Pilih Kategori Artikel

Persiapan Pernikahan Hanya dalam Sebulan? Apakah Bisa?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Melakukan persiapan pernikahan hanya dalam sebulan saja? Memangnya bisa? Tentu saja bisa! Kamu dan pasangan tidak perlu khawatir segalanya tidak sesuai dengan rencana karena waktunya yang sangat singkat. Segala item pernikahan tetap bisa diatur apabila kamu merencanakannya dengan matang.

Karena pernikahan merupakan momen spesial di mana ikatan janji setia akan dilangsungkan, maka kamu dan pasangan perlu merencanakannya dengan ekstra hati-hati. Perlu banyak pertimbangan  berupa tenaga, waktu, dan kualitas item/vendor pernikahan yang akan kamu pilih nantinya.

Keterbatasan waktu bukanlah hal yang sulit untuk ditaklukan. Apalagi, jika pihak keluarga sudah sangat tidak sabar ingin memomong cucu. Jangan khawatir, berikut ini kami akan memberikan panduan bagi kamu yang ingin melakukan persiapan pernikahan dalam sebulan. Simak baik-baik, ya!

Minggu ke 1 (Lamaran, Tunangan, Perencanaan Pernikahan)

wm_article_img
Foto: Venema Pictures 

Sebelum melakukan persiapan pernikahan dalam waktu singkat yakni satu bulan saja, lamaran adalah langkah awal yang harus dilakukan. Seperti yang kita ketahui, pernikahan tentu saja bukanlah perkara yang sepele. Hal ini dikarenakan dalam acara pernikahan tidak hanya soal persetujuan antara pasangan yang menikah, tetapi juga persetujuan antara orangtua kedua belah pihak yang bersangkutan.

Acara pernikahan dapat dikatakan acara yang formal, dimana momen ini akan melibatkan banyak orang. Tak terkecuali pula keluarga pihak pria dan wanita yang disatukan untuk saling mengenal dan berbagi kasih. Tentu saja hal ini harus disetujui oleh kedua belah pihak calon pengantin. Oleh karena itu, lamaran wajib dilakukan untuk memastikan bahwa hubunganmu dan pasangan telah direstui oleh pihak keluarga.

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Tunangan dapat dikatakan tidak wajib dalam setiap orang yang ingin menikah, karena banyak juga yang menikah tanpa melakukan proses tunangan. Biasanya mereka yang telah melakukan lamaran pada pihak wanita, langsung membicarakan tentang hari pernikahan dengan alasan menghemat pengeluaran dan juga mempercepat pernikahan.

Berbeda halnya jika dibandingkan dengan keadaan pada kaum milenial, banyak sekali proses yang dilakukan sebelum menuju pernikahan. Padahal kamu cuma punya waktu persiapan pernikahan hanya dalam sebulan.

Tunangan di sini bertujuan untuk melakukan komitmen bersama pasangan untuk tetap menjaga diri agar tidak menjalin hubungan dengan orang lain lagi. Dengan begitu, pasangan yang kamu cintai telah “dikunci hatinya” dan tidak keduluan dimiliki oleh orang lain.

Namun, karena kamu dan pasangan belum sah di mata hukum, maka tunangan sewaktu-waktu dapat dibatalkan jika terjadi ketidakcocokan. Oleh karena itu sebaiknya jarak antara tunangan dengan pernikahan dipercepat dan tidak memakan waktu yang cukup lama.

wm_article_img
Fotografi: By My Sight

Hal selanjutnya yang wajib dilakukan untuk persiapan pernikahan dalam sebulan adalah merencanakan persiapan pernikahan. Perencanaan pernikahan harus dibicarakan secara kekeluargaan setelah tunangan. Diperlukan adanya diskusi antara keluarga kedua belah pihak secara terbuka dan transparan, baik dari segi waktu, tenaga, dan anggaran.

Di sini kamu dapat mendiskusikan tentang lokasi pernikahan, resepsi, vendor pernikahan yang akan dipilih, berapa tamu yang akan diundang, dan sebagainya. Pilihlah 1-3 vendor sebagai cadangan jika ada salah satu yang tidak sesuai dengan ekspektasi kamu dan pasangan.

Membicarakan tentang kehadiran wedding organizer juga perlu untuk dilakukan. Karena persiapan pernikahan hanya dalam waktu sebulan, mungkin tidak banyak wedding organizer yang menyanggupi hal ini. Namun tidak memungkinkan juga ada wedding organizer yang cepat tanggap dan bisa menyiapkan segala item pernikahan walaupun dengan waktu yang singkat.

wm_article_img
Foto via Clara Wedding

Kamu hanya perlu pintar-pintar mencari referensi di internet atau dari teman dan kerabat yang sudah menikah. Jika kamu ingin menghemat biaya dan waktu, kamu bisa membentuk tim kepanitiaan sendiri untuk membantu dalam mengurus pernikahan kamu.

Setelah merencanakan segala item pernikahan, segeralah untuk mendaftar ke KUA. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan surat-surat nikah agar pernikahan dinyatakan sah di mata hukum. Pastikan kamu dan pasangan telah mendapatkan surat keterangan dari lurah setempat sesuai dengan KTP masing-masing.

Biasanya, dokumen yang diperlukan adalah fotokopi KTP dan orang tua, kartu keluarga, surat keterangan kesehatan, surat pernyataan belum pernah menikah, dan pas foto. Bagi yang sudah pernah menikah, maka diperlukan dokumen tambahan berupa surat perceraian dengan pasangan yang lama atau surat kematian dari almarhum pasangan. Pendaftaran di KUA untuk keseluruhan memakan waktu 15 menit hingga 30 menit.

Minggu ke-2

wm_article_img
Foto via Star Enterprise Official

  • Lokasi atau Tempat

Hal berikutnya yang wajib dilakukan untuk persiapan pernikahan dalam sebulan adalah Lokasi atau tempat, tentu sangatlah penting bagi yang ingin melangsungkan pernikahan. Karena pernikahan merupakan acara formal yang tentu nya banyak undangan yang akan berdatangan, sehingga perlunya sebuah lokasi atau tempat untuk dijadikan acara pernikahan.

Tentukan apakah akad nikah akan dilakukan di KUA atau di tempat lain. Jika kamu ingin menghemat biaya, kamu bisa melakukannya di KUA karena tidak akan dikenai biaya alias gratis.

Pada umumnya, lokasi pernikahan dilakukan di rumah pihak wanita sesuai dengan tradisi setempat. Akan tetapi, hal ini tergantung pada banyaknya tamu yang akan kamu undang.

Jika rumah kediaman pihak keluarga wanita cukup luas untuk menampung seluruh tamu undangan, maka hal itu tidak menjadi masalah. Namun jika cukup sempit, kamu bisa menyiasatinya dengan menyewa tenda pernikahan. Menyewa gedung pernikahan sangatlah tidak memungkinkan, karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan sebelum pernikahan.

  • Busana dan Rias Pengantin

wm_article_img
Fotografi: Alinea

Busana dan rias pengantin juga perlu dipikirkan bagi yang ingin melakukan persiapan pernikahan dalam sebulan. Hal ini karena undangan akan melihat calon mempelai wanita dan pria dengan balutan pakaian yang serasi pada acara pernikahan.

Pada beberapa kebudayaan, pakaian adat cenderung menjadi pilihan utama ketika ada acara sakral seperti pernikahan. Namun, biasanya harga pakaian adat terlalu mahal sehingga akan menambah budget pernikahan.

Memesan gaun pengantin untuk pernikahan biasanya memakan waktu 3-6 hari mulai dari pemilihan kostum hingga fitting baju. Namun jika kamu dan pasangan ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa meminjam kebaya atau baju adat dari orang tua atau kerabat terdekat. Hindari untuk memesan kain dan menjahit gaun pengantin dari nol karena hal ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Minggu ke-3

wm_article_img
Foto: Akasya Catering

  • Catering/Makanan

Hal apa yang paling ditunggu-tunggu oleh tamu? Tentu saja hidangan makanan yang lezat saat resepsi! Makanan untuk tamu undangan acara pernikahan dinilai cukup penting bagi para tamu karena ini adalah bentuk penghargaan dan jamuan kamu terhadap mereka. Untuk memuaskan tamu undangan, maka perlu sajian yang enak dan lezat pada suatu acara.

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Tentu saja banyak jasa katering yang bisa kamu gunakan untuk menyiapkan hidangan tamu undangan. Namun kamu perlu memperhatikan perihal biaya yang harus dikeluarkan. Biaya katering merupakan salah satu anggaran paling mahal dalam pesta pernikahan, sehingga perlu adanya rencana anggaran biaya agar tidak terlalu boros.

Mereka bahkan belum tentu menyanggupi persiapan pernikahan kamu yang hanya dalam 1 bulan. Kalaupun bisa, biasanya mereka akan memberikan penawaran harga yang cukup tinggi. Jika kamu ingin memangkas biaya dan waktu pernikahan, maka kamu tidak perlu menggunakan jasa katering. Keluarga besar kamu pasti akan senang untuk memasak menu spesial untuk acara pernikahanmu. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir soal cita rasa, karena masakan ibu pasti tiada tandingannya.

  • Fotografer

wm_article_img
Foto via Sweetbella Project

Memilih fotografer adalah hal selanjutnya yang wajib dilakukan untuk persiapan pernikahan dalam sebulan. Foto merupakan hal yang sangat penting untuk mengabadikan momen yang istimewa seperti acara pernikahan. Sejak zaman dahulu, foto merupakan suatu keharusan di setiap acara untuk mengenang masa-masa indah yang tidak bisa diulang lagi.

Mulai dari foto prewedding, foto lamaran, foto akad nikah, dan masih banyak lagi. Foto-foto ini biasanya akan diunggah ke media sosial untuk membagikan kebahagiaan kepada semua teman-teman. Dijamin kolom komentarmu akan dibanjiri ucapan selamat dan doa dari semua orang.

Karena acaranya tidak sebesar dan tidak serumit pernikahan, maka perlu fotografer yang lihai dalam menangkap momen dan mengedit foto agar cantik jika dipajang di dinding rumah nanti. Fotografer profesional tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit, hal ini bisa diminimalisir dengan mengandalkan teman atau sahabat untuk mengambil gambar dan video pada acara pernikahan kamu. Tentunya kamu harus memastikan mereka cukup ahli dalam menggunakan kamera.

Minggu ke 4

wm_article_img
Foto via Star Enterprise Official

  • Undangan

Hal selanjutnya yang perlu diurus untuk persiapan pernikahan dalam 1 bulan adalah undangan. Jumlah tamu undangan merupakan hal yang harus dipikirkan, karena bila budget terbatas, itu bisa diminimalisir dengan tidak perlu mengundang banyak orang. Kamu dan pasangan cukup mengundang keluarga dan teman dekat saja.

Karena persiapan pernikahan hanya dalam sebulan, kamu bisa mempersingkat waktu dengan membuat undangan digital berbentuk gambar, pdf, ataupun video. Hanya dengan satu file saja, kamu bisa menyebarkannya ke semua teman-teman yang kamu undang lewat handphone kamu.

Dengan begitu kamu tidak perlu menunggu masa cetak hingga berminggu-minggu lamanya dan mengirim ke setiap alamat rumah tamu undangan. Kamu bahkan juga tidak perlu mengeluarkan biaya hingga ratusan ribu atau jutaan hanya untuk urusan undangan pernikahan. Cukup membeli pulsa handphone saja!

  • Mahar Pernikahan

wm_article_img
Foto: Seserahan by Rose Arbor

Hal terakhir yang wajib dilakukan untuk persiapan pernikahan dalam sebulan adalah mahar pernikahan. Mahar pernikahan merupakan hal yang wajib ada dalam suatu acara pernikahan. Hal ini karena mahar merupakan syarat sah diterimanya suatu ikatan pernikahan.

Mahar pernikahan yang bisa dipilih bermacam-macam tergantung dengan tradisi yang berlaku. Namun yang paling umum adalah perhiasan khususnya cincin kawin. Pria yang telah memutuskan untuk melamar dan menikah dengan wanita pujaan hatinya tentu akan mengikatkan tanda cintanya dengan sebuah cincin kawin. Tentu saja cincin kawin ini merupakan bukti tanda keseriusan pria untuk melanjutkan sisa hidupnya bersama dengan wanita pilihannya.

wm_article_img
Fotografi: Alinea

Demikian panduan dari kami perihal persiapan pernikahan dalam sebulan untuk kamu dan pasangan. Pastikan vendor pernikahan yang kamu pilih merupakan tenaga yang profesional dan berpengalaman sehingga nantinya tidak akan mengecewakan kamu. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dan pasangan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan yang meriah walaupun dengan waktu yang singkat, ya!

Selain itu, jangan lupa kunjungi juga pameran pernikahan WeddingMarket Fair yang akan diselenggarakan pada 26-27 Agustus 2023 mendatang di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Di sana kamu tidak hanya bisa menemukan ratusan vendor untuk mewujudkan pernikahan impian, tapi juga diskon, promo menarik, hingga grand prize bernilai total ratusan juta rupiah menantimu. Pesan tiketnya di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...