Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Dekorasi Mobil Pengantin dan Tips Menyewa Mobil Pengantin Agar Lebih Untung
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika menggelar sebuah pesta pernikahan, seringkali pengantin harus melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain, seperti dari rumah menuju gedung resepsi, atau bisa juga dari masjid menuju ke tempat resepsi. Oleh sebab itu, pasangan pengantin tersebut membutuhkan mobil pengantin. 


Lalu, apakah bisa menggunakan mobil biasa? Bisa saja sih, tapi umumnya mobil yang digunakan sebagai mobil pengantin memiliki desain unik dengan berbagai dekorasi di dalamnya. Bagi kamu akan menikah dalam waktu dekat dan sedang mencari rekomendasi desain mobil pengantin yang unik, simak penjelasannya berikut ini.


  1. Mobil Dengan Desain Serba Putih

wm_article_img

Photo via cloudfront.net


Rekomendasi hiasan mobil pengantin yang pertama adalah hiasan dengan tema serba putih. Sesuai dengan namanya, semua hal yang terdapat dalam mobil bernuansa warna putih, mulai dari warna mobil, warna pita hingga warna bunga pun semuanya putih. 


Bagi beberapa orang, warna putih memang punya arti tersendiri, seperti melambangkan cinta suci diantara dia dan pasangannya. Selain itu, warna putih juga memberikan kesan mewah dan elegan loh untuk mobil pernikahanmu. Kamu tidak perlu takut jika mobil pengantinmu akan terlihat monoton, pasalnya mobil yang bernuansa putih justru unik dan jarang untuk digunakan. Akan tetapi, jika kamu ingin memberikan kesan yang berbeda selain warna putih, kamu bisa menambahkan bunga warna-warni yang akan mencolok di atas mobil putihmu. Jadi lebih menarik, bukan?


  1. Mobil Bergaya Retro

wm_article_img

Photo via baca.co.id


Gaya retro merujuk kepada gaya hidup, tren, ataupun seni yang dilakukan orang-orang di masa lalu. Gaya retro biasa diterapkan di dalam bidang musik, fashion, atau pun sikap, biasanya gaya ini merujuk ke masa 20-30 tahun silam. Meskipun gaya retro identik dengan hal yang berbau busana, tapi retro ternyata juga menyebar di dunia otomotif loh, dalam hal ini penggunaan kembali mobil-mobil jadul yang sempat ditinggalkan. Contoh mobil retro yang biasa kamu gunakan sebagai mobil pengantin adalah mobil VW kodok.


Seiring dengan berjalannya waktu, gaya retro digunakan juga pada ranah pernikahan, salah satunya dalam pemilihan desain mobil pengantin. Para pengantin yang menyukai suasana tahun 70-80an, tidak akan segan untuk menggunakan mobil VW sebagai mobil pengantin mereka. Alasannya adalah karena mobil tersebut sudah jarang ditemukan. Selain itu, modelnya yang unik membuat mobil ini layak dijadikan sebagai mobil pengantin. Jika kamu tertarik menggunakan mobil klasik, ada beberapa rekomendasi mobil retro yang bisa kamu gunakan selain VW, seperti Holden Kingswood, Alfa, Romeo Duetto Spider, Mercedez Benz 180SE. 


  1. Mobil dengan Kesan Mewah

wm_article_img

Photo via alfaaqilla.co.id


Selain gaya retro, kamu juga bisa mencoba desain mewah untuk gaya mobil pengantin kamu dan pasangan nanti. Salah satu faktor yang membuat desain ini mewah adalah pemilihan mobilnya. Jenis mobil yang biasa digunakan sebagai mobil pengantin mewah adalah mobil Ferrari, Toyota camry, Toyota Alphard, Mercedes Benz, dan lain sebagainya. Untuk menambah kesan mewah pada penampilan mobilmu, kamu bisa menambahkan detail berupa pita putih, dan bunga yang bisa ditempatkan di bagian kap mobil.


  1. Mobil Bergaya Simpel

wm_article_img

Photo via rentalmobilpengantinjogja.wordpress.com


Bagi beberapa orang, pesta pernikahan adalah pesta seumur hidup yang harus mereka rayakan secara besar-besaran. Maka tidak heran jika tipe orang-orang ini ingin mendekorasi semua konsep pernikahannya dengan ramai dan heboh. Di sisi lain, ada juga tipe orang yang tidak terlalu suka dengan konsep ramai dan ingin pernikahan yang sederhana, entah untuk dekorasi pelaminan, maupun dekorasi mobil pengantin.


Untuk orang-orang dengan tipe sederhana dan ingin semuanya simpel, dekorasi mobil pengantin dengan gaya sederhana adalah pilihan terbaik. Meskipun simpel, bukan berarti mobil pengantinnya tidak dihias sama sekali, ya. Kamu bisa mendekorasi mobilmu dengan cara menyematkan bunga di beberapa titik saja, seperti di bagian pintu mobil atau di kap depan mobil.


Hindari penggunaan pita besar, karena pita tersebut akan terlihat mencolok. Namun, apabila kamu masih tetap ingin menggunakan pita, pilihlah pita berukuran kecil. Agar hiasan mobilmu jadi lebih hidup, kamu bisa mengkombinasikan warna mobil dengan warna bunga. Contohnya untuk mobil berwarna hitam, maka hiasan bunga yang tepat adalah bunga berwarna putih karena warna tersebut akan tampak kontras dengan background mobil.


  1. Mobil Bergaya Girly

wm_article_img

Photo via seruni.id


Rekomendasi desain mobil pengantin selanjutnya adalah desain girly. Sesuai dengan namanya, desain mobil ini didominasi dengan unsur kewanitaan, misalnya dari segi warna, model mobil hingga pernak-pernik yang disematkan. Mobil dengan tipe ini biasanya mempunyai ciri-ciri didominasi oleh warna pink. Selain itu, agar penampilan mobil lebih feminim, kamu bisa menambahkan beberapa hiasan berupa boneka ataupun bunga. Hiasan tersebut bisa kamu padupadankan dengan berbagai warna, agar mobil pengantin kamu jadi lebih berwarna dan tidak monoton.


  1. Gaya Tiga Dimensi

wm_article_img

Photo via pulsk.com


Di samping gaya retro, girly, simpel dan mewah, mobil pengantin juga punya desain lain yaitu desain tiga dimensi. Seperti dengan namanya, atribut untuk menghias mobil ini dibentuk sedemikian rupa hingga tercipta bentuk tiga dimensi yang mengandung volume. Untuk menciptakan sebuah bentuk tiga dimensi, kamu bisa menggunakan bunga ataupun pita. Kedua benda tersebut dibentuk dan dianyam satu persatu hingga membentuk benda yang kamu inginkan.


Ketika membuat sebuah benda tiga dimensi, biasanya orang-orang membentuk gambar bunga, huruf ataupun gambar love. Alasannya adalah karena ketiga gambar tersebut bisa lebih mudah untuk dibentuk, sehingga waktu pengerjaannya pun jadi lebih efisien. Ketika pita sudah selesai dibentuk, kamu bisa menempatkan hiasan tersebut di kap mobil. Tapi jika ukuran hiasan lebih kecil, sebaiknya tempatkan di kaca mobil ataupun pintu mobil saja, ya.


  1. Desain Tulisan

wm_article_img

Photo via bp guide.com


Menghias mobil pengantin, ternyata tidak hanya sebatas penyematan bunga, pita atau boneka saja, loh. Kalau menginginkan desain yang lebih unik, kamu bisa menambahkan beberapa tulisan di dalamnya. Tentunya tulisan yang dibuat pun bukan asal-asalan tanpa ada artinya, melainkan tulisan yang mengandung arti bagi pernikahan sang pengantin. Beberapa contoh tulisan yang kerap kali digunakan adalah just married, I love you, dan lain-lain.


Jika kamu berminat menggunakan detail desain satu ini, kamu bisa memesannya kepada pengrajin. Kamu bisa meminta dibuatkan tulisan sesuai keinginanmu. Nantinya sang pengrajin, akan membantu membuatkan tulisan dengan cara mendesain di tripleks berukuran 30 cm. Pengrajin lalu membuat desain dasarnya dahulu, setelah jadi, dia baru menambahkan cat di dalamnya. Agar tampilan tulisan jadi semakin bagus, kamu bisa meminta pengrajin untuk menambahkan dekorasi lain seperti daun-daun kering di kedua sisi tulisan.

Setelah selesai dibuat, kamu bisa menempelkan tulisan yang dibuat di kaca belakang mobil. Jadi yang melihat keunikan desain mobil pengantin tersebut tidak hanya kamu saja, tapi juga para pengendara lain.


6 Tips Sebelum Sewa Mobil Pengantin

Setelah kamu mencari tahu tentang desain yang bisa kamu terapkan di mobil pengantin, informasi selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah tips dalam menyewa mobil pengantin. Hal ini perlu sekali kamu perhatikan, mengingat mobil adalah salah satu perlengkapan yang harus kamu punya agar mobilitas ketika pesta pernikahan bisa dilakukan dengan mudah.


Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu memaksakan diri dengan membeli mobil langsung. Pasalnya perkara membeli mobil membutuhkan uang yang tidak sedikit, padahal di sisi lain kamu juga harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya pernikahan. Solusinya adalah menyewa mobil pengantin. Itu adalah solusi terbaik bagi kamu yang ingin mobilisasi dengan mudah tanpa harus membeli mobil.


Namun, yang perlu kamu ingat bahwa tidak semua tempat rental punya kualitas mobil yang baik. Karena banyak juga tempat rental yang tidak mengurusi mobilnya dengan baik. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menyewa mobil, kamu harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Hal tersebut akan di bahas di bawah ini.


  1. Memilih Mobil Rental yang Terpercaya

Jasa penyewaan mobil pengantin, ada banyak di pasaran. Dari banyaknya jasa tersebut, tidak semua jasa rental punya kualitas yang baik dan dapat dipercaya. Maka dari itu, kamu perlu kritis sebelum memilih tempat rental mobil.


Sebelum memutuskan untuk menyewa mobil pengantin, kamu harus terlebih dahulu melakukan survei ke beberapa tempat rental. Bisa minta rekomendasi teman, internet atau pun yang lain. Setelah mendapatkan beberapa list tempat-tempat rental mobil penganti, barulah kamu kunjungi lokasinya. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah tempat rental yang kamu sewa terpercaya dan punya sertifikat dari pemerintah atau tidak. Jangan sampai kamu menghabiskan uang banyak untuk rental mobil abal-abal dan tidak terpercaya, ya.


  1. Memastikan Kondisi Mobil

Untuk beberapa pengusaha rental, menjaga mobil dalam kondisi baik adalah hal yang utama. Pasalnya mobil yang tidak terawat, tidak saja mengganggu perjalanan si penyewa tapi juga bisa membahayakan keselamatan pengendara. Hanya saja untuk melakukan perawatan mobil secara rutin, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya untuk satu mobil, pemilik mobil bisa menghabiskan uang dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Maka, tidak heran jika menjadi pengusaha rental mobil membutuhkan banyak biaya.


Meskipun membutuhkan biaya mahal, ada banyak pengusaha rental yang mementingkan kualitas mobilnya, yang berdampak pada kepuasan pelanggan. Rental mobil yang seperti itu lah, yang bisa kamu pilih untuk sewa mobil pengantin. Karena bisa dipastikan mobil yang mereka punya pun kondisinya baik. Untuk memastikan kondisi mobil, kamu bisa mengecek dari bagian rem, mesin, ban dan bagian yang lain. Pengecekan tersebut juga bisa kamu lakukan bersama pemilik mobil, agar terjalin rasa percaya diantara kedua belah pihak.


  1. Mengkonfirmasi Pelayanan dan Dekorasi yang Disediakan

Selain memastikan kondisi mobil, kamu juga menanyakan pelayanan apa saja yang disediakan oleh rental itu. Apakah mereka hanya menyediakan mobil saja, atau juga ada jasa penyewaan sopir serta dekorasi mobil pengantin. Apabila mereka menyediakan kedua hal tersebut, kamu bisa sekalian menanyakan apakah biaya sewa mobil sudah termasuk biaya sopir atau tidak. Jadi, kamu bisa mengira-ngira berapa jumlah uang yang akan kamu keluarkan.


  1. Pilihlah Mobil yang Sesuai dengan Budget

Tempat rental mobil pengantin, tidak hanya punya satu unit mobil saja tapi mereka punya beberapa unit dengan berbagai tipe. Hal ini mereka lakukan agar para pelanggan bisa memilih tipe mobil yang sesuai dengan keinginan mereka. Namun yang perlu kamu ingat, semakin bagus tipe mobil maka semakin tinggi pula harga sewanya. Contohnya, harga sewa mobil innova dengan mobil mercedes benz tidak akan sama. Tentunya harga sewa mercedez benz akan lebih tinggi daripada Innova.


Beda merek, beda tipe dan beda teknologi akan membuat harga sewa mobil yang satu dan yang lainnya menjadi berbeda. Namun, dari segi kegunaan mobil tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu mempermudah mobilitas kamu. Jadi, jika kamu punya budget terbatas dan hanya mampu untuk menyewa innova, jangan ragu untuk menyewa mobil tersebut. Selama kondisi mobil masih baik dan fungsinya masih sama, tidak ada salahnya menggunakan mobil ini sebagai mobil pengantin.


Selain itu, kamu bisa merubah innova menjadi mobil yang tidak kalah mewah dari mercedes benz. Kamu bisa menghiasnya dengan cara menyematkan bunga mobil pengantin atau pita di atasnya. Jadi, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menyewa mobil mahal. Pikirkan baik-baik, ya.


  1. Booking dari Jauh Hari

Sama halnya ketika kamu memesan gaun atau pun wedding organizer yang tidak bisa disiapkan secara mendadak, menyewa mobil pengantin pun menerapkan hal yang sama. Hal ini disebabkan karena hal apapun yang disiapkan secara terburu-buru pasti hasilnya tidak akan maksimal. Tidak peduli itu hal kecil ataupun besar, memang sebaiknya tidak boleh disiapkan secara mendadak, termasuk ketika kamu menyewa mobil pengantin.


Jika menyewa mobil pengantin beberapa minggu atau bulan sebelum pesta pernikahan, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain, kamu bisa mendapatkan mobil sesuai yang dimau, kualitasnya pun bisa dipertimbangkan. Selain itu, apabila mempunyai waktu lebih, kamu bisa membandingkan antara satu rental dengan rental lain dari segi harganya maupun pelayanannya. Sehingga, kamu bisa menyewa mobil dengan harga yang jauh lebih murah.


  1. Mematuhi Peraturan yang Telah Ditetapkan

Dalam menjalankan bisnis penyewaan mobil, setiap pengusaha pasti punya peraturan yang harus ditaati oleh sang penyewa. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang bisa merugikan. Maka dari itu, sebelum menyewa mobil pengantin di suatu tempat, kamu harus memahami peraturannya terlebih dahulu. Agar antara kamu dan pihak pemilik mobil bisa sama-sama diuntungkan. Peraturan yang biasa ditetapkan oleh pemilik mobil tidak jauh-jauh dari biaya sewa, berapa lama mobil pengantin tersebut disewa, dan biaya denda jika mobil tersebut terlambat dikembalikan.


Nah,  itulah beberapa informasi terkait desain mobil dan tips sebelum menyewa mobil pengantin. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu kamu dalam memutuskan mobil mana yang akan kamu pilih untuk pernikahan kamu nanti, ya!



Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...