu lainnya.

11. Sambal Tuktuk

Makanan khas tradisional Batak yang berasak dari Tapanuli ini pada umumnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal sama seperti membuat sambal lainnya. Hanya saja yang membuat sambal ini jadi berbeda adalah dengan menggunakan andaliman.

Di daerah asalnya sambal tuktuk ini dicampurkan dengan ikan aso-aso atau ikan kembung yang sudah dikeringkan, tetapi ikan ini bisa diganti dengan ikan teri tawar lainnya. Selain makanan yang disajikan diatas banyak makanan ringan yang disajikan dalam pernikahan adat batak seperti diantaranya.

12. Mie Gomak

Makanan catering pernikahan adat batak selanjutnya adalah mie gobak. Mie yang terkenal enak ini sering disebut sebagai spagetinya orang Batak. Rasanya mienya yang unik dengan dicampur bumbu khas dari Batak yaitu Andaliman.

13. Dali Ni Horbo

Dali ni horbo merupakan air susu yang terbuat dari susu kerbau yang diolah dengan cara tradisional yang merupakan makanan khas Batak yang berasal dari daerah Tapanuli. 

Itulah makanan catering pernikahan adat batak yang biasanya disajikan dalam pesta pernikahan dengan menggunakan adat batak. Apakah kamu tertarik menyajikan makanan di atas? Yuk temukan vendor catering pernikahan dari berbagai adat di WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...