Pilih Kategori Artikel

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Sewa Kebaya Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sewa kebaya pengantin merupakan salah satu pilihan yang bisa diambil menjelang persiapan akhir hari pernikahan. Banyak calon pengantin yang kesulitan untuk memutuskan, apakah akan menyewa, membeli, atau menjahit kebaya pengantin sendiri. Berbagai pertimbangan harus dipikirkan sebelum memutuskan. Setiap pilihan yang ada tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga penting sekali untuk mendiskusikannya bersama dengan pasangan sebelum memutuskan.

Keputusan untuk sewa kebaya pengantin umumnya dipengaruhi oleh berbagai pertimbangan seperti budget dan waktu yang terbatas atau sebab-sebab lainnya. Dibanding membeli kebaya jadi atau menjahit sendiri, sewa kebaya pengantin cenderung lebih terjangkau. Waktu yang diperlukan juga relatif singkat karena kebaya pengantin mungkin hanya perlu dikecilkan atau dilonggarkan sesuai dengan ukuran tubuh calon pengantin. Kelebihan ini tentunya akan sangat membantu bagi calon pengantin dengan budget yang terbatas atau tidak memiliki banyak waktu untuk mencari kebaya pengantin. Selain itu, kebaya pengantin umumnya hanya akan digunakan sekali saja seumur hidup, sehingga menyewa bisa menjadi pilihan yang efektif, bukan?

Di samping sejumlah kelebihan, sewa kebaya pengantin juga memiliki kekurangan. Calon pengantin tidak memiliki kebebasan untuk mengenakan kebaya sesuai keinginannya, karena hanya bisa memilih dari model yang tersedia saja. Selain itu, kebaya pengantin yang dikenakan tentunya tidak eksklusif karena tidak didesain khusus. Ukuran kebaya pengantin yang disewa juga mungkin saja tidak terlalu pas di tubuh, sehingga ada bagian yang mungkin terlihat kurang mulus, meski sudah dikecilkan atau dilonggarkan. Setelah mempertimbangkan kelebihan serta kelemahan yang dimilikinya, pertimbangkan pula beberapa hal berikut sebelum kamu menyewa kebaya pengantin.

  1. Bahan

Saat memutuskan untuk sewa kebaya pengantin, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan yang digunakan. Pastikan bahwa bahan kebaya pengantin nyaman saat digunakan, tidak menyebabkan gatal atau alergi, tidak panas, dan pastikan bahan tersebut bisa menyerap keringat. Kamu bisa berdiskusi dengan pemilik butik atau mencari tahu informasi mengenai bahan kebaya pengantin di internet, survei langsung ke toko kain untuk mengetes bahan-bahan yang umum digunakan untuk membuat kebaya pengantin agar dapat memastikan bahan atau kain yang digunakan nyaman dan cocok untuk dikenakan.

  1. Toko atau Vendor Penyewa

Saat memutuskan untuk sewa kebaya pengantin, kamu harus mulai mencari tahu informasi mengenai toko atau vendor mana saja yang dapat menyewakan kebaya pengantin. Pilih toko atau vendor yang cukup terkenal atau setidaknya tepercaya dengan koleksi kebaya pengantin berkualitas baik. Selain itu, pilih toko atau vendor yang memiliki banyak stok kebaya pengantin untuk disewakan sehingga kamu bisa memiliki lebih banyak pilihan. Tanyakan apakah mereka juga menyediakan jasa untuk mengecilkan atau melonggarkan kebaya pengantin yang disewa agar kebaya pilihanmu bisa lebih sempurna melekat di tubuh.

  1. Ukuran

Baik menyewa, membeli, atau menjahit kebaya pengantin sendiri, ukuran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu kelemahan dalam sewa kebaya pengantin adalah ukuran kebaya pengantin yang belum tentu pas saat pertama kali mencoba. Kamu termasuk sangat beruntung jika bisa menemukan kebaya pengantin yang ukurannya pas dalam sekali pilih. Jika ukuran kebaya pengantin kurang pas, kamu harus mengecilkan atau melonggarkan kebaya pengantin tersebut. Namun, perhatikan bahwa kebaya pengantin sewaan tidak bisa terlalu banyak dimodifikasi, sehingga kamu harus bisa mempertahankan ukuran dan bentuk tubuh agar tidak terlalu banyak penyesuaian yang diperlukan.

  1. Desain/Model

Saat memutuskan untuk sewa kebaya pengantin, kamu tidak bisa lagi menentukan desain atau model kebaya pengantin sesuai dengan keinginan. Kamu hanya bisa memilih dari desain dan model yang tersedia di tempat persewaan kebaya pengantin tersebut. Namun, ada banyak sekali toko atau vendor penyewaan gaun pengantin yang memiliki banyak ragam model kebaya pengantin, sehingga meski tidak dapat mengenakan kebaya pengantin sesuai keinginan atau kebaya yang dirancang oleh desainer ternama, kamu tetap bisa menemukan kebaya pengantin yang cantik dan sesuai dengan seleramu dari banyaknya pilihan yang disediakan.

  1. Tanggung Jawab

Sewa kebaya pengantin menuntut tanggung jawab untuk menjaga agar kebaya pengantin yang disewa tidak rusak untuk dikembalikan. Biasanya, vendor kebaya pernikahan akan memberikan sejumlah peraturan untuk memastikan kamu bertanggung jawab terhadap kebaya yang disewa. Jika terbukti ada kerusakan, baik sengaja atau tidak disengaja, mereka akan memberikan denda yang variatif. Ada juga toko atau vendor yang mengharuskanmu mengganti atau membeli kebaya pengantin jika kerusakan dianggap terlalu parah. Oleh sebab itu, kamu harus hati-hati saat menggunakan atau mencuci kebaya yang kamu sewa.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk sewa kebaya pengantin. Apapun keputusan yang kamu ambil, tidak perlu merasa minder atau sedih, apalagi sibuk membandingkan diri dengan teman-teman maupun sanak keluarga hanya karena kamu mengenakan kebaya pengantin sewaan. Kebaya pengantin sewaan pun bisa terasa cantik dan elegan jika kamu mengenakannya dengan penuh rasa percaya diri, kok!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...