Catat! Inilah Tips Makeup Tahan Lama untuk Hari Pernikahan

23 Jul 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 442
Catat! Inilah Tips Makeup Tahan Lama untuk Hari Pernikahan
Foto: Marie Claire

Memahami seputar tips makeup tahan lama untuk wajah berminyak tentunya sangat penting bagi setiap wanita. Terlebih bila cuaca sudah mulai panas, tentunya setiap wanita takut bila makeupnya luntur. Sangat tidak mungkin mengulang pemakaian makeup keseluruhan ketika hari masih panjang.

Makeup mudah luntur menjadi salah satu masalah terbesar bagi pemilik wajah berminyak. Karena pada dasarnya minyak bisa menghapus makeup dengan cepat meskipun itu alami dari wajah. Maka dari itu pemilik wajah berminyak pasti makeupnya tidak tahan lama. Sehingga mereka harus lebih sering melakukan touch up.

Berkali-kali merapikan dan membarui makeup tentu akan merepotkan dan membuat peralatan makeup yang kamu miliki jadi cepat habis. Kamu juga diharuskan membawa peralatan makeup tersebut ke manapun kamu pergi, tentu lebih merepotkan lagi.

Itulah sebabnya bagi pemilik kulit wajah berminyak pasti ingin makeupnya bisa awet dan tahan lama tanpa harus di touch up. Hal seperti sangat mudah dilakukan! Di bawah ini adalah beberapa cara jitu yang bisa membuat makeup bertahan lebih lama di kulit wajah berminyak, antara lain sebagai berikut.

1. Bersihkan Wajah dan Pakai Moisturizer 

Tips makeup tahan lama pertama yang harus dilakukan sebelum merias wajah adalah cuci wajah dulu sampai bersih. Sehingga semua debu kotoran dan minyak di wajah terangkat sepenuhnya. Kamu harus menggunakan sabun cuci muka yang didalamnya mengandung salicylic acid atau glycolic.

Bahan ini efektif mengurangi masalah produksi minyak berlebihan di wajah. Namun meskipun begitu, kulit berminyak itu sama seperti wajah normal dan kering. Karena jenis kulit ini juga butuh pelembap (moisturizer) untuk membuat makeup bisa bertahan lebih lama.

Saat kulit wajah tidak diberikan pelembap, hal ini membuat lapisan dermis memproduksi minyak atau sebum terus-menerus. Akibatnya minyak di wajah semakin banyak dan bertambah parah. Maka dari itu pemilik wajah berminyak wajib menggunakan pelembap sebelum makeup yang berasal dari air seperti lotion atau gel.

2. Makeup lebih tahan lama dengan Pakai Primer

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah siapkan primer. Primer ini merupakan salah satu alat makeup yang bisa mengatasi masalah minyak berlebihan di area T zone. Yaitu hidung, dahi, dan dagu. Maka dari itu olesi wajah dengan primer sebelum menggunakan makeup.

Ini adalah salah satu tips makeup tahan lama yang bisa dilakukan supaya tidak mudah luntur. Maka dari itu jangan pernah memakai concealer untuk eye primer jika kulit wajah Kamu berminyak. Karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya creasing. Lebih baik gunakan primer yang khusus untuk mata.

Primer khusus yang memang dibuat untuk mata akan menyerap minyak sehingga menyebabkan creasing sepanjang hari. Dengan begitu riasan di mata juga bisa tahan lama bila menggunakan primer khusus. Jadi selain harus memakai pelembap, alat makeup yang wajib disiapkan adalah primer.

3. Batasi Bedak dan Bawa Kertas Minyak

Bila selama ini Kamu mengira bila menggunakan banyak bedak bisa membuat masalah kilau karena minyak berlebihan akan sembuh, maka itu tidak benar! Menggunakan bedak berlebihan justru bisa membuat pori-pori wajah terangsang untuk mengeluarkan minyak lebih banyak. Akibatnya kulit wajah Kamu akan semakin berminyak.

Maka dari itu hanya gunakan bedak di bagian kulit wajah yang berkilau saja. Itupun jenis bedaknya harus matte dan transparan supaya tidak menimbulkan kilau di wajah. Tidak hanya itu saja, salah satu tips makeup tahan lama penting lainnya adalah harus menyiapkan kertas minyak.

Apapun produk yang Kamu gunakan, wajah berkilau menjadi permasalahan umum bagi pemilik kulit berminyak. Maka dari itu solusinya adalah menggunakan kertas minyak supaya masalah sebum terangkat. Caranya tekan area berminyak secara perlahan menggunakan kertas ini supaya Kamu tidak perlu melakukan touch up.

4. Pilih Make Up Oil Free

Karena pemilik wajah berminyak pasti memproduksi minyaknya berlebihan secara alami, artinya Kamu harus pintar dalam memilih produk makeup apapun. Khususnya untuk blush on, foundation, sunscreen, primer, dan sejenisnya. Semuanya harus berbasis non comedogenic dan oil free.

Ini termasuk salah satu tips makeup tahan lama yang tidak boleh terlewatkan karena jika diabaikan menyebabkan pori-pori wajah semakin tersumbat. Maka dari itu Kamu diharapkan melakukan investasi terhadap produk makeup pilihan khusus pemilik kulit wajah berminyak.

Meskipun harganya mungkin sedikit mahal, namun dengan memilih produk makeup yang berkualitas tentunya hasilnya akan sebanding. Biasakan memilih makeup yang water resistant, waterproof, dan long wear jika ingin riasannya bertahan lama. Ini adalah cara termudah supaya riasan makeup tidak mudah luntur.

5. Pakai Masker dan Minum Air yang Cukup

Selain harus melakukan beberapa hal di atas, tips makeup tahan lama lainnya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan perawatan wajah secara rutin. Setidaknya gunakan masker setiap 1 sampai 2 minggu sekali. Masker terbaik pemilik kulit wajah berminyak adalah berupa clay.

Karena jenis masker ini efektif menyerap dan mengangkat minyak kotoran dengan baik. Selain itu, sebaiknya jangan lupa minum air yang cukup. Umumnya bila seseorang ingin kulit wajahnya sehat, maka mereka harus mengonsumsi air putih yang cukup. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit wajah.

Baik wajah berminyak, sensitif, normal, dan kering, minum air putih yang cukup akan membuat kulit lebih sehat dan bebas kusam. Karena saat kulit mulai dehidrasi, hal ini bisa membuat wajah semakin kusam. Maka dari itu usahakan minum air yang cukup.

Untuk membuat makeup menjadi tahan lama, tentunya ada beberapa tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu supaya hasilnya maksimal. Apalagi jika Kamu memiliki kulit wajah berminyak. Tentunya kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan vendor MUA.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket