Ingin Menyewa Fotografer Pernikahan? Perhatikan Tips Berikut!

16 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 126
Ingin Menyewa Fotografer Pernikahan? Perhatikan Tips Berikut!
Foto: Andrew Prod Photography

Pernikahan merupakan salah satu momen yang diimpi-impikan oleh semua orang, dan tentunya semua orang pasti mengharapkan hanya menggelar pernikahan sekali saja dalam seumur hidup mereka. Untuk menyempurnakan euphoria pernikahan, tentunya kamu harus mengabadikan momen pernikahanmu itu agar bisa dikenang setiap saat, dengan cara sewa fotografer pernikahan. 

Pilihlah fotografer yang handal dan tentunya sudah dijamin keprofesionalitasannya agar hasil foto pernikahanmu dapat diabadikan dengan bagus dan tetunya indah dipandang. Selain itu, kamu juga harus memilih fotografer yang bukan hanya menyediakan hasil berupa foto, namun juga dalam bentuk video selama acara pernikahanmu berlangsung. 

Nah, untuk memilih fotografer yang tepat ini, kamu bisa menyimak beberapa tips sewa fotografer pernikahan di bawah ini sebagai bahan pertimbangan kamu agar tidak salah memilih fotografer kelak.

1. Lihat Hasil Fotonya

Hal utama yang paling penting untuk dilakukan adalah memeriksa hasil karya atau portfolio dari fotografer yang akan kamu gunakan. Dengan melihat portfolio mereka, kamu bisa langsung menilai sendiri hasil foto mereka, apakah menurut kamu hasil foto mereka bagus, indah, bahkan sampai memuaskan? Atau justru kamu merasa bahwa hasil foto mereka tidak mempunyai keunikan dan terkesan cenderung biasa saja. 

Sayang kan kalau hasil foto pernikahan kamu nanti biasa-biasa saja. Makanya, melihat hasil foto dari fotografer itu sangatlah penting, jangan sampai kamu menggunakan fotografer hanya sekadar saran dari temanmu tapi kamu belum pernah melihat hasil foto mereka seperti apa, dan pada akhirnya kamu baru menyesal ketika melihat hasil foto pernikahanmu sendiri yang tidak memuaskan. 

Untuk melihat hasil foto dari fotografer ini cukup mudah, biasanya mereka mempunyai akun sosial media yang aktif mereka gunakan. Nah, kamu bisa intip-intip sedikit hasil foto mereka dari sosial media mereka, seperti dari instagramnya atau dari facebooknya. Bahkan tidak sedikit pula fotografer yang mempunyai website dan channel youtube sendiri loh. Jadi kamu bisa langsung melihat portfolio mereka dari situ.

2. Lihat Rating

Selain melihat hasil fotonya, tips lain untuk sewa fotografer pernikahan adalah melihat rating dari klien yang sudah bekerja sama dengan fotografer tersebut. Beberapa fotografer biasanya akan memasang highlight insta-story berupa review dari klien-klien mereka. Biasanya para klien akan memberikan ulasan yang lebih terbuka dan nyata apa adanya.

Selain di highlight insta-story, kamu juga bisa melihat beberapa ulasan di website atau channel youtube mereka. Ulasan atau review dari orang lain ini bisa menjadi acuan untuk kamu apakah akan melanjutkan untuk memilih fotografer ini atau akan beralih memilih fotografer yang lain. Salah satunya adalah review dari para user di WeddingMarket, kamu bisa melihat vendor fotografer yang elah memiliki banyak review di sini.

3. Pilih Fotografer dan Kenali Lebih Jauh

Setelah kamu melihat-lihat hasil foto dan juga rating dari beberapa jasa fotografer, maka sekarang kamu sudah bisa menentukan akan memilih jasa yang mana. Tips selanjutnya sebelum melakukan sewa fotografer pernikahan adalah kamu harus mengenali setiap fotografer yang tergabung dalam jasa foto tersebut.

Biasanya, dalam setiap jasa fotografi terutama foto pernikahan, mereka pastinya tidak hanya mempunyai satu fotografer. Nah, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, maka kamu harus mengenal satu per satu fotografernya beserta ciri khas foto yang mereka tampilkan. Biasanya yang menjadi fotografer utama adalah orang yang paling bagus kinerjanya.

Tetapi apabila fotografer utama sedang tidak bisa menangangi pendokumentasian di pernikahanmu, maka kamu harus siap-siap untuk memilih fotografer yang cara kerjanya bisa kamu percaya. Apabila kamu merasa kesulitan untuk memilihnya, maka kamu bisa mendengarkan rekomendasi dari atasan yang menyediakan jasa foto pernikahan tersebut.

4. Lihat Paket yang Ditawarkan

Tips lain yang harus kamu perhatikan untuk melakukan sewa fotografer pernikahan ini adalah lihat paket foto yang mereka tawarkan. Biasanya setiap jasa akan menawarkan paket yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan paket lengkap mulai dari pre wedding, siraman, akad, sampai resepsi pernikahan. Namun, ada juga yang hanya menyediakan paket untuk di hari pernikahannya saja.

Makanya, sebelum menyewa fotografer, kamu harus mengetahui paket-paket yang mereka tawarkan terlebih dahulu. Biasanya dalam setiap paket yang mereka tawarkan juga mempunyai perbedaan layanan dan fasilitas yang mereka berikan. Ada yang menyediakan 2 fotografer dalam satu acara, ada juga yang lebih dari 2 orang.

Selain itu, hasil pendokumentasian mereka pun akan berbeda dalam setiap paketnya. Ada yang menyediakan foto berukuran besarnya hanya 1 buah, ada yang 2 dan sebagainya. Ada yang menyediakan frame ada juga yang tidak. Ada yang menyediakan DVD video atau sekadar film cinematic saja. Sehingga, mengenali paket yang ditawarkan sangat penting untuk menentukan hasil foto yang akan kamu dapatkan. 

5. Lihat Peralatan yang Digunakan

Selain melihat paket yang mereka tawarkan, kamu juga harus melihat peralatan yang akan mereka gunakan. Hal ini merupakan tips yang baik sebelum melakukan sewa fotografer pernikahan, karena alat yang digunakan ini sangat mempengaruhi kualitas foto pernikahan yang akan kamu dapat nantinya.

Kamu dan pasangan harus memeriksa, apakah mereka menggunakan kamera professional atau kamera ala kadarnya, kemudian kamera video yang digunakan untuk melakukan pendokumentasian acara sepanjang pernikahan pun harus diperhatikan. Tanyakan juga lensa yang mereka gunakan apakah lensa yang bagus atau biasa saja.

Perhatikan juga apakah mereka mempersiapakn untuk lighting¬-nya atau tidak. Karena pada dasarnya, lighting, lensa, dan kamera sangat mempengaruhi foto pernikahan yang akan dihasilkan nantinya. Apabila mereka menggunakan peralatan yang tidak memadai, bahkan menurut kamu tidak cocok untuk digunakan dalam acara pernikahanmu lebih baik tidak menggunakan jasa fotografer tersebut. 

6. Tanyakan mengenai Penyerahan Hasil

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan sebelum melakukan sewa fotografer pernikahan adalah tanyakan mengenai penyerahan hasil foto pernikahanmu. Bukan hal yang asing lagi apabila setiap fotografer memang memakan waktu yang cenderung cukup lama dalam menyerahkan hasil foto pernikahanmu.

Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan waktu untuk melakukan pengeditan yang dilakukan pada semua foto yang jumlahnya bisa mencapai ratusan. Belum lagi ditambah mereka harus melakukan pengeditan pada video acara pernikahanmu agar bisa ditampilkan dengan baik tanpa ada momen yang terlewat.

Namun, menanyakan mengenai waktu penyerahan hasil foto ini tidak ada salahnya. Setidaknya kamu mengetahui durasi waktu yang mereka gunakan untuk melakukan proses mengedit. Selain itu, cobalah minta mereka untuk memperlihatkan beberapa hasil foto pernikahanmu sebelum mereka melakukan pengeditan secara final. 

Sehingga, dalam proses editing ini kamu dan pasangan bisa turut andil mengenai hasil foto yang kamu dan pasangan inginkan, sehingga hasil yang didapat tidak akan jauh dari ekspektasi kalian.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu dan pasangan lakukan sebelum kalian melakukan sewa fotografer pernikahan, sehingga kamu tidak akan mendapatkan hasil foto pernikahan yang akan kalian sesali karena hasilnya tidak memuaskan!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket