Pilih Kategori Artikel

Uniknya Makeup Tradisional Cina di Hari Sakral Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyaknya orang keturunan Tionghoa di Indonesia membuat inspirasi makeup tradisional Cina digunakan oleh beberapa orang saat menikah. Meskipun berada di negara Indonesia, keturunan Cina ada yang menggunakan riasan ala Cina dengan pergantian riasan adat suku bangsa di Indonesia.

Perempuan asli Indonesia yang menggunakan riasan tradisional identik dengan makeup bold karena banyaknya rangkaian acara yang diselenggarakan. Namun, tidak demikian dengan para mempelai wanita dari Cina yang konon lebih menyukai tampilan natural dan polesan makeup tipis saja.

Kecenderungan warna kulit orang Indonesia yang lebih kecokelatan bisa menjadi sebab polesan makeup lebih bagus jika dibuat bold. Sementara warna kulit orang-orang Cina yang cenderung putih memang akan lebih enak dipKamung jika memoleskan makeup dengan tampilan natural pada wajah.

Meskipun makeup tradisional Cina dan makeup tradisional ala Indonesia berseberangan, namun esensi dari dilaksanakannya pernikahan adalah untuk mencapai keberkahan. Para mempelai wanita dari Cina lebih memilih makeup bergaya natural agar wajahnya tidak banyak berubah saat pernikahan.

Keunikan Makeup Pengantin Cina

Kamu bisa mencoba sendiri makeup tradisional Cina untuk menilai apakah cocok atau tidak di wajah. Untuk memulai, Kamu bisa memoleskan serum ke wajah dengan tujuan mengenyalkan kulit. Setelah serum meresap lanjutkan dengan base kemudian poleskan foundation berwarna setingkat di atas warna kulit.

Selesai dengan tahap di atas, Kamu bisa melanjutkan dengan memulas contour sesuai dengan bentuk pipi, jika tembem maka buat tampilan agak tirus. Oleskan juga contour untuk memberikan efek hidung mancung pada area hidung. Pastikan Kamu mengulaskannya dengan sempurna agar terkesan menarik.

Sekarang Kamu bisa melanjutkannya dengan penerapan bedak, tapi ada dua jenis bedak yang harus Kamu aplikasikan. Pertama bedak tabur dengan tujuan menyerap keringat di wajah. Setelah itu baru Kamu ratakan dengan menggunakan compact dan berikutnya buat maekup lebih tahan lama dengan facemist.

Berdandan dengan makeup pengantin tradisional Cina bisa semakin ditegaskan melalui penggunaan eyeshadow yang kalem, seperti cokelat, abu-abu, dan sejenisnya. Tampilanmu akan semakin mengeluarkan aura chinese ketika Kamu memulaskan lipstik berwarna nude. Dijamin, sedikit orang yang akan pangling.

Riasan Cantik Perempuan Cina

Terdapat beberapa konsep makeup tradisional Cina yang bisa menjadi inspirasi Kamu di hari pernikahan atau di hari bahagia lainnya. Ada yang disebut sebagai kitty party, di mana Kamu menekankan riasan pada eyeliner dan bibir merah merona. Untuk area pipi cukup gunakan riasan nude.

Tampilan makeup tradisional adat Cina berikutnya memberikan kesan sensual karena Kamu memoleskan sentuhan eyeshadow bernuansa glossy dan diikuti juga dengan tampilan lipstik senada dengan eyeshadow. Menggunakan konsep seperti ini dijamin Kamu akan menjadi pusat perhatian para tamu.

Tampilan makeup bernuansa smokey juga bisa dibuat berbeda dengan Kamu hanya memulaskan eyeliner berwarna hitam setengahnya ke kelopak mata. Pada area bibir, Kamu bisa menambahkan lipstik berwarna merah cenderung gelap untuk memberikan sentuhan misterius pada wajah.

Mau memberikan kesan makeup tradisional Cina yang bernuansa seksi? bisa. Kamu bisa membuat riasan di wajah dengan pulasan eyeshadow putih ditambah eyeliner yang meruncing di sisi kiri serta kanan. Jangan ketinggalan untuk memberikan sentuhan lipstik merah merona pada bibir cantikmu.

Gaun Pernikahan ala Cina

Jika biasanya kesakralan hari pernikahan didukung oleh gaun pengantin putih, tidak demikian dengan Cina yang identik dengan pemilihan gaun tradisional berwarna merah. Gaun khas Cina ini disebut sebagai qipao atau dikenal juga dengan penamaan cheongsam yang dilengkapi mahkota burung phoenix.

Bukan tanpa alasan orang-orang Cina memadukan makeup tradisional Cina dengan riasan seperti di atas. Hal itu tidak lain karena orang-orang Cina percaya bahwa warna merah akan memberikan keberuntungan kepada mempelai wanita dalam menjalankan rumah tangga setelah pesta pernikahan.

Beranjak ke zaman modern, para mempelai wanita Cina tidak pakem hanya mengenakan gaun berwarna merah. Jika mau menggunakan gaun berwarna lain, seperti putih dan juga cokelat tentu sah-sah saja. Yang identik dengan Cina adalah bentuk baju serupa dengan bentuk tubuh di beberapa area.

Bukan hanya mempelai wanita yang harus manut dengan pakaian adat saat melaksanakan pernikahan. Mempelai pria juga sama demikian halnya harus menggunakan pakaian adat yang bernama changpao. Keserasian kedua mempelai akan nampak jelas ketika duduk di pelaminan berdua.

Cara Sukses Memilih Jasa Tata Rias Pengantin

wm_article_img

Tampil cantik dengan balutan makeup tradisional Cina sangat mungkin Kamu dapatkan jika memperhatikan jasa makeup yang digunakan. Maksudnya, jasa tersebut harus memenuhi beberapa hal di bawah ini:

1. Jasa tata rias yang dipilih harus sudah memiliki pengalaman sebagai bukti rekam jejak baik dan bagus jika Kamu ingin memoles wajah dengan nuansa oriental.

2. Pastikan jasa tata riasmu dapat mudah diajak berkonsultasi dan selalu memberikan arahan yang bisa diKamulkan di hari pernikahan.

3. Kesesuaian seleramu dengan gaya penata rias juga menjadi poin penting untuk mengabulkan keinginan Kamu mendapatkan style makeup seperti apa.

4. Yang paling penting jika Kamu ingin hasil maksimal, Kamu bisa mencoba atau tes makeup lebih dulu agar mengetahui sejauh mana kualitas jasa tata rias yang akan Kamu gunakan.

5. Jika semua hal sudah diperhatikan maka Kamu tinggal menyesuaikan besaran budget yang dimiliki dengan kisaran harga makeup pengantin yang ada.

Ragam budaya bangsa Indonesia sudah sangat kaya, ditambah lagi dengan bangsa luar yang tinggal damai di Indonesia, seperti Cina. Kita bisa menyaksikan peranakan Cina berdandan menawan di tanah air. Polesan makeup tradisional Cina membuat perempuan asal negeri Tiongkok tampil elegan.

Yuk temukan vendor MUA Tradisional sesuai dengan adat kamu di WeddingMarket.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...