Pernikahan di Rumah Lebih Elegan dengan Dekorasi Berikut!

16 Jul 2020 | By Wedding Market | Viewers: 391
Pernikahan di Rumah Lebih Elegan dengan Dekorasi Berikut!
Foto: Oregon Live

Di tengah situasi New Normal dan pandemi ini, menggelar pernikahan di rumah menjadi salah satu alternatif karena selain kamu bisa membatasi jumlah tamu, kamu juga bisa menghemat biaya. Namun, apakah bisa pernikahan di rumah dibuat lebih elegan?

Pernikahan merupakan sebuah momen yang sakral. Sebuah titik balik kehidupan dengan pengucapan janji setia sehidup semati. Beban tanggung jawab yang berpindah tangan dari ayah sang mempelai wanita kepada sang mempelai pria. Membuat ikatan suci di antara dua makhluk yang sebelumnya asing menjadi satu dalam naungan Tuhan. Pernikahan bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, melainkan awal dari kehidupan yang baru.

Pernikahan menjadi momen istimewa bagi setiap insan. Momen istimewa ini juga membutuhkan tempat yang istimewa untuk menyelenggarakannya. Pernikahan bisa digelar di sebuah gedung pernikahan, di tempat beribadah, di taman dan tak terkecuali di rumah. Masing-masing memiliki alasan yang tersendiri untuk bisa terpilih. Kali ini, kita akan khusus membahas tentang pernikahan yang diselenggarakan di rumah.

Menikah di rumah bukanlah suatu hal yang baru. Banyak orang yang memang sengaja mengadakan pesta pernikahan di rumahnya. Penyelenggaraan pesta pernikahan di rumah memang bisa lebih dekat dengan keluarga. Tak jarang, banyak yang menilai menikah di rumah itu lebih menghemat biaya. Pasalnya tidak perlu berpindah ke tempat lain dengan alat transportasi khusus dan tidak perlu mengeluarkan biaya sewa gedung. Apalagi jika ukuran rumah yang termasuk besar dengan halaman yang cukup luas. Tentu hal ini juga merupakan alasan tak perlu menyewa gedung lain. Cukup di rumah saja!

Menggelar pesta pernikahan di rumah bukan berarti tak bisa terlihat indah. Dengan bantuan dekorasi yang cantik, kamu juga bisa membuat pesta pernikahan di rumah kamu terkesan indah dan mewah. Pesta pernikahanmu akan menjadi sangat spesial dan unik sesuai keinginanmu. Lakukan beberapa persiapan berikut ini untuk menyambut pesta pernikahanmu ya, dear.

1. Pilih kursi pelaminan

Pelaminan merupakan fokus utama dalam sebuah pesta pernikahan. Berbagai prosesi dilakukan di sana. Target utama fotografi pernikahan juga biasanya berlatar belakang pelaminan. Oleh sebab itu, dekorasi untuk pelaminan harus benar-benar di perhatikan. Di bagian belakang kursi pelaminan bisa didekorasi dengan tirai. Hal ini bertujuan untuk menutupi pemandangan lain di belakangnya. Kamu tetap bisa menggunakan konsep dengan tema pernikahan. Misalnya kamu menggunakan tema shabby chic, kamu bisa menggunakan tirai satin berwarna putih sebagai latar belakang. 

Pilih bagian yang agak pojok untuk pelaminan. Hal ini akan memudahkan sudut pandang para tamu. Dengan titik yang berada di pojok itu, tidak banyak orang yang berlalu lalang di hadapan kedua mempelai. Sehingga tidak mudah terganggu bila harus ada prosesi di sana. 

Kedua mempelai akan berada di kursi pelaminan tersebut dalam waktu yang lama. Untuk itu, kamu membutuhkan kursi yang nyaman bagi kalian berdua. Kamu bisa menggunakan kursi yang sudah ada di rumah. Hal ini tentu dipengaruhi oleh tema yang akan kamu ambil. Apabila kursi di rumahmu sudah cocok dengan temamu itu, kamu bisa langsung menggunakannya. Jika tidak, ada pilihan untuk menyewa kursi pelaminan. Jumlah kursi yang akan digunakan tergantung dengan kebutuhanmu. Biasanya membutuhkan satu kursi di tengah untuk kedua mempelai dan kursi untuk kedua orang tua di sisi kanan dan kiri. Namun, ada juga yang hanya membutuhkan kursi untuk kedua mempelai saja.

Berikan juga dekorasi di sisi kanan dan kiri kursi. Kamu bisa memberikan hiasan bunga beserta gucinya di sebelah kursi. Ini akan memperindah bagian dari pelaminan. Bunga hiasan yang dipilih bisa berupa bunga hidup ataupun bunga buatan. Pastikan kondisinya bersih dan segar.

2. Siapkan meja tamu

Tamu undangan yang hadir harus dijamu dengan baik. Kamu pasti tidak ingin mereka memiliki kesan yang buruk terhadap pernikahanmu ini. Meja kursi tamu yang kamu siapkan harus bisa memuat cukup orang. Perhitungkan jumlah tamu yang kamu undang dan estimasi kehadiran mereka. Kamu bisa memberikan taplak berwarna putih dan hiasan vas kaca beserta bunganya di meja tamu. Vas bunga yang terlihat segar, mampu membuat meja terlihat menjadi lebih indah. Usahakan taplak meja yang kamu gunakan beanar-benar bersih. Selain warna putih, kamu juga bisa memilih warna lain sesuai dengan tema warna yang kamu pilih.

3. Berikan spot photobooth

Zaman sekarang setiap hal harus diabadikan. Semua orang yang turut hadir dalam pesta pernikahanmu, juga ingin ikut mengabadikan momen spesialmu ini. Berikan spot foto atau photobooth yang bagus untuk mereka di sudut yang lain dari pernikahanmu ini. Kamu bisa menggunakan benda-benda yang tak terpakai seperti kain dan kayu-kayu bekas sebagai latar belakang. Berikan juga inisial nama kalian berdua sebagai pertanda bahwa foto ini diambil di pesta pernikahan kalian. Usahakan spot foto juga di tempat yang tak ramai orang berlalu lalang. Tata letak spot foto yang berada di dekat tempat pengambilan makanan dan tempat mengantri untuk bersalaman dengan mempelai adalah suatu hal yang sangat tidak tepat.

4. Tentukan sisi pintu masuk dan beri tanda

Rumah kamu terkadang memiliki beberapa sisi yang bisa dijadikan sebagai pintu masuk. Tentukan satu titik masuk utama agar tamu yang hadir bisa teratue, Kamu bisa memanfaatkan sisi yang lain sebagai pintu keluar jika ada. Hal ini digunakan untuk mensiasati para tamu yang dating berdesakan di pintu masuk. 

Gunakan papan penyambut tamu di bagian pintu masuk. Papan penyambut tamu ini bisa menjadi penanda pintu masuk. Papan ini juga memiliki fungsi untuk menghargai tamu yang datang. 

Papan penyambutan tamu bisa terbuat dari kayu, pigora foto atau papan hitam yang diberi tulisan. Kamu bisa membubuhkan nama mempelai berdua dalam papan penyambut tamu. Tujuannya juga jelas agar tamu tidak keliru ke resepsi pernikahan orang lain.

5. Persiapkan meja prasmanan

Menjamu tamu merupakan hal yang penting dalam pesta pernikahan. Kepuasan tamu layaknya kepuasan pelanggan terhadap service yang diberikan oleh sebuah perusahaan. Makanan seringkali menjadi sorotan juga dalam sebuah pesta. Persiapkan meja prasmanan yang mampu memuat semua hidangan yang kamu suguhkan. Kamu juga bisa menghias meja makanan dengan taplak dan vas bunga yang tidak terlalu banyak. 

Apabila kamu menggunakan jasa catering, makanan biasanya sudah hadir beserta wadahnya. Kamu bisa menyiapkan wadah sendiri jika tidak menggunakan jasa catering. Gunakan mangkuk dan piring yang senada. Piring atau mangkuk yang terbuat dari kaca dan porselen cocok untuk digunakan dalam pesta pernikahan. Penataan yang rapi akan menambah kesan elegan pada meja prasmanan. Posisi meja prasmanan sebaiknya bisa diakses dari kedua sisinya. Dengan mengaktifkan penggunaan kedua sisi dari meja prasmanan ini, bisa mencegah antrean yang panjang saat pengambilan makanan.

Menikah di rumah tetap bisa memunculkan gaya yang elegan. Pastikan kamu memperhatikan beberapa hal di atas, ya dear. Temukan juga vendor WO, dekorasi, dan catering yang bisa membantu wujudkan pernikahanmu di rumah di WeddingMarket!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket