Pilih Kategori Artikel

Intip Referensi Undangan Pernikahan dengan Berbagai Tema, Yuk!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jika mendengar kata undangan pernikahan, yang ada di dalam pikiran kita adalah  surat yang didesain unik dan penuh warna. Padahal tidak tentu begitu, loh. Menentukan desain kartu undangan dapat menjadi kegiatan yang lumayan memusingkan bagi setiap pasangan yang akan menyelenggarakan pernikahan. Oleh karena banyaknya desain dan bentuk undangan pernikahan, seringkali pasangan akan beradu pendapat atau kesulitan dalam memutuskan desain mana yang akan dibuat. Nah, kali ini Wedding Market akan memberikan kamu beberapa tips dalam memilih kartu undangan untuk pernikahanmu. Yuk, disimak!

TIPS MEMILIH UNDANGAN PERNIKAHAN UNTUK PERNIKAHANMU

  1. Tentunya undangan harus sesuai konsep pernikahan kamu

Poin pertama penting karena jika kamu menginginkan konsep pernikahan yang mewah, maka akan aneh kalau undangan pernikahan kamu terlihat simpel dan tradisional. Ini karena surat undangan pernikahan kamu adalah gambaran awal dari pesta pernikahan yang akan kamu gelar nantinya. Sehingga, akan lebih baik jika undangan pernikahanmu juga berkonsep mewah. Begitu juga kalau pernikahan kamu berkonsep islami, tentu undangan yang dipilih juga harus yang memiliki konsep undangan pernikahan islami. Kalau kamu bingung, kamu bisa melihat contoh undangan pernikhan islami terlebih dahulu.

  1. Masukan semua informasi secara lengkap pada undangan

Kartu undangan pernikahan bertujuan untuk memberikan informasi terkait acara pernikahan pada tamu undangan. Jadi, informasinya harus jelas, padat dan tepat. Kamu wajib memberikan alamat lengkap lokasi diselenggarakannya pernikahan kamu agar tamu tidak tersasar. Jangan lupa untuk memberikan informasi hari, tanggal dan jam diadakannya acara agar tamu bisa datang tepat waktu. Kalau perlu, kamu juga bisa menambahkan informasi mengenai dresscode yang harus dipakai ke pernikahanmu.

  1. Mencari referensi undangan kekinian

Jika kamu sudah melakukan dua poin sebelumnya, setelahnya kamu bisa mencari referensi undangan ala kekinian sehingga terlihat lebih modern. Kamu bisa datang ke percetakan atau melihat-lihat dari situs seperti Pinterest. Tidak ada salahnya dengan mencoba undangan pernikahan unik, loh! Selain berkesan, undangan pernikahan yang unik juga mampu menghadirkan senyum di wajah tamu undanganmu.

  1. Menentukan tempat percetakan undangan juga tak kalah penting

Konsep sudah ketemu, desain sudah ditentukan, detail informasi sudah jelas dan nama-nama tamu undangan sudah diurutkan dengan rapi, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk kamu mencari tempat percetakan yang bisa mencetak undangan pernikahan sesuai yang kamu inginkan. Sebelumnya, kamu bisa survei ke beberapa percetakan atau meminta rekomendasi percetakan dari teman atau keluargamu yang sudah menikah. Hal ini penting karena untuk meminimalisir adanya kesalahan seperti kesalahan informasi, kesalahan cetak dan ketidaktersediaannya kertas yang kamu inginkan. Kalau kamu tidak memiliki referensi tempat percetakan, tidak perlu khawatir karena ada WeddingMarket yang akan membantu kamu dalam memilih vendor percetakan sesuai dengan yang kamu inginkan.

REKOMENDASI TEMA UNDANGAN PERNIKAHAN YANG BISA KAMU JADIKAN REFERENSI

  1. Undangan pernikahan tema rustic

wm_article_img

Sumber: SiennaMai


Undangan pernikahan bertema rustic sangat cocok apabila kamu hendak menggelar pernikahan yang juga bertema rustic. Pernikahan yang bertema rustic biasanya menggabungkan nuansa romantis dengan nuansa natural, maka kamu bisa memilih undangan berwarna cokelat dengan kertas Samson Kraft sebagai media cetaknya.

  1. Undangan pernikahan tema watercolor

wm_article_img

Sumber: Anticipate Invitation


Undangan yang memiliki sentuhan manis dengan cat watercolor ini sangat cocok dengan berbagai tema pesta pernikahan. Meski cantik, undangan dengan tema watercolor memerlukan sedikit biaya lebih karena kamu juga harus membayar seniman untuk menggambar undanganmu. Kamu bisa memintanya untuk menggambar baik digital maupun manual lalu file gambarnya bisa kamu gunakan untuk disematkan dalam undanganmu.

  1. Undangan pernikahan tema vintage

wm_article_img

Sumber: Ink & Press Co


Orang-orang yang menyukai hal-hal berbau klasik pasti akan menggilai undangan bertema vintage ini. Kamu bisa menggunakan kertas daur ulang sebagai media cetak dan amplopnya, juga lilin berwarna-warni untuk segel amplop. Sangat unik dan jadul, bukan? Akan tetapi, kamu perlu mengeluarkan uang lebih untuk membuat stempelnya agar terlihat lebih unik dan original. 

Oh ya, meski cantik, tapi undangan ini terlihat rapuh dan sebaiknya jangan sampai terkena air, ya! Untuk kertasnya, kamu bisa menggunakan kertas jenis Recycle Look yang memiliki warna khas yaitu cokelat. Kertas Recycle Look terbuat dari proses daur ulang.

  1. Undangan pernikahan tema elegan

wm_article_img

Sumber: Etsy


Dengan detail pop up art di tengahnya mampu membuat undangan pernikahanmu terlihat elegan. Undangan ini sangat cocok dengan tema pernikahan eleganmu. Terlihat unik, bukan?

  1. Undangan pernikahan tema tropikal

wm_article_img

Sumber: MarryMe by Amoretti


Dengan hiasan dedaunan, tanaman dan bunga-bunga tropis, undangan pernikahan bertema tropikal ini membawa kesan segar bagi penerimanya. Untuk gambarnya, kamu bisa menggunakan gambar yang berkesan seperti digambar dengan teknik watercolor. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna-warna netral sebagai media cetaknya karena tema tropikal sangat cocok dengan warna netral seperti beige, ivory, dan putih. Ini untuk meminimalisir adanya tabrak warna karena warna yang biasa digunakan untuk tema tropikal adalah warna-warna yang segar dan berani seperti merah terang, hijau, oranye, biru dan lain sebagainya.

  1. Undangan pernikahan tema romansa klasik

wm_article_img

Sumber: Margo and Bees


Apa yang kamu pikirkan jika mendengar tema romansa klasik? Apakah seperti pesta pernikahan putri-putri Disney? Jika ya, kamu pasti bisa membayangkan bagaimana undangan pernikahan mereka, bukan?

Undangan bertema romansa klasik memang terlihat lebih sederhana daripada undangan-undangan lain. Namun ada,nya renda untuk mengikat undangan, kertas yang berwarna netral dan hiasan bunga, undangan ini terlihat klasik sekaligus romantis. Kamu juga bisa menggunakan amplop dan kertas berwarna merah muda sehingga semakin terlihat romantis, loh.

  1. Undangan pernikahan tema islami

wm_article_img

Sumber: Etsy


Biasanya, undangan pernikahan bertema islami akan memuat satu sampai dua potong ayat Al-Quran maupun Hadist yang memuat tentang pernikahan. Tidak jarang juga mempelai yang menyematkan gambar dirinya dan pasangannya dalam bentuk kartun atau siluet. Undangan yang bertema islami biasanya dicetak dalam warna-warna pastel atau netral seperti merah muda, hijau muda, dan putih.

  1. Undangan pernikahan digital

wm_article_img

Sumber: Behance


Jika tadi kamu sudah melihat rekomendasi undangan pernikahan cetak dengan bermacam-macam tema, maka poin terakhir adalah undangan pernikahan digital. Seperti yang kita ketahui kalau saat ini dunia sedang dilanda musibah COVID-19, yang mengharuskan orang-orang untuk menjaga jarak dan memakai masker. Nah demi menjaga jarak, tidak ada salahnya untuk memberikan undangan pernikahan secara digital. Selain itu, undangan pernikahan digital juga mampu menekan biaya cetak undangan, lho. Kamu hanya perlu membayar sekali untuk pembuatan undangan, setelah itu kamu bebas mengirimkannya kepada tamu melalui media sosial. Sangat mudah dan efisien, bukan?

Nah, itu tadi adalah delapan referensi dan contoh-contoh undangan pernikahan. Jika kamu bingung dalam memesan undangan pernikahan, kamu bisa cek vendor-vendor undangan pernikahan yang ada di WeddingMarket. Semoga artikel ini membantumu dalam menentukan tema undangan pernikahan, ya. Sampai jumpa lain waktu!


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...