Sewa Gaun Pengantin, Untung atau Rugi?

13 Aug 2019 | By Wedding Market | Viewers: 1436
Sewa Gaun Pengantin, Untung atau Rugi?

Sedang mempertimbangkan untuk sewa gaun pengantin untuk acara pernikahan Anda nanti? Sebelum membulatkan tekad, sebaiknya Anda berpikir berulang kali untuk memutuskan sewa gaun, daripada beli atau jahit sendiri.

Pernikahan menjadi sebuah acara sakral yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Banyak orang berpendapat bahwa perihal gaun pengantin baiknya jahit sendiri agar model yang dimiliki tidak sama dengan orang lain dan ukurannya pun bisa lebih sesuai dengan badan.

Ada juga yang berpendapat bahwa gaun pengantin itu lebih baik beli saja daripada menunggu waktu lama untuk jahit, pun gaunnya tetap bisa dimiliki sekaligus jadi kenang-kenangan seumur hidup.

Lalu, bagaimana ya dengan sewa baju pengantin? Sama halnya dengan membeli juga jahit sendiri, menyewa gaun pengantin pun memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri. Dan supaya Anda semakin paham mengenai gaun pengantin, Anda sebaiknya baca ulasan di bawah ini terlebih dahulu, mengenai keuntungan sekaligus kerugian yang didapatkan bila sewa gaun pengantin!

  • Yang utama dan pertama tentu saja sewa gaun pengantin lebih hemat!

Bisa dibilang, gaun pengantin merupakan salah satu faktor yang menyebabkan membengkaknya biaya pernikahan. Terlebih jika memesan pada vendor gaun pengantin untuk kemudian minta dibuatkan yang sesuai permintaan, harganya bisa sangat tinggi! Memang benar jika tergantung akan kerumitan, bahan, hiasan gaun seperti payet, mutiara, renda dan lain-lain, belum juga membayar biaya jasa.

Nah, berbeda cerita jika Anda hanya sebatas sewa. Menyewa gaun pengantin bisa membuat Anda lebih hemat biaya karena uang yang perlu Anda keluarkan hanya sejumlah harga sewa dikalikan jumlah hari penggunaan. Misalkan harga sewa gaun per harinya Rp1.000.000,00 dan Anda hanya akan memakainya satu hari, maka Anda hanya mengeluarkan biaya jumlah tersebut.

  • Membuat Anda lebih mudah mengatur anggaran pernikahan

Sejak jauh-jauh hari sebelum menggelar pesta pernikahan, Anda sudah bisa survey ke berbagai penyedia sewa gaun pengantin yang ada di kota Anda. Survey ini nantinya akan membantu Anda lebih mengetahui kisaran harga sewa per harinya dan yang paling penting dengan mengetahui harga sewa sejak jauh-jauh hari, bisa membuat Anda lebih mempersiapkan budget yang dibutuhkan sehingga mengurangi tingkat kekhawatiran Anda terhadap biaya gaun pengantin.

  • Mempersingkat waktu persiapan pernikahan

Keuntungan lain dari menyewa gaun pengantin yang pasti Anda rasakan adalah waktu persiapan yang lebih cepat. Jika Anda menyewa gaun pengantin, yang Anda butuhkan adalah mengunjungi toko penyedia sewa gaun pengantin untuk memilih model, ukur badan, lalu temukan yang paling tepat dan sesuai. Sementara jika membuat sendiri gaun pengantinnya, Anda perlu fitting berulang kali, rapat dengan desainer untuk menentukan desain, dan belum lagi menunggu proses pengerjaan yang tidak sebentar.

  • Lebih banyak pilihan gaun pengantin

Menyenangkannya dari sewa gaun pengantin adalah, Anda bisa lebih bebas memilih gaun dari berbagai toko yang Anda datangi. Mulai dari warna, model, sampai dengan harga bisa ditentukan oleh Anda sendiri sesuai selera.

Anyway, ada yang berpendapat bahwa sewa gaun pengantin akan menyulitkan karena sulit menentukan ukuran yang sesuai. Tidak selalu begitu kok, bila Anda memiliki ukuran normal perempuan Indonesia, pasti tidak akan sulit menemukan yang cocok dan jika Anda perlu ukuran yang lebih besar, pasti ada penyedia gaun pengantin untuk plus size. Sabar dan telaten adalah kunci!

  • Anda tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan gaun pengantinnya

Gaun pengantin yang umumnya memiliki ukuran besar dengan bahan khusus tidak bisa disimpan sembarang dan jika disimpan pada lemari akan memakan banyak tempat. Berbeda dengan sewa gaun pengantin Anda hanya perlu mengambil gaun tersebut menjelang hari pernikahan dan mengembalikannya begitu selesai dipakai tanpa ada kewajiban untuk mencuci sebelum dikembalikan. Tidakkah lebih praktis dan mudah?

Melihat kelima keuntungan sewa gaun pengantin memang tampak menggiurkan. Namun, saat memilih segala sesuatu, pastikan untuk melihat dari segala sisi. Di setiap keuntungan pasti mendapatkan kerugian, sama halnya dengan sewa gaun pengantin.

Kerugian sewa gaun pengantin yang mungkin Anda rasakan

woman wearing white sheer lace wedding gown

  • Anda tidak memiliki kenang-kenangan gaun pengantin Anda sendiri

Karena gaun tersebut sebatas sewa, Anda tidak bisa memiliki gaun tersebut seutuhnya. Anda tidak bisa menyimpannya untuk Anda sendiri seumur hidup dan hanya bisa memandangnya melalui foto atau kala Anda mendatangi toko yang menyewakan gaun Anda.

  • Gaun yang Anda kenakan berpotensi besar digunakan oleh orang lain yang mungkin Anda kenali

Namanya juga sewa, bisa jadi gaun yang sekarang Anda pakai, nantinya digunakan oleh orang lain dan dia adalah seseorang yang Anda kenali. Orang-orang jadi mengetahui bahwa gaun Anda adalah gaun sewaan. Tidak masalah memang, tapi hanya terasa tidak personal dan tidak khusus dibuat untuk Anda.

  • Anda perlu sangat berhati-hati dan menjaga gaun tersebut

Sekalipun sewa gaun pengantin tidak mewajibkan Anda untuk mengembalikannya dalam keadaan sudah tercuci, tapi Anda tetap perlu menjaganya agar tidak robek, kotor, dan tergores.

Sekalipun Anda ingin mencuci gaun pengantin sewaan Anda, pastikan untuk memilih binatu yang profesional, karena tidak semua layanan binatu bisa mencuci gaun pengantin dengan benar.

  • Kebersihan gaun pengantin bisa menjadi masalah

Sebelum digunakan oleh Anda, bisa saja gaun tersebut sebelumnya digunakan oleh orang lain dan salon penyedia tidak sempat membersihkannya dengan benar. Inilah mengapa Anda perlu sewa gaun setidaknya 3 hari sebelum hari pernikahan, agar Anda bisa mencuci gaun yang akan digunakan dengan maksud ketika Anda memakainya, gaun dalam keadaan bersih dan harum.

Baca juga: Inspirasi Gaun Pengantin Muslimah

Sewa gaun pengantin seperti melihat pada dua mata uang logam yang pasti memiliki pro and cons nya masing-masing. Agar meminimalisir kontra yang terjadi pada sewa gaun, Anda bisa membuat perjanjian sebelumnya dengan pihak penyedia. Isi perjanjian bisa berupa tanggal sewa hingga tenggat waktu pengembalian, harga sewa, hingga antisipasi apabila gaun yang disewakan mengalami kerusakan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket