Pilih Kategori Artikel

6 Ide Souvenir Pernikahan Buatan Sendiri, Mudah dan Berkesan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernahkah kamu berpikir untuk membuat souvenir pernikahan buatan sendiri? Zaman sekarang, souvenir handmade seperti ini menjadi tren baru di Indonesia. Selain harganya murah, teknik pembuatannya pun bisa dibilang relatif mudah dan tidak memerlukan banyak bahan maupun alat. Tanpa harus mengandalkan jasa pembuatan souvenir profesional, sekarang kamu bisa menciptakan souvenir pernikahan buatan sendiri yang bermanfaat dan bahkan lebih indah daripada memakai jasa berbayar.

Jika kamu mulai menggarapnya dari jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan dilaksanakan, souvenir yang berjumlah banyak tak mustahil rasanya jika dibuat sendiri di rumah. Mengingat pernikahan merupakan momen yang paling istimewa, kamu harus benar-benar mempersiapkan semua itu dengan matang. Jangan sampai terjadi pemborosan biaya hanya untuk souvenir saja, karena memang biaya pesta pernikahan itu tidak murah. Kamu harus mengeluarkan uang yang lumayan banyak untuk menyewa gedung, membuat undangan pernikahan, sewa jasa dekorasi, jasa catering pernikahan, dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya untuk souvenir dalam acara pernikahan tidak harus mahal, yang terpenting adalah bisa menyampaikan pesan dan juga bisa bermanfaat untuk para tamu yang hadir dalam acara pernikahan sebagai ucapan terima kasih. Bagi kamu yang sedang ingin menghemat budget, tapi tetap ingin menciptakan kenang-kenangan yang berkesan, yuk, coba buat souvenir pernikahan buatan sendiri! Berikut beberapa ide yang bisa kamu ikuti.

  • Gelang Manik-Manik

 wm_article_img

Sebagai ucapan terima kasih yang mendalam kepada para tamu undangan yang telah hadir, tak ada salahnya jika kamu memberikan souvenir pernikahan buatan sendiri yang terkesan mewah dan berharga. Meskipun memiliki kesan mewah, tapi souvenir yang satu ini tetap memiliki harga yang murah. Jadi, pilih saja gelang manik-manik ini sebagai souvenir dalam acara pernikahanmu nanti.

Bingung untuk membeli manik-manik? Kamu bisa membelinya secara grosir melalui toko alat jahit atau juga bisa melalui toko online, seperti marketplace. Biasanya per 200 biji dihargai sekitar Rp5.000,00 saja. Nanti, kamu tinggal merangkai souvenir pernikahan buatan sendiri dengan 15-20 biji per tali gelangnya. Jangan lupa memberikan label ucapan terima kasih atau juga bisa dengan kata-kata mutiara yang mewakili isi hati kamu dan pasanganmu.

  • Mini Notebook

 wm_article_img

Dalam memberi souvenir kepada para tamu yang hadir, kamu tidak harus menggunakan barang yang mewah. Karena barang yang bermanfaat lebih mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan bahan yang rumit. Contohnya, notebook yang berukuran kecil ini! Hanya saja kamu tinggal memberi gambar dan ucapan terima kasih pada permukaan atau bagian depan mini notebook. Jika dibandingkan dengan souvenir yang sebelumnya, mini notebook ini bisa dibilang lebih mudah untuk dibuat. Hanya membutuhkan kertas, gunting, dan lem.

Souvenir pernikahan buatan sendiri ini sangat cocok untuk tema pernikahan yang formal. Bagi kamu yang mengadakan acara pernikahan di dalam gedung, souvenir jenis notebook mini sangat cocok. Selain itu untuk membuatnya kamu tidak perlu membutuhkan banyak waktu, karena hanya menjadikan satu kertas dan menyusun supaya mirip dengan buku kecil. Tuliskan kata mutiara atau juga bisa lantunan puisi yang indah di bagian depan notebook mini. Jika perlu, kamu bisa mencantumkan gambar yang melambangkan pernikahanmu, supaya lebih terkesan menarik dan romantis.

  • Tanaman Succulent Mini

 wm_article_img

Souvenir bukan berarti harus berbentuk dengan sebuah benda yang mati, sebenarnya kamu juga bisa memberikan benda hidup sebagai souvenir pernikahanmu. Kamu bisa memberikan souvenir pernikahan buatan sendiri yang bisa untuk dirawat, misalnya tanaman succulent yang berukuran kecil. Tanaman jenis seperti ini dapat hidup di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kamu bisa membeli tanaman ini di penjual tanaman dimana saja.

Untuk menjadikan tanaman kecil ini sebagai souvenir di acara pernikahanmu, kamu dapat menggunakan gelas kecil sebagai alas dan gelas itu hanya dibanderol tidak lebih dari Rp1.000,00. Kemudian dengan harga sekitar Rp3.000,00 saja kamu sudah dapat memiliki tanaman succulent ini lengkap dengan medianya (tanah dan batu). Jangan lupa untuk memberi ucapan terima kasih atau kata-kata mutiara di souvenir pernikahan buatan sendiri ini dengan cara menancapkannya bersama tanaman atau juga bisa mengikatnya dengan kemasan.

  • Bibit Tanaman

 wm_article_img

Ingin membuat pesta pernikahan yang berkesan? Caranya mudah! Hanya dengan memberikan souvenir yang unik dan berbeda dari yang lain. Salah satu souvenir pernikahan buatan sendiri yang bisa kamu berikan kepada para tamu undangan yang hadir adalah bibit tanaman. Mungkin akan terdengar sangat lucu, bukan? Namun, dengan kamu memberi hal yang berbeda, tentu saja orang yang menerimanya akan merasa sangat senang.

Apalagi jika kamu memberikan bibit tanaman yang bisa ditanam di pot kecil, seperti aneka bunga pot, cabai, lidah buaya, dan lain sebagainya. Untuk wadah bibit tanamanan, kamu bisa membuat sendiri menggunakan karton berwarna coklat yang dibikin ukuran kecil. Ingat! Jangan lupa untuk menulis label dengan kata-kata mutiara atau juga bisa dengan ucapan terima kasih dari pena ya yang hitam pekat.

  • Biji Kopi atau Daun Teh

 wm_article_img

Tidak hanya perhiasan dan juga tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai souvenir pernikahan buatan sendiri. Minuman sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai souvenir di acara pernikahan kamu. Namun, yang kamu berikan bukan dalam bentuk minuman matang, tapi dalam bentuk biji kopi atau daun teh yang bisa kamu bungkus dalam kemasan semenarik mungkin. Kamu bisa membeli semua itu melalui toko penjual biji kopi dan juga daun teh atau juga bisa dilakukan secara online.

Untuk harganya pun sangat murah, tergantung dari jenis kopi dan daun teh yang kamu pilih. Berikan porsi secukupnya dan kemudian dikemas dengan bungkusan yang menarik. Untuk kopi, kamu bisa menggunakan kantong goni kecil dengan cetakan atau tulisan nama kamu bersama pasangan. Kemudian untuk teh, kamu bisa menggunakan gelas kecil maupun plastik khusus. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal kadaluarsa dan cara penyeduhannya dalam kemasan souvenir pernikahan buatan sendiri ini.

  • Kartu Ucapan

 wm_article_img

Kamu bisa membuat sebuah kartu ucapan terima kasih juga bisa menjadi salah satu ide souvenir pernikahan buatan sendiri. Selain cara pembuatannya yang cukup mudah, Bahan yang diperlukan pun juga sangat sederhana, yaitu hanya membutuhkan kertas tebal, spidol, dan plastik untuk packing. Dalam kertas tersebut bisa kamu tuliskan ucapan terima kasih atau juga bisa diisi dengan kata mutiara dengan coretan spidol tebal. Baru nanti kartu ucapan tersebut dibungkus menggunakan plastik bening atau kertas kalkir. Ide souvenir pernikahan buatan sendiri ini bisa kamu lakukan jika memang sedang memiliki budget yang minim. Setidaknya bisa berhemat dan tetap memberikan kenang-kenangan kepada para tamu yang hadir.

Keenam souvenir di atas adalah contoh-contoh ide untuk menciptakan souvenir pernikahan buatan sendiri di rumah. Selain mudah untuk dikerjakan, dengan cara seperti ini juga dapat menghemat pengeluaran biaya pernikahan kamu. Sebenarnya masih banyak lagi ide-ide souvenir yang bisa dibuat sendiri. Namun, beberapa ide di atas merupakan beberapa souvenir yang mudah untuk dibuat dan sedang tren saat ini di Indonesia. Souvenir handmade seperti itu sangat cocok untuk digunakan dalam acara pernikahan dengan tema apa saja. Nah, jenis souvenir buatan sendiri mana saja yang kamu suka? Atau mau tetap mencari vendor souvenir pernikahan?

Foto: Evermine, Nur Silver Jewellery, Vegan Sparkles, Best Present Guide, She Ideas, Ejakata.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...