Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Souvenir Pernikahan Bermanfaat di Masa New Normal dan Cara Membuatnya Agar Semakin Menarik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sudah menjadi tradisi bagi para pengantin untuk memberikan souvenir pernikahan bagi para tamu yang hadir di pesta pernikahannya. Souvenir tersebut diberikan sebagai kenang-kenangan, sebuah cinderamata yang secara tidak langsung menyampaikan pesan ucapan terima kasih dari sang pengantin kepada para tamu. Souvenir yang biasa diberikan pun sangat beragam, mulai dari gantungan kunci hingga tanaman hias, tergantung budget sang pengantin.

Namun, di masa pandemi COVID-19 saat ini ada berbagai aturan terkait penyelenggaraan pesta pernikahan yang harus dipatuhi, antara lain pembatasan jumlah tamu undangan yang hadir serta penerapan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Mau tidak mau, para pengantin harus berpikir keras memilah tamu yang akan diundang. Pada saat yang bersamaan, juga harus memikirkan bagaimana caranya agar bisa tetap menghargai para kerabat atau kenalan yang tak bisa hadir dengan cara yang aman. 

Nah, salah satu solusinya dengan memberikan souvenir pernikahan yang bermanfaat. Dengan sedikit modifikasi, kamu bisa menghadiahkan souvenir pernikahan sebagai buah tangan khusus yang diberikan untuk para tamu yang hadir maupun yang tidak bisa hadir di resepsi pernikahanmu. Lantas, bagaimana caranya? Jenis souvenirnya bisa apa saja, tetapi alangkah baiknya apabila kamu menghadiahkan sesuatu yang bermanfaat untuk digunakan, terlebih di masa pandemi ini. 

Kamu perlu menyiapkan souvenir yang bermanfaat dengan kemasan khusus yang bisa dikirim kepada kerabat atau sahabat. Berikut beberapa pilihan souvenir pernikahan yang bermanfaat di masa pandemi, ini dia inspirasinya untukmu.

8 Ide Souvenir Pernikahan Bermanfaat di Masa Pandemi 

1. Hand Sanitizer

Semenjak virus Corona menyebar luas ke seluruh penjuru dunia, hand sanitizer menjadi salah satu barang penting yang selalu dibawa kemana-mana. Nah, karena hand sanitizer sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan tangan dari kuman dan bakteri, kamu juga bisa memberikan paket kecil hand sanitizer sebagai souvenir pernikahan new normal. Pastinya souvenir ini akan sangat bermanfaat bagi siapapun yang menerimanya.

2. Masker Custom

Sama halnya dengan hand sanitizer, masker juga cocok untuk dijadikan sebagai souvenir pernikahan di era new normal seperti saat ini. Sebab benda yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19. Agar lebih menarik dan identik dengan pernikahanmu, masker yang dijadikan souvenir bisa kamu custom dengan inisial namamu dan pasangan, atau gambar ilustrasi pengantin pada kain atau kotaknya. Souvenir ini akan terlihat semakin cantik dan eksklusif. 

3. Madu

wm_article_img

Souvenir pernikahan bermanfaat - Madu by Honey Lane

Selanjutnya, kamu juga bisa menghadiahkan madu sebagai souvenir pernikahan new normal. Di masa pandemi ini madu akan sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, oleh karena itu pemilihan madu sebagai souvenir pernikahan akan sangat tepat. Apalagi jika kamu mengemasnya dalam wadah kaca yang cantik dengan stiker souvenir bertuliskan inisial nama kamu dan pasangan, pastinya akan menjadi souvenir yang elegan dan sangat berkesan.

4. Sabun Handmade

Untuk memberikan souvenir pernikahan yang berkesan tidak selalu harus mahal. Contohnya sabun handmade, selain unik juga sangat berguna di masa pandemi COVID-19 ini dimana mengharuskan kita untuk sering-sering mencuci tangan dengan sabun. Sabun natural handmade bisa menjadi souvenir murah bermanfaat tapi tetap terlihat menarik dari segi penampilan. Warna warni dari tumbuhan serta bahan-bahan pembuatannya yang natural juga aman dikulit. 

5. Tanaman

wm_article_img

Souvenir by Fuerte Garden Souvenir Tanaman Hias

Ide souvenir pernikahan unik dan bermanfaat selanjutnya adalah tanaman. Semenjak pandemi merebak, aktivitas berkebun mulai digandrungi banyak orang. Nah, kamu bisa menghadiahkan bingkisan tanaman untuk kerabat dan para kenalan sebagai souvenir pernikahan. Souvenir yang diberikan bisa berupa paket bibit tanaman kecil seperti sukulen, ataupun tanaman mini dalam terrarium. Ini juga termasuk souvenir pernikahan yang sedang trend, loh! Jangan lupa tambahkan kartu ucapan terimakasih dengan nama kamu dan pasangan biar makin berkesan.

6. Peralatan Masak dari Kayu

Rekomendasi selanjutnya adalah peralatan masak dari kayu, souvenir yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi para sahabat atau kerabat. Selain itu, souvenir ini juga bisa dipakai berulang-ulang dan dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama. Para tamu yang hobi memasak pasti akan sangat senang menerima souvenir pernikahan eksklusif seperti ini.

7. Makanan

wm_article_img

Hampers souvenir pernikahan by Rusticlatte

Jangan khawatir merasa tidak enak karena harus mengurangi jumlah tamu undangan pada momen pernikahanmu. Sebab, kamu tetap bisa berbagi kebahagiaan dengan mengirim bingkisan berupa makanan kepada para kerabat atau kenalan yang tidak hadir dalam resepsi pernikahanmu. Tentunya kamu bisa membuat bingkisan yang cantik dengan kartu ucapan pada souvenir pernikahan ini, dijamin deh orang yang menerimanya akan terharu dengan perhatianmu.

8. Teh Herbal

Jika kamu mempunyai waktu yang cukup luang, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri souvenir pernikahan. Do It Yourself atau DIY, selain berkesan eksklusif, souvenir pernikahan hasil buatan sendiri bisa jauh lebih hemat dibandingkan dengan kamu memesan di toko souvenir terdekat. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan paket teh herbal yang dikemas cantik dalam jar kaca. Kemudian dihias dengan pita kain sehingga tampil lebih elegan. Jangan lupa sisipkan kartu ucapan terima kasih dikemasannya. 

Bagaimana Cara membuat Souvenir Pernikahan Agar Tampak Semakin Menarik?

wm_article_img

Hampers souvenir pernikahan by Rusticlatte

  1. Pilih kemasan souvenir yang terkesan mewah dan eksklusif

Untuk membuat souvenir pernikahan tampak mewah dan eksklusif, sangat penting untuk memperhatikan cara pengemasannya. Baik itu souvenir yang kamu beli langsung dari toko souvenir maupun yang dibuat sendiri DIY. Apalagi untuk dikirimkan kepada kerabat atau sahabat-sahabat, tentunya kamu harus membuat tampilan souvenir pernikahan semenarik mungkin. Jika kamu mau praktis, Rusticlattesalah satu vendor souvenir pernikahan di Bandungmenyediakan souvenir pernikahan unik dengan pengemasan menarik.

Beberapa cara untuk mengemas souvenir menjadi menarik misalnya menggunakan kotak hampers. Kotak hampers untuk souvenir pernikahan bisa terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari yang umum dijumpai seperti kardus, keranjang anyaman, hingga kotak kayu yang unik. Semakin eksklusif kemasan yang kamu pilih maka semakin mewah kesan yang ditampilkan, tentunya dengan harga yang juga lebih mahal. Meskipun lumayan pricey, tapi souvenir pernikahan kamu akan menjadi sangat spesial.  

  1. Gunakan ornamen tambahan seperti pita dan bunga kering untuk menghias souvenir

Penambahan ornamen kecil seperti pita dan bunga kering, juga bisa mempercantik tampilan souvenir pernikahan kamu. Pita yang bisa digunakan pun beraneka ragam, mulai dari pita kain, satin, renda hingga pita benang rami untuk kesan etnik atau rustic. Begitupun dengan penggunaan bunga kering yang bisa dipakai untuk mendekorasi kotak hampers maupun kemasan souvenirnya. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah karena sudah tersedia banyak di e-commerce atau toko souvenir terdekat. Nah, yang mana favoritmu? 

  1. Desain kartu ucapan souvenir pernikahan semenarik mungkin

Kartu ucapan akan membuat souvenir pernikahan kamu menjadi lebih personal bagi si penerima. Kamu bisa melakukan DIY kartu ucapan souvenir sendiri atau memesannya kepada vendor. Jika kamu ingin membuat sendiri kartu ucapan souvenir pernikahan, agar lebih praktis bisa menggunakan aplikasi desain gratis seperti canva, freepik, dll. Tinggal pilih background souvenir pernikahan yang kamu inginkan, serta menyiapkan kata-kata yang menarik untuk dituliskan pada kartu ucapan tersebut. 

Kartu ucapan souvenir pernikahan ini bisa kamu cetak di kertas hvs biasa ataupun menggunakan kertas jenis lain yang lebih tebal. Desainnya bisa seperti kartu biasa atau dibuat menjadi gift tag yang bisa digantung pada paper bag. Selain itu, bisa juga kamu mencetak ucapan tersebut menjadi stiker souvenir pernikahan yang langsung ditempelkan pada box atau kemasan hampers souvenirnya. 

  1. Pesan tas souvenir pernikahan eksklusif

wm_article_imgwm_article_img

Tas souvenir pernikahan by Totebag Prizy

Untuk lebih praktis lagi, bisa memesan tas souvenir pernikahan custom dengan nama kamu dan pasangan. Dengan tas souvenir ini, buah tangan yang kamu kirimkan akan semakin terkesan mewah dan eksklusif. Saat ini ada banyak vendor atau toko souvenir yang menyediakan jasa pembuatan tas souvenir pernikahan. Nah, kamu tinggal pilih desainnya  yang kemudian bisa dicetak sebanyak yang dibutuhkan. Untuk harga tas souvenir pernikahan custom pun relatif terjangkau, mulai dari Rp2.000,- saja. 

Pembatasan tamu undangan pernikahan di masa pandemi ini terpaksa membuat kamu memangkas daftar nama-nama kerabat atau teman-teman yang bisa diundang di pestamu. Meskipun demikian, kamu tetap bisa berbagi kebahagiaan dengan mengirimi mereka bingkisan souvenir pernikahan yang bermanfaat, lengkap dengan kartu ucapannya. Dengan demikian, sedikit banyak akan meninggalkan kesan tersendiri bagi yang menerimanya. Satu hal lagi yang juga penting, jangan lupa untuk menyiapkan waktu dan dana khusus untuk pengirimannya, ya.

Jangan khawatir, jika tidak memiliki waktu yang banyak, kamu bisa menemukan berbagai vendor penyedia souvenir pernikahan terdekat di daerahmu di WeddingMarket. Kamu tidak perlu repot-repot mencari souvenir di pasar, apalagi di masa pandemi ini sepertinya hal tersebut cukup beresiko. Tinggal pilih salah satunya yang sesuai keinginan serta masuk dalam budget pernikahanmu. Bukan hanya itu, WeddingMarket juga siap membantumu mempersiapkan segala kebutuhan lain untuk pernikahanmu. Temukan juga berbagai promo menarik lainnya hanya di WeddingMarket.

Demikianlah beberapa ide souvenir pernikahan yang bermanfaat di masa pandemi ini, serta cara membuatnya supaya tampil lebih menarik. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu dan pasangan, ya.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...