Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Produk Make Up Pengantin ala MUA Marlene Hariman
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik di pesta pernikahannya, maupun acara pendahulu sebelum resepsi pernikahan, seperti lamaran dan acara akad nikah. Untuk itu si calon pengantin tak ragu-ragu untuk menggelontorkan banyak dana, demi mendapatkan riasan yang sesuai dengan keinginannya. Bahkan, tak jarang banyak orang yang menjadikan rias pengantin sebagai prioritas di antara daftar panjang persiapan-persiapan pernikahan yang lain. 

Selain skill dan perlatan make up yang dimiliki oleh perias pengantin atau MUA, salah satu hal yang menentukan keberhasilan make up pengantin adalah penggunaan produk-produk yang tepat. Seberapa pentingnya memilih produk make up terbaik untuk pengantin? Jawabannya, sangat penting. Sebab, jika salah memilih produk make up, hasil riasan pengantin pun tak akan maksimal. 

Sebagai contoh, dalam pemilihan merk foundation yang bagus untuk rias pengantin, haruslah didasarkan pada kondisi kulit si pengantin. Jika calon pengantin memiliki kulit cenderung kering, maka pilihlah foundation yang memiliki kandungan pelembab di dalamnya, serta bertekstur liquid. Hal ini akan membantu kulit untuk lebih lembab, agar make up yang dihasilkan tidak ‘pecah’ dan merusak penampilan sang pengantin. Sebaliknya, jika si pengantin memiliki kulit cenderung  oily atau berminyak, maka pemilihan alas bedak dengan finishing matte akan lebih baik. Agar hasil make up pengantin tidak terlalu mengkilap. 

Terkadang, yang jadi permasalahannya adalah ketidaktahuan kita dalam memilih merk produk yang bagus untuk rias pengantin. Nah, untuk itulah Wedding Market membuat rangkuman produk-produk yang bagus untuk rias pengantin berdasarkan pengalaman dari Make Up Artist ternama di tanah air, yakni Marlene Hariman. Daftar produk berikut ini adalah merk yang biasa beliau gunakan untuk merias client-nya, salah satunya untuk make up pengantin Sheila Dara Aisha, baik untuk acara akad hingga resepsi. 

Berikut daftar produk yang bagus untuk rias pengantin ala Marlene Hariman

  1. Produk Primer untuk mendapatkan flawless complexion

Nama Produk

Kisaran Harga

Studio Tropik Flawless Priming Water

Rp99.000,-

Vitamin Enriched Face Base - Moisturizer and Primer dari Bobbi Brown

Rp915.000,-

Clé de Peau Beauté Correcting Cream Veil SPF 21

Rp1.250.000,-


  • Studio Tropik Flawless Priming Water

wm_article_img

Sumber: sociolla.com

Proses rias pengantin yang sangat kompleks biasanya dimulai dari penggunaan primer. Apa itu primer? Primer adalah produk kecantikan yang berfungsi untuk melembabkan wajah dan membuat tampilan make up tampak lebih smooth serta tahan lama. Priming Water dari Studio Tropik memiliki dua varian, Original Priming Water untuk kulit normal to oily dan Flawless Priming Water untuk kulit normal to dry. Primer buatan lokal ini cukup terjangkau, untuk satu botol berukuran 150 ml dibanderol dengan seharga Rp99.000,- saja. Tertarik untuk menggunakannya?

Klaim dan Kandungan Produk:

Priming Water dari Studio Tropik ini diklaim mengandung pelembab yang dapat menjadikan wajah tampak  lebih dewy dan smooth. Beberapa kandungan utamanya antara lain: rose water berfungsi untuk menenangkan kulit; Aloe vera  untuk mengurangi kemerahan dan menyejukkan kulit, kemudian ada glycerin dan soybean extract yang juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Selain itu, produk ini juga terbebas dari kandungan paraben, sulfates, alcohol, mercury, dan formaldehyde, sehingga aman untuk digunakan.

Cara penggunaan:

Penggunaan primer cukup disemprotkan ke wajah dari jarak 20 cm dengan mata tertutup. Kemudian, biarkan meresap sebelum mengaplikasikan produk make up pengantin selanjutnya.

  • Vitamin Enriched Face Base - Moisturizer and Primer dari Bobbi Brown

wm_article_img

Sumber: sephora.com


Merk produk primer yang digunakan sebelum rias pengantin adalah Vitamin Enriched Face Base - Moisturizer and Primer dari Bobbi Brown. Produk ini juga mengklaim dapat melembutkan dan menghidrasi kulit dengan finishing natural. Berbeda dengan Studio Tropik, produk keluaran Bobbi Brown ini memiliki tekstur lotion. Produk ini cocok digunakan untuk kulit sensitif, kering, normal, berminyak, maupun kombinasi. Kandungan utama primer yang satu ini adalah vitamins dan  anti-oxidants yang antara lain berasal dari shea butter, squalane, yeast extract, grapefruit, geranium extract, dll. Jika tertarik untuk menggunakan produk ini, sepertinya kamu harus merogoh kocek cukup dalam. Sebab, untuk satu kemasan 50 ml ini dibanderol dengan harga Rp915.000,-. Apakah worth it? Pilihannya ada ditanganmu.


  • Clé de Peau Beauté Correcting Cream Veil SPF 21

wm_article_img

Sumber: cledepeaubeaute.com

Clé de Peau Beauté menjadi salah satu produk favorit Marlene Hariman.  Produk yang ia gunakan untuk riasan pengantin Sheila Dara yaitu Clé de Peau Beauté Correcting Cream Veil SPF 21. Klaim primer Clé de Peau Beauté ini memiliki manfaat untuk menyamarkan permasalahan kulit seperti pori-pori besar, garis halus, dan warna kulit kurang merata. Selain itu, primer ini juga diformulasikan dengan illuminating complex, yang berfungsi menjaga kelembaban kulit sehingga tampilan kulit tampak lebih bercahaya. Tertarik mencobanya? Kamu harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harga primer ini dipatok sekitar $80 atau Rp1.250.000,- untuk tube berukuran 36 ml. 


  1. Complexion

Nama Produk

Kisaran Harga

Nars Soft Matte Complete Concealer 6.2g

Rp470.000

Giorgio Armani Designer Lift Smoothing Firming Foundation 30ml

Rp1.291.000

Chanel Poudre Universelle Libre Natural Loose Powder

Rp955.000

Dior Capture Totale Loose Powder

Rp1.145.000


  • Nars Soft Matte Complete Concealer

wm_article_img

Sumber: sephora.co.id

Produk yang bagus untuk rias pengantin selanjutnya adalah concealer Nars Soft Matte Complete Concealer. Concealer merk Nars ini adalah salah satu produk concealer terbaik yang memiliki daya coverage tinggi, dengan sentuhan akhir matte. Produk yang berbentuk krim bertekstur ringan ini, memiliki formula yang mampu menyamarkan garis-garis halus dan bintik hitam di wajah. Selain oil free, produk Nars ini juga Paraben-free, serta mengandung Peptides, Vitamins, Anti-oxidants, Hyaluronic Acid dan sederet kandungan lainnya. Dengan formula sebagus itu, apakah harga Rp470.000,- untuk 6,2g worth it to buy? Kamu yang menentukan.

  • Giorgio Armani Designer Lift Smoothing Firming Foundation

wm_article_img

Sumber: sephora.nz

Selanjutnya yang termasuk jajaran merk foundation yang bagus untuk rias pengantin adalah Giorgio Armani Designer Lift Smoothing Firming Foundation. Kabarnya produk ini adalah salah satu merk foundation favoritnya Meghan Markle, loh. Foundation yang dipatok seharga $129 atau Rp1.291.000 untuk 30ml ini diklaim mampu melembutkan tampilan garis-garis halus dan kerutan, meratakan warna serta memberikan efek radiance pada kulit. Produk ini mengandung antioxidants, BHAs/Salicylic Acid, Oil-free, Paraben-free, Vitamins. Untuk daya coverage-nya medium build to high. Gak heran ya, kalau hasil akhir make up pengantin Sheila Dara bagus banget.

  • Chanel Poudre Universelle Libre Natural Loose Powder

wm_article_img

Sumber: lazada.co. id

Bedak tabur dari Channel ini merupakan salah satu produk yang paling hits di kalangan MUA papan atas, tak terkecuali Marlene Hariman. Bedak tabur keluaran Chanel yang diberi nama Chanel Poudre Universelle Libre ini juga menjadi produk bedak favorit banyak beauty enthusiast di seluruh dunia, lho. Kenapa bisa begitu ya? Mari kita bahas selengkapnya. 

Alasan pertama mengapa bedak tabur satu ini banyak dipilih dan menjadi produk yang bagus untuk rias pengantin adalah karena teksturnya yang super duper halus dan finely mild banget. Hal ini membuatnya mudah untuk di-blend ke wajah. Selain itu, pigmentasinya sheer dan teksturnya ringan banget, dears. Untuk hasil akhirnya,  matte tapi tidak menimbulkan rasa berat atau kaku. Bedak tabur yang satu ini juga mampu menahan minyak berlebih di wajah, sehingga kulit wajah kamu bisa bebas kilap seharian. Kamu akan mendapatkan hasil rias pengantin yang terlihat super flawless tanpa meninggalkan efek cakey. Nggak heran, kan kenapa banyak orang menyukai produk ini. Sayangnya untuk harganya cukup terbilang mahal, yakni Rp955.000,- 

  • Dior Capture Totale Loose Powder

wm_article_img

Sumber: sephora.co.id

Tak cukup satu, kadang MUA menggunakan beberapa merk produk yang bagus untuk rias pengantin. Salah satu bedak tabur yang juga sangat bagus kualitasnya yakni keluaran Dior. Produk yang dijual dengan nama Dior Capture Totale Loose Powder ini, diperuntukkan untuk kulit kering, berminyak maupun kombinasi. Bedak yang digunakan Marlene Hariman untuk rias pengantin ini diklaim dapat memberikan efek radiance dan perfection untuk mencerahkan warna kulit, sehingga tampak lebih muda. Produk ini diperkaya juga dengan ekstrak Longoza Cellular™ complex dan multifaceted embellishing pigments yang mampu meningkatkan kecerahan kulit serta memperbaiki warna dan tekstur kulit. Harganya terbilang cukup fantastis untuk bedak tabur, yakni Rp1.145.000.  Bagaimana menurutmu?

  1. Produk Riasan Mata dan Alis

Nama Produk

Kisaran Harga

Fanbo Fantastic Eye Brow Pencil

Rp27.000

Browit by Nongchat

Rp120.000

Anastasia Beverly Hills Brow Wiz

Rp324.500

Maybelline mascara

Rp75.000 - Rp169.000


wm_article_imgwm_article_img

Sumber: shopee.co.id

  • Fanbo Fantastic Eyebrow Pencil

Fanbo adalah salah satu produk merk lokal, meskipun demikian pensil alisnya memiliki kandungan vitamin C dan E sebagai antioksidan dan untuk merawat kesehatan alis kita, loh. Selain itu, untuk harganya relatif terjangkau, sekitar Rp 27.000 dengan 2 pilihan warna berbeda, yaitu 01 yang berwarna hitam dan 02 yang berwarna cokelat gelap natural. 

  • Browit by Nongchat

Produk pensil alis selanjutnya yang juga menjadi favorit MUA di Indonesia yakni Browit by Nongchat, dimana dalam satu genggaman sudah terdiri dari pensil alis dan eyeliner. Produk asal Thailand ini bisa memberikan kepraktisan untuk mempercantik eye look. Untuk mendapatkan dua fungsi produk sekaligus dalam satu kemasan, produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp120.000.

  • Anastasia  Beverly Hills Brow Wiz

Anastasia  Beverly Hills termasuk merk produk yang bagus untuk rias pengantin, khususnya riasan alis. Desain produk ini sangat elegan dan cukup slim untuk ukuran pensil alis, sehingga mudah untuk diaplikasikan. Warna yang dihasilkan dari pensil alis ini bisa menjadikan rias pengantin natural. Kualitas brush-nya juga super duper bagus, ditambah lagi dengan hasil warna yang cukup awet lumayan waterproof. Dari segi harga, memang lebih mahal dibanding dengan pensil alis buatan lokal sekitar Rp324.500,- per buah. Namun, dengan hasil yang didapat rasanya cukup pantas dibayarkan dengan harga segitu, bukan? Apalagi pensil alis ini cukup empuk, pigmented, dan tidak mudah patah. 

  • Maybelline

wm_article_img

Sumber: tokopedia.co.id

Untuk memperlentik dan menebalkan bulu mata, produk rias pengantin terbaik yang direkomendasikan oleh Marlene adalah Maybelline. Jika ditanya produk yang mana, MUA ternama ini mengatakan sama saja, semuanya bagus. Jadi, kamu bisa memilih sesuai seleramu, ya. Untuk harganya relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp75.000 hingga Rp169.000 per buah.  

  1. Riasan Bibir

Nama Produk

Kisaran Harga

Make over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream

Rp120.000

Nars Powermatte Lip Pigment 5.5ml

Rp400.000

Sephora Collection Glossed Lip Gloss  5ml

Rp 210.000

Sephora Collection Cream Lip Stain

Rp 210.000

Fenty Beauty by Rihanna - Gloss Bomb Universal Lip Luminizer

Rp329.000


wm_article_imgwm_article_img

Sumber: sephora.co.id

Untuk riasan bibir, ada berbagai macam merk produk yang bagus untuk rias pengantin ala Marlene, antara lain: Nars, Sephora, Fenty Beauty by Rihanna, dan Make Over. Untuk mendapatkan hasil riasan bibir yang cantik, kamu bisa mengaplikasikan beberapa produk tersebut secara bersamaan. Tambahkan lip gloss untuk hasil akhir bibir yang glossy. 

wm_article_imgwm_article_img

Make up by Marlene Hariman |Photo by Morden

5. Perona Pipi

Nama Produk

Kisaran Harga

Jafra Long were Creme Blush

Rp120.000

NARS Liberte Blush 4.8g

Rp470.000

MAC Cosmetics Powder Blush  6gr

Rp400.000

DIOR Rosy Glow

Rp655.000

Tom Ford Flush

Rp1.300.000


wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Sumber: sephora.co.id

Untuk memberikan efek segar, ada berbagai macam perona pipi yang digunakan untuk rias pengantin. Pilihan Marlene untuk merias si cantik Sheila antara lain adalah Jafra Long were Creme Blush warna peach dan pink, Nars Liberte, Mac cosmetics Powder Blush–Melba, Tom Ford Flush dan Dior Rosy Glow. Walau harga creme blush maupun blush powder yang digunakan terbilang fantastis, hasilnya pun rias make up pengantin yang sungguh outstanding. Beberapa nama produk make up pengantin tersebut bisa juga kamu gunakan untuk acaramu nanti. Jika terasa lumayan ‘berat’ kamu bisa memilih produk lokal yang lebih ekonomis. 

Demikianlah, ulasan beberapa produk make up terbaik untuk pengantin, termasuk primer, riasan, mata, bibir, pipi dan juga beberapa foundation yang biasa digunakan  oleh MUA. Dalam hal ini merk make up pengantin rekomendasi dari Marlene Hariman. Beberapa diantaranya ada produk lokal dan ada pula brand luar negeri. Harganya pun beragam, ada yang relatif terjangkau ada pula yang cukup fantastis. Kembali lagi, semua keputusan ada ditangan kamu. Apabila kamu ingin menggunakan MUA dengan produk-produk branded high-end, tentunya ada harga yang harus dibayar untuk itu. 

Namun, jika kamu memiliki keterbatasan dana, alangkah baiknya untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Banyak juga kok, MUA yang menggunakan produk lokal seperti Make Over, Wardah, La Tulipe, LT Pro, Urban Decay, dll untuk make up pengantin, dan hasilnya juga bagus. Semua kembali lagi kepada kebutuhanmu. Satu hal yang paling penting, pilihlah produk yang aman dan nyaman dikulitmu. Tak peduli seberapa mahal suatu produk, jika kulitmu tidak cocok, maka hasilnya justru tidak bagus. Malahan bisa berpotensi membuat kulitmu menjadi alergi. Untuk itu, penting juga untuk kamu mengenali tipe kulitmu.

Penggunaan make up untuk rias pengantin bukan hanya sekadar memakaikan banyak produk ke wajah pengantin agar sang pengantin bisa tampil ‘manglingi’ di hari pernikahannya. Namun, lebih dari itu, rias pengantin haruslah  bertujuan untuk mengeluarkan kecantikan sang pengantin, tanpa kehilangan karakter dan jati dirinya. Tentu saja dengan bantuan beberapa produk yang tepat, perlatan make up, serta teknik yang dimiliki oleh si perias atau MUA, kecantikan itu akan semakin terpancarkan. Jika kamu membutuhkan jasa MUA profesional terpercaya, jangan ragu-ragu untuk mengunjungi Wedding Market store. Tempat dimana kamu bisa menemukan ratusan vendor jasa MUA terbaik dari seluruh Indonesia. Segera konsultasikan kebutuhanmu, ya! Salam cantik, dears.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...