Inspirasi Makeup Tradisional Jawa Terpopuler ala Artis Ternama

29 Jul 2020 | By Wedding Market | Viewers: 85
Inspirasi Makeup Tradisional Jawa Terpopuler ala Artis Ternama
Foto: @therealmomogeisha

Hampir sebagian besar masyarakat Jawa umumnya memilih makeup tradisional Jawa di hari pernikahannya dibandingkan riasan modern. Karena upacara pernikahan dianggap sebagai proses yang sangat sakral sepanjang sejarah sehingga mereka lebih suka menggunakan banyak tema tradisional di hari spesialnya. 

Bahkan banyak orang rela mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan tampilan makeup yang cantik. Mulai dari memilih gedung pernikahan, busana, dan riasan makeupnya supaya terlihat senada. Berbicara tentang makeup tradisional, tentunya bagian yang satu ini termasuk hal paling rumit di sebuah acara pernikahan.

Selain rumit, makeup pengantin itu prosesnya paling lama dan bisa memakan waktu sampai dengan berjam-jam. Terlebih paes riasan Jawa ternyata jenisnya ada banyak yang bisa dipilih. Akan tetapi, hal ini tidak mengurangi banyak pihak untuk menggunakan riasan tradisional Jawa ini.

Nyatanya sampai sekarang masih banyak orang menggunakan riasan ini di hari pernikahannya. Kamu pun bisa juga memilih tema tradisional dengan makeup adat Jawa ini. Maka dari itu perhatikan sedikit penjelasan di bawah ini tentang ide riasan makeup tradisional Jawa terpopuler yang bisa Kamu coba.

Makeup ala Keraton

Make up tradisional ala Keraton ini sangat menarik karena dalam praktiknya butuh skill khusus untuk membuat riasannya. Salah satu makeup ala Keraton ini disebut sebagai Jogja Paes Ageng. Yaitu riasan pengantin tradisional khas Yogyakarta yang memiliki daya tarik khusus bagi calon pengantin.

Ciri khas makeup Paes Ageng ini umumnya didominasi oleh warna hitam. Untuk mempelai wanita, makeup tradisional Jawa ini disebut dengan paes. Warna hitam yang digunakan untuk membuat paes ini punya arti dan filosofi tinggi tersendiri. Yaitu supaya pengantin wanita bisa terhindar dari hal-hal buruk setelah menikah. 

Menariknya lagi adalah ternyata dalam riasan Paes Ageng ini punya 4 simbol khusus dengan nama tidak sama. Yaitu pengapit, penitis, godeg, dan gajahan. Kamu bisa memilih salah satu paes khas adat Jawa tersebut sesuai kebutuhan dan selera. Supaya pernikahan semakin berkesan.

Makeup Solo Putri

Riasan makeup tradisional Jawa yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi sebagian besar wanita. Riasan Solo Putri adalah salah satu makeup yang sering digunakan oleh warga Jawa Tengah. Gaya makeupnya tidak jauh berbeda dari Paes Ageng. Karena riasannya identik dengan corak gelap dan hitam.

Umumnya mempelai wanita yang menggunakan riasan tradisional ini akan terlihat lebih anggun di singgasana. Karena rambutnya dibuat ukel besar, lengkap dengan hiasan bunga melati memanjang. Di mana bunga melatinya dibiarkan jatuh menjulang di rambut sang mempelai wanita.

Selanjutnya supaya kesannya terlihat klasik, model kebaya pelengkap makeup Solo Putri ini biasanya berwarna gelap atau hitam. Bahannya berasal dari beludru dan ada hiasan benang emasnya. Selain itu, kebayanya biasanya juga ada hiasan bergambar bunga sehingga membuat tampilan makeup mempelai terlihat khas dengan budaya Jawa.

Makeup Jogja Putri

Simple tapi tetap cantik! Itu adalah kata yang cocok diucapkan untuk makeup tradisional Jawa Jogja Putri. Riasan ini khas sekali dengan nuansa tradisionalnya yang sederhana. Karena mempelai prianya hanya menggunakan batik dan busana putih. Selain itu ada pelengkapnya berupa keris dan blangkon untuk penutup kepalanya.

Sementara untuk mempelai wanitanya mengenakan kebaya yang motifnya khas batik Yogyakarta. Sedangkan model rambutnya dibuat sanggul ke dalam. Itupun ada tambahan pelat gunungan untuk aksesorinya. Sehingga tampilan riasan rambutnya lebih indah dan senada dengan makeupnya.

Jadi selain memiliki banyak pilihan, riasan khas Jawa ternyata sangat lengkap. Maka dari itu bila Kamu ingin terlihat cantik di hari resepsi pernikahan, sebaiknya pilih makeup yang sesuai selera. Bila perlu cobalah mencari referensi dari para artis yang pernah menggunakan makeup Jawa di hari pernikahannya.

Inspirasi Makeup Tradisional Jawa ala Artis

Saat membicarakan resepsi pernikahan, maka salah satu poin penting yang tidak boleh terlewatkan adalah makeup pengantin. Maka dari itu bila Kamu ingin mengusung tema adat Jawa, sebaiknya simak dulu inspirasi makeup tradisional di bawah ini. Sehingga Kamu tahu hasilnya seperti apa saat menggunakan makeup tradisional Jawa.

1. Acha Septriasa


Artis terkenal yang satu ini menggunakan makeup adat Jawa di hari pernikahannya dengan cara memadukan eyeshadow berwarna champagne dengan winged eyeliner cokelat. Sehingga riasan makeupnya terlihat lebih segar dan natural karena lipstik yang digunakan juga bernuansa lembut.

2. Caca Tengker


Makeup artis yang satu ini menggunakan pulasan lipstik merah di hari pernikahannya karya Marlene Hariman. Saat itu riasan matanya dibuat natural, yaitu bergaya soft smokey. Highlight hanya digunakan pada sudut mata dalamnya saja sehingga penampilannya terlihat lebih natural.

3. Momo Geisha


Sama seperti Caca Tengker, riasan makeup adat Jawa yang digunakan oleh Momo Geisha ini juga terlihat glamour. Namun riasan mata Momo Geisha dibuat lebih dramatis saat pernikahannya. Karena waktu itu dia menggunakan nuansa brown smokey eyes sehingga makeupnya terlihat lebih dramatis.

4. Andien Aisyah


Riasan makeup tradisional Jawa yang dipilihnya ini memanfaatkan pulasan lipstik berwarna merah. Selain itu, alis dan riasan matanya juga dibuat tegas. Sehingga hal ini membuat penampilan artis yang satu ini terlihat lebih menonjol tapi tetap cantik di hari pernikahannya.

Melihat ide riasan di atas, maka makeup khas Jawa sebenarnya tidak kalah dari tampilan modern. Bahkan dengan keanekaragaman jenis yang semakin banyak membuat riasannya semakin lengkap. Maka dari itu riasan makeup tradisional Jawa ala artis ternama di atas bisa dijadikan referensi supaya pernikahan semakin meriah.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan riasan di atas pada hari pernikahanmu? Yuk wujudkan wajah cantikmu di hari istimewa bersama MUA tradisional di WeddingMarket

Foto: Instagram/bumiauw, Instagram/marleneharliman, Instagram/ andienippewedding


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan