Menggelar Pernikahan di Era New Normal, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

31 May 2020 | By Wedding Market | Viewers: 747
Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggelar Pernikahan di Era New Normal
foto: pinterest

Setelah hampir 3 bulan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan PSBB dengan menerapkan physical distancing. Tak bisa disangka, kini pemerintah telah mengeluarkan konsep new normal di lingkungan masyarakat. Terlebih lagi pada kalian calon pengantin yang ingin menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal.

Tentunya, pasca pandemi virus corona mampu mengubah gaya hidup manusia. Begitupun nanti ketika kalian menggelar sebuah pesta pernikahan dengan cara yang berbeda. Tentu, dalam masa transisi seperti ini, ada beberapa hal yang perlu dipernikahan dalam menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menikah di ruang terbuka atau outdoor

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal ini kamu perlu memilih venue pernikahan di ruang terbuka atau outdoor. Memang, sebelum diterapkannya konsep yang satu ini, tak sedikit dari kalian yang memilih venue pernikahan outdoor.

Disarankannya menggelar sebuah pesta pernikahan dengan venue outdoor di era new normal ini karena memiliki kualitas udara yang lebih baik daripada di ruangan tertutup. Berada dalam satu ruangan tertutup dalam kurun waktu sedikit lama akan menyebabkan polusi udara di dalam ruangan tersebut.

Walaupun masa PSBB akan segera dicabut, namun sebagian besar orang tidak boleh hilang rasa kewaspadaan terhadap virus corona yang satu ini. Memang, kita semua masih harus pertahankan pola hidup sehat pasca pandemi ini. 

Ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik menjaga dan waspada karena kita tidak tahu apakah di antara tamu undangan kalian yang sempat hadir itu masih ada yang terjangkit virus atau tidak.

2. Tetap lakukan social dan physical distancing

Inilah hal yang perlu kalian perhatikan dalam menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal ini. Poin sebelumnya menjelaskan bahwa kalian harus menggelar acara di ruang terbuka agar dapat mengontrol polusi udara dengan baik. 

Walaupun demikian, semua orang yang hadir di acara pesta tersebut harus tetap menerapkan social dan physical distancing demi mengurangi risiko tertularnya virus. 

Kalau bisa, kalian membuat peraturan bagi seluruh para tamu undangan yang hadir di pesta pernikahanmu untuk tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan tamu undangan lainnya. kalaupun kalian menyediakan kursi untuk tamu undangan, maka berikanlah jarak pada tempat duduk tersebut.

3. Hindari penyajian makanan secara buffet

Faktanya, sebuah virus corona yang satu ini dapat menularkan pada orang lain melalui droplet ataupun percikkan air liur. Untuk menghindari dan tetap menjaga kesehatan demi orang banyak, kamu perlu mengubah cara penyajian makanan yang akan kalian hidangkan. 

Lakukanlah secara optimal, konsepnya adalah dengan kamu menentukan porsi makanan yang bisa langsung di ambil oleh setiap tamu tanpa melakukan kontak langsung dengan tamu lainnya. tak hanya mengenai cara penyajiannya saja. Kalian sebagai penyelenggara pernikahan maupun tamu undangan, harus bisa menjaga jarak saat mengantre ketika mengambil makanan.

4. Usahakan menikah dengan konsep outdoor

Poin yang satu ini tidak ada bedanya dengan poin menggelar sebuah pesta pernikahan di ruangan yang terbuka. Penjelasan tersebut bahwa kualitas udara di luar ruangan lebih baik dari dalam ruangan karena di luar, sirkulasi udara berjalan dengan lancar. 

Itulah mengapa kalian disarankan untuk menggelar sebuah pesta pernikahan dengan konsep outdoor. Memang, adanya konsep new normal ini pasca pandemi, semua kegiatan yang sudah direncanakan di luar ini memang harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ada demi kesehatan bersama ya, dears.

5. Menikah dengan konsep Virtual Wedding lebih disarankan

Jika kalian ingin kalian menggelar sebuah pesta pernikahan, apakah kalian tahu yang sedang viral saat ini? Yap, sudah ada beberapa calon pengantin yang menerapkan virtual wedding ketika menggelar pesta pernikahan di era new normal.

Konsep seperti ini bisa kamu terapkan demi mengurangi risiko penyebaran virus melalui banyaknya tamu undangan yang berkumpul di pesta pernikahan. Dengan konsep virtual wedding, tamu undangan masih bisa merasakan euforia pernikahan kalian tanpa hadir secara langsung di venue penyelenggaraan pernikahan tersebut. 

Bukan hanya para tamu undangan saja yang bisa merasakan, tetapi juga pengantin akan merasa nyaman dan lega pernikahannya masih bisa di lihat oleh semua tamu undangan walaupun secara virtual.

Memang konsep seperti ini jauh berbeda dengan konsep yang biasa diterapkan oleh calon pengantin dalam menggelar sebuah acara pesta pernikahan. Namun, kita pun harus tetap menjaga diri di tengah pandemi seperti ini. 

6. Meningkatkan standar kebersihan

Inilah hal berikutnya yang perlu kalian perhatikan dalam menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal. Pasca pandemi virus corona ini, tak disadari kalau kita meningkatkan pola hidup sehat yang selama ini sering kali disepelekan oleh sebagian besar orang.

Begitupun dalam menggelar pernikahan, semua hal harus diperhatikan. Mulai dari pintu masuk dan keluar dengan menyediakan disinfektan serta hand sanitizer. Tak lupa juga bagi kalian harus menjaga makanan agar tetap higienis dan terhindar dari paparan virus.

7. Beradaptasi dengan kebiasaan pasca pandemi

Inilah hal terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam menggelar pesta pernikahan di era new normal. Pada dasarnya, konsep new normal setelah pandemi virus corona ini, semua masyarakat mulai beradaptasi dengan virus yang satu ini ataupun dengan kebiasaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Diwajibkan bagi kalian harus bisa beradaptasi dengan segala kebiasaan baik yang berhubungan dengan Covid-19. Misalnya, sering mencuci tangan, menjaga agar tubuh tidak tersentuh apapun, menjaga jarak, tidak menyentuh bagian muka dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa kebiasaan baik yang harus kalian pertahankan untuk menghindari risiko terpaparnya virus corona.


Memang, konsep new normal ini dalam menggelar sebuah pesta pernikahan akan sedikit berbeda dari biasanya. Tapi, memang pada beberapa poin di atas itu termasuk salah satu protokol kesehatan yang sebenarnya harus kalian taati sebelum adanya pandemi seperti ini.

Pola hidup sehat memang perlu diterapkan karena menguntungkan bagi kondisi tubuh agar tetap fit dan memiliki sistem imun yang tinggi. 

Bagi kalian calon pengantin yang tetap ingin menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal ini, terapkanlah beberapa hal di atas yang sangat penting untuk kalian dan para tamu undangan yang sudah hadir. 

Kalau kalian ingin lebih aman dan meminimalisir resiko yang kalian akan hadapi nanti, kalian bisa mengusung konsep virtual wedding yang sedang viral saat ini.

Nah, itulah seputar menggelar sebuah pesta pernikahan di era new normal seperti ini. Bagi kalian yang ingin menggelar pernikahan, temukan vendor pernikahan terbaik untuk membantu menyelenggarakannya.



Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket