Your Smart Wedding Platform

6 Rekomendasi Wedding Venue Jakarta ‘Budget Friendly’ yang Wajib Kamu Tahu

21 Sep 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 153
Venue: Rumah Maroko

Menjelang hari pernikahan berbagai hal perlu dipersiapkan, salah satunya adalah venue atau tempat pernikahan. Ada sebagian orang yang memilih mengadakan pernikahan di rumah, namun sebagian lain lebih memilih menyelenggarakan pernikahan di luar rumah seperti di gedung atau venue pernikahan lainnya.

Alasannya pun beragam mulai dari rumah yang terlalu kecil, tidak muat banyak orang hingga ingin yang lebih simpel. Setidaknya dengan mengadakan pernikahan di luar, tidak perlu repot membersihkan dan menghias rumah, karena pengantin tinggal duduk tenang dan semua sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola gedung atau venue yang disewa.

Venue adalah sebuah lokasi yang dijadikan sebagai tempat acara. Venue sendiri ada banyak ragamnya, namun secara umum dibagi menjadi dua kategori yaitu indoor serta outdoor. Untuk venue indoor contohnya seperti ballroom hotel, restoran, hingga gedung pertemuan. Di sisi lain, untuk venue outdoor contohnya seperti taman, hutan hingga danau.

Di Jakarta sendiri memiliki banyak venue yang cocok digunakan sebagai tempat pernikahan. Mulai dari harga yang terjangkau hingga premium sekalipun. Tentunya, masing-masing venue mempunyai karakteristiknya yang dapat disesuaikan dengan budget calon pengantin.

Misalnya venue dengan harga terjangkau biasanya memiliki tempat yang cenderung berkapasitas kecil dan tidak dapat menampung terlalu banyak orang. Berbeda dengan venue yang mematok harga tinggi, fasilitas yang didapatkan pun tentunya berbeda dan bisa jadi lebih lengkap. Nah, jika kamu sedang mencari venue dengan harga terjangkau di Jakarta dan belum menemukan rekomendasinya, yuk simak informasi berikut ini!

1. Rumah Maroko

Venue: Rumah Maroko

Rekomendasi venue pertama adalah rumah Maroko. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki desain arsitektur bangunan khas Timur Tengah. Untuk harga sewa rumah Maroko termasuk terjangkau karena tempat tersebut tergolong berkapasitas besar.

Rumah Maroko memiliki dua tingkat dengan bagian atap terbuka. Untuk kapasitas, rumah Maroko dapat menampung 300-500 orang. Untuk sebuah pesta pernikahan, jumlah tamu tersebut tergolong besar, bahkan kamu dapat mengundang teman kerja hingga kolega orang tua dalam satu tempat.

Venue: Rumah Maroko

Jika tertarik untuk menyewa Rumah Maroko sebagai venue dan ingin menggelar pernikahan bernuansa Timur Tengah, kamu dapat datang ke Jalan Tasikmalaya No.4 RT.2/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, untuk bertemu pihak pengelola sekaligus survey tempat. 

2. Eastern Opulence Restaurant

Foto via Grid

Jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan dengan konsep intimate wedding yang tidak perlu mengundang banyak orang, maka Eastern Opulence Restaurant adalah tempat yang tepat dijadikan sebagai venue. Eastern Opulence mempunyai bentuk sebuah bangunan bergaya kolosal yang terdiri dari tiga lantai yang masing-masing lantainya memiliki kapasitas berbeda. Contohnya lantai dasar dapat menampung 120 orang, lantai dua 60 orang dan lantai tiga 50 orang. 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Eastern Opulence adalah mempunyai desain interior klasik yang mewah, yang membuat kamu tidak perlu repot-repot menambahkan berbagai desain tambahan untuk menghias ruangan. Dengan begitu, budget yang dikeluarkan juga dapat ditekan. Selain itu, fasilitas yang dimiliki oleh Eastern Opulence juga terbilang lengkap seperti mushola, ruang VIP, hingga penjaga keamanan.

Foto: Bella Donna The Organizer

Tak hanya itu, Eastern Opulence juga menawarkan aneka hidangan yang mengunggah selera yang dapat menyempurnakan jamuan di pesta pernikahan intim kamu. Untuk harga, Eastern Opulence menawarkan pilihan yang fleksibel. Paket atau sewa venue yang dikenakan bergantung pada jumlah tamu yang datang, semakin banyak tamu yang datang maka semakin besar pula biaya sewanya. Oleh karena itu, sesuai konsep intimate wedding yang digunakan maka jumlah tamu yang datang harus benar-benar dipikirkan. 

Pilihlah tamu yang benar-benar dekat agar pesta pernikahan yang diselenggarakan dapat terasa khidmat dan hubungan antara tamu serta pengantin dapat terasa kuat. Selain itu, anggaran pun dapat ditekan. Untuk alamat Eastern Opulence berada di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Cipaku 1 No. 85, Eastern Opulence Restaurant, Kebayoran Baru.

3. Rumah Sarwono

Venue: Rumah Sarwono

Rumah Sarwono adalah salah satu venue pernikahan berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang mengusung konsep pernikahan outdoor. Berdasarkan konsep tersebut, Rumah Sarwono menggunakan taman rumah sebagai tempat pernikahan.

Walaupun menggunakan taman sebuah rumah, namun Rumah Sarwono dapat menampung total tamu hingga 500 orang. Nah, jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan berskala besar dan mengundang banyak tamu, maka Rumah Sarwono merupakan pilihan yang tepat.

Venue: Rumah Sarwono

Selain dapat menampung tamu dalam jumlah banyak, keunikan lain dari Rumah Sarwono adalah desain bangunan khas adat Jawa. Apalagi bagi calon pengantin yang ingin mengadakan pesta pernikahan adat Jawa dengan konsep outdoor, Rumah Sarwono akan sangat ideal sebagai venue pernikahan. Pasalnya, di tempat pernikahan yang satu ini terdapat Joglo serta ornamen-ornamen khas adat Jawa yang mendukung konsep pernikahan adat.

Begitu pun pernikahan dengan tema modern, Rumah Sarwono juga bisa menjadi pilihan venue yang asri dan menyenangkan. Nah, jika kamu tertarik dan ingin melakukan survey di alamat Jalan Raya Pasar Minggu No.Km. 18,2, RT.12/RW.1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

4. Lumire Hotel & Convention Center

Venue: Lumire Hotel & Convention Center

Rekomendasi selanjutnya adalah venue yang terletak di dalam hotel yaitu Lumire Hotel & Convention Center. Lumire hotel menjadi salah satu venue yang sering digunakan oleh calon pengantin. Alasannya adalah karena untuk ukuran hotel mewah, harga sewa Lumire Hotel termasuk terjangkau. 

Ketika menyewa Lumire hotel sebagai venue pernikahan, kamu bisa memilih wedding package yang menawarkan fasilitas berupa katering, venue wedding serta tiga kamar menginap untuk pengantin maupun keluarga selama satu malam.

Venue: Lumire Hotel & Convention Center

Lumire hotel sendiri menyediakan berbagai tipe ruangan yang dapat kamu pilih sesuai banyaknya tamu. Jika jumlah tamu yang diundang banyak, kamu dapat memilih untuk menyewa ballroom yang mempunyai kapasitas besar. Di sisi lain, jika jumlah tamu yang diundang sedikit, dapat menggunakan complimentary room yang memiliki ukuran lebih kecil. 

5. Patio Venue & Dining

Venue: Patio Venue and Dining

Rekomendasi lain venue yang cocok untuk intimate wedding adalah Patio Venue & Dining. Tempat ini menggunakan konsep indoor dengan penataan ruangan seperti restoran dimana setiap kursi saling berhadapan dan dipisahkan oleh meja yang memanjang. Di ujung ruangan, terdapat pelaminan yang dilengkapi dengan backdrop. Pelaminan tersebut kemudian digunakan pengantin sebagai tempat duduk selama pesta dilangsungkan.

Venue: Patio Venue and Dining

Patio Venue & Dining memang didesain untuk intimate wedding, namun bukan berarti venue tersebut tidak dapat memuat banyak orang. Dengan jumlah tamu maksimal 80 orang, kamu dapat mengundang keluarga besar serta orang-orang terdekat untuk datang ke pesta pernikahan. 

6. Pendopo Kemang

Venue: Pendopo Kemang

Rekomendasi venue terakhir adalah Pendopo Kemang. Venue ini dapat digunakan untuk pernikahan dengan konsep tradisional maupun modern. Khusus konsep tradisional, biasanya konsep yang digunakan adalah adat Jawa. Hal ini tidak lepas dari Pendopo Kemang yang mempunyai interior khas rumah Jawa yang berbentuk joglo.

Meskipun begitu, jika klien ingin mengadakan pesta pernikahan dengan konsep modern, pihak penyelenggara dapat menyesuaikan dan mendekorasi tempat tersebut sesuai keinginan klien. Pendopo Kemang sendiri beralamat di Jalan Kemang Selatan RT.1/RW.2, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. 

Foto: Maeera Decor

Jika masih bingung, kamu dapat berdiskusi dengan keluarga maupun pasangan untuk menentukan konsep, budget serta jumlah tamu yang diundang, karena ketiga hal tersebut yang akan menentukan venue yang akan dipilih. Misalnya, jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan dengan konsep private dan mengundang sedikit tamu maka dapat memilih Patio Venue & Dining. Di sisi lain, jika ingin mengundang tamu cukup banyak, maka Pendopo Kemang adalah pilihan yang tepat.

Itulah enam rekomendasi venue di Jakarta dengan harga terjangkau namun tetap terlihat mewah. Setelah kamu membaca rekomendasi di atas, semoga kamu sudah bisa menentukan tempat pernikahan impian buat hari istimewamu, ya! Cari tahu juga berbagai pilihan venue yang menarik, serta tips dan inspirasi pernikahan lainnya dalam ulasan WeddingMarket di sini. Happy hunting!


Cover Foto: Rumah Maroko


Artikel Terkait



Artikel Terbaru