Pilih Kategori Artikel

Inilah Seputar Souvenir Pernikahan yang Perlu Diketahui oleh Calon Pengantin
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Setiap kali menggelar pesta pernikahan, tentunya calon pengantin akan menyediakan souvenir pernikahan untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir. 

Namun, bagi kalian calon pengantin baru dan masih awam dalam mempersiapkannya, di bawah ini ada beberapa hal yang akan di bahas seputar souvenir pernikahan untukmu. Di jamin kalian bakal terinspirasi, kok. Simak dengan baik ya, ladies.

Adakah sejarah di dalamnya sebelum souvenir pernikahan hadir?

Ketika menggelar sebuah pesta pernikahan, setiap calon pengantin yang memberikan souvenir kepada tamu yang datang seolah sudah menjadi kebiasaan atau tradisi. Namun, apakah kalian sudah tahu mengenai kapan adanya tradisi seperti ini?

Jadi, sejak berabad-abad yang lalu, pemberian hadiah atau souvenir bagi tamu undangan yang hadir pada pesta pernikahan telah dilakukan sebagai tanda terima kasih karena sudah menyempatkan hadir dan memberikan doa restu pada pengantin. 

Awalnya, hadirnya tradisi pemberian souvenir ini berasal dari kelas bangsawan di daerah Eropa, di mana, mereka memiliki kekayaan untuk memberikan hadiah pada para tamu.

Awalnya hadir souvenir pernikahan di tengah masyarakat, sebagian besar orang menggunakan kotak perhiasan yang indah yang bernama bonbonniere (bahasa Prancis). Kotak ini dihiasi dengan emas, kristal, atau porselen. Kotak berharga ini biasanya dibuat untuk menyimpan benda mahal. Masa itu, gula pernah menjadi barang mahal, dan diduga pernah disimpan di kotak ini.

Bukan hanya kotak perhiasan saja, tetapi juga masyarakat zaman dulu memberikan almond sebagai souvenir. Di timur tengah, tradisi souvenir almond ini diberikan sebanyak lima buah yang diyakini melambangkan sebuah kesuburan, kemesraan, kesejahteraan, kesehatan, dan kebahagiaan. 

Pada tahun ke seribu, almond justru dijadikan sebagai suatu hadiah pada calon pengantin sebagai ucapan selamat pada mereka yang baru menempuh hidup baru.

Pada tahun 1300-an, almond sudah mulai di kemas dengan gula atau permen yang kemudian disebut dengan confetti. Seiring berkembangnya zaman, confetti ini berubah menjadi almond Jordan dan digunakan diberbagai pesta pernikahan yang di gelar. Kombinasi kacang almond dengan gula atau permen ini merupakan lambang dari pahit manis kehidupan pernikahan.

Kini, souvenir pernikahan pun berubah sesuai dengan selera dan keinginan dari setiap calon pengantin. Pilihan souvenir pun cukup bervariasi dan tak selalu harus makanan. Apapun benda yang unik dan memiliki makna tersendiri pun bisa menjadi kenang-kenangan dan ucapan terima kasih.

Penting atau tidak adanya Souvenir Pernikahan di Pestamu?

Tidak semua calon pengantin memberikan cinderamata berupa souvenir pernikahan pada tamu undangan yang hadir. Ada sebagian dari kalian yang menganggap bahwa souvenir pernikahan sebagai pemanis saja, tidak terlalu penting. 

Namun, tak sedikit pula calon pengantin yang mengganggap bahwa cinderamata tersebut mampu memberikan kesan tersendiri bagi para tamu undangan yang hadir. Bisa memiliki makna yang lebih bahkan sebagai kenangan yang bisa diingat sepanjang masa. Kedua persepsi di atas tidak menjadi sebuah masalah. Namun, souvenir pernikahan itu penting atau tidak, ya? 

Pada umumnya, souvenir pernikahan merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh setiap calon pengantin. Penting atau tidaknya benda tersebut itu tergantung bagaimana sudut pandang dan pemahaman kalian. 

Sebagian besar calon pengantin yang memberikan souvenir pada para tamu undangan yang hadir itu adalah salah satu cara kalian untuk mengucapkan rasa berterima kasih atas kesediaan para tamu untuk hadir dan mendoakan. Bagaimanapun juga, hadirnya tamu undangan memberi tanda bahwa mereka peduli pada kedua pengantin.

Tak sedikit dari kalian yang setuju dengan konsep souvenir pernikahan, pasti memikirkan praktis dan makna di balik souvenir yang kalian berikan pada para tamu. Beberapa vendor souvenir yang mengutamakan practicality, seperti misalnya pembuka kaleng, pembuka botol kaca, gunting kuku, kaca yang menjadi satu dengan sisir, atau gantungan kunci. 

Beda halnya contoh yang menjadikan makna di atas segalanya antara lain: sendok garpu mini dari perak, piramida kecil dengan ukiran nama pengantin, atau botol kaca kecil yang diisi pasir dan aneka kerang cantik.

Namun, bagi kalian yang menganggap souvenir pernikahan hanya memperbesar pengeluaran biaya pernikahan saja tanpa melihat fungsi dari pemberian souvenir pernikahan ini. Maka, berpikir bahwa ucapan terimakasih melalui lisan saat bersalaman dengan para tamu saja sudah cukup.

Dalam memilih souvenir pernikahan, apakah ada hal yang perlu dipertimbangkan?

Ada satu poin pendukung dalam memeriahkan pesta pernikahanmu adalah dengan hadirnya souvenir pernikahan. Ya, Souvenir merupakan simbol untuk mengucapkan terima kasih kepada tamu kalian yang sudah menyempatkan hadir di hari yang paling spesial itu. Ketika kamu sedang memilih souvenir pun, ada beberapa faktor yang mempersulit pikiranmu.

Jika kalian sebagai calon pengantin yang sudah menyiapkan biaya pernikahan dengan baik dan cukup, maka kamu harus mempertimbangkan barang apa yang akan kamu pilih sebagai souvenir pernikahanmu. 

Di bawah ini ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih souvenir. Simak dengan baik ya, ladies. 

1. Efisiensi souvenir pernikahan

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih souvenir adalah perihal efisiensi. Akan jauh lebih baik, ketika souvenir pernikahan kamu efisiensi bagi para tamu undangan karena akan lebih mudah dikenang oleh mereka. 

Ketika memilih, kamu jangan hanya sekedar melihat aspek keindahan dari souvenir itu saja, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan dalam aspek efisiensi barang tersebut. Seperti misalnya, kacamata, lilin, asbak, dan lain sebagainya.

2. Paket kemasan yang menarik dalam souvenir pernikahan

Inilah salah satu faktor yang paling terlihat menarik pada souvenir pernikahan biasanya terdapat pada kemasan atau packaging-nya. Untuk menambahkan kesan yang unik dan menarik, maka kamu bisa pilih dan gunakan kemasan yang mengandung unsur tersebut. 

Pilihan kemasan yang direkomendasi untuk mengemas souvenir kalian adalah berupa mika atau kotak kaca plastik bening, yang dilengkapi dengan dekorasi dan bunga pita yang tumbuh di atasnya akan mempercantik souvenir pernikahan kalian.

3. Kualitas dari produk

Hal ketiga yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih souvenir untuk pernikahanmu adalah kualitas yang terdapat pada produk pilihan untuk dijadikan sebagai souvenir. Kualitas produk itu sangat penting, lho. Kalian, sebagai tuan rumah pesta pernikahan yang di gelar itu akan memberikan sebuah cinderamata kepada tamu yang hadir sebagai salah satu tanda ucapan terima kasih.

4. Memiliki manfaat yang baik

Tak sedikit calon pengantin yang menginginkan souvenir dalam aspek menarik saja, namun tidak ada manfaatnya selain dijadikan hiasan, yang belum tentu para tamu undangan akan memajangnya.

Jika souvenir pemberian kalian di pesta pernikahanmu berguna oleh tamu undangan, maka satu hal yang dicari adalah harus mempunyai kegunaan yang baik serta dapat dimanfaatkan para tamu, sekaligus kenang-kenangan yang dapat selalu diingat. 

Seperti misalnya, jika kalian memilih payung sebagai salah satu barang souvenir, itu dapat digunakan kapan saja ketika hujan turun, bahkan tak sedikit dari kalian yang memilih barang tersebut untuk disesuaikan dengan konsep pesta pernikahan yang bertemakan semi outdoor. 

Di tengah pesta pernikahan sedang berlangsung, hal buruk yang tak diinginkan itu terjadi seperti hujan, maka para tamu undangan bisa saja langsung menggunakannya. Adapula pilihan lain seperti gantungan handuk untuk wastafel, atau coaster (tatakan gelas) yang dapat di desain sesuai dengan keinginan dan selera dari si calon pengantin.

5. Terdapat unsur lingkungan hidup

Poin ini merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih souvenir untuk pesta yang akan kalian gelar. Kesadaran akan lingkungan sedang mewabah hingga berimbas pada souvenir pernikahan. 

Jika souvenir pernikahan kamu bertemakan lingkungan hidup merupakan sebuah hal positif yang terus ditingkatkan demi kelangsungan tanaman hijau yang semakin berkurang. Kalian dapat memberikan benih tanaman yang dikemas cantik dalam kantung kertas atau memberikan tanaman kaktus. 

Kalau kamu tidak ingin para tamu undangan merasa direpotkan, kamu cukup menyediakan voucher yang bisa ditukarkan dengan souvenir ketika mau pulang. 

6. Souvenir tidak selalu barang, bisa juga makanan

Sebagian besar calon pengantin memiliki pendapat bahwa souvenir bukan hanya sekedar barang yang bermanfaat ataupun hiasan saja. Walaupun, souvenir pernikahan lebih dominan memilih barang. 

Makanan pun tak masalah kok, dears. seperti misalnya memilih permen, cokelat, aneka kue atau cookies juga dapat menyenangkan para tamu karena banyak orang yang menyukai makanan manis. Kamu bisa memesan cokelat yang di cetak khusus menyerupai hewan-hewan lucu atau candy bar tentu tidak akan membuat kecewa para tamu undangan.

Dalam mempersiapkan tempat souvenir pernikahan, inilah cara yang harus kamu lakukan

Mungkin sebagian dari calon pengantin yang menganggap bahwa tempat souvenir pernikahan bukan merupakan sesuatu yang memerlukan perencanaan lebih, ladies. Namun, jika hal ini tidak dipersiapkan secara matang, tentunya hal ini bisa membuat tampilan souvenir kalian nampak kurang menarik. 

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan tempat souvenir pernikahan kamu nanti. Simak dengan baik ya.

1. Manfaatkan kotak atau keranjang untuk wadah souvenir

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan tempat souvenir pernikahanmu. Setiap kali kalian membeli barang untuk souvenir, biasanya tanpa alas apapun. Bayangkan meja tempat menaruh tumpukan tempat souvenir ini nantinya. 

Inilah cara yang membuat kamu berpikir mengenai seberapa besar yang dibutuhkan untuk tempat souvenir nantinya. Selain itu, kamu bisa menentukan akan menggunakan kotak atau keranjang sebagai tempat souvenir pernikahan kalian.

2. Lebih mengetahui benda apa yang bisa digunakan

Inilah cara kedua yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan tempat souvenir pernikahan. wajib sekali bagi kamu untuk mengetahui benda apa saja yang akan kamu masukkan kedalam tempat souvenir tersebut. 

Seperti misalnya, jika kamu memasukkan makanan seperti cokelat atau permen, ada baiknya kamu menghindari penggunaan box atau kotak karena pahan yang digunakan pun tidak cocok yang bisa membuat makanan tersebut meleleh dan tidak indah lagi saat di buka.


Itulah infomasi seputar souvenir pernikahan yang perlu kamu ketahui sebagai calon pengantin. Lebih teliti dalam memilih ataupun menentukan, ya. Jangan sampai salah memilih dan sesuaikan dengan budget.

Hal terpenting adalah bagi kamu untuk lebih mengedepankan aspek kegunaannya dibandingkan keindahan. Walaupun kedua aspek tersebut sama-sama penting di mata para tamu undangan.


Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...