Pilih Kategori Artikel

Susunan Acara Lamaran yang Wajib Dilaksanakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Susunan acara lamaran tentunya membuat pusing kepala semua pasangan, beserta anggota keluarganya. Ini dikarenakan pernikahan sendiri merupakan jenjang kehidupan yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Konon, pernikahan adalah acara yang dilakukan sekali seumur hidup. Namun, sebelum menuju jenjang pernikahan pastinya kamu akan meniti prosesi lamaran. Lamaran sendiri merupakan acara di mana sang pihak lelaki meminta izin untuk meminang sang wanita. Acara ini biasanya dilakukan enam bulan hingga satu tahun sebelum pernikahan dilangsungkan.

Saat ini, prosesi lamaran juga dianggap satu hal sakral yang tidak dapat dilupakan oleh calon pasangan. Pasalnya banyak calon pengantin yang mengadakan acara lamaran tanpa mempersiapkan susunan acara lamarannya. Susunan acara lamaran merupakan suatu prosesi yang akan dilaksanakan pada saat sang lelaki datang ke pihak wanita.

Susunan acara lamaran pun berbeda-beda, tergantung adat istiadat yang akan kamu ikuti dan mempunyai ciri khas tersendiri dari tiap acaranya. Seperti di dalam adat Jawa misalnya, ada beberapa prosesi seperti congkog, yang mana merupakan sebuah prosesi di mana keluarga calon mempelai pria mengutus perwakilan untuk bertanya apakah sang wanita bersedia dilamar dan siap untuk menjadi istri dari sang lelaki.

Susunan acara lamaran sangat amat membantu kamu dalam menentukan beberapa hal di dalam acara lamaranmu seperti di mana lamaran akan dilaksanakan, siapa saja yang akan kamu undang, pakaian apa yang akan dikenakan, apa saja yang akan dibicarakan, dan lain sebagainya. Selain itu, susunan acara lamaran juga dapat membantumu dalam efisiensi waktu dan dana pastinya.

Saat membuat susunan acara lamaran, pastikan kamu mengundang beberapa orang yang kamu butuhkan untuk membantumu. Pastikan juga untuk mengajak perwakilan kedua belah pihak keluarga untuk membantu kamu menyusun rangkaian prosesi yang kamu butuhkan di hari lamaranmu. Tidak ada salahnya untuk mempertemukan keluarga besar sebelum hari lamaran bukan?

Lalu, pastikan kamu menyusun waktu yang tepat untuk membicarakan perihal susunan acara lamaran bersama keluarga besarmu. Pastikan juga kamu menyusun acara jauh-jauh hari sebelum acara lamaranmu. Kamu pasti juga perlu mempersiapkan beberapa hal, bukan? Jangan lupa untuk mencatat apa saja yang kamu perlukan menjelang penyusunan acara lamaran bersama keluargamu.

7 Susunan Acara Lamaran yang Wajib

wm_article_img

Susunan acara lamaran ini terlihat tidak penting, namun, sebenarnya memegang peranan yang vital dalam acara lamaranmu. Dari penjelasan di atas, mungkin kamu masih bingung mengenai susunan acara yang baik dan sesuai dengan kedua belah pihak keluarga calon pasangan. Berikut ini akan kami berikan gambaran singkat mengenai susunan acara lamaran yang mungkin dapat menjadi contoh.

  1. Prosesi kedatangan calon mempelai pria dan pemberian seserahan

Dalam prosesi ini biasanya pihak wanita akan menyambut mempelai pria beserta keluarganya ke dalam rumah atau lokasi lain yang telah ditetapkan sebagai lokasi lamaran. Kemudian, pihak pria akan memberikan seserahan yang mereka bawa kepada pihak mempelai wanita. Seserahan yang diberikan sendiri bisa bermacam-macam, tergantung kesepakatan antar keluarga yang telah dibuat sebelumnya. Kamu sendiri bisa memilih seserahan yang memang disukai oleh kamu dan pasangan atau juga seserahan yang biasanya sering dipakai orang-orang, seperti kue, buah, makanan, sepatu, atau tas. Kamu bisa memilih salah satunya atau memasukkan semuanya, ya, ke dalam seserahan.

2. Pembukaan

Prosesi ini biasanya dimulai dengan kata sambutan oleh pembawa acara dan kemudian disambung dengan doa dari pihak keluarga atau mendatangkan tokoh agama setempat. Semua ini menyesuaikan dengan keinginanmu dan keluarga, ya. Pembawa acara juga tidak harus seseorang yang kamu undang dan beri honor untuk membawakan segenap susunan acara lamaranmu dengan lancar. Semisal kamu mau menghemat, meminta tolong.

3. Pernyataan tujuan calon mempelai pria

Dalam prosesi ini biasanya sang calon mempelai pria akan mulai berbicara, mengutarakan tujuan datangnya ia bersama keluarganya ke rumah calon mempelai wanita. Tujuan ini, tak lain dan tak bukan tentu saja tujuan mengapa keluarga mempelai pria datang ke rumah, alias hendak melamar si calon mempelai wanita. Di sini, biasanya kata-kata untuk pernyataan tujuan sendiri sudah disusun dari jauh-jauh hari agar terdengar khidmat, sopan, dan berwibawa.

4. Pernyataan jawaban dari calon mempelai wanita

Pernyataan yang tadi telah diutarakan oleh calon mempelai pria kemudian akan dijawab oleh pihak mempelai wanita. Di ketiga proses sebelumnya, mempelai wanita sendiri belum muncul. Barulah saat keluarga mempelai wanita menyetujui intensi dari keluarga calon mempelai pria, kemudian calon mempelai wanita akan muncul. Supaya lebih dramatis, kemunculan calon mempelai wanita sendiri akan memiliki slot waktu tersendiri. Dari jawaban tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai tanggal pernikahan.

5. Penyematan cincin tunangan secara simbolis

Penyematan cincin ini merupakan prosesi inti dari acara lamaran yang dilaksanakan. Sementara, untuk cincin yang dipilih sendiri akan bergantung (lagi-lagi) pada keputusan antara kamu dan pasangan. Ada yang memilih untuk membeli cincin tunangan yang berbeda dengan cincin nikah. Akan tetapi, ada juga yang menyamakan cincin tunangan dengan cincin nikah. Opsi kedua bisa dipilih untuk menghemat biaya juga.

6.Ramah-tamah

Dalam prosesi ini biasanya akan dilanjutkan dengan acara makan bersama antara dua keluarga guna mempererat hubungan antara kedua belah pihak dan saling mengenal satu sama lain. Ramah tamah sendiri bisa dibarengi dengan acara makan-makan, sehingga interaksi antar keluarga dan tamu sendiri lebih natural. Karena makan-makan adalah salah satu cara untuk mengurangi ketegangan dan membuat interaksi berjalan lebih lama.

7. Penutup dan pemberian seserahan kembali dari pihak wanita

Setelah semua prosesi selesai, acara dapat ditutup oleh pembawa acara dan pihak wanita akan memberikan kembali seserahan balasan yang akan menjadi buah tangan pihak calon mempelai pria. Seserahan balasan ini juga biasanya tidak akan jauh berbeda dengan seserahan yang diberikan oleh calon mempelai pria, seperti makanan dan baju. Akan tetapi, masih jarang ada seserahan untuk keluarga mempelai pria yang memberikan parfum.

Sekarang kamu sudah tahu mengenai apa itu susunan acara lamaran dan beberapa seluk beluk mengenai susunan acara lamaran. Susunan acara lamaran ini tidak selalu harus saklek seperti itu, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kamu beserta keluargamu. Namun, semoga tulisan di atas membantumu untuk membuat susunan acara lamaran yang baik, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...