Pilih Kategori Artikel

Yang Harus Ada dalam Dekorasi Pernikahan Adat Jawa
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bagi orang Jawa memilih dekorasi pernikahan adat Jawa mungkin bukan hal yang terlalu sulit. Sebagai suku dengan populasi terbanyak di Indonesia, hampir setiap orang Indonesia mungkin pernah datang ke pernikahan yang dilakukan dengan adat Jawa. Memilih melangsungkan pernikahan dengan adat tradisional kerap dilakukan oleh setiap pasangan yang ingin menghormati background keluarga masing-masing.

Seperti pernikahan adat pada umumnya, pernikahan adat Jawa mempunyai beberapa tatanan panjang yang harus dilalui. Simak artikel ini agar kamu mengetahui apa saja dekorasi pernikahan adat Jawa perlu disiapkan jika kamu ingin melangsungkan dengan pernikahan adat Jawa.

Sebelum pernikahan dimulai, diadakan prosesi persiapan untuk menyambut hari besarnya sendiri. Dalam proses hajatan ini, ada dekorasi pernikahan yang perlu disiapkan. Proses hajatan dimulai dari pemasangan dekorasi yang menandai adanya pernikahan, yaitu proses pemasangan tratag tarub dan bleketepe. Tarub adalah atap tambahan untuk tempat para tamu berteduh. Di era yang sudah modern ini, tarub yang digunakan untuk menyambut tamu terbuat dari kain tenda dan bisa dihiasi dengan dekorasi adat Jawa. Namun, prosesi memasang tarub tetap dilaksanakan secara simbolis.

Yang Harus Ada dalam Dekorasi Pernikahan Adat Jawa

wm_article_img

Upacara pasang tarub diikuti dengan pemasangan bleketepe, yakni dekorasi berupa anyaman daun kelapa tua. Prosesi ini dilakukan secara simbolis oleh orang tua calon mempelai perempuan. Bleketepe sendiri biasanya terbuat dari anyaman daun kelapa hijau dengan ukuran 50 hingga 200 centimeter. Bleketepe biasanya juga dihiasi dengan pohon pisang, buah pisang, tebu, buah kelapa, daun beringin, dan juga janur kuning. Bleketepe tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi biasa, tetapi juga mempunyai makna sebagai ajakan bagi para tamu untuk ikut serta dalam hajatan dengan hati yang suci.

Dengan memasang bleketepe, diharapkan segala kemungkinan yang tidak diinginkan akan hilang, sekaligus sebagai tanda bahwa sebuah pernikahan akan dijalankan di rumah tersebut. Janur juga dapat dimaknai dengan “jalarane nur”. Bahwa rumah tangga diharapkan menjadi sarana untuk menghadirkan cahaya atau “pepadang” dalam kehidupan.

Dekorasi pernikahan adat Jawa lain yang harus ada setelah pemasangan bleketepe adalah kembar mayang. Dekorasi adat Jawa yang satu ini merupakan rangkaian yang dibuat dari berbagai daun serta ornamen dari janur yang dirangkai dan ditancapkan pada potongan pohon anak pisang. Janur dapat dihias menjadi ornamen berbentuk tugu-tuguan/gunungan, uler-uleran, keris, manukan, dan pecut. Sementara macam daun yang digunakan adalah daun beringin, andong, gondoroso, dan daun mayang jambe.

Selain sebagai dekorasi pernikahan, ada makna tersendiri dari pemasangan kembar mayang. Ornamen berbentuk tugu atau gunung melambangkan sosok laki laki yang penuh pengetahuan, pengalaman, dan kesabaran. Ornamen berbentuk keris memiliki makna bahwa pasangan pengantin hendaknya berhati-hati dalam kehidupan, pintar, dan bijaksana laksana sebuah keris. Ornamen uler-uleran merupakan simbol kemantapan bergerak dalam hidup, terutama dalam keluarga dan lingkungan. Ornamen  pecut diharapkan memberikan motivasi untuk bersikap energik, cepat dalam berpikir, dan mengambil keputusan dalam hal rumah tangga. Sedangkan ornamen seperti burung melambangkan kerukunan dan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Sebetulnya, kembar mayang baru digunakan sejak prosesi midodareni sampai prosesi panggih. Dekorasi ini pun menjadi simbol penyatuan dua individu dalam kehidupan rumah tangga.

Baca juga: Beberapa Ritual Penting dalam Pernikahan Adat Jawa

Setelah acara pernikahan dimulai, sering pula kita jumpai dekorasi pernikahan adat Jawa berbentuk sepasang patung pria dan wanita yang memakai pakaian adat Jawa duduk bersila. Patung ini disebut patung loro blonyo, yaitu sepasang patung pengantin pria dan wanita yang memakai baju adat Jawa lengkap dengan posisi duduk. Namun, seiring perkembangan seni-rupa kontemporer, patung ini mengalami perubahan penggunaan. Jika di zaman dulu patung Loro Blonyo hanya boleh digunakan oleh pengantin dari kalangan priyayi, kini loro blonyo bisa digunakan oleh siapa saja.

Patung ini biasa diletakkan dalam rumah tradisional joglo sebagai dekorasi dalam pernikahan adat Jawa. Patung loro blonyo sendiri mempunyai makna yaitu sepasang pengantin yang disatukan dalam ikatan pernikahan yang kemudian mendatangkan kesuburan dan kemakmuran. Selain itu, loro blonyo juga dapat diartikan sebagai simbol kemakmuran yang berkesinambungan. Patung ini sering ditemui sebagai dekorasi pernikahan adat Jawa dengan harapan pengantin mampu menikmati kesuburan dan kemakmuran yang tidak terputus dalam kehidupan rumah tangga.

Dekorasi pernikahan adat Jawa lain yang harus ada dan sering ditemui adalah gebyok dan miniatur joglo. Gebyok merupakan penyekat ruangan yang menampilkan replika pintu di tengahnya dengan ukuran khusus di bagian pinggir dan atasnya. Motif ukiran gebyok sendiri bermacam-macam, tergantung tempat pemesanannya, meski biasanya diukir mengikuti motif tanaman, kaligrafi, dan juga kisah pewayangan.

Selain sebagai dekorasi pernikahan adat Jawa, gebyok menyimpan makna bahwa kedua mempelai akan memasuki pintu atau dunia baru. Miniatur joglo sendiri juga bisa ditambahkan sebagai pengganti atau pelengkap gebyok. Miniatur joglo biasanya dipasang beriringan dengan hiasan gunungan dan dekorasi bunga di sekelilingnya.

Dekorasi adat Jawa memang sering menggunakan gunungan sebagai elemen simbolis. Hal ini dikarenakan gunungan yang kerap ditemui dalam wayang kulit digunakan sebagai penanda dimulainya babak baru ketika dua gunungan disingkapkan di tengah layar wayang. Gunungan sebagai dekorasi pernikahan adat Jawa maka mempunyai arti bahwa akan ada dua pasangan yang menjalani kehidupan baru (berumah tangga).

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...