Pilih Kategori Artikel

Begini Tahapan Prosesi Lamaran yang Harus Dilakukan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan prosesi sakral yang sangat di nantikan oleh kedua belah pihak calon mempelai masing – masing. Tetapi sebelum pernikahan berlangsung biasanya ada satu hal yang wajib dan biasanya tidak dapat terpisahkan yaitu lamaran. Tahapan prosesi lamaran biasanya sudah menjadi budaya yang sering di lakukan di masyarakat dan biasanya menjadi agenda yang selalu ada.

Banyaknya ramam budaya yang ada di Indonesia biasanya akan sering menimbulkan kebinguingan ketika menyusun acara mernikahan. Tidak lucu bukanya ketika momen lamaran tetapi ada bagian yang tertinggal atau tidak tercantum. Untuk itu kamu harus mengetahui Tahapan prosesi lamaran yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang :

  1. Kedatangan keluarga calon mempelai pria

Rangkaian pertama yanh harus dilakukan dalam menjalankan prosesi lamalan adalah kedatangan calon mempelai pria beserta keluarganya ke rumah calon mempelai wanita. Keluarga besar mempelai pria biasanya membawa seserahan untuk melamar calon mempelai wanita. Untuk itu dari pihak keluarga mempelai wanita biasanya menyambut dengat hangat dan dipersilakan massuk ke tempat dimana acara lamaran akan di langsungkan.

  1. Pembukaan Lamaran

Acara pembukaan lamaran biasanya di pimpin oleh seorang MC. MC ini bisaasanya dipilih dari pihak mempelai keluarga perempuan atau siapa saja yang di tunjuk oleh keluarga mempelai wanita untuk membuka acara lamaran. Tugas MC ini adalah memandu seluruh acara dari awal hingga akhir dan juga membacakan seluruh susunan acara kepada keluarga calon mempelai laki-laki.

  1. Penyampaian Maksud dan Tujuan Kedatangan Rombongan

Penyampaian maksu dan tujuan atas kedatangan rombongan keluarga dari calon mempelai laki-laki ini bisa dibilang sabagi inti dari prosesi lamaran. Biasanya salah satu perwakilan dari mempelai laki-laki akan menyampaikan lamaran kepada pihak calon mempelai perempuan. Setelah itu akan langsung menanyakan kesediaan dari keluarga calon mempelai perempuan untuk menikahi putra danpurinya.

  1. Pemberian Jawaban dari calon Mempelai Perempuan

Pada sesi ini MC akan mempersilahkan perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan memberikan jawaban atas lamaran dari calon mempelai laki-laki. Perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan akan menyambut baik lamaran dari calon mempelai laki-laki. Untuk acara ini adalah hal paling ditunggu oleh pihak pria karena akan khawatir lamarannya di terima atau tidak.

  1. Penyerahan Seserahan

Setelah lamaran yang di ajukan oleh mempelai pria diterima maka prosesi selanjutnya adalah proses penyerahan seserahan. Prosesi ini dilakukan dimana calon mempelai pria akan memberikan seserahan kepada keluarga calon pengantin perempuan. Seserahan ini bisa juga diartikan sebagai keseriusan dari pihak pelamar kepada sang wanita.

  1. Bertukar Cincin

Acara tukar cincin biasanya hanya menjadi sebuah simbolis dan sifatnya tidak wajib untuk dilakukan pada prosesi lamaran. Tetapi biasanya prosesi ini dilakukan dengan pemasangan cincin yuang dilakukan calon mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai simbol ikatan.

  1. Perkenalan antar keluarga

Sesi ini bisa dibilang sebagai sesi santai. Dimana masing-masing keluarga besar saling berkenalan dan menambah keakraban. Biasanya satu – persatu dari anggota keluarga akan memperkenalkan diri. Maksud dari sesi ini untuk mempererat hubungan antara keluarga pria dan wanita sambil berbincang-bincang.

  1. Penutupan

Selayaknya agenda–agenda pada umumnya terdapat sesi penutupan ini  merupakan acara penutup dari lamaran. Biasanya acara ini akan dilakukan pembacaan doa bersama untuk kelancaran pernikahan yang sebentar lagi akan berlangsung. Selanjutnya dilakukan sesi foto untuk mengabadikan moment penting ini serta pihak dari mempelai wanita dengan hormat mempersilakan rombongan dari calon mempelai untuk menyantap hidangan yang telah di sediakan.

Itulah tahapan prosesi lamaran yang biasanya dilakukan oleh para calon mempelai di Indonesia. Kamu bisa melakukan sebagian saja atau semuanya bahkan ditambah acara kamu sendiri seperti games, pemberian hadiah atau lainnya. Semoga artikel ini menginspirasi kamu dan pasangan serta semakin memudahkan kalian dalam menuju pernikahan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...