Pilih Kategori Artikel

Cari Sepatu Pengantin Pria Mewah tapi Harga Terjangkau? Ini Dia Rekomendasi dan Tipsnya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap pengantin pasti ingin tampil sempurna di hari istimewanya. Bukan hanya pengantin wanita saja yang ingin tampil bak princess, pengantin pria pun harus tampil memukau bagaikan seorang pangeran. Oleh karena itu, apapun yang digunakan pengantin pada saat hari bersejarahnya–from head to toe—harus sempurna. Termasuk juga sepatu pengantin pria.

Sekalipun letaknya berada paling bawah dan sering dianggap bukan prioritas, memilih sepatu yang tepat untuk pengantin pria sangatlah penting, loh! Apabila sampai salah memilih sepatu, bisa jadi penampilan pengantin pria menjadi kurang sempurna atau malah terlihat aneh. Pemilihan sepatu yang tepat juga akan mempengaruhi kenyamanan si pengantin, apalagi untuk dipakai selama berjam-jam. Nah, berikut tips dan rekomendasi sepatu pengantin pria mewah tapi masih terjangkau untuk hari istimewamu. 

Tips Memilih Sepatu Pengantin Pria

  1. Menentukan Model Sepatu Sesuai Konsep Pernikahan

Tips pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sepatu adalah menentukan model sepatunya. Sesuaikan sepatu yang kamu gunakan dengan tema pernikahanmu. Untuk pesta pernikahan yang bersifat formal, sepatu yang patut kamu gunakan adalah sepatu formal pula, contohnya sepatu pantofel. Sepatu pantofel sendiri adalah sepatu bermodel formal dimana sepatu tersebut memiliki hak di bagian belakangnya. Berbeda dengan pantofel versi wanita yang biasanya tanpa tali dan cenderung terbuka di bagian depannya, pantofel versi laki-laki justru punya desain bertali. Biasanya terbuat dari kulit asli ataupun kulit sintetis. 

Jika kamu merancang pesta pernikahan dengan konsep santai tapi ingin tetap tampil extraordinary, maka sepatu sneakers bisa juga jadi pilihan, walaupun jarang digunakan untuk pesta pernikahan karena terkesan terlalu casual. Sementara itu, jika pesta pernikahanmu menggunakan konsep adat, maka sepatu yang kamu pakai akan berbeda pula modelnya. Bukan sepatu pantofel apalagi sepatu sneakers, melainkan sepatu adat sesuai dengan adat pernikahan yang kamu gunakan.

  1. Memilih Ukuran yang Tepat

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari ukuran sepatu yang tepat. Pastikan ukuran sepatu dipilih sesuai dengan ukuran kakimu, karena akan sangat menentukan kenyamanan saat menggunakannya. Misalkan saja kamu memilih sepatu yang ukurannya kekecilan, selain tidak nyaman dipakai, sepatu yang kekecilan juga akan membuat kaki lecet dan luka. Sebaliknya, jika memilih sepatu yang ukuranya terlalu besar, maka penampilan kamu akan terlihat aneh. Apalagi jika kamu  harus bergerak kesana-kemari dan memakai sepatu tersebut selama berjam-jam. Duh, akan sangat merepotkan pastinya.

Jadi,  agar penampilan kamu tidak terlihat aneh dan kakimu nyaman, maka pilihlah ukuran sepatu yang tepat. Lebih afdol lagi kalau kamu bisa mencoba sepatu tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya.

  1. Beli lah Sepatu Original

Di pasaran, banyak sekali dijual sepatu dengan berbagai merk. Mulai dari harga yang paling mahal sampai yang paling murah, yang asli maupun tiruan, semua ada di pasaran. Hanya saja dalam hal ini, jika kamu ingin membeli sepatu untuk pesta pernikahan, maka sebaiknya membeli sepatu dengan kualitas yang baik. Sepatu dengan kualitas bagus hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu membeli merk yang original, bukan sepatu KW.

Tidak harus yang mahal, karena sekarang ada banyak sekali merk sepatu lokal yang juga berkualitas baik. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan sepatu berkualitas bagus tapi dengan harga yang lebih murah. 

  1. Rawat Sepatu dengan Baik

Jika kamu sudah menemukan sepatu pengantin pria yang pas, maka harus dirawat dengan baik. Jangan sampai sepatu tersebut rusak menjelang hari pentingmu nanti. Untuk sepatu jenis pantofel, kamu bisa merawat sepatu ini dengan cara rutin memoles bagian kulitnya. Hal tersebut dilakukan agar warna kulit sepatu jadi tahan lama dan tidak cepat memudar. Sementara itu, untuk sepatu casual seperti sepatu olahraga, cara merawatnya adalah dengan rutin menjemurnya. Tujuannya adalah agar sepatu kamu tidak mudah bau dan berjamur. Perawatan sepatu ini harus rutin kamu lakukan untuk menjaga daya tahan sepatu. Semakin sering kamu menggunakan sepatu tersebut, maka semakin sering pula perawatan yang harus kamu lakukan.

  1. Pilih Sepatu yang Nyaman Digunakan

Kamu sudah menemukan model sepatu pengantin pria yang bagus, ukurannya pas, dan harganya sesuai dengan kantong. Namun, ternyata ketika dipakai sepatunya tidak nyaman. Akhirnya, kamu merasa risih dan terganggu, sungguh disayangkan, bukan? Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan faktor kenyamanan ini sebelum memutuskan membeli sepatu. 

Baik itu sepatu sehari-hari, apalagi untuk sepatu pengantin pria, pilihlah sepatu yang nyaman digunakan. Pasalnya sepatu pengantin adalah sebuah kebutuhan primer, yang mana akan kamu gunakan seharian penuh. Jika sepatu yang kamu gunakan tidak memberikan rasa nyaman, maka kamu pasti akan tersiksa selama prosesi pernikahanmu. 

Rekomendasi Model Sepatu Pengantin Pria Mewah tapi Terjangkau

Setelah membahas terkait tips dalam memilih sepatu, informasi selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah model-model sepatu pengantin pria yang memberi kesan mewah saat digunakan di pesta pernikahanmu. Pasalnya jika kamu perhatikan, ternyata sepatu pengantin pria tidak terdiri dari satu tipe saja, tapi ada banyak sekali. Agar kamu gak bingung ketika memilih sepatumu nanti, mari kita ulas beberapa jenis dan model sepatu pengantin pria, yuk.

  1. Sepatu Buccheri

wm_article_img

www.buccheri.com

Rekomendasi pertama berasal dari merk buccheri. Merk buccheri adalah merk sepatu ternama yang terkenal akan sepatu formalnya. Selain karena merknya yang sudah terkenal, kualitas yang ditawarkan pun tidak main-main. Sepatu buccheri terkenal dengan model sepatu formalnya yang berupa sepatu pantofel. Sepatu ini memiliki model unik yang dilengkapi dengan jahitan sepatu yang rapi yang membuat tampilan sepatu jadi semakin berkelas. 

Meskipun buccheri harganya terbilang mahal, sepatu buccheri tidak seperti sepatu mahal lain yang susah ditemukan. Sepatu buccheri justru gampang dicari di mall di kota-kota besar. Bahkan kalau ada event tertentu, buccheri tidak segan untuk memberikan promo hingga 50 persen. Wow! Promo tersebut tentu saja tidak boleh kamu lewatkan. 

  1. Pantofel van Decka

wm_article_img

instagram @svandecka.id

Rekomendasi model sepatu pengantin pria kedua juga jenis pantofel. Memang kebanyakan pesta pernikahan digelar dengan konsep acara resmi, tidak heran pula jika atribut yang digunakan pun bernuansa formal, tidak terkecuali dalam hal sepatu. Maka dari itu, sepatu pantofel menjadi sepatu yang sering digunakan oleh pengantin pria. Salah satu model pantofel yang sering dipakai adalah pantofel van decka.

Pantofel van decka sendiri adalah sepatu pantofel yang terbuat dari kulit sintetis, dimana sepatu ini memiliki hak di belakang dan tali di bagian depan. Modelnya bisa dibilang seperti pantofel pada umumnya, tapi kenyamanan yang diberikan sepatu van decka tidak bisa tertandingi. Dijamin deh, sekalipun dipakai seharian, kakimu tidak akan sakit apalagi lecet-lecet.

  1. Bata Sepatu Nagoya

wm_article_img

alaskakimu.com

Jika sepatu sebelumnya berasal dari merk Buccheri, sepatu kali ini berasal dari merk Bata. Tentu kalian tidak asing dengan merk satu ini, bukan? Merk sepatu sejuta umat yang mempunyai kualitas baik dengan harga yang sangat terjangkau.

Dahulu, merk Bata terkenal akan sepatu sekolahnya. Seiring berkembangnya waktu, Bata juga membuat sepatu model lain. Desain sepatu yang berhasil mereka rilis adalah sepatu pantofel Nagoya. Sepatu pantofel produksi Bata yang terbuat dari kulit sintetis. Harga yang dipatok pun terbilang murah, di kisaran dua ratus hingga lima ratus ribu saja. Harga yang cukup terjangkau untuk sebuah sepatu pengantin pria, bukan?

Sekalipun produk sepatu pantofel Bata dijual dengan harga terjangkau, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Sol yang diterapkan pada sepatu ini sangat kuat, dan kulit sintetis yang dijadikan sebagai bahan dasarnya pun tidak mudah pudar. Jadi, kamu tetap bisa memakainya dalam jangka waktu lama tanpa khawatir sepatunya akan rusak.


Perawatannya sepatu ini pun terbilang mudah, yaitu cukup dicuci dan dikeringkan sampai benar-benar kering maka sepatu ini pun akan tetap terlihat seperti baru lagi. Mekalipun sudah dicuci berkali-kali, tapi kulit sintetis dan jahitannya tidak akan mudah lepas karena sepatu ini merupakan produk Bata yang terkenal akan keawetannya.

  1. Brodo Signore Full Black

wm_article_img

bro.do

Desain timeless khas sepatu Brodo Signature, dengan gaya semi formal sangat cocok untuk berbagai occasion, termasuk juga acara pernikahan kamu. Konfigurasi terbaru sepatu ini menggunakan sol Parang Jati Brodo yang autentik. Tidak heran jika sepatu ini sangat nyaman dipakai bahkan hingga berjam-jam. Tertarik untuk menggunakan sepatu ini sebagai sepatu pengantin kamu?

  1. Model Sepatu Oxford Black

wm_article_img

 footstepfootwear.com

Satu lagi model sepatu pengantin pria yang sering digunakan, yakni model Oxford. Salah satu brand lokal yang menawarkan sepatu sejenis, yaitu Footstep Footwear.  Produk ini terbilang murah karena hanya dengan harga berkisar dua ratus hingga empat ratus ribuan saja, kamu sudah mendapatkan sepatu desain vintage yang unik dan jarang ada di pasaran.

Mengutip dari website footstepfootwear.com, sepatu oxford satu ini terbuat dari bahan Neo Leather yang dilengkapi dengan sol karet yang nyaman. Tentunya dengan bahan yang berkualitas, Oxford Black ini memiliki durabilitas yang kuat dengan sol yang anti-slip, bahannya mengkilap dan bisa disemir. Serta, dengan adanya sol dalam keluaran terbaru dari Footstep, pemakaian dari sepatu ini akan semakin nyaman.

Sepatu yang satu ini cocok juga digunakan sebagai sepatu pengantin pria, bukan? Selain harganya yang ekonomis, desainnya juga bagus, dan yang paling penting nyaman dipakai.

  1. Sepatu Pengantin Jenis Loafer

wm_article_img

wm_article_img

www.hm.com

Ternyata selain sepatu pantofel, ada juga sepatu yang cocok untuk pengantin pria yang berasal dari jenis loafer. Sepatu jenis ini bisa disebut juga sebagai sepatu slip on yang sering digunakan untuk acara non formal. Sekalipun sepatu loafer lebih ditujukan untuk non formal, kamu juga tetap bisa menggunakan sepatu satu ini untuk acara pernikahan. Pasalnya modelnya yang sederhana dan bisa langsung pakai membuat sepatu loafer jadi praktis dan tidak membutuhkan waktu banyak untuk dipakai.

Agar penampilanmu jadi terlihat formal, kamu bisa memilih sepatu loafer dengan warna hitam atau coklat. Dan material sepatu yang dipilih adalah kulit. Soalnya, mau bagaimanapun model sepatu pengantin yang dijual, selama sepatu tersebut terbuat dari kulit maka sepatu itu akan tetap terlihat formal, setuju gak?

  1. Sepatu Pengantin Jenis Monk

wm_article_img

leathersguru.com

Rekomendasi model sepatu pengantin pria berikutnya yang tidak dilengkapi dengan tali, yaitu sepatu desain monk. Sepatu yang satu ini memang tidak bertali, melainkan dilengkapi dengan strap yang ada di satu atau dua sisinya. Sama halnya sepatu pantofel atau model sepatu pengantin pria yang lain, sepatu monk juga memberikan kesan jantan kepada para pemakainya, terutama jika si pengantin menggunakan sepatu monk yang terbuat dari kulit. Sudah otomatis aura kejantanan dia akan lebih keluar.

  1. Sepatu Pengantin Jenis Boat

wm_article_img

Suede Boat Shoes by Brunello Cucinelli (www.mrporter.com)

Jika kamu menggelar pesta pernikahan dengan konsep outdoor, jenis sepatu boat jadi pilihan terbaik untuk kamu gunakan. Bisa dikatakan bahwa jenis sepatu ini bisa dipakai pria dan wanita. Hanya saja untuk pria, warna yang digunakan cenderung lebih gelap seperti hitam, hijau tua, cokelat, dan sebagainya.

Sepatu boat memiliki desain berupa jahitan di bagian ujung sepatu dan penambahan aksesoris tali di bagian atasnya. Desain sepatu yang seperti ini yang membuat sepatu boat memiliki kesan semi formal namun tetap cocok digunakan di acara pernikahan.

Jadi, bagi kamu yang ingin menggelar pernikahan konsep outdoor tidak ada salahnya untuk menggunakan sepatu boat. Setelah acara pernikahan usai pun, kamu tetap bisa memakai sepatu ini, entah untuk ke mall, bekerja atau menghadiri acara pernikahan teman.

Nah, itulah beberapa informasi terkait tips memilih sepatu pengantin pria dan jenis sepatu pengantin yang bisa kamu pilih. Meskipun banyak ragamnya, kamu tidak perlu pusing atau bimbang. Cukup tentukan model yang ingin kamu pakai, budget serta material dari sepatu tersebut, sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran apakah sepatu ini akan nyaman untuk digunakan serta ramah di kantong.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...