Pilih Kategori Artikel

Pernikahan Adat Sunda Ala Kevin Lilliana dan Oskar Mahendra
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kabar bahagia datang dari mantan Miss Internasional tahun 2017 Kevin Liliana yang menggelar pernikahan dengan pasangannya Oskar Mahendra pada hari Minggu 2 Februari 2020. Bertempat di Pine Garden Mason Pine Hotel Kota Baru, Parahyangan Padalarang, Bandung Barat, dipilih menjadi lokasi mereka untuk melangsungkan akad pernikahan. Mereka berdua menggelar pernikahan dengan adat Sunda sebagai konsep utamannya. Tentunya tidak heran pernikahan Kevin Liliana dan Oskar Mahendra menggunakan adat ini karena Kevin Lilliana sendiri merupakan mantan Puteri Indonesia tahun 2017 yang berasal dari Jawa Barat yang rata-rata merupakan suku Sunda.

wm_article_img

Akad nikah Kevin Lilliana dan Oskar Mahendra digelar pada pagi hari, dibuka dengan acara sambutan oleh kedua belah pihak keluarga baik dari mempelai wanita dan juga pria. Seperti pada adat Sunda biasannya setelah itu secara dilanjutkan dengan secara simbolis Ibu dari Oskar Mahendra menyerahkan seserahan kepada ibu dari Keviln Lillliana berupa  sepasang sepatu, tas, alat make-up, alat mandi, buah-buahan, dan masih banyak lainya. Seserahan sendiri menjadi salah satu hal yang wajib dalam prosesi adat Sunda karena biasanya diartikan sebagai pertanda bahwa calon pengantin pria mampu memberikan nafkah lahir dan batin kepada calon pengantin wanita.

Setelah pemberian seserahan yang dilakukan oleh ibu dari kedua calon pengantin, acara dilanjutkan dengan Calon pengantin pria yaitu Oskar Mahendar Beserta wali nikah menempati meja akad nikah dan diikuti oleh saksi-saksi dari kedua belah pihak keluarga. Setelah itu barulah calon pengantin wanita dihadirkan ditemani oleh teman dan keluarganya. Pada saat berjalan menuju meja akad nikah Kevin lilliana tampil cantik dengan pakaian kebaya putih yang sesuai dengan konsep pernikahannya.

wm_article_img

Acara Ijab Qobul didahului dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan khutbah singkat berjalan dengan hikmat dan tenang yang dipandu oleh penghulu dari KUA setempat. Setelah prosesi Ijab Qobul dilaksanakan, Kevin Lilliana dan Oskar Mahendra telah resmi menjadi seorang suami istri, namun acara pernikahan mereka tidak selesai sampai disitu. Setelah Ijab Qobul dilakukan langsung diadakan acara penyerahan mahar yang dilakukan oleh keluarga pengantin pria. Setelah pemberian mahar mereka berdua melanjutkan acara dengan melakukan pemasangan cincin sebagai simbol cinta sejati.

wm_article_img

Sungkeman merupakan salah satu acara yang ada dalam upacara adat Sunda. Pada pernikahan Kevin Lilliana dan Oskar Mahendra, mereka juga melakukan adat tersebut. Biasanya acara sungkeman dilakukan oleh mereka berdua kepada kedua belah bihak orang tua sebagai tanda untuk menunjukan tanda bukti dan rasa terima kasih atas bimbingannya dari lahir sampai acara perkawinan. Acara sungkemannya pun berlangsung dengan hikmat dan haru. Setelah sungkeman lalu diadakan foto keluarga inti yang berisikan pengantin, orang tua, sodara kandung, sesepug, dan saksi sebagai bukti bahwa prosesi Ija Qobul dan sungkeman telah dilaksanakan.

Dalam prosesi adat Sunda setelah Ijab Qobul dan sungkeman masih ada lagi prosesi yang harus dilaksanakan. Begitu juga pada pernikahan mantan Miss Internasional 2017 dan juga salah satu reporter di stasiun TV yang menggelar pernikahan dengan adat Sunda. Setelah itu terdapat prosesi Saweran yang mana kedua pasangan didudukan di kursi sambil menyawer dengan pantun. Pantun tersebut berisikan petuah orang tua pengantin wanita dan kedua pengantin dipayingkan serta diselingi taburang beras kuning atau kunyi ke atas payung.

wm_article_img

Prosesi selanjutnya adalah nincak ending dimana Oskar menginjak telur dan elekan sampai pecah lalu kakinya dicuci dengan air bunga dan di lap oleh pengantin wanita yaitu Kevin Lilliana.

wm_article_img

Setelah menyelesaikan semua prosesi adat tersebut, Kevin dan Oskar berganti makeup dan pakaian untuk memberikan kesan fresh karena prosesi terakhir adalah berfoto dengan keluarga serta pemberian ucapan selamat dari para tamu yang hadir.

wm_article_img

Kevin Lilliana dan Oskar Mahendra telah resmi menjadi sepasang suami istri pada hari Minggu, 2 Februari 2020 di pagi hari. Namun, acara resepsi dilakukan pada malam harinya. Bagaimana keseruan acara resepsi pernikahan Kevin Lilliana dan Oskar Mahendra? Akan dibahas di artikel selanjutnya.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...