Pilih Kategori Artikel

Apa Sih Makna dari Save The Date?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

“Save the date!” adalah sebuah ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Saat mendengar, atau membaca tulisan ini, kamu pasti sudah langsung tahu kalau ini tentang hari pernikahan. Yap, “save the date because you are invited to our wedding party” simply being understood by “save the date”.

Dalam bahasa Indonesia, save the date bisa diterjemakan menjadi, “jangan lupa tanggalnya ya!” Ungkapan ini sering sekali tertera di kartu-kartu undangan pernikahan, baik kartu undangan fisik ataupun online. Kalau tidak memasukan kata-kata ini dalam undangan, rasanya kurang oke.

Di Barat sana, kartu save the date adalah kartu undangan pernikahan yang mereka cetak dan gunakan untuk mengundang para calon undangan mereka. Berbeda dengan di Indonesia, orang-orang sini, biasanya, membuat kartu save the date untuk undangan online saja atau sekedar untuk mengisi galeri Instagram atau media online lainnya. Ada juga yang benar-benar mencetak kartu save the date ini, tapi hanya untuk diberikan pada para bridesmaids and groomsmen saja, yang biasanya dikirimkan bersama kain atau seragam yang harus mereka gunakan pada hari H-nya. Namun, beberapa kalangan, yang memilih membuat undangan berbahasa Inggris, menggunakan kartu save the date for their wedding invitation.

Save the date card berbeda dengan undangan pernikahan pada umumnya di Indonesia. Kartu ini tidak berisikan banyak tulisan, hanya ada nama calon mempelai dan keterangan tentang hari pernikahan saja. Berbeda dengan wedding invitation di Indonesia yang, biasanya, menyertakan nama orang tua, orang-orang yang turut mengundang, ucapan doa, potongan kata mutiara atau ayat suci, dan sebagiannya.

Nah, baik hanya sekedar sebagai online invitation atau undangan cetak untuk para sahabat, tentu, kamu akan menggunakan kartu save the date untuk pernikahan, bukan? Jangan buat sesuatu yang biasa-biasa saja untuk segala hal tentang hari istimewa kamu yang hanya akan terjadi sekali seumur hidup! Well, di sini kami sajikan some great ideas for your save the date  card, check it out!

  1. Gunakan Background Foto Prewedding Romantis

wm_article_img

Foto: paperlesspost.com

Salah satu hal yang bisa jadi penting untuk kartu save the date adalah kemesraan. Tunjukan kemesraan kamu dan pasangan kepada orang-orang! Kamu bisa gunakan foto prewedding terbaikmu sebagai background dari kartumu. Tidak perlu gunakan terlalu banyak kata-kata, tulis saja save the date dan tanggal pernikahan kamu! Foto mesra kamu dan pasangan juga sudah  sangat mewakilkan maksud dari kartu kamu, kok. Nah, selain simple dan romantis, kamu juga jadi memberikan kegunaan baru untuk foto-foto prewedding kamu, bukan?

  1. Gunakan Tulisan Gold Metalik dengan Font Besar

wm_article_img

Foto: Etsy

Kartu undangan save the date adalah cerminan dari diri kamu juga, loh. Jika kamu identik dengan style yang elegan dan/atau pernikahanmu memang berkonsep elegant, desain yang satu ini paling cocok untuk kamu. Kamu tidak perlu menggunakan background apapun di kartu kamu, cukup putih polos—tulisan besar dengan pena gold metalik saja sudah membuat kartu kamu terlihat mewah.

Jika kamu gunakan background atau frame, atau hiasan lainnya, aura kemewahan dan keeleganannya akan turun. Sebagai gantinya, kamu bisa memasukan kartu undangan pernikahan dalam sebuah box kecil dan beri beberapa kelopak melati di dalamnya. Jangan takut bunganya akan layu ya, karena memang pasti akan layu, tapi melati layu itu lah yang buat save the date card-mu jadi berbeda, elegan, dan oke. Walaupun layu, aroma melatinya akan tetap tercium saat kotaknya dibuka.

  1. Gunakan Wadah Kaca

wm_article_img

Foto: furnitureanddecorny.com

Ingin design yang lebih menarik? Yang kamu butuhkan kali ini untuk kartu save the date adalah botol kaca! Kamu bisa gunakan botol kaca dan jadikan labelnya sebagai informasi undangan kamu. Kalau tidak mau botolnya kosong, kamu bisa isi dengan potongan-potongan kertas berwarna yang senada dengan design labelnya, atau bisa juga kamu isi dengan pasir atau batu kerikil putih, atau bahkan permen atau coklat! Apapun, kamu tinggal kreasikan sendiri. Selain unik, kartu save the date seperti ini, sangat berkemungkinan untuk tidak dibuang oleh penerimanya, loh, karena botol kaca bisa digunakan untuk berbagai hal. Sudah unik, bermanfaat juga!

  1. Gunakan Tulisan Berupa Ukiran

wm_article_img

Foto: minted.com

Jika tulisan pada label masih biasa saja untuk kamu, kami punya yang lebih brilliant! Buat kartu save the date kamu menggunakan kayu, tentu saja kayu yang sudah dipoles, ya. Kamu bisa memilih ingin model kayu yang seperti apa, pastikan space-nya cukup untuk menuliskan informasi seputar pernikahan kamu. Setelah pilih model kayu, kamu bisa memikirkan design tulisan di atasnya. Tentu saja, bukan sekedar tulisan yang dirangkai dengan tinta, kamu bisa gunakan tulisan yang berupa ukiran. Wow, your save the date card will be so brilliant!

  1. Jadikan Sampul Buku Notes

wm_article_img

Foto: depositphotos.com

Save the date adalah kartu undangan, tapi jika kamu ingin menjadikannya bagian dari hal yang lain, tentu bisa! Contoh undangan pernikahan yang bisa membuat save the date card kamu jadi sampul buku notes. Selain unik, bisa jadi suvenir pranikah kamu juga, bukan? Kertas dalam notes-nya tidak perlu kamu berikan design-design lagi, cukup kertas putih biasa saja, atau jika kamu ingin lebih oke, kamu bisa gunakan kertas berwarna soft. Setiap orang yang menggunakan buku save the date kamu ini, pasti akan selalu teringat akan hari bahagia kamu!

  1. Jadikan Sampul Kotak Seragam Bridesmaid atau Groomsmen

wm_article_img

Foto: etsy

Jika kamu berniat memberikan undangan dalam bentuk save the date hanya pada para calon bridesmaid dan groomsmen kamu, paling brilliant kalau kamu sekalian menjadikannya bagian dari kotak baju seragam pernikahan kamu. Jadi, kamu tidak perlu mencetak kartu lagi, kotak yang membungkus baju seragam para pendamping kamu di hari istimewa kamu saja sudah bisa jadi save the date card yang sangat oke. Kamu bisa membuat design-nya sendiri, juga, loh.

  1. Buat dalam Bentuk Pajangan

wm_article_img

Foto: hsn.com

Kartu save the date untuk memberi tahu dan mengingatkan orang-orang akan hari pernikahan kamu. Nah, kalau kamu bisa membuat mereka mengingatnya selamanya, kenapa tidak? Buat save the date card kamu jadi sebuah pajangan indah yang membuat orang tidak tahan untuk memajangnya! Tentu dengan memajangnya, setiap kali mereka melihat pajangan itu, mereka akan teringat akan hari bahagia kamu itu, bukan?

Yap, there are some brilliant ideas for your save the date card. Kartu undangan save the date adalah hal yang perlu kamu perhitungkan untuk hari istimewa kamu, jangan buat yang biasa-biasa saja untuk hari yang luar biasa! Kamu juga bisa dapatkan undangan pernikahan digital dari WeddingMarket. Plan everything well, so people will really save your date, lady!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...