Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Gubukan Catering Pernikahan yang Simpel dan Meriah

Menyeleksi menu gubukan catering pernikahan memang tidak mudah. Cobalah untuk mengajak pasangan kamu beserta dengan keluarga untuk merencanakan semua itu dengan matang, mulai dari konsep acara sampai hidangan untuk para tamu. Selain kamu mengutamakan dekorasi dan konsep acara yang bagus, kelezatan cita rasa pada makanan yang akan dihidangkan pun perlu untuk kamu pertimbangkan.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar pandai untuk membagi pengeluaran menjadi terstruktur. Mengingat bagian konsumsi pada acara seperti ini sangat membutuhkan pengeluaran hampir setengah dari total anggaran acara pernikahan. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam memilih menu gubukan catering pernikahan. Kamu perhitungkan dahulu harga per porsi sesuai dengan anggaran, kemudian cita rasa makanan dan perkiraan jumlah tamu yang akan hadir itu sangat perlu.

wm_article_img
Foto: Alfabet Catering

Apalagi pada saat ini menu gubukan yang biasanya banyak digunakan dalam acara pernikahan memiliki biaya yang tidak sedikit. Lalu, menu gubukan catering pernikahan apa saja yang simpel dan meriah? Berikut beberapa rekomendasi menu gubukan yang cocok untuk memeriahkan acara pernikahan kamu.

1. Bakso Malang

wm_article_img
Foto: food.detik.com

Bakso Malang merupakan camilan berat yang mungkin semua orang sudah banyak mengetahui. Makanan yang satu ini mudah sekali untuk ditemukan dan biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima, sehingga banyak orang telah mencicipi dan menyukainya.

Bakso Malang menjadi menu gubukan catering pernikahan yang wajib ada di resepsi pernikahan. Rasanya yang khas akan membuat para tamu menyukainya dan mungkin mereka akan rela untuk mengantri untuk menu gubukan yang satu ini. Sangat pas sekali bagi kamu sebagai calon pengantin untuk menggunakan menu yang satu ini.

Selain banyak orang yang menyukai, bakso Malang sebagai menu gubukan catering pernikahan ini memiliki harga yang sangat murah untuk per porsinya. Jadi kamu akan bisa berhemat dan tetap memuaskan para tamu undangan.

2. Aneka Soto

wm_article_img
Foto: Instagram/eviwanq

Selain bakso malang, hidangan menu gubukan pernikahan yang berkuah lainnya adalah aneka masakan soto. Makanan yang satu ini banyak juga disukai oleh banyak orang, karena rasanya yang enak dan segar. Menu ini cocok sekali untuk tamu yang sedang merasa lapar apalagi ditambah dengan nasi putih.

Secara umum terdapat berbagai macam olahan soto, yaitu soto ayam, soto daging, soto babat, soto mi, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih salah satu saja supaya bisa tetap berhemat dari segi anggaran. Harga menu gubukan catering pernikahan ini cukup murah dan sekaligus bisa membuat para tamu kenyang.

3. Aneka Sup

wm_article_img
Foto: endeus.tv

Terdapat makanan yang hampir sama dengan soto di atas, tapi yang membedakan adalah jenis sayuran yang digunakan. Sup sudah sangat umum di kalangan masyarakat, sehingga hampir semua orang sudah tahu dengan masakan yang satu ini. Yang membedakan sup di acara seperti ini dengan sup rumahan adalah, sedikitnya sayuran yang digunakan.

Kemudian terdapat tambahan daging yang dipotong kecil-kecil menyerupai suwiran ayam untuk soto. Menu gubukan catering pernikahan yang satu ini sangat direkomendasikan. Selain enak, harga untuk mendapatkan menu sup per porsinya pun juga sangat murah.

4. Lontong Opor

wm_article_img
Foto: masakapahariini.com

Lontong opor merupakan makanan sebagai pengganti nasi, tapi tetap mengenyangkan. Banyak orang ketika sedang berada di acara pernikahan pasti malas untuk makan nasi. Hidangan ini mungkin akan menjadi pilihan para tamu yang seperti itu.

Biasanya lontong disajikan dengan suwiran ayam dan diguyur dengan kuah santan kuning. Menu gubukan catering pernikahan ini juga memiliki harga yang cukup murah untuk per porsinya.

5. Aneka Sate

wm_article_img
Foto: harianresep.com

Sate merupakan makanan yang pasti ada dalam gubukan prasmanan di berbagai acara pernikahan. Lezatnya cita rasa yang dimiliki sate, tidak mungkin tamu menolak jika disuguhkan menu yang satu ini. Terdapat beraneka macam sate yang biasanya dijadikan menu gubukan catering pernikahan, yaitu sate ayam, sate kambing, sate kelinci, dan sate padang.

Pilihlah satu jenis sate saja secara umum, karena untuk menghemat biaya pernikahan. Selain itu, kamu juga bisa menghemat dengan menyajikan empat tusuk saja per porsi yang ditambahkan dengan lontong.

6. Nasi Gandul

wm_article_img
Foto: endeus.tv

Nasi gandul ini merupakan menu yang cocok untuk mengisi meja gubukan prasmanan di acara pernikahan. Kuliner khas daerah Pati ini juga sudah sering ditemui di acara pernikahan yang diselenggarakan di Jawa Tengah, terutama di bagian pesisir pantai utara.

Jika dilihat sekilas mata, menu gubukan catering pernikahan ini akan mirip seperti semur daging dan gulai. Perbedaan yang ada di kuah dan cara penyajian dengan alas daun pisang membuat Nasi Gandul menjadi istimewa.

7. Gudeg

wm_article_img
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Menu gubukan catering pernikahan ini akan banyak ditemui di acara pernikahan yang diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa tengah. Makanan yang terbuat dari bahan dasar nangka muda yang kemudian dimasak bersama santan dengan waktu yang lama akan menghasilkan cita rasa yang sangat lezat.

Dalam penyajian menu yang satu ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat yang dicampur dengan kuah santan kental. Ada pun lauk yang perlu dipersiapkan, seperti telur bacem, ayam kampung bacem, tempe dan tahu bacem, dan sajikan juga dengan sayur sambal goreng krecek.

8. Tahu Gejrot

wm_article_img
Foto: Foto: Instagram/byvisza

Siapa sih yang tidak tahu jajanan yang satu ini. Tahu gejrot sudah dikenal banyak orang, karena sudah banyak pedagang kaki lima yang berjualan jajanan ini. Makanan yang berasal dari Cirebon ini terbuat dari potongan tahu yang sudah digoreng dan dilumuri dengan kuah bumbu cabe.

Akan sangat cocok jika Tahu Gejrot dijadikan sebagai menu gubukan catering pernikahan. Selain memiliki rasa yang khas dengan kepedasannya, Tahu Gejrot juga memiliki harga yang relatif murah untuk per porsinya.

9. Pempek

wm_article_img
Foto: linscakes.com

Pempek merupakan makanan khas Palembang, yang dimana sebagian besar orang Indonesia pasti sudah mengenalnya. Karena pada saat ini seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang satu ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Pempek merupakan camilan yang berbahan dasar tepung yang mengandung kaldu ikan di dalamnya dengan saus cuka beserta acar. Menu gubukan catering pernikahan ini sangat cocok disajikan di acara pernikahan. Selain simpel, pempek juga banyak disukai oleh sebagian besar orang di Indonesia dan memiliki harga yang cukup murah untuk per porsinya.

10. Aneka Es

wm_article_img
Foto: rasabunda.com

Bukan cuma makanan berat saja yang bisa kamu jadikan sebagai menu gubukan catering pernikahan. Keberadaan es di setiap acara resepsi pernikahan pasti juga akan dicari-cari.

Kini terdapat beraneka macam olahan es yang bisa menyegarkan dan melepas dahaga para tamu. Kamu bisa menyajikan pilihan es yang unik dan tidak terlalu mainstream, cobalah untuk menyajikan es puter atau es kopyor. Buatlah acara pernikahanmu menjadi lebih menyenangkan!

Demikianlah pembahasan tentang menu gubukan catering pernikahan yang bisa memeriahkan acara pernikahan kamu. Jadikan beberapa poin tersebut sebagai referensi dalam memilih menu gubukan untuk acara pernikahan. Jangan terlalu boros, pilihlah menu yang kiranya disukai banyak orang dan memiliki harga yang tidak terlalu tinggi.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...