Ketahuilah Persyaratan untuk Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas - Wedding Market

Ketahuilah Persyaratan untuk Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas

27 Apr 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 251
Ketahuilah Persyaratan untuk Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas
Foto: Yumi mini on iStock

Melakukan persiapan untuk acara pernikahan merupakan sebuah hal yang cukup menyenangkan bagi setiap pasangan. mulai dari mempersiapkan biaya pernikahan, menentukan tempat dan tanggal bahkan bertemu dengan berbagai vendor yang sangat terampil di bidangnya. Selain itu juga tidak lupa untuk mengetahui persyaratan cek kesehatan pra nikah.

Perlu kalian ketahui bahwa selain kesenangan dalam memilih vendor diatas tadi, mempersiapkan berbagai berkas pun sangatlah penting apalagi nantinya berkas tersebut akan diserahkan pada KUA untuk yang muslim. Maupun ke kantor catatan sipil untuk beragama selain islam.

Ketahuilah bahwa untuk mempersiapkan berbagai berkas tersebut lumayan memakan banyak waktu. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu siapkan dari jauh-jauh hari saja. Salah satu berkas yang ada di dalamnya adalah surat cek kesehatan pra nikah di puskesmas. Nah hal ini tentunya berkas yang sangat penting. Lantas bagaimana prosedur dalam pemeriksaan pranikah tersebut apalagi di puskesmas ? simak ulasannya.

Prosedur Pemeriksaan Pra Nikah di Puskesmas

Ketahuilah Persyaratan untuk Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas
Foto: BongkarnThanyakij on iStock

Beberapa dari kamu mungkin kerap kali mendengar tentang surat sehat sebelum nikah walaupun tidak pernah mendapatkan informasi secara lengkap tentang  dari mana harus mulai maupun membereskannya. Apabila membaca dari sebuah artikel, pemeriksaan kesehatan di Puskesmas tersebut bukanlah pemeriksaan yang wajib dilakukan.

Namun hal ini merupakan sebuah hal yang disebut sukarela. Akan tetapi menurut beberapa sumber informasi, tes kesehatan sebelum menikah ini harus atau wajib kamu lakukan. Selain itu juga soal persyaratan pemeriksaan kesehatannya pun bermacam-macam. Menurut beberapa kabar dari media, untuk bisa melakukan pemeriksaan perlu surat pengantar dari kelurahan.

Nah hal tersebut menunjukan bahwa kamu harus datang terlebih dahulu ke kelurahan 2 kali minimal. Pasalnya setelah  melakukan pemeriksaan tersebut kamu harus memberikan hasilnya pada ke kelurahan.

Akan tetapi faktanya, tidak semua Puskesmas mempunyai peraturan yang sama. Sebab, di beberapa Puskesmas kecamatan tidak mewajibkan kamu untuk membawa surat pengantar seperti disebutkan tadi. Namun pendaftaran itu hanya bisa dilakukan dengan cara membawa KTP terutama untuk DKI Jakarta.

Disisi lain juga mereka mempunyai poliklinik untuk pemeriksaan pranikah sendiri. Nah dengan demikian antrian pun akan lebih teratur serta kamu pun tidak akan menunggu lama untuk mengantri. Tapi alangkah baiknya kamu tanyakan terlebih dahulu berbagai syarat untuk pemeriksaan pra nikah yang ingin kalian tuju.

Persyaratan Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas

Foto: SARINYAPINNGAM on iStock

Hal yang mesti kamu lakukan pertama kali adalah mengecek apa saja yang sudah ditetapkan Puskesmas tujuan dalam melakukan tes kesehatan itu sendiri. Ketahuilah bahwa terdapat Puskesmas yang mewajibkan kamu membawa surat pengantar maupun tidak.

Disisi lain pertimbangkan juga apakah puskesmas di tempat lain menerima KTP daerah lain atau harus sesuai dengan puskesmas tersebut berada. Maka dari itu, sebelum kamu melakukan tes. Cek terlebih dahulu apa saja persyaratan yang mesti kamu penuhi untuk mendapatkan persyaratan cek kesehatan pra nikah.

Pemeriksaan Kesehatan yang Dilakukan

Ketahuilah Persyaratan untuk Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas
Foto: SARINYAPINNGAM on iStock

Pada proses pertama dalam medical check up sebelum menikah ini mulai dari berat badan, tekanan darah, tinggi badan. Nah setelah itu nantinya kamu akan diberikan kuesioner mengenai kejiwaan yang dimana hal tersebut bermanfaat untuk mendeteksi adanya gangguan depresi, cemas maupun lain sebagainya.

Kemudian pemeriksaaan laboratorium. Nah untuk pemeriksaaan ini terdiri dari pemeriksaan darah secara lengkap. Mulai dari hematokrit, hemoglobin, leukosit, trombosit dan jenis lainnya. selain itu juga ada gula darah, golongan darah, hbsAg yang dimana hal tersebut akan menentukan kamu terdapat infeksi akut pada hepatitis, sifilis, maupun HIV jika ada.

Sementara untuk wanita, nantinya kamu akan diberikan vaksin tetanus. Hal ini apabila kamu memang belum mendapatkan dosis booster tetanus. Selain itu pada pemeriksaaan yang satu ini kamu tidak perlu melakukan persiapan seperti puasa.

Nah sesudah hasilnya keluar, maka hasil tersebut akan diberikan pada kamu. Selain itu, untuk hasil tersebut juga tidak boleh diwakilkan. Pasalnya pemeriksaan ini bersifat rahasia atau bersifat pribadi.

Kemudian selanjutnya nanti kamu akan diberikan sertifikat layak kawin. Dimana persyaratan cek kesehatan pra nikah ini nantinya akan di fotokopi serta dikirim ke kelurahan untuk mengurus berbagai berkas catatan sipil.

Biaya tes kesehatan pranikah ini diketahui tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Nah dengan demikian program tersebut memang akan sangat membantu dalam scanning berbagai macam kondisi penyakit tersebut. disisi lain kalian pun bisa lebih berhemat ratusan ribu untuk melakukan pemeriksaan ini jika dilakukan di puskesmas.

Namun apabila kamu membutuhkan pemeriksaan yang lain, kamu dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu apa yang mesti diperlukan untuk melakukan pemeriksaan pranikah.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untukmu mengenai apa saja persyaratan cek kesehatan pra nikah. Semoga dengan adanya hal ini kamu semakin tahu apa saja yang mesti dilakukan sebelum hari H pernikahan.

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us