Pilih Kategori Artikel

Pernikahan Minang yang Elegan dan Modern
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan Minang modern barangkali adalah satu dari beberapa hal yang dipikir tidak mungkin bisa terjadi. Kentalnya adat dan budaya Minangkabau membuat beberapa orang skeptis kalau acara pernikahan yang mengusung tema ini bisa dibuat menjadi lebih kekinian. Mulai dari prosesi penjajakan yang disebut maresek, tahap pinangan yang dikenal dengan maminang, lalu batimbang tando, mamanta siri, babako-babaki, malam bainai dan lain sebagainya.

Namun, tenang saja, kamu tidak perlu khawatir soal ini. Terbukti sudah ada beberapa pasangan yang berhasil membuat pernikahan mereka menjadi pernikahan Minang modern yang tidak meninggalkan konsep adat, tapi juga dengan sentuhan-sentuhan zaman sekarang. Yuk, lirik beberapa contoh suksesnya!

wm_article_img

Suntiang gadang adalah perhiasan kepala bertingkat berwarna keemasan yang dipakai oleh para perempuan Minangkabau. Hiasan yang sebelas dua belas dengan mahkota ini berbentuk setengah lingkaran yang biasanya diisi dengan ornamen bentuk flora dan fauna. Ada bentuk bunga mawar, pisang, kupu-kupu, burung merak, bahkan ikan juga, lho! Bervariasi sekali sampai tidak kelihatan jelas detailnya jika kamu tidak meneliti dengan seksama.

Ukuran suntiang gadang sendiri sangatlah beragam, berkisar antara 3,5 sampai 5 kilogram. Wow! Sepertinya para pengantin perempuan perlu latihan untuk menahan beban sebesar itu di kepalanya, ya? Namun, jika tidak menggunakan juga tidak apa-apa karena di zaman sekarang ini mau tampil anggun dengan suntiang gadang juga sudah mudah. Ada beberapa suntiang gadang yang dibuat dengan bahan yang lebih ringan, tetapi tetap indah dilihat. Selain itu, jika kamu ingin melakukan pernikahan Minang modern, segalanya memang lebih enak jika dibuat praktis. Jika kamu berhijab pun, kamu tetap bisa mengenakan menjadi ratu semalam seperti gambar di bawah ini. Suntiang gadang tersebut bisa dikaitkan pada hijabmu alih-alih rambut seperti biasanya.

wm_article_img

Seperti yang sudah ditekankan di atas tadi, pilihan warna punya pengaruh cukup besar dalam tema pernikahanmu. Walau memilih konsep adat, tapi pasangan di atas tetap terlihat modern dengan warna silver dan pink yang mereka pilih, kan? Ini bukan cuma bicara soal pakaiannya saja, tetapi juga dekorasi secara keseluruhan.

wm_article_img

Judulnya tetap pernikahan adat, dekorasi pelaminannya juga tetap pakai rumah gadang, tapi kelihatannya tidak tradisional-tradisional amat, kan?

Bukan cuma saat hari H, tapi kesan pernikahan Minang modern juga bisa mulai diciptakan sejak proses pemotretan foto prewedding dilakukan. Itulah yang dilakoni oleh Tasya Kamila dan pasangannya, Randi Bachtiar. Pelantun lagu anak-anak Libur Telah Tiba ini memilih adat Minang sebagai pengaruh utama foto prewedding-nya.

wm_article_img

Bisa dilihat ada modifikasi dalam suntiang gadang yang Tasya kenakan. Ukuran pada foto pertama tidaklah sebesar suntiang pada umumnya, begitu pula dengan foto kedua yang justru mengubah keseluruhan bahan dan bentuknya, tapi hanya mengambil ide mahkota besar tersebut. Tak lupa, untuk menyelaraskan proporsi foto, pengantin pria juga bisa mengenakan aksesoris-aksesoris khas Minang seperti kalung alpaka Minang atau hiasan kepalanya supaya siapa pun yang melihatnya tetap bisa melihat sisi adat dan budaya Minang walau sudah banyak pengaruh modern pada kostum yang dikenakan kedua mempelai.

Jadi, siapa yang masih berani bilang kalau pernikahan Minang modern itu mustahil untuk dilakukan? Kamu pun, tentu, bisa mengadakan pesta pernikahan dengan adat Minang, tapi modern!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...