4 Panduan Makeup untuk Mata Sipit Paling Praktis

18 Jul 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 580
4 Panduan Makeup untuk Mata Sipit Paling Praktis
Foto: Christa Lynn

Beragam tips makeup untuk mata sipit menjadi alternatif pilihan terbaik. Apalagi bagi kamu yang tidak percaya diri dengan mata yang cenderung sipit. Padahal mata sipit memberikan kesan cantik pada wajah, lho. Kamu hanya perlu menerapkan sejumlah trik agar mata sipitmu berubah menjadi lebih lebar dan lentik. 

Setiap orang mendambakan wajah cantik dan berseri. Tambahan makeup membuat wajah menjadi makin menarik. Sayangnya pengaplikasian makeup terkadang justru membuat bentuk wajah menjadi berbeda. Salah satunya bentuk mata yang semakin terlihat kecil dari sebelumnya. Apakah kamu pernah merasakan permasalahan ini? Jangan khawatir dengan hal itu. 

Kesalahan dalam memulas makeup dapat diperbaiki. Bentuk mata sipit bisa menjadi sebuah  daya tarik tersendiri di mata orang lain. Caranya ialah mengubahnya menjadi lebih segar dengan bantuan makeup. Lewat sentuhan makeup yang pas mata sipit kamu akan memikat banyak orang. Mulailah untuk mencermati beberapa tips berikut ini agar bisa mengaplikasikannya.

4 Panduan Makeup untuk Mata Sipit Paling Praktis
Foto: Marla Nyamdorj

1. Memilih Warna Eyeshadow yang Pas

Pernahkah kamu kesulitan memilih warna eyeshadow yang tepat untuk mata? Coba saja tips makeup untuk mata sipit yang satu ini. Memang bagi sebagian orang menetapkan warna riasan mata adalah hal yang mudah. Namun, sebetulnya memilih riasan mata tidak boleh sembarangan. Apalagi tanpa mempertimbangkan kesan akhir. 

Hal ini mengingat mata adalah salah satu bagian wajah yang menjadi pusat perhatian. Salah menentukan warna pada riasan mata justru membuat bentuk mata menjadi tidak indah. Memang saat ini industri kosmetik berlomba sengat ketat dalam menghadirkan varian produknya. Termasuk untuk produk riasan wajah eyeshadow. 

Banyak produsen mengklaim menghadirkan variasi warna riasan mata yang pigmented. Tidak hanya itu warna eyeshadow yang ditampilkan pada produk bervariasi. Kamu bisa melihat banyaknya varian warna seperti coklat, nude, gold, shimmer, dan cerah. Namun, kamu perlu mengintips tips makeup untuk mata sipit sebelum memilih warnanya. 

Cara menentukan warna eyeshadow yang cocok untuk mata adalah dengan melihat bentuknya terlebih dahulu. Banyak orang menggunakan warna riasan wajah gelap untuk menghasilkan efek mata kecil. Sebaliknya kamu yang mempunyai mata sipit perlu menghindari warna-warna eyeshadow gelap. Cobalah mengaplikasikan warna cerah agar mata terlihat besar. 

2. Perhatikan Teknik Makeup

Pernahkah kamu memoles makeup namun hasilnya tidak bagus? Salah satu penyebabnya adalah kesalahan dalam memilih teknik makeup. Tahukah kamu setiap MUA profesional mempunyai teknik dalam mengaplikasikan makeup ke permukaan wajah. Mereka umumnya sudah menguji coba teknik yang digunakan. Sehingga hasilnya bisa dipastikan cocok dengan wajah. 

Sebelum kamu meniru teknik para MUA cobalah mengamati tips makeup untuk mata sipit terlebih dahulu. Memang salah satu strategi agar mendapatkan riasan profesional adalah meniru langkah para MUA terkenal. Termasuk juga para beauty blogger yang sering memberikan teknik riasan kepada para penonton dan penggemarnya. 

Namun yang harus dipahami adalah sebelum meniru teknik mereka cermati bentuk wajah orang yang dirias. Salah satunya bagian mata orang yang dirias. Apakah bentuk mata yang dia miliki sama dengan bentuk matamu? Inilah yang perlu menjadi perhatian banyak wanita. Tidak semua teknik yang disajikan dapat diaplikasikan.

Teknik yang cocok untuk mata sipit adalah memoleskan eyeshadow warna terang sampai tulang alis. Hal ini juga lebih tepat jika diaplikasikan pada mata yang tidak disertai kelopak kecil. Tips makeup untuk mata sipit ini sebaiknya dimaksimalkan dengan pemilihan warna eyeshadow seperti biru dan gold. 

3. Pertegas dengan Eyeliner

Mengaplikasikan eyeliner adalah salah satu step makeup sehari-hari. Apakah pemilik mata sipit juga perlu mengaplikasikan eyeliner? Sebenarnya kamu pun masih bisa menggunakan eyeliner dengan teknik yang tepat. Eyeliner yang diaplikasikan dengan teknik yang tepat dapat mengurangi kekurangan pada mata. Salah satunya mata terlihat kecil. 

Fungsi eyeliner sendiri adalah memberikan kesan tegas pada bentuk mata. Karena itu biasanya warna eyeliner bermacam-macam. Pengaplikasiannya pun tergantung dari jenis dan gaya makeup yang dipilih. Beberapa warna yang digunakan pada riasan mata adalah hitam, hijau, putih, dan biru. Namun warna hitam paling sering digunakan. 

Eyeliner bagi pemilik mata sipit sangat berperan tinggi. Eyeliner dapat mempertegas bagian mata sehingga kesan yang dimunculkan lebih besar. Tips makeup untuk mata sipit adalah tepat dalam memilih warna eyeliner. Terdapat dua warna yang dapat kamu gunakan untuk memberikan kesan mata besar dan bervolume. 

Keduanya adalah warna hitam dan putih. Pertama pulas eyeliner berwarna hitam pada lekungan mata. Terutama pada bagian kelompak yang ditumbuhi bulu mata tebal. Aksen hitam akan menonjolkan bentuk mata. Kedua cobalah gunakan eye definer berwarna putih. Eye definer digunakan untuk mempertegas mata bagian bawah. 

4. Sematkan Bulu Mata

Tips makeup untuk mata sipit selanjutnya dengan menyematkan eyelash. Bulu mata palsu juga penting diperhatikan. Bulu mata palsu bermanfaat untuk memberikan kesan hidup. Bahkan penambahan bulu mata sudah dilakukan sejak lama. Step penambahan bulu mata pada teknik merias hingga saat ini masih dipertahankan oleh MUA.

Kamu yang memiliki aksen mata sipit juga dapat menempelkannya. Tujuannya agar mata yang berbentuk kecil terlihat besar. Bulu mata juga diberikan untuk mempertegas bentuknya. Cobalah memilih bulu mata yang ukurannya tidak terlalu besar. Kemudian berikan lem pada pinggiran kelopak mata dan tempelkan secara perlahan-lahan. 

Memiliki bentuk mata yang sipit kini bukan lagi masalah. Karena kamu pun bisa mengakalinya agar terlihat semakin cantik dan menarik. Tidak hanya itu aksen tambahan yang bisa digunakan adalah kontak lensa. Terakhir sempurnakan tips makeup untuk mata sipit dengan memberikannya maskara anti air atau waterproof.

Untuk tampil cantik di hari pernikahanmu, memang membutuhkan tangan-tangan profesional untuk merias wajahmu. Kalau kamu telah paham tips di atas dan ingin mengaplikasikannya, kamu bisa memakai bantuan jasa MUA juga, lho! Yuk cari vendor MUA terbaik di WeddingMarket.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket