Your Smart Wedding Platform

Bosan dengan Ring Box Itu-itu saja? Simak 7 Rekomendasi Desain Tempat Cincin Tunangan Cantik dan Estetik!

21 Sep 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 84
Foto: Instagram/tavisha_ringbox

Pertunangan merupakan salah satu proses yang dilalui oleh sebagian pasangan sebelum melangsungkan pernikahan. Dalam proses tersebut, dua keluarga saling bertemu dan saling berkomitmen untuk menuju ke jenjang yang lebih serius. 

Dalam proses tunangan, ada banyak elemen yang perlu dipersiapkan. Salah satu elemen penting tersebut adalah cincin. Cincin dalam hal ini menjadi sesuatu yang penting mengingat arti dari sebuah pertunangan adalah mengikat calon pasangan sebelum menikah dan pengikat tersebut dilambangkan dalam sebuah cincin.

Tentunya untuk membuat tampilan cincin menjadi lebih cantik, cincin tersebut perlu diletakkan di sebuah kotak cincin atau ring box. Berbicara soal desainnya, saat ini tempat cincin tidak hanya terbatas pada kotak beludru berwarna merah saja. Seiring berkembangnya waktu bentuk kotak cincin mengalami berbagai inovasi yang membuat penampilannya menjadi lebih menarik.

Jika kamu sedang mencari tempat cincin tunangan dan bingung desain yang ingin digunakan, simak rekomendasi di bawah ini!

1. Tempat Cincin Desain Hexagonal Berbahan Akrilik


Rekomendasi pertama adalah tempat cincin yang terbuat dari bahan full akrilik atau dengan kerangka besi berbentuk hexagonal. Cantik dan estetik, ring box ini cocok kamu gunakan sebagai tempat cincin untuk lamaranmu nanti.

Untuk membuat tampilannya menjadi lebih menarik, dapat ditambahkan beberapa detail lain seperti bunga artifisial atau bunga segar, serta tatakan kayu berbentuk lingkaran yang dijadikan sebagai alas tempat cincin. Jangan lupakan untuk menambahkan beberapa kain di dalam kotak cincin yang berfungsi sebagai penopang cincin dan penambah volume agar kotak tidak terlihat kosong atau sepi. 

2. Tempat Cincin Desain Hexagonal Berbahan Kayu


Sedikit berbeda dengan rekomendasi sebelumnya yang terbuat dari bahan akrilik, untuk tempat cincin satu ini sebagian besar bahan menggunakan kayu. Bahan dasar tersebut digunakan pada bagian alas maupun bagian tempat cincin. Untuk bentuk tempat cincin sendiri masih berbentuk hexagonal dengan bagian tutup terdapat tambahan kaca untuk memudahkan melihat dari luar.

Selain menggunakan kayu, untuk menambah kesan estetik dapat ditambahkan detail lain seperti bunga berwarna pastel yang lembut. Bunga tersebut dapat kamu letakkan di bagian alas maupun bagian dalam tempat cincin. Dengan begitu tampilan kotak cincin menjadi lebih meriah dan tidak terlihat polos.

Kamu juga dapat menambahkan detail lain seperti nama kamu dan pasangan, tanggal pertunangan atau sedikit kata-kata di bagian alas tempat cincin untuk sentuhan personal agar lebih romantis.

3. Tempat Cincin Desain Terarium Kubus


Selain bentuk hexagonal, ada rekomendasi bentuk lain yang patut kamu lirik yaitu tempat cincin desain terrarium kubus. Namun bukan sembarang kubus yang digunakan, melainkan desain terrarium kubus yang estetis. 

Terrarium sendiri adalah sebuah replika sebuah ekosistem hidup yang diletakkan di sebuah tempat kaca transparan. Dalam konteks ini, terrarium kubus adalah kotak kaca transparan berbentuk segi empat yang digunakan sebagai tempat cincin plus ornamen-ornamen hiasannya.

Untuk membuatnya terlihat berbeda dibanding desain lain, kamu bisa mempercantik terrarium kubus semirip mungkin dengan sebuah ekosistem hidup, atau memberikan sentuhan beberapa elemen seperti bunga kering, bunga artifisial dan pastinya cincin tunangan. 

Selain di letakkan di dalam kubus, bunga artifisial juga dapat digunakan untuk menghias alas kotak cincin. Perhatikan juga proporsi atau ukuran bunga yang digunakan, sebaiknya bunga untuk tray dipilih yang jauh lebih besar dibandingkan bunga yang berada di dalam kotak.

4. Tempat Cincin Desain Miniatur Arch


Jika kamu ingin desain tempat cincin yang unik dan berbeda dari yang lain, dapat mencoba desain cute satu ini, yaitu tempat cincin berbentuk miniatur arch. Dalam desain tersebut terdapat anyaman kayu yang dibentuk menjadi arch lingkaran atau dengan material besi. Arch tersebut dijadikan sebagai ornamen yang nantinya akan ditambahkan detail lain seperti dua boneka yang menggambarkan pasangan yang bertunangan.

Untuk tempat meletakkan cincin, dibentuk dua kain berbentuk bantalan. Jangan lupa untuk menambahkan ornamen lain di atas tray kayu yang digunakan sebagai hiasan, seperti bunga artifisial berwarna lembut yang diletakkan di sekeliling cincin. Voila, tempat cincin tunanganmu makin cute dan romantis! 

5. Kotak Cincin Desain Rustic


Rekomendasi selanjutnya adalah kotak cincin desain rustic. Berbeda dengan desain sebelumnya yang menggunakan kotak cincin berbahan akrilik ataupun kayu, kotak cincin satu ini justru tidak menggunakan kotak sama sekali.

Tempat cincin ini mengandalkan alas kayu serta bantalan cincin sebagai desain utama. Alas kayu serta bantalan cincin mempunyai bentuk dan warna yang sama yaitu berbentuk lingkaran serta berwarna coklat. Khusus untuk bantalan cincin terbuat dari kain goni sehingga tampilannya menjadi lebih unik dan menyatu dengan cincin emas yang akan digunakan.

Selain itu, untuk membuat tampilannya tidak monoton, kamu dapat menambahkan detail lain seperti hiasan bunga berbagai bentuk dengan bunga ukuran besar di letakkan di dekat alas kayu serta bunga yang lebih kecil di letakkan di bantalan cincin. Kamu juga dapat menambahkan ukiran namamu dan pasangan di alas cincin sebagai sentuhan personal.

6. Kotak Cincin Desain Double Akrilik


Kotak cincin dengan konsep double akrilik yang satu ini juga sangat cantik dan menarik. Bahan akrilik di sini tidak hanya dipakai sebagai kotak cincin saja, melainkan juga digunakan sebagai nampan atau tray yang menjadi alas kotak cincin.

Pada desain tersebut, permainan geometri berbentuk persegi yang berukuran berbeda pada kotak cincin dan nampan berbahan transparan membuat tampilannya lebih estetik. Meskipun begitu, kotak cincin tetap didesain untuk dapat menampung banyak hal seperti cincin serta printilan hiasan; contohnya bunga serta daun kering. Printilan tersebut juga dapat diaplikasikan untuk menghias nampan.

Untuk pemilihan bunga sendiri, dapat memilih bunga dengan warna biru dan putih atau sesuai dengan selera. Dengan visual bahan akrilik yang berwarna bening mudah dipadupadankan sehingga membuat tampilan menjadi serasi dan tidak nampak mencolok.

7. Kotak Cincin Desain Glass Dome


Rekomendasi terakhir adalah kotak cincin dengan desain glass dome. Dari beberapa rekomendasi sebelumnya, desain terakhirlah yang mempunyai bentuk serta desain yang cukup kompleks. Pasalnya kotak cincin ini, tidak hanya terdiri dari satu elemen saja, namun terdapat beberapa elemen seperti glass dome, dua buah papan kayu bulat serta ornamen seperti bunga dan boneka pasangan.

Dalam desain tersebut, papan kayu berukuran besar digunakan sebagai alas, sedangkan untuk papan yang lebih kecil digunakan sebagai tempat untuk informasi nama pasangan yang bertunangan. Di sisi lain, cincin tunangan dapat diletakkan pada glass dome berbentuk tabung yang sudah dihias dengan berbagai bunga warna pastel dan putih. Untuk mempermanis tampilannya, boneka pasangan sebagai ornamen dapat di letakkan di papan kayu yang telah dihias bunga dengan berbagai warna dan ukuran.

Itulah 7 rekomendasi kotak cincin yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk cincin pertunanganmu. Tentunya kotak cincin tersebut mempunyai bentuk yang unik serta estetik. Jika kamu dan pasangan merasa bingung dalam memilih kotak cincin yang tepat, kalian dapat melakukan berdiskusi terlebih dahulu untuk menentukan pilihan yang tepat.

Misalnya saja, kamu dapat pasangan lebih menyukai sesuatu yang simpel maka kotak cincin desain rustic menjadi pilihan yang bagus. Namun jika kamu ingin memilih bentuk yang unik dan berbeda dari yang lain maka tidak ada salahnya memilih kotak cincin desain glass dome. Nah, yang mana favoritmu?


Cover Foto: Tavisha Ringbox


Artikel Terkait



Artikel Terbaru